we sharing because caring

Month: November 2020 (Page 1 of 2)

Memanfaatkan Sabut Kelapa Untuk Dibuat Keset

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana cara memanfaatkan sabut kelapa untuk dibuat menjadi keset yang bernilai ekonomis.

Kelapa merupakan salah satu jenis buah tropis yang sangat terkenal dengan khasiatnya bagi manusia dan juga hewan. Udara dari buah kelapa dapat digunakan sebagai media penyegar, dan dapat menggantikan cairan tubuh yang telah hilang akibat aktivitas sehari-hari.

Hampir seluruh bagian pohon kelapa dapat dimanfaatkan untuk keperluan tertentu. Oleh karena itu kelapa merupakan salah satu jenis pohon yang multifungsi. Hal ini tidak pernah lepas dari kehidupan masyarakat, terutama yang tinggal di pesisir pantai.

Pemanfaatan sabut kelapa kurang optimal karena kurangnya pelatihan yang intensif bagi pengrajin untuk meningkatkan nilai tambah produk yang dibuat dan kualitas sabut kelapa yang rendah.

Sabut kelapa yang dalam perdagangan dunia dikenal sebagai sabut kelapa dapat digunakan sebagai bahan baku berbagai industri, seperti pelapis kendaraan, furniture rumah tangga, kasur, pengemas dan tali.

Minimnya perangkat teknologi yang dapat mengakses komponen buah kelapa dan kurangnya informasi selama ini sebagian besar masyarakat khususnya petani kelapa menganggap kelapa hanya dapat digunakan untuk air dan daging.

Manfaat sabut kelapa yang perlu Anda ketahui, dan mungkin sudah Anda ketahui, adalah digunakan sebagai keset.

Keset ini memiliki bahan baku yang hampir sama dengan sapu ijuk dan juga sabut sabut. Biasanya keset dari sabut kelapa ini di luar rumah.

Memanfaatkan Sabut Kelapa Untuk Dibuat Keset

memanfaatkan sabut kelapa

Cocofiber atau sabut kelapa alias sabut kelapa merupakan bahan utama pembuatan berbagai produk kerajinan tangan.

Sabut kelapa yang masih kasar dan menggumpal diolah untuk mendapatkan serat halus dengan dua cara yaitu teknik tradisional (manual) dan teknik modern (mekanik).

Pembuatan keset sabut kelapa ini semua dilakukan dengan tenaga manusia, kecuali memisahkan sabut / ijuk dari serbuk menggunakan mesin pengurai sabut kelapa.

Alat yang Dibutuhkan:

  • Rimbagan (tempat menenun)
  • Palu
  • Pisau
  • Gunting
  • Gobet (pemangkas alas)

Bahan yang Dibutuhkan:

  • Sabut kelapa
  • Tali (tali) dari sabut kelapa
  • Minyak kelapa

Cara Membuat Keset dari Sabut Kelapa:

1. Penguraian

Pada tahap pertama ini kita harus melakukan penguraian sabut kelapa terlebih dahulu, agar lebih mudah dan efisien kita dapat menggunakan mesin pengurai sabut kelapa.

Namun sebelum kita memasukkan sabut kelapa ke dalam mesin pengurai, kita menyemprotkan air terlebih dahulu.

Hal ini perlu dilakukan agar sabut kelapa terlalu kering dan proses penguraian menjadi lebih mudah. Pantau proses pencernaan sebanyak tiga kali agar bisa menghasilkan sabut kelapa yang lebih baik.

2. Pemintalan

Proses ini menggunakan mesin pemintal sabut kelapa semi otomatis yang dibantu tenaga manusia sebagai pengontrolnya.

Sabut yang sudah kita uraikan tadi kemudian dipintal menjadi tali dalam tiga ukuran, yaitu kecil (lungsin), ukuran sedang (anyaman) dan ukuran besar (babat).

3. Kepang Braiding

Proses ini melibatkan penggabungan babat yang telah dipotong kecil-kecil dengan cara dilengkungkan menjadi keset.

4. Pembingkaian

Proses framing ini merupakan proses terakhir sebelum packing. Hal ini dilakukan pada setiap sisi kesetimbangan tenun dengan menggunakan anyaman yang telah dianyam sebagai kusen.

Proses ini bisa kita lakukan dengan bantuan jarum rajut dan mengikuti proses penghalusan.

5. Pengepakan

Proses ini adalah akhir dari pembuatan keset sabut kelapa ini, proses ini bisa kita lakukan setelah keset dibingkai. Proses ini dibedakan berdasarkan besar kecilnya keset yang dihasilkan.

Pengolahan sabut kelapa sebagai bahan kesetiaan merupakan salah satu alternatif yang dapat kita lakukan untuk mengurangi limbah dari sabut kelapa yang selama ini jarang dimanfaatkan sebagai hasil samping yang bermanfaat dari perkebunan kelapa.

Dengan perkembangan teknologi dalam aplikasi yang tepat, serabut kelapa terbukti mampu menghasilkan nilai ekonomis yang cukup besar.

Selain keset dari sabut kelapa, ada juga cocomesh jaring sabut kelapa yang merupakan produk dari sabut kelapa.

Manfaat Kesehatan Bawang Putih yang Tidak Semua Orang Tahu

Begitu banyak manfaat kesehatan bawang putih yang jarang diketahui banyak orang. Oleh karena itu, banyak petani budidaya bawang putih dikarenakan permintaan pasar akan bawang putih sangat tinggi. Hal itu dikarenakan bawang putih memiliki banyak manfaat dan bawang putih sendiri merupakan bahan utama pada banyak masakan.

Salah satu makanan yang menggunakan bawang putih sebagai bahan utamannya adalah sayur sop. Karena bawang putih memiliki rasa yang kuat dan membuat makanan jadi memiliki cita rasa yang kaya. Masih banyak masakan diluar sana yang menggunakan bawang putih sebagai bahan utamanya ataupun bahan tambahan sebagai penambah rasa.

Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan apa saja manfaat kesehatan dari bawang putih yang tidak diketahui oleh semua orang atau jarang diketahui orang banyak. Manfaatnya bagi tubuh juga tidak main-main. Banyak manfaat yang sangat berdampak besar.

Berikut ini penjelasan lengkapnya tentang manfaat kesehatan bawang putih.

Manfaat Kesehatan Bawang Putih Bagi Tubuh

Selain berguna sebagai bahan utama dalam memasak, ternyata bawang putih sendiri memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh! Berikut ini apa saja manfaat bawang putih bagi kesehatan tubuh:

1. Manfaat Kesehatan Bawang Putih Yang Pertama Dapat Menurunkan Kolesterol

Di duga bawang putih mampu dalam menurunkan kolesterol bahkan tekanan darah. Terungkap dari beberapa penelitian kalau bawang putih mampu melebarkan pembuluh darah dan dapat mengendurkan otot halus.

Akan tetapi, tidak berati bawang putih bisa menjadi obat kolesterol dan hipertensi yang efektif, dikarenakan masih membutuhkan penelitian yang lebih luas lagi.

2. Bisa Mengatasi dan Mencegah Pilek

Jika anda ingin meningkatkan dan memperkuat kekebalan tubuh melawan virus, tidak ada salahnya untuk sering mengonsumsi bawang putih. Karena, suatu penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang sering mengonsumsi bawang putih jarang diserang flu dan pilek.

Kalaupun terserang pilek, orang tersebuh juga akan lebih cepat sembuh dari orang yang jarang mengonsumsi bawang ptuih.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain meningkatkan kekebalan tubuh dari virus, bawang putih juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Dari sebuah penelitian yang menemukan jika pemberian suplemen yang terdapat kandungan bawang putih berpotensi memberikan efek perlindungan bagi jantung anda.

Terlihat efek tersebut dari kemampuan bawang putih yang dapat dan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

4. Sangat Baik Bagi Kesehatan Saluran Pencernaan

Tidak hanya baik bagi jantung, ternyata bawang putih juga bermanfaat bagi kesehatan saluran pencernaan.

