we sharing because caring

Month: July 2020

Cara Membuat Adonan Paving Block dengan Mutu Terbaik

Pada artikel ini saya akan menjelaskan cara membuat adonan paving block dengan mutu terbaik. Mungkin terdengar sepele, namun jika anda tidak memperhatikan komposisi serta kualitas bahan yang digunakan untuk membuat adonan paving block maka paving block yang dihasilkan mempunyai kualitas yang kurang baik dan mudah retak atau hancur. Sebelum lanjut ke pembahasan cara membuat adonan paving block, saya akan menjelaskan terlebih dahulu salah satu jenis beton in?

 

Apa itu paving block?

Anda mungkin agak asing mendengar istilah paving block. Paving block atau biasa disebut conblock merupakan salah satu elemen bangunan yang menjadi alternatif bahan penutup permukaan tanah. Paving block terbentuk dari bahan-bahan bangunan campuran, seperti semen Portland, abu batu, agregat halus, agregat kasar, dan air dengan karakteristik yang hampir mendekati mortar. Mortar adalah bahan campuran pasir, agregat, dan air yang saat keadaan keras, ia memiliki sifat seperti batuan. Demikianlah paving block berasal.

Paving block sebenarnya dapat dengan mudah ditemui di mana saja di sekeliling kita, di taman, di sekolah, di halaman rumah, atau mungkin jalan-jalan komplek. Namun, penempatan paving block tidak bisa sembarangan, ada jenis mutu yang menentukan penempatannya. Jika tidak diletakkan atau dipasang sesuai dengan jenis mutunya, maka paving block akan mudah hancur.

 

Faktor yang Mempengaruhi Mutu Adonan Paving Block

Berikut ini adalah faktor-faktor penting yang perlu diperhatikan agar paving block mencapai mutu yang sesuai.

1.  Semen

Mutu semen merupakan faktor penentu penting yang mempengaruhi mutu paving block. Semen harus baru dan tidak bergumpal

2.  Perbandingan Air dan Semen

Perlu diketahui, konsistensi dan kemampuan kerja adonan sangat penting diperhatikan. Kekuatan atau mutu paving beton akan menurun dan tidak sesuai, jika perbandingan semen dan air juga tidak sesuai. Semakin banyak kekosongan pada paving, maka semakin tidak kuat dia.

3.  Bahan Baku

Material yang digunakan sebagai dasar pembuatan paving block harus paling baru dan paling baik kualitasnya. Pasir dan kerikil haruslah bebas dari dedaunan, rumput, dan benda-benda asing lainnya.Pasir harus bertekstur agak kasar dengan ukuran partikel mulai dari ukuran debu.

4.  Kehalusan Kerikil

Kekuatan paving block juga akan menurun, jika kerikil semakin halus. Hal ini disebabkan karena kerikil halus akan membutuhkan lebih banyak semen, yang tentunya akan mempengaruhi seluruh adonannya.

5.  Mesin Cetak Produksi

Khusus untuk pembuatan paving block, peralatan mesin cetak produksi sangat menentukan kekuatan beton yang nantinya dihasilkan. Mesin produksi harus sesuai dengan mutu yang akan dibuat.

 

Cara Membuat Adonan Paving Block

cara membuat adonan paving block - paving mentah

Berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlukan dalam proses cara membuat adonan paving block diantaranya:

  • Pasir kualitas tinggi yang telah diayak

  • Semen portland

  • Abu batu (fly ash)

  • Kerikil

  • Air

Langkah-Langkah Cara Membuat Adonan Paving Block :

  1. Buatlah adonan pertama sebagai bahan baku pembuatan paving block. Caranya yaitu campurkan semua bahan, pasir, abu, krikil, dan semen, menggunakan alat pengaduk. Lebih baik jika fly ash dan semen dicampur terlebih dahulu sampai merata, baru dicampur dengan bahan lainnya di mesin pengaduk atau kotak adonan.

  2. Perbandingan campuran semen dan pasir yang digunakan adalah 1:3, 1:4, 1:5, atau 1:6. Perlu diketahui, komposisi bahan-bahan penyusun yang digunakan akan berpengaruh besar terhadap mutu dan daya kuat terhadap tekanan paving block yang dihasilkan.

