Cara membuat bubur kertas sangatlah mudah dan gampang. Anda dapat membuat bubur kertas sendiri di rumah dengan memanfaatkan sisa kertas yang nantinya bisa diolah menjadi bubur kertas. Daur ulang merupakan proses sederhana untuk mengubah dan menggunakan kembali barang, jadi Anda tidak perlu membuangnya. Dan juga bahan dan alat yang dibutuhkan dalam membuat bubur kertas dapat anda temukan di sekitar rumah anda.

Saat ini teknologi sudah sangat canggih, dalam membuat bubur kertas anda dapat memanfaatkan teknologi terkini yaitu menggunakan Mesin Penghancur Kertas. Fungsi dari mesin penghancur kerrtas ini yaitu dapat mencacah kertas menjadi kecil-kecil sehingga akan lebih efektif dan efisien. Anda juga dapat menemukannya di Grosir mesin.

Cara Membuat Bubur Kertas

Berikut alat dan bahan yang perlu disiapkan untuk membuat bubur kertas :

  • Koran bekas yang bersih atau limbah kertas lain
  • Air
  • Panci/baskom untuk mencuci piring
  • Blender listrik
  • Kasa berbahan logam yang tidak berkarat dengan dimensi sesuai ukuran kertas yang ingin Anda buat
  • Handuk bekas
  • Selembar sprei bekas ukuran 30 cm x 30 cm
  • Spons kering
  1. Mengumpulkan kertas bekas | Cara Membuat Bubur Kertas

Cara Membuat Bubur Kertas

Tekstur dan warna kertas lama yang Anda gunakan kembali akan mencerminkan kualitas hasil akhir dari kertas daur ulang. Anda dapat menggunakan kertas cetak, kertas koran, kertas tipis dan handuk atau lap kertas (bersih), kertas fotokopi, kertas kado, kertas kado coklat, kertas amplop. Dan Ingat kertas menyusut selama perendaman dan pengeringan.

  • Kertas koran kira-kira 4-5 lembar.
  • Menggunakan kertas dengan warna yang senada untuk hasil yang maksimal.

2. Sobeklah kertas

Cara Membuat Bubur Kertas

Sobeklah potongan kertas koran menjadi kecil-kecil. Jika potongan kertas yang disobek lebih besar maka hasilnya nanti akan tebal dan kurang rapi. Kemudian masukkanlah potongan-potongan kertas tadi kedalam mesin penghancur kertas.

3. Rendam kertas yang telah dihancurkan

Gambar berjudul Make Recycled Paper Step 3

Masukkanlah kertas yang di potong-potong ke dalam mangkuk atau panci kemudian isi wadah tersebut dengan air panas. Aduk dan campuran untuk memastikan semua kertas terendam seluruhnya. Biarkan kertas selama beberapa jam untuk memasak, aduk sesekali.

Untuk saran anda dapat menambahkan beberapa sendok makan tepung maizena (tepung maizena) setelah beberapa jam untuk memastikan konsistensi. Langkah ini tidak diperlukan, tetapi beberapa pengrajin kertas daur ulang yakin langkah ini efektif. Jika Anda ingin menambahkan tepung maizena, aduk tepung terigu dalam campuran secara menyeluruh, lalu tambahkan sedikit air panas untuk membantu meresapnya.

4. Haluskan campuran kertas menggunakan blender

Gambar berjudul Make Recycled Paper Step 4

Setelah beberapa jam, masukkan dua hingga tiga campuran bubur yang telah hancur ke dalam blender. Isi setengah bagian blender dengan air. Nyalakan blender dengan cepat dan hancurkan kertas menjadi bubur. Jika sudah siap pakai, tekstur kertasnya akan menyerupai bubur gandum.

Namun jika Anda tidak memiliki blender, merobek dan merendam (secara manual) sudah cukup. Namun, pembuatan bubur kertas dengan peralatan mekanis akan membantu Anda menghasilkan bubur kertas yang lebih halus.