Zat allicin yang terkandung di dalamnya mampu berguna untuk antibiotik dan antijamur. Dalam suatu penelitian yang menunjukkan bahwa manfaat bawang putih dapat digunakan untuk melawan bakteri H.pylori pada lambung.

5. Sebagai Pencegah Kanker

Penelitian tentang manfaat bawang putih yang sering dilakukan adalah sebagai pencegah kanker. Di dalam penelitian menunjukkan bahwa bawang putih mampu menekan aktivitas sel kanker. Bawang putih memiliki dan berpotensi sebagi sumber antikanker.

6. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Kandungan antibakteri yang terdapat pada bawang putih mampu mengatasi bakteri plak yang menjadi salah satu penyebab kerusakan gigi. Bukan hanya itu saja, mengonsumsi bawang putih mentah juga bermanfaat untuk mengatasi infeksi mulut.

Jika anda memanfaatkan bawang putih sebagai penjaga kesehatan mulut, anda juga bisa menggunakannya bersamaan dengan antibiotik.

Manfaat Lain Bawang Putih

  • Berguna untuk mengendalikan tekanan darah anda.
  • Dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak.
  • Sebagai pencegah jerawat.
  • Memperkuat tulang menghindari osteoporosis.
  • Pencegah rambut rontok.

Sekian pembahasan kali ini tentang apa saja manfaat kesehatan dari bawang putih yang sangat berguna atau bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Semoga apa yang sudah saya jelaskan dapat bermanfaat bagi semua orang dan selamat mencoba untuk merasakan manfaat dari bawang putih. Terima kasih!

Cara Membuat Susu Kunyit Minuman Yang Berasal Dari India

Apakah anda tahu bagaimana cara membuat susu kunyit? Susu kunyit merupakan minuman khas India. Cara membuat susu kunyit juga terbilang cukup mudah jika anda penasaran dan ingin membuatnya sendiri di rumah. Selain susu kunyit, kunyit juga biasa digunakan dalam berbagai makanan. Salah satunya sayur sop.

Disamping pembuatan susu kunyit itu mudah, cara menanam kunyit itu sendiri pun mudah lho.

Saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat susu kunyit dengan mudah. Berikut ini cara lengkapnya.

APA ITU SUSU KUNYIT?

Secara tradisional, susu kunyit (haldi doodh) berasal dari praktik Ayurveda dan lazim dalam budaya dan masakan India.

Dalam bentuk yang paling sederhana, ini adalah kombinasi susu hangat dan kunyit. Kebanyakan resep tradisional akan menggabungkan kunyit dengan susu sapi utuh, tetapi dengan putaran kami pada susu asli yang lezat ini, Anda dapat menggantinya dengan susu apa pun yang paling sesuai dengan gaya hidup Anda. Baik itu susu almond tanpa pemanis, susu mete, susu oat, atau susu lain yang Anda sukai!

Anda juga dapat menambahkan komponen tambahan seperti bumbu dapur, rempah-rempah, dan pemanis untuk meningkatkan rasa serta kepadatan nutrisi setelah dihangatkan.

MANFAAT KESEHATAN SUSU KUNYIT

Resep khusus susu kunyit ini merupakan sumber antioksidan, senyawa anti inflamasi, lemak sehat, mangan dan zat besi yang baik. Bahan-bahan tersebut sebenarnya bekerja sama secara sinergis untuk membantu meningkatkan nilai gizi satu sama lain.

Kunyit sendiri juga telah dikenal sebagai “bumbu penyembuh” dan telah digunakan untuk membantu banyak penyakit.

Dari sakit tenggorokan, pilek, dan flu hingga penyembuhan luka dan pengobatan lecet (karena sifat antibakteri dan antimikrobanya).

Kunyit adalah bumbu yang sangat bergizi sehingga saya juga suka menggunakannya dalam semua jenis hidangan, seperti One Bowl Skillet Meal saya , Kari Kelapa Pedas dengan Nasi Melati Manis ,  Sup Kembang Kol Kare serta dressing dan saus.

CARA MENGGUNAKAN SUSU KUNYIT

Sebagian besar dari kita pernah mendengar setidaknya satu kali atau yang lain bahwa minum susu hangat sebelum tidur akan membantu kita tertidur. Secara ilmiah, teori ini berasal dari fakta bahwa terdapat triptofan dalam susu (teori yang sama di balik kalkun membuat Anda mengantuk).

Namun, hanya ada sedikit penelitian yang mendukung teori ini ( nyatanya, penelitian ini mengatakan sebaliknya). Karena itu, komponen penghangat sederhana dari susu ini menjadikannya minuman favorit saya sebelum tidur! Ini cara yang bagus untuk membantu bersantai setelah hari yang melelahkan.

Tetapi jangan berpikir bahwa itu harus dimiliki pada malam hari! Ini juga dapat digunakan sebagai latte pagi yang enak untuk memulai hari Anda dengan nutrisi.

CARA MEMBUAT SUSU KUNYIT

Jangan takut untuk membuat resep ini sendiri! Anda dapat mendapatkan ASI apa adanya, atau menggunakan salah satu penyesuaian halus yang tercantum di bawah.

Selain itu, jika Anda umumnya merasa rasa kunyit terlalu kuat, Anda dapat memulai dengan menambahkan lebih banyak madu atau sirup maple untuk sedikit mempermanisnya. Seiring waktu, Anda dapat mengurangi jumlah pemanis secara bertahap saat Anda sudah terbiasa dengan rasanya.

Penting juga untuk diperhatikan bahwa semakin lama Anda merebus bahan dengan api kecil-sedang, semakin kuat dan kuat rasanya.

Saya juga punya tips cepat untuk Anda jika Anda ingin menyiapkan susu kunyit lebih cepat! Tambahkan sekitar 1/2 sendok teh kunyit bubuk, sedikit kayu manis, dan sedikit garam laut ke dalam susu almond. Kemudian goyangkan saja dan Anda siap berangkat!

Itu dia tadi bagaimana cara membuat susu kunyit dengan mudah, baik dan benar. Apakah anda tertarik mencoba membuatnya di rumah sendiri? Semoga informasi tentang cara membuat susu kunyit ini dapat bermanfaat bagi semua orang dan selamat mencoba!

Menanam Daun Bawang Di Botol Kaca atau Botol Bekas

Cara menanam daun bawang di botol adalah salah satu cara menanam sayuran yang bisa di bilang mudah. Cara ini bisa anda terapkan di mana saja. Apalagi jika rumah anda tidak memiliki lahan yang terlalu luas, maka anda bisa menerapkan cara ini.

Daun bawang sendiri merupakan sayuran yang sering kita gunakan pada berbagai macam sayuran terutama sayur sop. Selain mudah untuk ditanam, daun bawang juga memiliki banyak manfaat. Kali ini saya akan berikan bagaimana cara menanam daun bawang di botol dengan baik dan benar.

Simak ulasannya berikut ini.

Cara Menanam Daun Bawang di Botol Kaca

Cara menanam daun bawang yang bisa anda praktekkan di rumah dengan mudah adalah dengan cara menggunakan media botol kaca.

A. Simpan Umbi dari Daun Bawang

Biasanya anda akan membuang bagian putih dari daun bawang dan hanya menggunakan bagian hijaunya saja. Lain kali, simpanlah bagian putih dan akarnya dari daun bawang. Anda dapat menanam sendiri bagian putih yang ada akarnya daripada harus membuangnya dengan sia-sia. Setelah itu, anda dapat memproduksi daun bawang anda sendiri.

  1. Umbi dari daun bawang apapun itu sudah pasti dapat digunakan. Tapi, anda mungkin memiliki peluang dan hasil jika anda menggunakan daun bawang yang tumbuh di daerah anda. Dengan itu, anda pasti tahu bahwa mereka akan tumbuh baik pada iklim anda.
  2. Mulailah dengan daun bawang yang anda beli di pasar atau di petani.