  3. Tambahkan air secukupnya ke dalam adonan paving block kemudian aduk kembali hingga semuanya tercampur rata. Pastikan hasil adonannya tidak terlalu basah.

  4. Untuk memeriksa tingkat kelayakan adonan tersebut coba anda menggengam adonan mengguankan tangan. Lalu kepal adonan dan bentuk seperti bola kecil, apabila permukaan bola masih retak tandanya adonan kurang air. Jika permukaan bola tidak retak dan sedikit basah maka adonan paving block siap untuk dicetak.

  5. Buatlah kembali adonan kedua di wadah yang terpisah dengan cara mencampurkan pasir dan semen secukupnya. Percikkan sedikit air agar semen dapat mengikat pasir. Aduk campuran ini hingga benar-benar merata serta kondisinya agak basah. Adonan kedua ini berfungsi untuk membungkus adonan pertama sehingga tidak lengket pada cetakan.

 

Mudah bukan cara membuat adonan paving block? Untuk proses cara membuat paving block ini anda dapat menggunakan cetakan paving block manual maupun menggunakan mesin press batako dan paving block. Sekian artikel yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Cara Membuat Waffle Tanpa Cetakan Khusus

Pada artikel ini saya akan berbagi resep cara membuat waffle tanpa cetakan khusus, lembut dan bikin ketagihan. Siapa sih yang tidak suka makanan yang satu ini? Perpaduan renyah dan gurihnya waffle membuat siapa saja yang mencobanya jadi ketagihan. Daripada beli waffle di restoran dengan harga yang cukup menguras kocek, mending bikin sendiri aja yuk dirumah. Tapi sebelum membahas cara membuat waffle sederhana, kenalan dulu yuk sama macam-macam waffle.

 

Cara Membuat Waffle Tanpa Cetakan Khusus, Lembut dan Bikin Nagih

Waffle merupakan roti yang berasal dari Belgia bermotif kotak-kotak seperti wafer. Waffle memang bukanlah masakan khas tanah air, namun menu ini sangat banyak dijumpai di rumah makan yang ada di Indonesia. Makanan ini memang memiliki bentuk yang khas, yakni membuatnya pun dengan pencetak khusus waffle yang memiliki ciri berbeda dengan alat cetak roti lainnya. Akan tetapi untuk pembuatan adonan roti waffle sangat mudah dibuat, kamu bisa dengan mudah untuk membuatnya.

Waffle memang sangat cocok disajikan untuk makan pagi, kebanyakan waffle disajikan dengan topping strawberry, coklat atau lainnya sesuai keinginan, waffle juga biasa dihidangkan bersamaan dengan kopi. Selain itu, bagi sebagian orang lebih memilih menikmati waffle sebagai dessert.

 

Macam-Macam Waffle :

Berikut ini adalah macam-macam waffle yang berasal dari berbagai negara

1.  American Waffles.

Makanan ini biasanya memiliki tekstur yang lebih tipis dengan ukuran yang padat. Meskipun mempunyai ukuran padat, America waffles tetap mudah diiris seperti roti pancake.

2.  Waffle Belgia.

Belgian Waffles biasanya mempunyai berat yang ringan dengan tekstur yang agak garing. Waffle Belgia memiliki bentuk yang unik yaitu persegi panjang. Sesungguhnya jika dilihat dari sejarahnya, pada dasarnya Waffle Belgia hanya ditaburi gula saja tanpa campuran topping lainnya. Penambahan topping pada jenis waffle Belgia ini bisa dikatakan telah merubah keotentikannya.

3.  The Liège waffles.

Resep The Liège waffles dibuat dari bahan roti Brrioche yang memiliki cita rasa manis. Itulah yang menjadikan the liege waffles terasa padat dan manis di mulut.

4.  Hong Kong waffles.

Di Hong Kong, kue waffle biasanya dijajakan oleh pedagang. Masyarakat di sana terbiasa menyantapnya selagi kondisi hangat. Hong Kong Waffles memiliki tekstur bulat-bulat seperti roti cubit. Pedagang waffle di negara ini biasanya menaburkan mentega, kacang, cokelat, atau gula di bagian atas waffle setelah itu barulah dilipat menjadi satu.

