Siapa yang tidak suka ayam goreng tepung? Namun sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui teknik yang tepat untuk membuat olahan ayam goreng selezat restoran cepat saji.

Untuk membuat tekstur ayam terasa krispi dan renyah, Anda hanya perlu menyiapkan minyak banyak, tepung terigu, dan beberapa bahan pelengkap. Jika kalian ingin menambahkan beberapa olahan ayam goreng, Anda juga bisa menyajikannya dengan kremesannya. Rasanya tentu akan lebih menggugah selera.

Berikut resep ayam tepung renyah dan kremesan yang bisa Anda coba di rumah. Sajikan bersama nasi putih hangat, selamat mencoba.

Manfaat Makan Ayam Goreng

1. Pembentukan Otot

Protein adalah zat yang memang salah satu fungsinya adalah untuk membentuk dan menguatkan otot-otot tubuh. Dada ayam adalah bagian daging ayam yang paling banyak mengandung protein, yakni sekitar 25 gram.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat ayam untuk membantu menurunkan berat badan melalui kandungan proteinnya tersebut dikarenakan zat ini dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama, sehingga Anda bisa menekan frekuensi makan guna menjaga berat badan tubuh.

3. Memperbaiki Suasana Hati (Mood)

Pentingnya ayam bagi kesehatan tubuh selanjutnya adalah untuk memperbaiki suasana hati (mood). Hal ini dimungkinkan karena pada ayam terdapat kandungan zat yang disebut tryptophan. Zat ini berfungsi untuk meningkatkan produksi serotonin di dalam otak

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Kandungan vitamin B6 pada daging ayam berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Pun, vitamin ini berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan fungsi dari sistem saraf pusat.

5. Menurunkan Kolesterol

Manfaat daging ayam yang bisa membantu mengontrol kadar kolesterol ‘jahat’ ini menjadikannya makanan yang patut untuk Anda konsumsi secara rutin. Pasalnya, kolesterol ‘jahat’ jika terus menerus dibiarkan akan berakibat pada munculnya gangguan kesehatan, salah satunya penyakit kardiovaskular seperti jantung.

6. Meminimalisir Risiko Kanker

Sementara itu, kandungan gizi ayam berupa zat antioksidan bernama selenium efektif untuk menghalau serangan radikal bebas. Hal ini tentu saja sangat dibutuhkan tubuh karena sebagaimana diketahui, radikal bebas menjadi pemicu utama terjadinya kerusakan pada sel-sel tubuh yang kemudian berkembang menjadi sel kanker.

7. Merawat Kesehatan Kulit

Memiliki kulit yang sehat adalah impian semua orang. Guna mewujudkan hal tersebut, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi daging ayam secara rutin.

8. Mencegah dan Mengatasi Anemia

Anemia atau kekurangan darah juga menjadi salah satu penyakit yang bisa dicegah dan diatasi dengan cara mengonsumsi daging ayam.

9. Mencegah Alzheimer

Salah satu penyakit akibat gangguan fungsi otak, yakni Alzheimer, dapat dicegah dengan daging ayam. Hal ini dihasilkan oleh vitamin B yang ada di dalamnya.

10. Membuang Racun

Makanan dan minuman yang Anda konsumsi akan berubah menjadi racun yang berbahaya. Namun, tubuh sudah punya sistem alami untuk mengolah dan membuang racun-racun tersebut sebelum benar-benar membahayakan tubuh.

Bahan A:

  • 1 kg tepung terigu
  • 2 ons tepung maizena1/2 sdm garam halus
  • 10 gr kaldu bubuk
  • 3/4 sdt merica halus
  • 1/2 sdt bawang putih halus
  • 1 sdt baking powder

Bahan B:

  • Ayam secukupnya, potong-potong kecil

Bahan C:

  • 1-2 butir putih telur kocok lepas, tambahkan air secukupnya buat bahan pencelup ayam
  • Minyak Goreng banyak, agar ayam terendam menyeluruh

Resep Ayam Goreng Tepung :

1. Aduk bahan A sampai rata, simpan di wadah tertutup;

2. Potong ayam sesuai selera tambahkan garam, merica bubuk, susu cair, masukkan di kulkas kira-kira 1 jam;

3. Ambil potongan ayam celupkan ke bahan C;

4. Panaskan minyak banyak;

5. Angkat tiriskan ayam, masukkan ke bahan A (tepung) aduk ringan beberapa kali, celupkan ke bahan C, angkat dan celupkan ke bahan A lagi aduk lagi sampai tepung menempel;

6. Masukkan ayam kedalam minyak yang sudah panas. Goreng sampai matang kekuningan, angkat dan sajikan selagi hangat.

Kremesan

Bahan-bahan:

  • 5 sdm kanji
  • 1 sdm tepung beras
  • 500 ml kuah soto
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 1/4 sdt baking powder

Cara Membuat Kremesan :

1. Campur semua bahan,aduk sampai rata. Panaskan minyak di wajan cekung, panaskan dengan api sedang;

2. Ambil 2 sendok sayur adonan tuang tinggi ke minyak panas. Tuang dengan cara dikucurkan seperti membentuk sarang burung, jangan sekaligus tuang karena akan mempengaruhi hasil akhir;

3. Tunggu hingga pinggirnya mengering lipat terus balik;

4. Goreng sampai kuning keemasan. Angkat, tiriskan di atas tissue sebelum disajikan.

Baiklah itu tadi beberapa resep ayam goreng tepung yang bisa kalian coba sendiri dirumah masing – masing..