B. Letakkan Umbi Daun Bawang dengan Akar Menghadap Bawah Botol Kaca

  1. Anda dapat menggunakan jenis botol kaca apapun. Pastikan selalu botol kaca yang anda gunakan bersih, dan tidak terkena cat. Ini bertujuan agar sinar matahari dapat masuk dengan mudah untuk menyinari bawang didalamanya.
  2. Masukkan sebanyak mungkin akar dari daun bawang yang anda ingingkan. Pastikan lagi akar dari bawang yang anda masukkan menghadap ke bagian bawah botol kaca. Hal tersebut bertujuan agar bagian hijaunya dapat tumbuh dan mencapai luar botol.

C. Tambahkan Air dan Sinar Matahari Pada Tanaman Daun Bawang

  1. Tambahkan air secukupnya hinggan menutupi bagian akar dari umbi bawang.
  2. Simpan botol yang sudah ada air dan bawangnya di tempat yang terkena sinar matahari. Dalam beberapa hari anda akan melihat akar dari bawang tadi mulai memanjang. Lalu, tunas hijau kecil akan muncul dan mulai tumbuh ke atas. Pastikan anda menjaga botol agar terisi air yang cukup untuk menutupi bagian putih dan akar bawang.

D. Mulai Panen Bagian Hijau Daun Bawang

Kalau cara menanam daun bawang anda sudah benar, maka daun bawang akan tumbuh mencapai 10-15 cm. Setelah itu daun bawang anda siap untuk dipanen. Keluarkan daun bawang dari dalam botol dan potong atau guntinglah sebanyak yang anda mau. Anda juga bisa menggunakan keseluruhannya jika anda mau.

Jika anda hanya membutuhkan beberapa potongan daun bawang, maka anda dapat memasukkan kembali akar dan umbi bawang ke dalam botol. Dan jika anda memasukkan kembali umbi dan akar bawang, umbi tersebut dapat melanjutkan pertumbuhannya untuk anda panen lagi selanjutnya.

Seharusnya anda dapat memanen bawang yang sama sebanyak 2-3 kali sebelum bawang yang anda tanam tersebut berhenti untuk tumbuh.

  1. Kalau anda memilih untuk menggunakan atau memasukkan kembali umbi bawangnya, jangan lupa untuk selalu mengganti airnya setiap minggu atau lebih. Ini bertujuan untuk menjaga daun bawang tersebut tetap tumbuh dengan baik dan segar.

Itulah bagaimana cara menanam daun bawang di botol hingga proses pemanenannya yang bisa anda terapkan di rumah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi banyak orang dan selamat mencoba!

Cara Bikin Olahan Pisang Kepok

Kalian tau pisang kepok kan? itu loh pisang yang sering banget ditemui di pasar pasar karena stocknya yang melimpah. Pada artikel kali ini mimin mau ngasih tau kalian cara bikin olahan pisang kepok yang tentunya berbeda dari yang lainnya.

Pisang kepok sendiri lebih sering diolah menjadi gorengan yang seringkali kita temui di pedagang asongan di sepanjang jalan jalan besar. Dengan adanya resep yang akan mimin bagiin ini mimin harap kalian bisa menginovasi buah dengan warna dominan kuning ini supaya diolah menjadi lebih kreatif lagi.

Tapi sebelum masuk ke resep es buah untuk jualan dan juga aneka olahan pisang untuk usaha, mari kita mengupas sedikit demi sedikit manfaat dari pisang kepok ini lesgowww gaisss

Manfaat Buah Pisang Kepok Bagi Kesehatan

Selain rasa dan kenikmatan pada umumnya, kita pun pasti mengincar juga manfaat dan khasiat yang terdapat dalam suatu makanan atau minuman yang kalian konsumsi. Mka dari itu mimin siapin buat kalian nih beberapa manfaat serta khasiat yang kalian dapatkan saat mengonsumsi buah pisang kepok ini.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti yang kita ketahui bersama penyakit jantung adalah mesin pembunuh nomor satu di dunia dan diikuti dengan kanker. Penyakit yang menyerang secara tiba-tiba ini jarang dapat diduga dan kebanyakan karena rusaknya pembuluh darah di jantung.

Buah Pisang berjenis kepok yang memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi selain dapat menyehatkan kulit, juga dapat melindungi organ jantung kita dengan mencegah rusaknya dinding pembuluh darah kita yang ada di jantung.

2. Menjaga Kekuatan Tulang

Buah pisang juga dikenal dengan kandungannya yang kaya akan kalsium. Hal ini memnyebabkan buah ini sangat bagus untuk membantu kesehatan tulang dan menghindarkan kita dari pengeroposan tulang.

Bahkan menurut studi yang diumumkan oleh Journal of Physiology and Biokimia, buah pisang ini mengandung zat fructooligosaccharides.
Apa kegunaan zat tersebut? zat tersebut adalah karbohidrat nondigestif yang dapat menigkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium.

3. Dapat Membantu Mengatasi Depresi

Masalah kesehatan mental memanglah sedang marak dalam beberapa tahun ke belakang. Hal ini memiliki banyak penyebab baik internal maupun eksternal yang tidak dapat disamaratakan.

Dalam hal ini, buah pisang memiliki zat triptofan yang akan diubah dan diolah tubuh menjadi serotonin yang dapat mempengaruhi suasana hati. Selain merubah suasana hati, zat triptofan ini juga dapat memperbaiki pola tidur bagi kalian yang mengalami susah tidur yang berpengaruh juga dalam memperburuk depresi dengan kurangnya tidur dan istirahat.

4. Mengandung Antioksidan

Zat molekul serta radikal bebas yang terdapat pada sistem metabolisme atau pencernaan di tubuh kita dapat menigkatkan resiko stress oksidatif. Namun dengan adanya zat antioksidan ini kalian ngga perlu resah dan khawatir, selama kebutuhan zat antioksidan kalian tercukupi.

Selain itu antioksidan ini dapat membantu mencegah mengurangi resiko penyakit Alzheimer di usia muda yang mana itu dapat menurunkan daya ingat otak kita. Bahkan dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi buah pisang kepok ini hasil fermentasi mengalami penurunan kerusakan oksidatif sebanyak 40%.

 

Empat manfaat dan khasiat di atas udah cukup menggugah hasrat kalian buat banyak banyak dan sering sering mengonsumsi pisang kepok ini belum gaiss? Kalo udah, sekarang kita langsung aja menuju ke resep dan cara membuatnya ihiww kiwwww

Cara Bikin Olahan Pisang Kepok

1. Cara Bikin Olahan Pisang Kepok Pelangi

Bahan Bahan:

  • 10 buah pisang kepok tentunya
  • 45 gr mentega
  • 250 gr tepung terigu
  • Garam sejumput
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh vanil bubuk
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1 butir telur yang udah dikocok
  • Air secukupnya

Cara Bikin Olahan Pisang Kepok Pelangi:

  1. Campurkan semua tepung, gula, garam, dan baking powder secara merata lalu aduk ulen dan perlahan jangan terlalu kencang
  2. Tambahkan telur dan aduk lagi sampai agak sedikit lengket dan masukkan air lagi sampai adonan tidak lengket lagi dan jangan sampai melempem ya gaiss
  3. Diamkan adonan selama 20 sampai 25 menit di suhu yang stabil
  4. Aduk lagi adonannya dan pisahkan menjadi 3 bagian dengan warna berbeda lalu gilas tipis, bisa juga dengan alat pembuat mie lalu potong memanjang dengan ketebalan 1 cm pada masing masing warna tadi dan gabungkan ke semuanya
  5. Jika udah, nyalakan kompor dengan api kecil dan masukkan adonan tadi secara perlahan ke dalam minyak panas
  6. Setelah keliatan agak kecoklatan segera angkat dan tiriskan kemudian siap disajikan hihihi

2. Cara Bikin Pisang Kipas Kranchy

  • 8 buah pisang kapok
  • 50 gr gula pasir
  • 70 ml air
  • 45 gr tepung terigu
  • Tepung panir secukupnya
  • Sejumput garam