5.  Scandinavian waffles.

Waffle Scandinavia dicetak tipis setelah itu dibentuk seperti hati. Setelah itu di atas Scandinavian waffle ditaburkan gula, buah stoberi, selai, dan berbagai jenis buah.

6.  Stroopwafels.

Waffle Belanda ini merupakan kue waffle tipis ditambahkan dengan manisan sirup di dalamnya. Komposisi adonannya terbuat dari tepung, mentega, gula merah, ragi, susu, dan telur. Stroopwafels adalah waffle yang dipotong menjadi dua bagian yang sama saat masih dalam proses pemanggangan. Kemudian waffle ditaburi dengan gula merah, sirup, mentega, dan kayu manis yang berfungsi sebagai perekat pada kedua bagian waffle.

 

Cara Membuat Waffle Tanpa Cetakancara membuat waffle tanpa cetakan - cara membuat

Untuk membuat waffle, sebenarnya sangatlah mudah. Hanya saja untuk membuat ini terhalang oleh cetakannya yang khusus dan berbeda dari biasanya. Namun tenang saja, kamu tetap bisa kok membuat waffle sendiri di rumah tanpa cetakan khusus. Nah, sudah semakin nggak sabar kan ingin tahu caranya?

Berikut cara membuat waffle tanpa cetakan khusus

Bahan-Bahan untuk Cara Membuat Waffle Tanpa Cetakan :

  • 250 gram tepung terigu

  • 50 gram margarin yang dicairkan terlebih dulu

  • 2 gelas susu cair

  • ½ sdm garam halus

  • 3 butir kuning telur ayam

  • 3 butir putih telur ayam- 2 sdm gula pasir putih

  • 4 sdt baking powder siap pakai

  • Vanila powder, sesuai kebutuhan

Langkah-Langkah Cara Membuat Waffle Tanpa Cetakan:

  1. Sediakan dua wadah yang berbeda untuk tempat mencampurkan bahan adonan, masukkan tepung, gula pasir, garam, vanila powder, dan baking powder di wadah pertama, kemudian aduk hingga tercampur semua.

  2. Selanjutnya masukkan margarin yang sudah dicairkan, kuning telur dan susu cair, selanjutnya aduk sampai merata.

  3. Kemudian larutkan adonan cair pada tempat kedua ke wadah pertama, setelah itu aduk hingga semua bahan tercampur secara rata.

  4. Masukkan putih telur ke dalam mesin mixer sampai berubah warna menjadi putih seperti warna busa sabun.

  5. Pindahkan hasil mixeran putih telur ke dalam wadah pertama, dan kocok lagi sampai tercampur dengan rata.

  6. Panaskan teflon sembari mengolesi semua bagian dalam dengan margarin.

  7. Masukan adonan waffle secukupnya ke dalam teflon dan tutup rapat. Jika kamu mempunyai mesin waffle, lebih baik kamu menggunakannya untuk menciptakan bentuk waffle yang khas.

  8. Setelah itu tunggu hingga waffle matang, angkat dan hiasi semua bagian atasnya dengan beraneka jenis toping sesuai dengan selera anda.

  9. Kemudian waffle lezat renyah siap untuk disajikan.

  10. Terakhir oleskan madu, sirup mafel, es krim, selai stroberi, dan lain sebagainya sesuai selera.

 

Nah, gimana, mudah bukan? Kamu tidak perlu alat pencetak waffle untuk membuatnya, cukup menggunakan teflon udah bisa membuat waffle yang lembut dan renyah. Sekian artikel cara membuat waffle tanpa cetakan yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Selamat mencobaa

Cara Buat Bakso Ayam Enak dan Sederhana

Pada artikel ini saya akan berbagi resep cara buat bakso ayam enak dan sederhana. Siapa sih yang belum pernah makan bakso? Saya yakin kalian semua pasti pernah mencobanya. Daripada beli diluar, yuk coba kita bikin bakso dari daging ayam. Kenapa buat dirumah? Karena dijamin lebih sehat dan lebih ekonomis tentunya. Sebelum lanjut ke pembahasan, kenalan dulu yuk sama bakso ini.

 

Apa Sih Bakso Itu?

