Penyajian ikan dengan cara dibakar selalu menjadi primadona para pecinta kuliner. Andakah salah satunya? Pada prinsipnya ada beragam jenis sajian ikan bakar.

Bagaimana dengan Ikan Bakar Madu?

Biasanya dibedakan pada jenis ikan dan juga pada jenis bumbu yang digunakan, baik itu sebagai bumbu pelengkap maupun olesan. Jika Kalian  benar-benar pecinta ikan bakar, pasti sudah familiar dengan ikan bakar kecap, ikan bakar terasi, ikan bakar sambal bawang dan lainnya.

Menu yang satu ini memang unik sebab menggabungkan manisnya madu dengan gurih dan lembutnya daging ikan. Hidangan unik ini bisa kalian dijumpai di beberapa restoran dengan harga yang bermacam – macam.

Apa Saja Manfaat Makan Ikan?

Sayangnya, banyak juga penduduk Indonesia yang lebih kebanyakan untuk makan daging dan ayam sebagai sumber protein dibandingkan dengan ikan. Padahal, nutrisi yang terkandung dalam ikan sangat tinggi, bahkan lebih tinggi dibanding daging dan ayam. Perlu diingat juga, harga ikan juga lebih terjangkau dibandingkan daging sapi maupun daging ayam.

1. Membantu untuk pertumbuhan, terutama untuk pertumbuhan otak dan tulang anak

2. Mencegah penyakit jantung

3. Mengurangi risiko penyakit Alzheimer

4. Mengurangi risiko depresi

Beberapa manfaat yang sudah disebutkan di atas, ikan ternyata juga mempunyai manfaat lain, seperti:

  • Melindungi mata dari penurunan fungsi karena penuaan. Penelitian menyatakan bahwa rutin konsumsi ikan dapat menurukan degenerasi makula pada wanita.
  • Mencegah penyakit asma pada anak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak yang mengonsumsi ikan lebih kecil berisiko terkena asma.
  • Menurunkan risiko diabetes tipe 1. Beberapa penelitian menunjukkan konsumsi ikan yang mengandung omega 3 berhubungan dengan penurunan risiko diabetes tipe 1 pada anak dan dewasa.

Bahan – Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Bakar Madu

Bahan Utama Untuk Membuat Ikan Bakar Nila :

  • 1 kg nila (500 gram)
  • 1 buah jeruk nipis, potong 2 bagian
  • Mentega, untuk menumis
  • 3 sdm Kecap

Bumbu Ikan Nila Bakar Madu :

  • 3 sdm Madu
  • 1 sdt Ketumbar
  • 5 Bawang Merah
  • 3 cm Lengkuas
  • 4 Bawang Putih
  • 1 sdt Merica bubuk
  • 3 buah Daun Jeruk
  • 2 buah Kemiri Garam, secukunya

Bahan Pelengkap Ikan Bakar :

  • 3 potong timun
  • 2 potong tomat Seladah
  • Kecap manis
  • 5 buah cabai rawit, potong kecil

Cara Membuat Ikan Nila Bakar Madu :

Cara Membersikan Ikan Nila Sebelum Dimasak :

  1. Langkah awal silahkan kalian ikuti langkah pada kesempatan kali ini dengan terlebih dahulu membersihkan ikan nila serta semua bahan lain yang anda gunakan. Bagi kalian yang ingin ikan nila, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membersihkan ikan nila. Seperti membuang sisik ikan, membuang jeroan perut ikan dan membersihkan insang dikepala ikan. Untuk bisa melakukannya, kita simak cara membersihkan ikan dilangkah selanjutnya.
  2. Membersihkan ikan itu yang pertama, kalian lakukan dengan terlebih dahulu membersihkan insang dikepala ikan. Untuk membersihkan insang ikan, anda bisa melakukannya dengan membuka kepala insang dan memotong insang dengan jari, lalu buang insang yang sudah dilepaskan.
  3. Sesudah insang ikan dibersihkan, selanjutnya bersihkan pula sisik ikan pada tubuh ikan hingga bersih. Untuk caranya, kalian pakai alat bantu seperti pisau kemudian bersihkan pada bagian sisik ikan dari arah yang berlawanan yakni arah ekor kearah kepala ikan hingga sisik benar-benar bersih.
  4. Sesudah sisik ikan dibersihkan, kemudian melanjutkan membersihkan isi jeroan diperut ikan. Caranya, berikan sayatan di perut ikan kemudian keluarkan isi perutnya, kemudian bersihkan juga kotoran yang masih tersarang didalam.
  5. Jika semua bagian ikan tadi sudah dibersihkan hingga merata, selanjutnya angkat ikan dari cucian dan masukan  kedalam baskom. Kemudian tambahkan perasan air jeruk nipis dan lumurkan pada badan ikan secara merata ya. Sisihkan ikan selama kurang lebih 10 menit.

Cara Meracik Bumbu Ikan Nila Bakar Madu :

  1. Pertama, kita campurkan semua bahan terkecuali madu. Lalu tumbuk hingga halus dan merata. Setelah semua bumbu halus selesai, kemudian tuangkan madu dan aduk-aduk secara merata.
  2. Siapkan wajan, berikan sedikit minyak dan masukkan bumbu ini kedalamnya wajan yang telah panas. Lalu tumis hingga harum. Jika tercium bau harum, angkat dan lumurkan bumbu tumisan ini pada ikan dan diamkan sebentar selama kurang lebih 20 menit secara merata.
  3. Bakar ikan diatas arah bara api yang membara hingga matang dan permukaannya berwarna kecoklatan.
  4. Jangan lupa untuk membulak-balikan ikan agar tidak gosong. Berikan bumbu olesan sewaktu membakar ikan hingga matang agar makin lezat ikannya.

Nah, jika ikan sudah matang, angkat ikan dari panggangan kemudian sajikan dalam piring saji dan campurkan kecap manis bersama dengan potongan cabai rawit dan hidangkan bersama dengan bahan pelengkap lainnya.