Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan aneka olahan bakso pedas manis bikin lidah bergoyang. Namun, tahukah kamu apa itu bakso pedas manis?? Mari kita simak…

Bakso pada umumnya disajikan dengan bakso atau bola daging yang merupakan campuran daging giling dan tepung tapioka. Satu porsi bakso biasanya disajikan dengan bakso, tahu, toge, kubis, bihun, telur, dan juga kulit pangsit.

Tak hanya berisi hal umum saja yang disajikan ke dalam seporsi mangkuk bakso namun ada juga siomay, tomat, dan lain-lain. Kemudian disiram kuah kaldu yang gurih dan diberi sedikit potongan daun bawang serta bawang goreng. Bagaimana tidak tergoda dengan makanan yang satu ini. Kaldu ayamnya yang bikin menggoda hidung untuk ingin melahapnya.

Bakso, merupakan makanan yang mudah ditemukan. Mulai dari pedagang keliling hingga restoran besar sekalipun. Bahkan ada pula bakso yang dijual di super market dalam keadaan beku dimana kita hanya perlu memanasi bakso tersebut. Harga seporsi bakso sangat mudah di jangkau oleh masyarakat, alias tidak menguras kantong yakni hanya sebesar Rp. 10.000 kalian sudah dapat menyantap makanan ini. Bahkan ada yang lebiih murah dari 10 ribu rupiah, jika kalian sering menjumpai bakso-bakso yang dijual keliling oleh abang-abang. Kamu bisa membeli bakso hanya dengan 5 ribu rupiah pun masih dilayani oleh abang-abang tukang bakso.

Aneka Olahan Bakso Pedas Manis Bikin Lidah Makin Bergoyang

bakso pedas manis

Bahan :

  • 300 gram bakso sapi (opsional, bisa di ganti dengan bakso ayam, udang dll)
  • 200 ml air
  • 1 bh bawang bombay, cincang halus
  • 4 sdm saus pedas
  • 2  kecap manis
  • dan 2 sdm saus tiram
  • 2 sdm margarine
  • 5 bh jeruk kunci/ jeruk nipis, ambil airnya
  • Garam, secukupnya
  • Gula

Bumbu Halus :

  • 10 bh cabe rawit/ bubuk cabai gunakan sesuai selera
  • 4 siung bawang putih

bakso pedas manis2

Cara Membuat :

  1. Panaskan margarine lalu tumis bumbu halus dan bawang bombay sampai harum.
  2. Masukan bakso aduk rata dengan bumbu
  3. Masukkan saus tiram, kecap manis dan air jeruk kunci / jeruk nipis, aduk rata lalu tuang air.
  4. Masak sampai air menyusut kemudian masukan gula dan sedikit garam, koreksi rasa. Masak hingga air benar benar sudah susut.
  5. Angkat lalu sisihkan.
  6. Bakso pedas manis siap disajikan

Manfaat Bakso Bagi Kesehatan

1. Pengatur Suhu Tubuh

Khasiat bakso yang pertama bisa membantu anda di dalam mengatur suhu tubuh. Makanan ini juga mampu menjadi salah satu pengatur suhu tubuh, dengan demikian nantinya suhu badan tetap bisa terkendali sangat baik. Selain itu, bisa membantu untuk meningkatkan fungsi dari otot, karena oksigen yang disuplai dengan zat besi tersebut dapat disampaikan dengan baik dan maksimal.

2. Membawa Oksigen ke Seluruh Tubuh

Bakso ini memiliki kandungan zat besi yang berfungsi untuk membantu mengalirkan oksigen keseluruh tubuh sehingga dapat didistribusikan dengan maksimal sehingga semua organ tubuh dapat berfungsi sebagai mana mestinya dan juga secara maksimal.

3. Pembentukan Hemoglobin

Ternyata khasiat bakso bisa membantu anda untuk pembentukan hemoglobin, karena kandungan yang terdapat pada bakso memilki zat besi yang mampu memberikan warna merah tua yang terdapat pada sel darah merah. Sehingga nantinya produksi hemoglobin akan meningkat dan kebutuhan tubuh akan hemoglobin tersebut akan terpenuhi dengan baik.

4. Membantu Sistem Saraf

Kandungan yang ada di dalam makanan ini memiliki peranan utuk membentuk beberapa serotonin serta neurotransmitter esensial. Kemudian, kedua kandungan ini berperan untuk mengolah dan juga mengirim sinyal saraf sehingga nantinya fungsi dari otak dan juga saraf akan bekerja secara maksimal.

5. Meningkatakan Sistem Kekebalan Tubuh

Bakso juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anda. Hal ini di sebabkan karena kandungan yang ada di dalam makanan ini memiliki senyawa yang akan membantu untuk mencegah resiko terkena berbagai macam penyakit. Selain itu, makanan ini juga sebagi komponen yang penting di dalam penyusunan enzim dan juga bahan-bahan lainya yang ada di dalam tubuh seperti myoglobin serta katalase.

6. Mencegah dan Menyembuhkan Anemia

Bagi anda jika kekurangan darah merupakan salah satu penyakit yang membutuhkan senyawa yang ada di dalam bakso. Agar dapat kembali dengan cepat membentuk darah merah secara drastis. Maka dari itu, ketika seseorang terserang anemia, banyak yang merekomendasikan mengonsumsi makanan ini yang penuh akan zat besi.

7. Membantu Pembentukan Enzim

Selain untuk mencegah dan menyembuhkan anemia bakso juga memiliki beberapa manfaat lain. Salah satunya membantu pembentukan enzim. Berbagai macam jenis enzim yang penting seperti katalase, myoglobin serta cytochrome di bentuk dengan bantuan kandungan yang ada di dalam makanan ini.