Bakso merupakan makanan yang terbuat dari daging sapi, udang, ikan yang dicincang kemudian dilumatkan bersama tepung kanji dan putih telur, biasanya dibentuk bulat-bulat.

Bakso merupakan salah satu makanan Indonesia yang paling digemari oleh seluruh kalangan. Mulai anak-anak hingga orang dewasa. Di Indonesia terdapat banyak macam bakso, ada yang terbuat dari daging sapi, ayam, ikan, dan masih banyak lagi. Kini bakso tidak lagi hanya berbentuk bulatan daging, namun juga dapat ditambah dengan bermacam-macam isian. Dapat diisi telur puyuh, telur ayam, cabai, sambal, sosis, hingga keju.

Pada umumnya, bakso disajikan saat masih panas panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, maupun telur dan ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia, dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar.

 

Bahaya Bakso Dicampur Boraks!

Sempat geger adanya bakso yang dicampur dengan boraks dengan dalih agar lebih awet. Padahal boraks sendiri dapat menyebabkan kanker hati. Cara mengetahui bakso yang mengandung boraks cukup mudah. Bakso boraks mempunyai tekstur yang lebih kenyal. Bahkan jika kamu melemparkan bakso tersebut bisa memantul dan tidak menempel pada lantai.

Jika kamu membeli bakso, biarkan pada tempat terbuka selama 3 hari, maka bakso tersebut masih awet, bahkan tidak ada lalat atau serangga lainnya yang hinggap atau bahkan hanya lewat di atasnya. Bakso yang mengandung boraks akan memiliki aroma yang tidak alami seperti bakso alami yang memiliki aroma daging yang khas.

Tidak hanya dengan dalih awet dengan menggunakan boraks, muncul juga bakso berbahan daging tikus dengan dalih agar mendapat untung yang lebih besar. Bakso tikus cenderung mudah pecah jika dibelah atau ditusuk dengan pisau. Baunya pun lebih amis. Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati jika membeli bakso. Jika harganya murah atau miring, kamu patut curiga bahwa daging yang digunakan adalah daging tikus.

 

Cara Buat Bakso Ayam

cara buat bakso ayam - bakso

Daripada mengambil risiko memakan bakso yang tidak jelas asal-usul pembuatannya, lebih baik membuat sendiri. Berikut cara buat bakso ayam yang kenyal dan enak

 

Bahan Cara Buat Bakso Ayam:

  • 1 kg daging ayam, tanpa tulang, giling

  • 50 gram tepung kanji

  • 1 butir telur

  • 1 sdt lada bubuk

  • 4 siung bawang putih, haluskan

  • 1 sdt garam

  • 2 sdm bawang merah goreng

  • 40 gram es batu, hancurkan

  • 2 L air

 

Langkah-Langkah Cara buat bakso ayam:

  1. Masukkan daging ayam yang telah digiling kedalam wadah, kemudian campurkan tepung kanji, telur, lada bubuk, garam, bawang putih yang telah dihaluskan dan bawang merah goreng. Campur atau uleni adonan bakso dengan tangan atau bisa menggunakan alat sampai semua tercampur sempurna.

  2. Jika dirasa adonan susah dibentuk karena lembek, maka tambahkan es batu secara perlahan sampai dirasa adonan bisa dibentuk.

  3. Rebus air dalam panci hingga mendidih.

  4. Ambil adonan bakso dengan tangan lalu bentuk bulat, kemudian tekan hingga adonan keluar melalui jari telunjuk dan jempol. Kamu juga dapat mencetak bakso menggunakan mesin pencetak bakso jika ingin memproduksi bakso dengan jumlah yang besar

  5. Masukkan adonan yang telah dibentuk menjadi bulat kedalam air panas.

  6. Lanjutkan proses pembentukan bakso hingga semua adonan habis.

  7. Jika bakso telah mengapung artinya bakso telah matang. Angkat

 

Bahan cara buat kuah bakso:

  • 1/2 kg tulang sapi atau tetelan sapi

  • 12 siung bawang putih, cincang halus

  • 1 bungkus kaldu sapi instan

  • Merica halus secukupnya

  • Garam secukupnya

  • 1 liter air bersih

 

Cara buat kuah bakso :

  1. Siapkan panci dan beri air bersih secukupnya.

  2. Masukkan tetelan dan tulang sapinya dan rebus sampai empuk atau kurang lebih selama 60 menit. Selama proses pemasakan buang kotoran yang mungkin menempel dan buih airnya yang naik ke atas.

