Kali ini saya akan membahas tentang resep masakan padang telur super nikmat yang begitu memikat hati pelanggan. Rasa telur ini juga sangat lezat dan tak kalah dengan  masakan telur yang lainnya. Selain membahas tentang, Kali ini saya akan membahas tentang resep masakan padang telut anti gagal. Telur dadar ini juga cocok dipadukan dengan ayam goreng tepung dengan rasa yang sangat enak.

Nasi Padang termasuk makanan populer di Indonesia. Masakan ini disukai karena hadir dengan lauk dan makanan pendamping yang beragam. Mulai dari sayuran, kuah, sambal, hingga sumber protein. Salah satu menu pelengkap dalam nasi Padang yang cukup  terkenal adalah telur dadar ini. Dadarnya cukup istimewa, karena lebih tebal dan menggunakan rempah-rempah.

Tips Membuat Telur Padang

1.Pakai Telur Bebek Agar Lebih Tebal dan Padat

Biasanya, kita pasti selalu membuat telur dadar menggunakan telur ayam. Nah jika kalian ingin tau resep masakan padang telur dadar padang yang memiliki tekstur lebih tebal dan juga padat. Ganti telur ayam yang biasanya digunakan dengan telur bebek.

Pada bagian kuning telur bebek ini mempunyai warna yang lebih gelap, pekat, dan berbau lebih amis daripada telur ayam. Namun jika soal protein, telur bebek ini lebih cenderung  tinggi melebihi dari telur ayam. Jika dibandingkan rasanya, jelas telur dadar padang yang menggunakan telur bebek ini akan jauh lebih nikmat dan terasa istimewa, seperti kalau anda buat martabak telur.

2.Pakai Jumlah Telur Minimal 3 Butir

Tips kedua kalau ingin telur dadar yang lebih tebal adalah dengan jumlah telur. Gunakanlah minimal 3 butir telur bebek untuk satu kali memasak. Jika restoran Padang, umumnya mereka menggunakan 4 sampai 5 butir telur jadi hasilnya akan benar-benar tebal.

Jika anda tidak punya banyak telur bebek, anda juga bisa mengkombinasikan telur bebek dengan telur ayam lho. Misal untuk 3 butir telur bebek dapat digantikan dengan 2 telur bebek dan juga 2 butir telur ayam.

3.Tambahkan Terigu Sebaguna

Selain menggunakan banyak telur, tambahkan juga tepung terigu agar telur dadar ini bisa menjadi  lebih tebal dan juga padat. Untuk takarannya sedniri, anda bisa menyesuaikan dengan jumlah telur juga.

Misalnya anda menggunakan 3 butir telur, maka juga bisa ditambahkan dengan 2 hingga 3 sdm terigu serbaguna. Intinya, harus lebih berhati hati untuk menambahkan takaran tepungnya agar telur dadarnya tidak didominasi dengan rasa tepung.

4.Balik Telur Dadar Ketika Satu Sisi Sudah Berwarna Kecoklatan

Selama proses penggorengan, telur dadar ini tidak perlu terlalu sering dibolak-balik. Karena, telur dadar akan mudah rusak dan tidak bisa membentuk bulatan dengan sempurna. Oleh sebab itu, cukup balik telur saat satu sisi sudah berwarna kecoklatan.

Angkat sedikit bagian telur dadar dan jika sudah berwarna coklat, balik perlahan menggunakan spatula cukup besar. Setelah itu, goreng sampai kedua sisi matang dengan sempurna.

5Aduk Telur Secara Perlahan dan Merata

rahasia ketebalan telur dadar padang ini bukan hanya udara udara didalamnya. Oleh karena itu, anda tidak perlu mengocok adonan telur sampai berbusa. Karena meskipun dikocok sampai berbusa, pada akhirnya telur dadar ini hanya akan mengembang selama digoreng saja dan juga akan mengempis saat sudah mendingin. Kocoklah adonan telur dengan perlahan saja, tapi pastikan semua bahan bisa tercampur merata.

Resep Masakan Padang Telur

Bahan Bahan yang Digunakan:

  • 6 butir telur ayam
  • 1 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 2 sendok makan tepung terigu
  • 3 batang daun bawang, iris halus
  • 3 sendok makan kelapa parut sangria
  • 100 ml minyak goring

Bumbu Halus:

  • 8 buah cabai merah keriting
  • 4 siung bawang putih
  • 3 butir bawang merah

Cara Membuat:

  1. Kocok lepas telur, kemudian aduk bersama bumbu halus, merica, garam, daun bawang, dan kelapa parut yang sudah disangrai.
  2. Campur tepung terigu dengan beberapa sendok telur kocok tadi, lalu masukkan kembali ke dalam adukan telur. Aduk sampai benar-benar tidak ada bagian yang menggumpal lagi.
  3. Panaskan minyak goreng, kemudian buat dadar telur tebal. Goreng dengan api kecil agar tidak cepat hangus.
  4. Potong-potong telur dadar, kemudian sajikan.

Mungkin hanya itu ulasan tentang resep masakan padang telur dadar yang sangat istimewa. Selamat Mencoba!