Cara Bikin Pisang Kipas Kranchy:

  1. Cuci bersih pisang dan kupas semuanya lalu iris menjadi 3 sampai 5 bagian jangan sampai bawahnya lepas
  2. Campurkan tepung terigu, gula pasir dan air lalu aduk hingga merata
  3. Lumuri pisang yang udah diiris 3 sampai 5 bagian tadi dengan campuran tepung terigu dan tepung panir. Lumuri semuanya tanpa terkecuali
  4. Nyalakan kompor dengan api kecil dan tunggu hingga api panas
  5. Jika api udah panas, masukkan adonan pisang ke dalam wajan daln goreng hingga warnanya agak kecoklatan kemudian angkat dan tiriskan minyak sampai benar benar garing lalu siap disajikan selagi hangat

3. Cara Bikin Pisang Nugget Topping Oatmeal

Bahan Bahan:

  • 50 gr quick oats
  • 100 gr pisang ambon yang ranum
  • 1 butir telur
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 20 gr tepung terigu
  • 15 gr susu kental manis
  • 4 sendok makan tepung terigu yang dilarutkan ke air

Cara Bikin Olahan Pisang Nugget Topping Oatmeal:

  1. Cuci bersih pisang dan kupas hingga bersih, kemudian masukan pisang tadi dengan semua bahan dengan blender hingga halus
  2. Kemudian kukus adonan tadi selama kurang lebih 15 menit
  3. Jika udah matang, biarkan dingin sebentar kemudian potong dan gulingkan pada larutan tepung terigu dan gulingkan lagi pada quick oats
  4. Setelah semuanya selesai dibalurkan dengan tepung dan quick oats, goreng dengan minyak panas sebentar saja
  5. Jika terlihat udah kecoklatan segera angkat dan tiriskan

Dari ketiga resep di atas sekiranya bagi kalian yang ingin membuka ide untuk terjun ke dunia usaha kuliner dengan bahan utama pisang kepok ini, mimin bakal bahas sedikit tentang peluang usaha dan bisnisnya.

Peluang Aneka Olahan Pisang Untuk Usaha

Kalian tau sangpisang? ya kuliner olahan pisang milik anak dari presiden RI Joko Widodo ini yaitu mas Kaesang Pangarep ini tergolong sukses. Dengan berbagai campaign serta marketing yang epic serta juga dengan dukungan rasa sangpisang nya sendiri yang bikin lidah bergoyang adalah perpaduan dan duet combo yang tak bisa dipisahkan.

Begitupun jika emang kalian mau terjun ke dunia usaha ini, kalian harus bisa mengimbangi antara branding dan juga rasa yang sepadan. Kalian bisa gunakan konsep yang berbeda juga lho gais. Gunakan segala kreatifitas kalian dalam terjun ke dunia kuliner ini. Kalian bisa mulai dari memberikan tester kepada teman teman dekat kalian untuk bantu menilai seberapa lezat produk yang kalian buat. Selamat mencoba gaiss!!!

Cara Bikin Asinan Pepaya Instan

Hello gaisssss, kembali lagi dan lagi ni bersama mimin kece yang kali ini mau berbagi tentang cara bikin asinan pepaya instan yang bakal bikin kalian menghemat pengeluaran karena dengan asinan buatan rumah ini diharapkan kalian bisa mengurangi tuk jajan jajan ngga penting dan juga bisa jadi tambahan uang saku atau jajan kalian kalo kalian mau menjadikannya bisnis.

Asinan pepaya sendiri udah dikenal sejak lama banget gais, mungkin dari sebelum mimin lahir deh kayaknya wkwkw. Buah pepaya sendiri memiliki berbagai kandungan yang ngga bisa dipungkiri untuk kebaikannya bagi tubuh kita. Kira kira apa aja tuh? simak pembahasannya di bawah ini!!

Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

1. Sebagai Anti Kanker

Mesin pembunuh nomor setelah serangan jantung ini memanglah sangat mengerikan bagi seluruh umat manusia yang ada di muka bumi ini. Gimana ngga mengerikan, hampir kebanyakan kasus kematian disebabkan oleh kanker. Meskipun biasanya bukan karena kankernya sendiri, tapi penyakit ini adalah titik awal mula semua komplikasi yang sering terjadi sebelum merembet ke penyakit lainnya.

Pada kali ni pepaya bekerja secara menarik karena dapat mengurangi radikal bebas yang ada di tubuh kita. Bahkan dari beberapa buah-buahan, hanya buah berwarna daging oren ini aja yang dapat melawan kanker payudara dan berfungsi sebagai antikanker dalam sel kanker payudara dengan mengurangi radikal bebas dan mengurangi oksidatif.

2. Membantu Diet Sehat

Dengan lancarnya saluran sistem pencernaan, tak dapat dipungkiri bahwa diet dengan mengonsumsi buah pepaya ini akan jadi kenyataan. Bagi kalian yang mendambakan bodygoals ala ala artis Korea, bisa banget dengan mengonsumsi pepaya setiap hari untuk membantu memperlancar sistem pencernaan kalian.

Pepaya memiliki jumlah kalori yang rendah, sehingga sangat baik dikonsumsi secara rutin. Selain itu, pepaya juga kaya akan serat dan mineral yang dapat membuat perut kita merasa cukup kenyang dalam waktu yang lumayan lama.

3. Mengandung Antioksidan

Zat molekul serta radikal bebas yang terdapat pada sistem metabolisme atau pencernaan di tubuh kita dapat menigkatkan resiko stress oksidatif. Namun dengan adanya zat antioksidan ini kalian ngga perlu resah dan khawatir, selama kebutuhan zat antioksidan kalian tercukupi.

Selain itu antioksidan ini dapat membantu mencegah mengurangi resiko penyakit Alzheimer di usia muda yang mana itu dapat menurunkan daya ingat otak kita. Bahkan dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi ekstrak pepaya hasil fermentasi mengalami penurunan kerusakan oksidatif sebanyak 40%.

 

Lumayan juga ya gais manfaat dari buah pepaya ini bener bener bakalan bikin kita hidup lebih sehat tentunya juga. Apalagi kalo kita mengonsumsinya dengan olahan asinan yang tentunya ngga bakalan bikin kalian bosen. Penasaran gimana resep dan cara membuat manisan pepaya keringnya? cekidott!!!

Cara Bikin Asinan Pepaya Instan

1. Cara Bikin Asinan Pepaya Instan

Bahan Bahan:

  • 1 buah pepaya mengkal
  • 1/4 kilogram gula batu
  • 1/4 kilogram gula pasir
  • 2 sendok makan kapur sirih
  • 1/2 sendok teh garam
  • Air secukupnya

Cara Bikin Asinan Pepaya Instan:

  1. Seperti biasa kita cuci bersih pepaya mengkal lau kupas dan iris tipis sekitar 1/2 cm, kemudian rendam dalam air kapur sirih selama 6 jam
  2. Setelah direndam selama 6 jam, tiriskan pepaya dari air rendaman sirih lalu cuci bersih lagi dan tiriskan lagi
  3. Rebus air matang, gula pasir, garam dan gula batu hingga semuanya larut dalam rebusan tersebut kalian bisa ngintip resep es buah untuk jualan
  4. Jika semuanya udah larut, masukin pepaya tadi lalu aduk aduk perlahan
  5. Aduk hingga airnya menyusut dan terlihat meresap
  6. Kalo dirasa airnya udah mulai menyusut, angkat dan tiriskan serta pastikan benar benar adonannya tadi kering dan angkat ketika asinannya udah mulai dingin lalu jemur selama 2 sampai 3 hari

2. Cara Membuat Manisan Pepaya Instan Tanpa Sirih

Bahan Bahan:

  • 500 gram pepaya mentah
  • 1/2 sendok teh sitrun
  • 250 gram gula pasir putih
  • 1/2 sendok teh pasta melon
  • 1/2 sendok teh pasta nanas
  • 225 gram gula pasir biasa
  • 1/2 sendok teh strawberry