  3. Setelah itu siapkan penggorengan dan beri minyak secukupnya untuk menumis.

  4. Masukkan bawang putih yang sudah dicincang halus dan tumis sampai tercium bau harum kemudian matikan.

  5. Masukkan tumisan bawang putih bersama dengan kaldu sapi, garam dan merica bubuk ke dalam panci berisi kuah kaldunya.

  6. Aduk-aduk supaya semua bahan tercampur rata sampai mendidih kemudian matikan apinya.

  7. Masukkan bakso kedalam mangkok kemudian siram dengan kuah bakso, jangan lupa tambahkan bahan pelengkap seperti bihun, sawi, bawang goreng atau yang lain sesuai selera kamu.

 

Bagaimana, mudah bukan cara buat bakso ayam sederhana dan enak? Selain enak, bakso ayam buatan sendiri tentunya juga sehat dan ekonomis. Oke, cukup sekian resep yang dapat saya bagikan, jangan lupa share dan selamat mencoba, semoga berhasil!

Macam Macam Kayu Bertuah Beserta Manfaatnya

Pada artikel ini saya akan menjelaskan macam macam kayu bertuah beserta manfaatnya. Kayu bertuah? apa itu? Kayu bertuah adalah sejenis kayu yang dipercaya mempunyai manfaat dan kekuatan magis. Alam memang menyimpan banyak misteri yang masih banyak belum dapat diungkap oleh manusia. Bagaimana cara mengungkapnya? Ilmu akan melahirkan pengetahuan, lalu pengetahuan akan menghasilkan teknologi yang dapat mengungkap beribu rahasia yang terpendam selama ini.

 

Kayu Bertuah

Beberapa jenis kayu tertentu memang memiliki kekuatan pemancar. Misalkan, kamu ingin selamat dari kejahatan, maka kayu tersebut akan menjadi pemancar dari niat tersebut. Kayu bertuah dapat memancarkan energi (nur/cahaya). Cahaya ini mempunyai frekuensi yang sangat tinggi serta gelombang molekul ion yang jika dipicu dengan doa, frekuensinya menjadi lebih kuat, tinggi dan menimbulkan aura. Cahaya rumusnya adalah 328 tahun cahaya atau R sehingga logika manusia tidak dapat menjangkaunya.

 

Macam Macam Kayu Bertuah diantaraya :

macam macam kayu bertuah - cendera mata

1.  Macam Macam Kayu  Bertuah Kauka

Kayu Kauka mempunyai bermacam-macam warna tergantung tempat asal kayu. Kayu ini banyak ditemukan di negara-negara arab, mesir dan yordania. Di Mesir kayu kauka tumbuh dengan kualitas yang paling baik karena mempunyai warna yang bagus, serat yang kuat, dan harga jualnya mahal. Kayu kauka mempunyai tuah sebagai pengobatan, keselamatan, pengasihan, penolak hawa negatif dan masih banyak manfaat yang terkandung didalamnya.

 

2.  Kayu Setigi Laut atau Kayu Sulaiman

Kayu setigi laut banyak ditemukan di daerah tepian pantai. Kayu mempunyai tuah sebagai penambah kewibawaan, kekuatan, anti daya negatif dan sihir. Setigi laut mempunyai warna kayu coklat muda dan mempunyai efek bersinar / bayang bayang kayu.

 

3.  Kayu Mentawa

Kayu mentawa mempunyai tuah sebagai penetral daya ghaib, racun yang berasal dari kiriman ghaib, juga dapat penyembuhan terkena santet dan pelet.

 

4.  Kayu Jati Luwih

Kayu jati luwih mempuyai tuah sebagai penambah kewibawaan, penunduk orang maupun binatang dan banyak digunakan sebagai tongkat komando.

 

5.  Kayu Kebak

Kayu kebak mempunyai tuah sebagai penglarisan dalam hal perdagangan. Kayu ini berwarna agak putih keputihan dan biasanya ditemukan di daerah pegunungan yang tinggi.

