Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang Cara membuat jus alpukat – Buah alpukat merupakan buah yang cocok apabila dijadikan sebagai minuman berupa jus. Selain itu, jus buah  juga termasuk kedalam minuman sehat yang sangat layak untuk dikonsumsi. Minuman ini  bahan dasarnya adalah buah alpukat yang diolah hingga menjadi  jus yang sangat banyak penggemarnya mungkin termasuk anda salah satunya sebagai pembaca artikel ini.

Terdapat macam – macam cara untuk membuat jus alpukat yang dapat dijus bahkan sangat banyak misalnya seperti jus jeruk, jus apel, jus melon, jus semangka, tapi pada arikel kali ini akan menjelaskan cara membuat jus alpukat.

Jus buah alpukat ini  akan menyegarkan anda apalagi jika dipadukan dengan susu kental manis baik putih ataupun coklat akan tetap menghasilkan rasa yang enak. Selain dapat menyegarkan tenggorokan, jus alpukat ini dapat mengenyangkan perut yang sedang lapar.

Jus alpukat ini mengandung berbagai  manfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya bagus dalam menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan jantung, dan juga mencegah ancaman kanker payudara untuk wanita karena didalamnya mempunyai kandungan asam folat dan zat lutein karotenoid. alpukat ini juga baik bagi ibu yang sedang hamil dan membantu proses perkembangan  janin yang sedang dikandungnya.

Fakta Menarik Tentang Buah Alpukat

Alpukat adalah buah yang memiliki lemak dan karbohidrat sehingga kerap ditinggalkan orang yang berdiet. Berikut ini adalah enam fakta mengenai buah alpukat oleh Huffington Post.

1. Alpukat Termasuk Buah Berry

Pasti banyak orang yang tidak mengetahui bahwa buah alpukat yang terasa sangat padat dan mengenyangkan ini ternyata salah satu tergolong dari buah berry. Alpukat lebih  diklasifikasikan sebagai berdaging dan berry daripada buah berbiji.

2. Alpukat Memiliki Lebih Banyak Potasium Daripada Pisang

Satu buah alpukat bisa mengandung 975 miligram potasium. Untuk sementara itu, pisang yang tergolong kedalam buah yang kaya potasium, dan hanya memberi setengahnya saja, dengan kandungan 487 miligram potasium  dari per potongan besar.

3. Alpukat Akan Cepat Matang Bila Disatukan Dengan Pisang atau Apel

Ternyata selain memiliki potasium yang lebih banyak daripada pisang, alpukat juga bisa lebih cepat matang kalau dibungkus bersama dengan pisang dan apel lho!

Jika Anda menaruh alpukat Anda yang belum matang di dalam kantung bersamaan dengan apel dan pisang, gas etilen yang dihasilkan oleh apel dan pisang akan terperangkap di dalam kantung. Gas ini akan membuat buah alpukat lebih cepat matang, menurut The Haas Avocado Board.

4. Salah Satu Buah Berprotein Tinggi

Nah bagi anda  yang sedang menjalankan program diet, jangan terlalu takut mengkonsumsi buah yang satu. Karena ternyata alpukat mengandung protein yang tinggi. Menurut penelitian San Francisco Chronicle, sementara alpukat tidak mengandung setiap asam amino yang diperlukan dalam proses pembentukan tubuh melalui protein, mereka memiliki 18 jenis lainnya yang tidak kalah penting.

Bahwa semua protein yang ada ini tersedia untuk digunakan tubuh, sementara beberapa dari protein yang mungkin Anda tidak dapatkan dari daging.

5. Anda Bisa Menjadikan Mentega Dengan Alpukat

Buah alpukat mempunyai tekstur yang seperti krim dan lemaknya juga sehat bisa dijadikan pengganti dalam bahan kue. Pada pengelahan yang tepat, Anda bisa menjadikan beberapa mentegga dan menggantikannya dengan alpukat. Diantaranya untuk pembuatan kue chocolate chips yang sehat, kue pisang dan brownies.

Sebagai buah unggulan alpukat mentega ini juga kerap diburu. Selain daripada itu memang buah alpukat ini memiliki sejumlah manfaat baik bagi kesehatan dan kecantikan.

6. Tidak Harus Memakannya Untuk Dapatkan Manfaat

Buah alpukat selain mengandung protein yang tinggi, juga memiliki manfaat dari alpukat  tidak harus memakannya. Buah alpukat ini bisa dipergunakangunakan untuk melakukan perawatan untuk rambut dan kulit Anda.

Buah alpukat ini juga memiliki antioksidan, asam amino dan minyak esensial dalam alpukat dapat membantu memperbaiki rambut rusak, melembabkan kulit yang kering, mengobati kulit yang terbakar matahari dan bahkan mungkin meminimalkan keriput.

Manfaat Jus Alpukat

cara membuat jus alpukat

Selain segar dan mengenyangkan, banyak manfaat jus alpukat yang bisa Anda dapatkan untuk menyehatkan tubuh Anda, di antaranya:

1. Memiliki kandungan serat yang tinggi

Manfaat jus buah alpukat adalah untuk mencukupi asupan serat. Ahli  kesehatan dari Departemen Internal Medicine dan Ilmu Program Gizi yang ada di Universitas Kentucky, Amerika Serikat, menyebutkan jika alpukat adalah salah satu buah yang memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Bila mengonsumsi jus alpukat secara rutin, maka kita akan mendapatkan asupan serat yang bisa mencegah berbagai penyakit berbahaya layaknya stroke, diabetes, obesitas, tekanan darah tinggi, hingga serangan jantung. Kandungan serat yang ada dalam buah alpukat juga diyakini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

2. Meningkatkan sistem pencernaan

Apabila anda mengalami sembelit minumlah jus alpukat, karena manfaat buah alpukat dapat mlancarkan pencernaan. Memiliki kandungan serat yang tinggi dalam jus alpukat juga akan membuat sistem pencernaan dan sistem metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Kita akan terhindar dari berbagai macam pencernaan layaknya sembelit atau bahkan kanker usus besar.