Cara Bikin Asinan Pepaya Instan Tanpa Sirih:

  1. Cuci bersih pepaya dan kupas kulitnya. Kemudian potong pepaya tapi jangan terlalu kecil
  2. Parut pepaya yang udah dipotong tadi kemudian peras sampe kering
  3. Campurkan pepaya yang udah diperas tadi dengan gula dan masak dengan api kecil serta aduk secara perlahan
  4. Jika air gulanya udah sedikit menyusut dan parutan pepayanya mulai mengering, masukkan sitrun sambil terus mengaduk
  5. Angkat adonan pepaya tadi dan bagilah menjadi 3 adonan sama rata
  6. Masukkan pasta sesuai ke adonan masing-masing dan kemudian ambil adonan lalu bulatkan sebulat tekad kalian lalu gulingkan ke gula pasir putih, ulangi ke ketiga adonan tadi sampe habis.
  7. Jika semua udah berbentuk bulat dan rata dengan gula, jemur hingga kering kurang lebih satu sampai dua jam, kemudian masukkan ke dalam toples dan tutup dengan rapat

Jadi gimana nih gaiss? dari ketiga resep di atas, mana yang bikin kalian tertantang buat nyobain? hahaha jangan bingung deh mending kalian cobain satu satu aja abis itu kasih tau mimin gimana hasilnya asinan buatan kalian terus nanti kita adu rasa hahaha. Pokoknya mainin kreatifitas kalian dan jangan lupa tetap selalu menjaga kesehatan kalian sesuai protokol yang dianjurkan pemerintah ya gaiss, selamat mencoba!!!

Cara Bikin Sop Buah Seger Bener

Yakkkk kembali lagi nih sama mimin wkwkwk, kali ini mimin membawa resep yang beda lagi gaisss yaitu cara bikin sop buah seger bener yang tentunya bakal bikin kalian ketagihan dan pengen bikin lagi dan lagi hahaha.

Sop buah sendiri sering kita temui di penjual penjual kaki lima di sepanjang jalan, apalagi pas lagi siang siang panas gitu cuacanya hmmm seger banget kan ya gaiss. Tapi sebelum menuju ke resep es buah untuk jualan, saatnya kita mengupas sedikit manfaat dari buah buahan yang terdapat di sop buah okey lesgooo!!!

Manfaat Buah Buahan Di Dalam Sop Buah

1. Nanas

Selain sangat mujarab dalam mengatasi masalah dahaga di siang bolong, buah yang kandungan airnya mencapai 87% ini memiliki gula alami seperti sukrosa, fraktosa, dan glukosa yang menyegarkan ketika dilahap.

Inilah mengapa sebenarnya sop buah diciptakan tanpa susu ya karena kandungan buah di dalamnya benar-benar sudah lebih dari cukup dalam membuat lidah kalian merasa manis.

Buah nanas ini memiliki sifat yang dingin(bukan dingin kayak sikapnya ya:p) sehingga sangat berkhasiat dalam mengurangi asam lambung, mengurangi resiko pertumbuhan sel kanker serta menjaga limpa kita agar tetap prima.

2. Kiwi

Rasa asam nan kecut pada buah ini seringkali membuat kita mengerutkan dahi, namun tahukah kalian bahwa buah kiwi sangat manjur untuk melawan insomnia?

Dengan kandungan senyawa antioksidan dan serotonin yang menjadi skill basic dari buah kiwi ini, sangat ampuh untuk menenangkan pikiran dari stress yang menjadi momok dan musuh bersama insomnia.

3. Melon

Menawarkan rasa manis yang unik, buah dengan nama latin Cucumis melo ini merupakan senjata yang ampuh dalam mencegah kanker dan menyamarkan penuaan dini, terutama bagi kalian ciwi ciwi.

Menurut data yang dibeberkan oleh National Nutrient, buah yang memiliki warna hijau imut ini mengandung vitamin A, C, E, K, serta asam folat yang sangat tinggi sehingga sangat cocok untuk kalian yang ingin terlihat lebih muda.

4. Blewah

Buah yang memiliki nama latin cucumis melo var cantalupensis dan berwarna oranye ini selain menyimpan banyak gizi, ia juga dipercaya dapat memberikan impact yang besar untuk kalian yang lagi menjalani program diet.

Mengusung kandungan nutrisi dan gizi yang terdapat serat dan mineralnya diikuti dengan serat, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C yang senantiasa menjaga masalah kulit dan kekebalan tubuh. Dapat juga untuk senjata mencegah penyakit kanker.

 

Ada empat buah yang mimin ambil karena ya, ya itulah yang paling sering dipake di sop buah wkwkwk kalo mimin sebutin semua bisa bisa ngga selesai selesai nanti ngga sampe ke resep dan cara buat sop buahnya dong.

Cara Bikin Sop Buah Seger

1. Resep Cara Bikin Sop Buah Alpukat

Bahan Bahan:

  • 1 buah alpukat
  • 50 gram sagu mutiara
  • 5 sendok makan
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 5 sendok makan fibercrame
  • 300 ml air hangat
  • Es batu secukupnya

Cara Bikin Sop Buah Alpukat:

  1. Cuci bersih buah alpukat kemudian kupas hngga bersih
  2. Potong-potong alpukat sesuai selera kalian
  3. Sisihkan dulu alpukat yang sudah dirajang tadi, sekarang kita rebus dulu sagu mutiara hingga matang
  4. Larutkan pula fibercrame bersama dengan gula dalam satu wadah berbeda dari rajangan alpukat dan aduk sampai rata
  5. Setelah sagu mutiaranya matang, masukkan ke dalam wadah yang berisi adonan fibercrame dan gula tadi bersamaan dengan rajangan alpukat tadi lalu tambahkan es batu sesuai selera kalian
  6. Voilaa sop buah alpukat siap disajikan

7. Resep Cara Bikin Sop Buah Susu

Bahan Bahan:

  • 100 gram semangka merah atau kuning
  • 100 gram nanas
  • 500 gram es batu serut
  • 100 gram pepaya
  • 100 gram melon
  • 1 liter air mineral
  • 100 ml susu kental manis rasa vanila
  • 5 sendok makan sirup vanili
  • 100 gram anggur

Cara Bikin Sop Buah Susu:

  1. Persiapkan mangkuk untuk wadahnya terlebih dahulu
  2. Cuci bersih semua buah yang ada dan kupas semuanya
  3. Jika sudah dikupas, potong dadu semua buah tadi kecuali buah melon yang dipotong bulat menyerupai kelereng
  4. Masukkan semua rajangan tadi ke dalam wadah yang udah disiapkan sebelumnya
  5. Sekarang ambil wadah lain untuk membuat cairannya. Masukkan air dan campur dengan susu kental manis kemudian aduk hingga merata
  6. Jika air dan susunya tadi udah merata, tuangkan ke dalam wadah yang berisi buah-buahan tadi
  7. Kemudian tambahkan es serut dan tuangkan sirup vanili sesuai selera dan sop buah susu kali ini siap dinikmati

3. Resep Cara Bikin Sop Buah Seger

Bahan Bahan:

  • 2 potong melon
  • 5 sendok makan susu kental manis
  • 2 buah strawberry
  • 2 potong melon
  • 5 sendok makan sirup cocopandan
  • 2 gelas air mineral
  • Es batu secukupnya

Cara Bikin Sop Buah Seger:

  1. Cuci bersih semua buah dan kupas kemudian bersihkan lagi hingga terlihat menarik
  2. Potong dan rajang buah dengan potongan kecil ataupun besar sesuai selera kalian
  3. Siapkan wadah, bisa juga mangkuk atau gelas besar. Masukkan air, susu kentl manis, dan sirup cocopandang tadi dan aduk hingga merata semua
  4. Kemudian masukkan potongan buah yang sudah dirajang tadi ke dalam wadah yang berisi air tadi dan tambahkan es seuckupnya atau sesuai selera
  5. Voilaaa akhirnya sop buah yang seger udah jadi

Begitulah gais kira kira resep sop buah andalan mimin yang bisa kalian coba coba dan eksperimenin di rumah sekaligus melatih skill kalian di dapur hahaha, jangan lupa kabarin mimin nanti gimana hasilnyaaa. Selamat mencoba gaiss!!!

