Cara memotong daging sapi untuk sate adalah adalah kegiatan yang dapat dikatakan sulit, ingin mempermudah dalam pemotongan dan penusukan simak artikel dibawah ini.

Sate adalah salah satu olahan daging yang banyak disukai. Olahan daging panggang ini mempunyai rasa yang gurih dan manis. Sekilas membuat sate terlihat mudah, namun pada kenyataannya banyak orang yang gagal ketika membuat sate.

Sate buatan sendiri biasanya tidak selezat sate yang dibeli di tukang sate ataupun restoran. Tetapi setelah anda melihat artikel ini maka mitos tersebut akan hilang.

Berikut Tips Cara Memotong Daging Sapi Untuk Sate

 

1/ Ukuran Daging yang Seragam

Salah satu rahasia kelezatan sate adalah dari potongan daging. Daging untuk sate harus dipotong dengan ukuran yang seragam. Hal ini bertujuan agar sate bisa matang sempurna dan tidak ada potongan daging yang gosong karena terlalu kecil atau belum matang karena terlalu besar. Selain ukuran, arah pemotongan daging juga harus diperhatikan agar sate tidak liat atau keras. Potong daging melintang dari seratnya sehingga hasil sate bisa empuk.

2/ Bumbu Marinasi Sate

Ketika daging sudah dipotong, langkah selanjutnya adalah marinasi. Daging untuk sate tidak perlu dimarinasi dengan banyak bumbu, anda bisa menggunakan campuran kecap manis, kecap asin, bawang putih, dan sebagainya. Yang terpenting selama merendam daging untuk sate adalah semua daging terendam bumbu. Marinasi daging selama 30-60 menit agar bumbu bisa meresap sempurna kedalam daging.

3/ Rendam Tusuk Sate

Salah satu masalah ketika memanggang daging adalah tusuk sate yang ikut terbakar. Untuk menyiasati hal ini, anda bisa merendam tusuk sate terlebih dahulu dalam air selama 1 jam. Setelah itu baru gunakan tusuk sate seperti biasa. Pilih tusuk sate yang terbuat dari bambu dan agak sedikit tebal sehingga bisa kuat digunakan dan tidak mudah terbakar.

Selain tusuk sate dari bambu, anda juga bisa menggunakan tusuk sate dari besi. Tusuk sate dari besi jauh lebih kuat dan tidak mudah terbakar. Selain itu, penyebaran panas juga lebih merata hingga ke dalam daging.

4/ Gunakan Bara Arang

Agar rasa sate lebih lezat, jangan menggunakan bara api secara langsung. Bara api akan membuat sate lebih cepat gosong namun bagian dalamnya belum matang. Sebaiknya gunakan bara arang yang panasnya lebih stabil. Ketika menyalakan arang, jangan menambahkan cairan seperti bensin atau minyak tanah karena aroma bahan bakar bisa menempel pada sate. Gunakan kertas koran atau blow torch untuk membantu memanaskan arang. atau anda juga bisa menggunakan minyak goreng untuk lebih mudah membakar arang.

5/ Perhatikan Cara Menusuk Sate

Idealnya dalam satu tusuk sate terdiri dari 3-4 potong daging dengan selingan lemak. Memang bukan jumlah yang banyak sehingga banyak orang yang ingin mengisi tusuk sate dengan lebih banyak potongan. Namun hal ini menyebabkan daging tidak bisa matang merata. Jadi sebaiknya jangan isi tusuk sate terlalu banyak agar sate bisa matang merata.

Dengan teknik pemotongan yang tepat, pastinya sajian daging buatan Anda tidak kalah dari menu lezatnya di restoran.

Tetapi Jika anda tidak mau repot dalam memotong daging sapi saya punya solusinya, anda bisa membeli alat pemotong daging sapi di alat pemotong daging sapi

kunjungi juga Aneka Olahan Daging Sapi Cincang di Aneka Olahan Daging Sapi Cincang Yang Dijamin Mantap.

Nah, demikianlah tips dan cara memotong daging yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat bagi kita semua, kalian dapat mencobanya sendiri dirumah ya, Semoga Berhasil 🙂