5. Menyaring Kertas

Gambar berjudul Make Recycled Paper Step 5

a. Siapkan kasa (kawat halus)

Anda akan menggunakan alat ini untuk menyaring bubur kertas yang basah dan menyaring air dari gumpalan kertas yang tidak halus. Saat mengering di permukaan kain kasa, bubur kertas secara bertahap akan menebal menjadi kertas daur ulang. Oleh karena itu, penting jika ukuran layar sesuai dengan ukuran kertas yang ingin Anda buat. Dalam hal ini sangat cocok menggunakan ukuran Sekitar 20,32 cm × 30,48 cm. Jika kain kasa terbuat dari logam, pastikan tidak berkarat. Karat dapat menodai kertas yang Anda hasilkan.

b. Isilakan panci/loyang dengan bubur kertas.

Cara membuat bubur kertas

Gunakan panci / baskom yang lebar dan dangkal. Kedalaman wadah harus minimal 10 hingga 15 cm. Tuang ampas ke dalam wadah hingga setengah penuh. Kemudian tambahkan air hingga kedalaman campuran sekitar 7-10 cm.

c. Letakkan kasa di dalam wadah.

Gambar berjudul Make Recycled Paper Step 7

Dorong kain kasa sampai ke dasar wadah dan pastikan benar-benar terendam dengan air dan ampas. Geser layar dengan berhati-hati maju mundur untuk memecahkan gumpalan. Selanjutnya, tegakkan kain kasa. Bubur kertas harus tersebar merata di layar. Kemudian letakkan kain di kasa namun di dasar wadah. Selanjutnya, tuangkan air dan ampas buah di atasnya. Saat Anda mengangkatnya dari air, kain kasa akan menyaring ampasnya.

d. Letakkan kasa di atas handuk untuk mengeringkannya.

Gambar berjudul Make Recycled Paper Step 8

Pastikan sisi kertas layar menghadap ke atas dan menjauhi permukaan handuk. Namun, proses penyaringan saja tidak akan menyaring semua tetesan air. Bubur kertas perlu dikeringkan setidaknya satu jam lagi. Biarkan bubur kertas mengering dan jangan disentuh dahulu.

6. Melakukan Pengepresan Kertas

a. Buanglah kelebihan air

Gambar berjudul Make Recycled Paper Step 9

Tunggu kira-kira satu jam, letakkan selapis kain kasa pada bubur kertas diatasnya. Selanjutnya, tekan tekan secara perahan di atas kain dengan spons kering yang bertujuan untuk menghilangkan kelebihan air pada bubur kertas. Langkah terakhir adalah memindahkan kertas dari kain kasa ke permukaan kain. Dan kain yang digunakan harus rata, bersih, kering dan tidak kusut, sehingga merupakan cetakan yang tepat untuk kertas yang akan anda buat.

b. Angkat kasa dan balikkan posisinya.

Gambar berjudul Make Recycled Paper Step 10

Pastikan kertas di dalamnya harus lepas dan jatuh di atas kain tersebut. Tunggu sampai kain dalam kertas itu kering, kira-kira membutuhkan waktu 2 jam. Simpan di tempat yang kering dan hangat. Usahakan untuk tidak mengeringkan kertas langsung di bawah pemanas atau terlalu dekat dengan sumber panas. Hal tersebut dapat mengakibatkan kertas kusut dan kering tidak merata.

c. Lepaskan kertas dari permukaan kain.

Gambar berjudul Make Recycled Paper Step 11

Setelah bubur kertas mengering, kelupas dengan hati-hati dari permukaan kain. Nah Sekarang Anda dapat menggunakan kertas tersebut. Cobalah anda menulis sesuatu diatas kertas tersebut.

d. Lakukan pengujian.

Cara Membuat Bubur Kertas

Untuk menguji kualitas kertas, tulislah sesuatu di atas kertas dengan pensil atau pulpen. Apakah cukup jelas tulisan yang anda tulis? Jika Anda berencana untuk memproduksi lebih banyak kertas daur ulang, harap catat dan ingat informasi ini agar Anda dapat meningkatkan kualitas kertas daur ulang di masa mendatang. Jika kertas yang dihasilkan terlalu kasar, bisa jadi  Anda tidak menggiling bubur kertas dengan halus. Namin jika kertas terpisah satu sama lain, bisa jadi karena Anda tidak menggunakan cukup air untuk menyatukan kertas.

Sekian artikel mengenai cara dan langkah langkah dalam pembuatan bubur kertas menjadi kertas baru. Selamat mencoba ya teman-teman. Untuk informasi dan tips tips lainnya anda dapat mengunjungi web vagusnet disini ya.. Semoga berhasil. see you 🙂