Cara Bikin Asinan Rambutan Enak

Holaaa gais kembali lagi nih sama mimin yang pada artikel kali ini mau membahas tentang bagaimana cara bikin asinan rambutan enak dan mudah dilakukan tentunya. Serta dengan bahan bahan yang mudah didapatkan juga.

Buah rambutan sendiri seringkali kita temui di halaman atau pekarangan pekarangan rumah terutama yang ada di pedesaan. Belum lagi kalo lagi musimnya, jangan ditanya deh betapa melimpahnya buah ini sampai sampai sering banget terbuang percuma dan mubadzir.

Gimana supaya ngga mubadzir? kalian bisa mengolahnya dengan resep manisan rambutan yang bakal mimin share di bawah ini. Namun sebelum beranjak ke resepnya, mari kita simak beberapa manfaat buah rambutan berikut ini.

Manfaat Rambutan Untuk Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti yang kita ketahui bersama penyakit jantung adalah mesin pembunuh nomor satu di dunia dan diikuti dengan kanker. Penyakit yang menyerang secara tiba-tiba ini jarang dapat diduga dan kebanyakan karena rusaknya pembuluh darah di jantung.

Rambutan yang memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi selain dapat menyehatkan kulit, juga dapat melindungi organ jantung kita dengan mencegah rusaknya dinding pembuluh darah kita yang ada di jantung.

2. Mengatasi Kencing Manis

Salah satu keuntungan dari biji yang pahit di sini adalah juga untuk membantu mencegah serta mengatasi penyakit kencing manis. Penyakit yang disebabkan karena saluran kemih yang bermasalah ini pun masih sering menjadi momok.

Dengan meminum air seduhan biji rambutan yang terkenal pahit ini dapat membantu kita agar terhindar dari penyakit kencing manis ini.

3. Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Seperti yang udah mimin sebut di atas tadi, dengan berkurangnya kita minum obat-obatan yang mengandung berbagai bahan kimia, kita sudah membantul fungsi organ ginjal kita. Selain itu, buah yang dikenal dengan warna merah mecolok ini juga memilik kandungan mineral yang lumayan banyak yang berfungsi membantu pencegahan penggumpalan kristal atau sering kita ketahui dengan batu ginjal. Rambutan juga memiliki fosfor untuk membantu menyaring racun dalam ginjal.

4. Menjaga Kolesterol dan Mengontrol Tekanan Darah

Untuk menghindari pembengkakan di kaki selama kehamilan, ibu hamil dapat mengonsumsi rambutan secara rutin dan teratur. Hal ini karena kandungan dari buah rambutan yang dapat mengontrol kolesterol dan tekanan darah.

Ada empat manfaat serta khasiat yang tak bisa kita pungkiri buah rambutan yang biasanya juga diolah dengan resep es buah untuk jualan ini. Maka dari itu kita harus semakin rajin dan giat dalam mengonsumsi buah rambutan ini.

Setelah selesai dari manfaat dan khasiat, saatnya kita menuju ke resep dan cara pembuatannya, cekidott!!!

Cara Bikin Asinan Rambutan Enak

1. Cara Bikin Asinan Rambutan Enak

Terdengar asing di telinga kita semua, tapi inilah terobosan-terobosan di bidang manisan khusus nya manisan rambutan.

Bahan Bahan Asinan Rambutan Enak:

  • 2,5 kg buah rambutan
  • 1 kg gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok makan vanili
  • 1/4 sendok teh kapur sirih
  • 1 sendok tanah natrium benzoat
  • Air secukupnya

Cara Bikin Asinan Rambutan Enak:

  1. Cuci bersih rambutn terlebih dahulu, kemudian kupas dan untuk biji nya kali ini dapat dibuang ataupun diikutsertakan, sesuai selera masing-masing aja
  2. Nyalakan kompor kemudian masukkan rambutan dan rebus hingga mendidih secara keseluruhan
  3. Setelah direbus, tiriskan rambutan nya sampai benar-benar kering
  4. Buat cairan larutan dari kapur sirih dengan cara mencampurkan 1 liter air dan 1/4 sendok teh kapur sirih.
  5. Setelah larutan nya jadi, rendam rambutan yang udah  direbus tadi ke dalam larutan sirih tadi kemudian tunggu sampai semalaman kemudian tiriskan
  6. Kemudian rebus air seliter serta tambahkan garam, gula, dan natrium benzoat nya sampai mendidih. Setelah mendidih masukkan rambutan yang udah direndam di larutan sirih semalaman tadi kemudian lanjut dimasak sampai agak matang.
  7. Matikan api kompor dan tuang vanili kemudian tunggu semalaman lagi
  8. Selesai direndam semalaman lagi, jemur asinan rambutan tadi hingga mengering

2. Cara Bikin Asinan Rambutan Pedas

Ngga bisa bayangin perpaduan manis nya rambutan dengan pedas nya irisan cabe rawit yang merah menyala. Hmmm sedap banget ya pasti nya.

Bahan-Bahan Asinan Rambutan Pedas:

  • 2 ikat rambutan
  • 5 buah jeruk limau
  • 3 sendok teh gula pasir
  • Cabai rawit sesuai selera
  • 1/4 sendok teh garam
  • 200 ml air panas

Cara Bikin Asinan Rambutan Pedas:

  1. Seperti biasa kita cuci dan selalu cuci dulu rambutan agar bersih dan terhindar dari bakteri jahat
  2. Kemudian setelah dicuci, kupas rambutan dan tak perlu dicuci ulang agar rasa yang didapatkan otenik. Jangan lupa buang biji nya.
  3. Iris miring cabai rawit, kemudian campurkan dengan rambutan yang udah disiapkan tadi
  4. Kemudian belah jeruk limau menjadi 2 bagian dan peras di atas rambutan tadi
  5. Tambahkan gula dan garam sesuai selera kalian. Tidak lupa tuangkan juga air panas 200ml dan tunggu kurang lebih 2 jam
  6. Voilaaa asinan rambutan pedas siap disajikan

4. Cara Bikin Asinan Rambutan Basah

Jika tadi ada resep rambutan kering, maka sekarang ada resep rambutan basah yang juga bisa jadi refrensi mu dalam mengolah buah rambutan ini.

Bahan Bahan Asinan Rambutan Basah:

  • 10 ikat buah rambutan
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/2 buah jeruk nipis
  • 1 liter alir
  • 1/2 kg gula pasir halus

Cara Bikin Asinan Rambutan Basah:

  1. Pertama kita cuci bersih dulu buah rambutan nya kemudian kita kupas dan biji nya dibuang
  2. Belah daging rambutan menjadi 2 bagian atau bisa disesuaikan selera kalian
  3. Rebus air dan gula pasir hingga agak mendidih kemudian masukkan daun pandan
  4. Setelah mengeluarkan aroma harum, masukkan daging rabutan tadi, aduk hingga rata dan matang
  5. Angkat rambutan dan biarkan tetap basah(jangan dikeringkan)
  6. Berikutnya beri air perasan jeruk nipis agar membuat manisan tersebut terlihat segar
  7. Kemudian tunggu manisan rambutan sampai benar-benar dingin dan masukkan ke dalam lemari selama beberapa jam
  8. Voila Resep asinan Rambutan Basah siap disajikan

Itulah ketiga resep asinan rambutan untuk hari ini yang bisa segera kalian coba di rumah ya gaisss, kalo kalian ada resep tandingan bisa banget buat ngasih tau mimin hahaha. Selamat mencoba gaisss!!!