 

6.  Kayu Lontrok

Kayu lontrok mempunyai tuah sebagai penyembuhan segala macam jenis santet, serta mempermudah proses persalinan pada perempuan.

 

7.  Kayu Boga

Kayu boga mempunyai tuah sebagai induk dari semua untuk urusan penglarisan dalam berdagang. Warna kayu ini coklat kecoklatan.

 

8.  Kayu Galih Kelor

Kayu galih kelor mempunyai tuah sebagai penambah kewibawaan, penetralisir hawa negatif, memusnahkan kekuatan gaib pada seseorang. Warna kayu ini coklat kehitaman dan termasuk kayu yang langka.

 

9.  Macam Macam Kayu Bertuah Galih Asem

Kayu galih asem mempunyai warna coklat kehitaman. Warna tersebut alami tercipta karena galih asem biasanya berumur ratusan tahun. Kayu ini mempunyai tuah sebagai pengasihan tingkat tinggi, penolak hawa negatif, menghapus kekuatan jahat dari diri seseorang, keselamatan, pemabah kewibawaan dan memiliki pukulan yang mematikan.

 

10.  Macam Macam Kayu Bertuah Gaharu

Kayu gaharu mempunyai warna coklat muda dan ada juga yang coklat tua. Kayu gaharu mempunyai bau khas yang harum, maka banyak dijadikan minyak kayu. Kayu gaharu mempunyai tuah sebagai syarat permohonan doa, meningkatkan proses meditasi, dzikir, yoga, meningkatkan energi tenaga dalam, meningkatkan energi spiritual, pelarisan, pengasihan dan disukai dalam pergaulan.

 

11.  Macam Macam Kayu Bertuah Secang

Kayu secang mempunyai warna kayu coklat kemerahan dan biasanya kayu dijadikan sebagai bahan obat-obatan. Tuah pada kayu ini digunakan sebagai sarana pelarisan dagang dengan cara kayu setiap hari direndam selama 15 menit, dan air tersebut dibuang didepan toko/tempat berjualan.

 

12.  Macam Macam Kayu Bertuah Tesek

Kayu Tesek mempunyai tuah ditakuti makhluk bangsa jin jahat, kewibawaan dan kekuatan barang siapa menyimpan kayu tersebut didalam rumah akan terasa dingin sehingga dapat menentramkan keluarga, kayu ini masih satu rumpun dengan kayu setigi namun hanya beda warna di teras kayunya.

 

Itulah tadi macam macam kayu bertuah yang mempunyai manfaat dan kekuatan magis. Sebenarnya masih banyak lagi jenis kayu yang dianggap magis oleh sebagian banyak orang yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu.  Kayu bertuah tidak selalu diolah menggunakan mesin bubut kayu, namun ada juga yang dibiarkan seperti bentuk aslinya untuk menjaga estetika dari kayu tersebut. Sekian artikel tentang macam macam kayu bertuah, kita sebagai makhluk ciptaan Allah hanya dapat mempercayai dan meyakini bahwa semua adalah ciptaan-Nya. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa share.

Cara Membuat Batako Manual Cepat dan Mudah

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat batako manual dengan cepat dan mudah. Mudahnya cara pembuatan serta alat dan bahan material yang sangat mudah didapatkan dimana saja, membuat batako ini dapat diproduksi sendiri dirumah dengan skala industri kecil. Sebelum lanjut ke pembahasan cara membuat batako manual, terlebih dahulu saya akan menjelaskan apa itu batako serta kelebihan dan kekurangannya.

 

Apa itu Batako?

Batako adalah bahan material bangunan yang digunakan sebagai pengganti batu bata. Akhir-akhir ini batako menjadi pilihan favorit untuk membangun sebuah bangunan. Selain harganya yang lebih murah jika dibandingkan dengan batu bata, batako juga dapat meningkatkan efisiensi dalam pembuatan suatu bangunan menjadi lebih cepat. Berikut ini adalah kelebihan batako jika dibandingkan dengan batu bata

 

Kelebihan Batako :

  1. Batako mempunyai ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan batu bata sehingga dapat mempercepat proses pengerjaan suatu bangunan.