8. Pembentukan Fungsi Otak

Otak ini membutuhkan kandungan senyawa yang ada di dalam makanan ini, karena dengan makanan ini sangat baik untuk pertumbuhanya. Suplay oksigen oleh senyawa yang terdapat pada bakso juga membantu agar fungsi otak berjalan dengan normal.

9. Metabolisme

Setiap makanan yang di konsumsi oleh tubuh membutuhkan metabolisme yang sehat, karena pembentukan enzim oleh senyawa zat yang ada di dalam bakso sangat berperan penting dalam memenuhi hal tersebut.

10. Membantu Untuk Diet

Kebanyakan orang yang sedang program diet menghindari makan bakso. Hal ini disebabkan karena membuat berat badan bertambah. Ternyata hal ini merupakan anggapan yang salah, ternyata makanan ini malah sangat baik di konsumsi selama diet. Hal ini terjadi karena makanan ini bisa membuat seseorang kenyang lebih lama.

Efek Samping Sop Bakso Bagi Kesehatan

1. Memicu Gangguan Pencernaan

Rasanya tak lengkap menyantap bakso tanpa sambal dan saus, ya. Namun, menurut dr. Tjandraningrum M. Gizi, SpGK, saus dan sambal merupakan makanan yang merangsang saluran cerna, terlebih lagi jika proses membuatnya tidak higienis.
Akibatnya adalah iritasi saluran cerna, dan manifestasi yang paling sering terjadi adalah timbulnya sakit maag. Jika terus berlanjut dapat mengakibatkan gangguan daya tahan saluran cerna, sehingga mudah terkena infeksi seperti diare, tipus dan infeksi bakteri lainnya.

2. Iritasi Rongga Mulut

Nah, jika si abang bakso menambahkan terlalu banyak MSG atau penyedap rasa pada mangkuk bakso Anda, hal ini bisa berbahaya. Sebab. Terlalu banyak MSG nyatanya dapat mengiritasi gusi dan mengakibatkan luka sekitar rongga mulut. Hasilnya, luka tersebut akan menjadi pemicu munculnya sariawan yang perih dan nyeri.

3. Mendorong Konsumsi Banyak Garam

Sebelum menyantap makanan berkuah seperti bakso, menambah garam adalah hal yang lumrah jika dirasa hambar atau kurang asin. Pakar Fitness dan Diet Denny Santoso mengatakan, terlalu banyak garam dapat meningkatkan risiko dehidrasi karena sifat garam yang absorbent terhadap cairan. Rasa asin yang dihasilkannya akan membuat nafsu makan menjadi tinggi, dan membuat Anda kalap menyantap makanan lainnya. Hati-hati, asupan garam berlebih juga memicu tekanan darah tinggi lho!

4. Gangguan Jantung

Waspadai campuran boraks! Harus Anda tahu, bahwa bakso yang dibuat menggunakan bahan campuran boraks akan menggerus dan melukai dinding arteri jantung. Penggunaan vetchin atau MSG juga berpotensi menyebabkan jantung berdebar, gangguan ritme jantung, dan menurunnya fungsi jantung dalam memompa darah.

5. Kerusakan Sel DNA

Masih merupakan akibat pemakaian boraks yang berlebihan pada bakso, dapat terjadi pula kerusakan sel-sel DNA pada yang mempermudah terbentuknya sel yang abnormal. Hasilnya? Sel-sel kanker pun lama-kelamaan akan muncul.

6. Hilangnya Nafsu Makan

Pemakaian penyedap rasa secara berlebihan akan menimbulkan ketergantungan terhadap citarasa bakso, dan membuat makanan bernutrisi tinggi seperti sayuran, buah dan nasi terlihat tidak menarik. Hal ini tentunya berbahaya bagi anak anak. Jika terjadi dalam jangka panjang bukan tak mungkin pertumbuhan anak melambat karena kurang gizi.

7. Risiko Keguguran

Selain dengan bola dagingnya, bakso biasanya juga disajikan bersama sayuran seperti sawi dan seledri yang kemungkinan mengandung pestisida. Apabila kandungan insektisida dan pestisida pada sayuran tersebut tidak dicuci bersih, dampaknya bisa berbahaya, terutama pada ibu hamil. Pada mereka, risiko yang ada termasuk terjadinya keguguran, kelainan syaraf, anggota gerak tubuh, dan organ jantung pada bayi yang akan lahir. Selain itu, kandungan pestisida juga berpotensi menyebabkan terjadinya berbagai komplikasi selama kehamilan.

8. Alergi Kulit

Alergi, hal yang satu ini bisa saja terjadi ketika seseorang sensitif terhadap penyedap sintesis makanan. Hal ini biasanya akan berdampak cepat seperti alergi kulit pada umumnya, yakni kulit jadi bentol-bentol dan rasa mual berlebih.
Nah, setelah Anda mengetahui bahayanya mengonsumsi bakso secara berlebihan dan dengan campuran-campuran yang berlebihaan, Anda sebaiknya mulai mengurangi konsumsi panganan ini. Makanlah bakso dalam batas yang wajar. Atau bisa pula Anda membuat bakso sendiri di rumah, sehingga kandungannya terkontrol. Selain itu, bagi Anda yang menyukai rasa masam pada cuka, gantilah campuran ini dengan perasan air jeruk nipis alami.
Sekian cara membuat sop bakso ini, semoga cara ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Dan saya mengucapkan banyak terimakasih.