Cara Bikin Salad Buah Antimainstream

Haiiiii gaisss selamat sore!! gimana kabar kalian? mimin harap dalam kondisi yang prima yaa! Pada artikel kali ini mimin mau berbagi tentang bagaimana cara bikin salad buah yang antimainstream dan kaya biasanya. Daripada kalian harus beli di luaran sana, mending kalian nyoba bikin sendiri karena selain menghemat kalian juga bisa melatih skill memasak kalian wkwkwk. Salad buah sendiri adalah camilan sekaligus makanan pengganjal perut yang wajib terutama bagi mahasiswa atau mahasiswi yang lagi ngerjain tugas kuliahnya hahaha. Resep yang bakal mimin share ini ngga rumit kok karena mimin udah mikir juga kalo kalian mau yang simple simple aja. Tapi sebelum msuk ke resep salad buah nya, ijinin mimin tuk membahas manfaat dan khasiat dari salad buah ini.

Manfaat Buah Dalam Salad Buah

1. Mengandung Banyak Serat

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa buah-buahan mengandung banyak sekali serat yang dapat melancarkan saluran pencernaan, selain membantu saluran pencernaan serat-serat ini juga berguna untuk mempermudah penyerapan zat serta gizi makanan yang ada di dalam tubuh kita dengan cepat.

Terlebih dengan adanya gabungan buah-buah yang ada di dalam salad kebanyakan mengandung serat-serat yang tinggu, maka dari itu dapat dipastikan serat yang didapatkan dan dibutuhkan sangat tercukupi.

2. Memiliki Berbagai Vitamin

Vitamin yang terkandung dalam buah-buahan sangat berguna untuk menyehatkan kulit seperti contohnya vitamin c yang terdapat pada jeruk, dapat mencerahkan dan membersihkan sel kulit mati dari dalam tanpa sentuhan bahan kimia, sangat cocok untuk wanita-wanita yang ingin kulit nya terlihat glowing

Selain untuk mencerahkan kulit, kandungan vitamin yang terdapat pada buah-buahan dapat berfungsi untuk membangun imun tubuh dari dalam agar terhindar dari penyakit-penyakit mematikan seperti kanker dan serangan jantung

Sebab itulah buah adalah vitamin yang paling baik dan alami tanpa terkontaminasi dengan bahan kimia sehingga dapat menyehatkan tubuh secara alami.

3. Memenuhi Kebutuhan Mineral Tubuh

Tubuh kita sangat membutuhkan mineral yang cukup agar selalu sehat bugar dan keseimbangan dalam tubuh juga terjamin. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, salad terdiri dari banyak buah-buahan yang memiliki banyak kandungan mineral sudah pasti dapat memenuhi kebutuhan tubuh Ketiga manfaat serta khasiat di atas hanya beberapa contoh aja ya gais sebenernya masih banyak yang lainnya yang kalo mimin bahas semua bisa bisa ngga sampe ke resep es buah untuk jualan nya. Jadi sekarang mari kita menuju ke resep dan cara membuatnya, cekidott!

Cara Bikin Salad Buah Enak

1. Resep Salad Buah Mozarella

Wahh.. kali ini ada yang berbeda, ngga kayak salad buah pada umumnya. Salad buah yang akan kita buat kali ini menggunakan keju mozarella sebagai sausnya. Kok bisa? penasaran kan? langsung aja ngga pake basa-basi ini resepnya.

Bahan bahan:

  • 200 ml susu uht(kalo ngga ada susu uht bisa pake ssu lainnya, tapi admin nyarani pakai susu uht)
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 50 gram keju parut atau sesuka kalian
  • 1 sendok makan maizena
  • 6 sendok makan mayonaise
  • 1 mozarella atau sesuka kalian

Cara Bikin Salad Buah Mozarella:

  1. Cuci bersih buah kemudian kupas hingga terlihat menarik dan enak dipandang.
  2. Jika sudah selesai dikupas dan dicuci, potong-potong buah tersebut dengan selera kalian yang penting bentuknya masih bisa diterima.
  3. Selesai dipotong, masukan semua potongan buah-buahan tersebut dalam wadah. Disarankan kalo bisa wadah yang agak cekung.
  4. Setelah buahnya ditata dalam wadah tersebut, sekarang kita beralih ke sausnya.

Membuat saus:

  1. Masukkan susu ke dalam panci kemudian panaskan dengan api kecil, diikuti dengan memasukan 3 sendok gula pasir. Aduk hingga rata.
  2. Setelah susu dan gula pasir merata, kemudian mulai masukkan keju parut dan mayonaise bersamaan. Ingat, tetap gunakan api kecil dan selalu diaduk supaya ngga gosong dan adonannya merata.
  3. Sebelum diangkat, tuangkan maizena sebagai pelengkap.
  4. Kalo dirasa udah cukup, matikan kompor dan tuang adonan tadi ke dalam wadah yang sudah tertata buah-buahan tadi.
  5. Nyalakan kembali kompor dan masukkan keju mozarella nya, panaskan sebentar saja sampai setengah meleleh.\
  6. Sekiranya udah cukup meleleh, matikan api kompor dan segera tuangkan keju mozarella yang sudah cair tersebut di atas salad nya tadi.

2. Resep Salad Buah Segar

Resep yang terakhir ini admin punya refrensi salad buah yang mungkin terlihat sama seperti salad kebanyakan, atau mungkin malah terlihat biasa aja. Tapi mari kita coba dulu resep admin ini, mana tau kalian ketagihan buat bikin terus.

Bahan bahan:

  • 2 buah apel merah
  • 1 buah mangga
  • 1/4 kilogram anggur
  • 1 buah pir
  • 1/4 buah melon
  • 2 buah kiwi
  • 1/4 buah semangka
  • 1 bungkus nutrijel(bebas rasa apa aja)
  • 100 gram mayonaise
  • 2 cup yoghurt
  • 100 ml susu kental manis sesuai selera
  • 1 sendok madu

Cara Bikin Salad Buah Segar:

  1. Seperti biasa cuci buah-buah yang disebutkan di atas tadi hingga bersih kinclong kemudia kupas buah yang perlu dikupas.
  2. Setelah selesai mencuci dan mengupas buah tadi. Potong dadu semua buah dan nutrijell nya kecuali buah anggur dan kiwi.(Oh iya di sini posisi nutrijell sudah berbentuk agar-agar ya, bukan bentuk serbuk lagi. Jadi disarankan untuk membuat nutrijel nya dulu)
  3. Setelah semuanya dipotong dadu kecil-kecil, sekarang masukkan buah potong tadi ke wadah atau gelas besar untuk penyajian nya.
  4. Sekarang kita membuat sausnya.

Membuat saus:

  1. Siapkan mangkuk besar untuk menjadi tempat adonan.
  2. Masukkan mayonaise dan susu kemudian aduk hingga rata
  3. Setelah kedua bahan tadi tercampur dengan rata, masukkan yoghurt yang diiringi dengan madu yang sudah disiapkan tadi
  4. Jika dinilai kurang manis, kalian bisa menambahkan susu kental manisnya, tapi jangan banyak-banyak nanti diabetes.
  5. Setelah semuanya selesai diaduk, tuangkan adonan tadi ke dalam wadah atau gelas besar yang berisi buah-buahan dan nutrijell yang sudah disiapkan tadi.

3. Resep Salad Buah Naga

Bahan bahan:

  • 1/4 buah naga ukuran besar
  • 1/4 buah apel hijau
  • 1/2 buah quini
  • Buah pepaya matang secukupnya
  • Jeruk kaleng secukupnya
  • 2 sendok makan yoghurt
  • 2 sendok makan mayonaise
  • 1 sendok makan susu kental manis

Cara Bikin Salad Buah Naga:

  1. Sama seperti pada resep sebelumnya, cuci semua buah yang ada hingga bersih, kemudian potong-potong dadu atau secara rapi tergantung selera kalian.
  2. Kemudian masukkan ke dalam wadah yang sudah disediakan dan setelah ini kita akan membuat sausnya

Membuat saus:

  1. Masukkan yoghurt ke dalam wadah terpisah
  2. Kemudian campurkan dengan mayonaise dan aduk kembali hingga merata
  3. Jangan lupa tuk memasukkan susunya dengan satu sendok makan, sebenarnya ini opsional kalo kalian suka dengan salad yang creamy bisa juga 2 atau 3 sendok, tidak harus sama dengan admin.
  4. Aduk semuanya sampai merata, setelah rata bisa ditambahkan keju di atasnya sebagai topping. Ini juga opsional bagi kalian penikmat keju mungkin bisa memadukannya.