  2. Karena pemasangannya yang lebih cepat maka dapat menghemat biaya pengerjaannya.

  3. Batako dianggap tidak mudah bocor sehingga meminimalisir terjadinya kebocoran pada saat terjadi hujan.

  4. Dinding batako mempunyai kerapatan yang lebih tinggi sehingga mempunyai sifat kedap suara.

  5. Batako mempunyai ukuran yang seragam sehingga terlihat lebih rapi.

    Namun dibalik kelebihannya, ternyata batako juga mempunyai kelemahan.

 

Kelemahan Batako :

  1. Walaupun ukurannya lebih besar, namun dari segi kekokohan batako masih kalah jika dibandingkan dengan batu bata.

  2. Jika digunakan di daerah tropis, batako terasa lebih panas karena mempunyai sifat menyerap panas.

  3. Rongga di tengah batako menyebabkan dinding batako lebih rentan mengalami retak rambut.

 

Cara Membuat Batako Manual

cara membuat batako manual - cara

Baiklah, kali ini saya akan berbagi ilmu tentang cara membuat batako manual menggunakan cetakan batako. Sebenarnya proses pencetakan batako dapat juga menggunakan mesin press batako dan paving block. Namun karena harganya yang cukup mahal, maka saya memutuskan untuk membuatnya menggunakan alat pencetak batako manual saja. Sebelum memulai proses membuat batako, terlebih dahulu siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.

Alat dan Bahan :

  • Cetakan batako

  • Kotak dari papan untuk adukan

  • Sendok semen

  • Cangkul

  • Sekop

  • Ayakan pasir

  • Ember

  • Plastik

  • Semen

  • Pasir

  • Air

 

Langkah Langkah Cara Membuat Batako Manual :

  1. Pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengayak pasir terlebih dahulu. Pastikan pasir terpisah dari kerikil-kerikil besar, serta pasir tidak mengandung lumpur, minyak maupun kotoran. Hal tersebut dapat mengurangi kualitas batako yang dihasilkan.

  2. Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan adonan untuk membuat batako. Gunakan sarung tangan plastik agar tangan kamu tidak kotor.

  3. Tambahkan pasir secukupnya kedalam tempat adukan kemudian tambahkan semen secukupnya, aduk hingga merata. Perbandingan yang biasanya dipakai adalah 7 pasir berbanding 1 semen. Namun ukuran itu tidak dapat dijadikan patokan karena tergantung dengan kualitas pasir yang digunakan.

  4. Setelah tercampur rata, bentuklah pasir menjadi semacam gundukan, kemudian beri cekungan di tengahnya (seperti lava pada gunung)

  5. Kemudian tambahkan air secukupnya kedalam cekungan, aduk hingga merata hingga adonan berbentuk pasta namun jangan terlalu encer. Untuk mengetahuinya, coba genggam adonan batako, jika dapat dikepal maka adonan batako siap untuk dicetak.

  6. Diamkan adonan beberapa saat sampai menjadi setengah kering, agar ketika adonan dilepas dari cetakan batako tidak rusak.

  7. Setelah adonan siap, kemudian lanjut ke tahap pencetakan. Siapkan alat-alat yang diperlukan

  8. Rakit-lah cetakan batako letakkan ditempat yang datar, kemudian isilah cetakan tersebut dengan adonan batako sedikit demi sedikit sambil dipadatkan dengan alat pemukul kayu .

  9. Setelah adonan penuh dan padat, balik cetakan secara cepat kemudian lepas cetakan batako secara perlahan. Maka batako akan berbentuk kotak sesuai dengan cetakannya.

  10. Setelah itu tutup batako yang sudah dicetak menggunakan plastik dan usahakan batako terhindar dari matari langsung agar tidak mengalami keretakan.

  11. Biarkan batako mengering selama beberapa hari. Tadaa batako siap digunakan untuk membangun rumah, gedung atau yang lain.

 

Bagaimana, mudah bukan? Kamu dapat mencoba membuatnya sendiri di rumah. Demikian pembahasan yang dapat saya sampaikan tentang cara membuat batako manual. Proses pembuatan batako yang cukup sederhana membuat siapa saja dapat membuatnya sendiri dirumah. Sekian artikel ini, jangan lupa share yaa, semoga bermanfaat. Selamat mencobaa.

© 2021 VAGUS NET

Theme by Anders NorenUp ↑