3. Menurunkan stres

Buah alpukat memiliki manfaat untuk membantu mencegah kelebihan kadar homosistein dalam tubuh, karena alpukatkaya akan kandungan folat. Menurut pakar kesehatan, terlalu banyak homosistein bisa membuat gangguan produksi hormon layaknya serotonin, dopamine, dan juga neropinephrine yang tentu bisa memicu munculnya berbagai gangguan kesehatan.

Kemudian, banyaknya memiliki hormon homosistein ini bisa membuat kita lebih mudah terkena stress. Karena itu minumlah  jus alpukat yang akan mencegah kita terkena stres dan bisa membuat pikiran kita menjadi lebih tenang.

4. Meningkatkan penyerapan nutrisi

Ada beberapa nutrisi yang larut dalam lemak, yang berarti bahwa mereka perlu dikombinasikan dengan lemak untuk dimanfaatkan. Ada beberapa vitamin yaitu Vitamin A, D, E, dan K bersama dengan antioksidan seperti karotenoid adalah beberapa dari mereka yang perlu dikonsumsi dengan lemak. Manfaat jus buah alpukat dapat memberikan semua lemak sehat secara dramatis dan meningkatkan nilai gizi makanan nabati lainnya.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Dalam penelitian  yang telah dilakukan bahwa alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol total secara signifikan. Diketahui memiliki beberapa penanda darah terkait dengan peningkatan risiko kolesterol termasuk, trigliserida, penanda inflamasi, tekanan darah, dan berbagai lainnya. Penelitian telah memberitahukan bahwa manfaat jus alpukat dapat menurunkan trigliserida darah, menurunkan kolesterol LDL, dan meningkatkan kolesterol HDL.

6. Mencegah osteoporosis

Buah alpukat memiliki sekitar 25 persen dari asupan vitamin K yang direkomendasikan setiap hari. Nutrisi itu sangat penting namun sering diabaikan, tetapi sangat penting untuk kesehatan tulang.

Vitamin yang mengandung kalsium contonya vitamin K dan vitamin D ketika ingin mendapatkan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tulang, namun, makan diet dengan vitamin K yang cukup dapat mendukung kesehatan tulang dan meningkatkan dalam penyerapan kalsium dan mengurangi ekskresi kalsium urine.

7. Sangat Kaya Akan Nutrisi

Ada beberapa nutrisi yang terkandung dalam jus alpukat, ternyata tinggi sekali. Yang kita ketahui, nutrisi sangat penting untuk pertumbuhan tubuh kita.

Berdasarkan penelitian dokter, ada 100 Gram Alpukat mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • Vitamin K: 26% dari AKG.
  • Asam Folat: 20% dari AKG.
  • Vitamin C: 17% dari AKG.
  • Vitamin B5: 14 dari AKG.
  • Kalium: 14% dari AKG.
  • Vitamin B6: 13 dari AKG.
  • Vitamin E: 10% dari AKG.
  • Juga mengandung sedikit magnesium, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan lain-lain.

Cara Membuat Jus Alpukat Kental Manis:

cara membuat jus alpukat

Sebelum mulai membuat jus alpukat, anda terlebih dahulu menyiapkan bahan-bahan sebagai berikut:

  • 2 buah alpukat matang.
  • 5 Sendok Makan Gula Pasir.
  • 15 Blok Es Batu.
  • Susu kental manis rasa cokelat.
  • 500 ml Air Matang.

Peralatan yang perlu disiapkan:

  • Pisau, untuk memontong buah alpukat
  • Blender
  • Gelas, untuk menyajikan jus alpukat

Langkah-Langkah Membuat Jus Alpukat:

Pada dasarnya caranya sama saja dan biasa, hanya saja ada penambahan es batu. Jadi pastikan blender kamu kuat untuk memblender es batu ya. Selengkapnya bisa kamu lihat di langkah berikut:

1. Potong 1 1/2 buah alpukat menjadi bentuk kotak-kotak.
2. Setelah itu masukkan buah alpukat yang telah dipotong-potong ke dalam blender bersama dengan es batu. Haluskan hingga lembut.
3. Sambil menunggu jus yang sedang diblender, potonglah 1/2 buah alpukat menjadi bentuk kotak-kotak atau dadu.
4. Tuangkan susu kental manis cokelat ke sisi dalam bagian gelas agar mempercantik jus alpukat anda.
5. Tuang jus alpukat ke dalam gelas. Tambahkan potongan alpukat di atasnya.
6. Jus alpukat kental manis siap dinikmati!

Demikian artikel tentang cara membuat jus alpukat kental manis. Semoga bisa bermanfaat untuk anda yang sedang menempuh hidup sehat. Anda juga dapat menggunakan mesin cup sealer atau mesin penutup gelas plastik untuk minuman seperti jus ,kopi,teh dan lain sebagainya.