Itu dia bund ketiga resep andalan mimin yang bisa kalian terapin di rumah dan juga tentunya kalian jajal satu satu, jangan lupa kabarin mimin ya gais hasilnya gimana, selamat mencoba!!!

Menanam Bunga Matahari Sendiri Di Rumah Mudah dan Cepat

Menanam bunga matahari tidak hanya bisa dilakukan oleh para petani bunga matahari. Anda juga bisa menanam bunga matahari sendiri di rumah anda walaupun skalanya kecil. Seperti yang kita tahu, bunga matahari biasa digunakan sebagai tanaman hias dan dijadikan olahan kuaci.

Akan tetapi, tidak banyak orang yang tahu kalau bunga matahari bisa diolah menjadi sop bunga matahari. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menanam bunga matahari sendiri di rumah anda. Berikut ini ulasannya.

Menanam Bunga Matahari Sendiri

Dalam tahapan menanam bunga matahari agar tumbuh subur, ada beberapa hal yang pastinya anda penuhi. Hal tersebut meliputi beberapa hal salah satunya dalam pemilihan bibit atau biji bunga matahari, perlakuan penyemaian bibit bunga matahari. Berikut tahapan yang bisa anda terapan:

A. Pemilihan Bibit Unggul Bunga Matahari

Sebelum anda menanam bunga matahari, anda harus menentukan dan mengetahui mana bibit bunga matahari yang berkualitas.

Memilih bibit yang bekualitas berkualitas akan berpengaruh terhadap bunga yang dihasilkan.

Berikut Ini adalah Ciri-Ciri Indukan Bunga Matahari yang Berkualitas:

  • Tinggi batang sekitar 1-3 meter.
  • Batang yang berkualitas berbentuk basah.
  • Daun bunga matahari tunggal dan berbentuk hati.
  • Bunga yang di hasilkan besar.

Berikut Ciri Benih dari Beberapa Varietas :

  • Mammoth grey memiliki ciri-ciri benih berwarna putih, berukuran besar, dan memiliki corak garis hitam-coklat.
  • Evening sun memiliki ciri-ciri benih  yang memiliki variasi warna mulai dari putih sampai hitam.
  • Velvet queen memiliki ciri-ciri benih yang berukuran lebih kecil.

B. Penyemaian Bibit Bunga Matahari Secara Tepat

Setelah memilih biji atau benih bunga matahari yang tepat dan sesuai, maka tahapan selanjutnya anda bisa melakukan penyemaian bibit atau biji bunga matahari yang sudah dipiliha dan siap semai.

Tujuan dari penyemaian bibit atau biji bunga matahari ini untuk mendapatkan pertumbuhan bibit bunga matahari yang seragam saat siap ditanam nantinya.

Anda Bisa Menerapkan Tahapan Penyemaian Seperti Berikut:

  1. Sebelumnya periksa suhu lingkungan sekitar tempat anda ingin menanam bunga matahari, bunga matahari biasanya agar dapat tumbuh besar dan menghasilkan biji baru memerlukan 80-120 hari tergantung varietas.
  2. Suhu yang tepat agar bunga matahari tumbuh bagus berada dikisaran 64-91°F atau 18-33°C.
  3. Untuk benih atau biji bunga matahari yang dipilih sebelum disemai pastikan untuk direndam terlebih dahulu dengan Pupuk Organik Cair  dengan takaran dosis 1 gelas aqua untuk 10 liter air selama 6 jam.
  4. Setelah perendaman dengan Pupuk Organik Cair, maka biji bunga matahari dikeringkan lalu taruh pada tissue.
  5. Dengan cara melipat benih dalam tissue. Ini bertujuan untuk merangsang benih agar menjadi lebih bagus saat di tanam karena tunas telah muncul. Basahi tissuenya sedikit saja dan jangan sampai terlalu basah.
  6. Lalu letakkanlah biji bunga matahari yang sudah anda siapkan di tengah tissue kemudian lipat. Waktu yang dibutuhkan untuk benih muncul ke permukaan tanah setelah ditanam sekitar 11 hari, bila di letakkan pada tissue biarkan saja selama 1-2 minggu kemudian di tanam.
  7. Kemudian anda bisa memotong tepi kulit biji (jika perlu), jika dalam 2 – 3 hari tidak tumbuh maka potong tepi bijinya hati-hati jangan merusak benih bagian dalam kemudian di tetesi air agar lembab.

Persiapan Media Tanam Bunga Matahari Sendiri

Tahapan selanjutnya yang bisa anda lakukan setelah proses penyemaian, yaitu memulai persiapan media tanam. Jika anda menanam bunga matahari dengan lahan yang cukup luas, maka ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk menunjang pertumbuhan tanaman bunga matahari.

Selain itu bisa juga anda menanam bunga matahari pada pot atau polybag, berikut tahapan yang perlu anda terapkan:

A. Cara Pengolahan Lahan Tanam Secara Tepat

  1. Media tanam untuk bunga matahari dari kombinasi tanah dan kompos yang di campur dengan perbandingan 3:1.
  2. Gunakanlah pupuk kompos agar nutrisi pada kompos menyatu dengan tanah karena mengandung unsur hara makro dan mikro yang membuat tanah menjadi subur. Selain pemberian pupuk kompos pemberian pupuk dengan takaran dosis 150 kg/ha dengan cara ditebar secara merata ke sekitar lahan.
  3. Kombinasi selanjutnya anda bisa menggunakan pupuk cair sebagai salah satu stimulant atau booster tanah yang akan memaksimalkan kualitas tanah. Dengan takaran dosis 5 kg/ha dengan 1 gelas air, untuk pengaplikasiannya dengan menyemprot pada tanah dalam kondisi tanah basah atau lembab.

B. Persiapan Media Tanam Dalam Pot atau Polybag

Selain menanam pada lahan atau kebun yang luas, anda juga bisa membudidayakan Bunga matahari dalam skala besar hanya dengan media pot.

Dalam cara menanam bunga matahari, bunga matahari tidak membutuhkan persyaratan yang khusus tetapi tetap di sarankan untuk menyiapkan tanah yang gembur untuk memudahkan proses penyerapan air.

Berikut Tahapan Menanam Bunga Matahari Dalam Pot:

  1. Penanaman benih ke media di jalani dengan metode menancapkan bagian yang runcing kuaci ke media tanam jangan di benamkan seluruhnya serta sisakan bagian atas untuk tetap timbul permukaan.
  2. Pembibitan bunga matahari bisa di semaikan pada polybag ataupun pot. Kombinasi pada polybag menggunakan tanah, kompos serta arang sekam dengan perbandingan 1: 1: 1.
  3. Untuk mengoptimalkan perkembangan, anda dapat menambahkan pupuk organik dengan metode disebar secara menyeluruh kedalam pot.
  4. Setelah itu anda dapat mengkombinasikannya dengan pupuk cair dengan takaran dosis 25 ml/pot dengan metode menyemprot secara menyeluruh kedalam tanah.
  5. Sehabis itu di siram dengan air seperlunya serta tempatkan pada ruang yang tidak terpapar cahaya matahari langsung. Penyiraman di jalani teratur supaya tumbuhan lembab.

Sekian pembahasan kali ini tentang bagaimana cara menanam bunga matahari sendiri. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba teman-teman!

« Older posts

© 2021 VAGUS NET

Theme by Anders NorenUp ↑