Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara membuat siomay ikan tenggiri enak dan sederhana yang mengandung lemak 3,8 g, 162 kkal dan kalsium 3,56 mg.

Ikan tenggiri adalah nama umum yang digunakan untuk sekelompok ikan yang tergolong ke dalam jenis Scomberomorus, suku Scombridae. Tenggiri ini sejenis dengan kelompok tuna, tongkol, madidihang, makerel dan kembung.

Tenggiri banyak disukai orang, diperdagangkan dalam bentuk segar, ataupun sudah diubah ke dalam bentuk makanan contoh kecilnya siomay, karena di dalam daging ikan ini terdapat kandungan nutrisi yang sangat baik untuk pertumbuhan.

Sebelum memulai membuat siomay ikan tenggiri perlu kita ketahui bahan apa saja yang diperlukan dalam pembuatan siomay ikan

Cara Membuat Siomay Ikan

Bahan-Bahan yang Diperlukan Dalam Cara Membuat Siomay Ikan Tenggiri

  • 1 ekor ikan tenggiri
  • 3 sendok kanji
  • 3 sendok terigu
  • 1 sendok gula pasir
  • 1/2 sendok garam
  • sejumput lada
  • kaldu alami secukupnya
  • daun bawang secukupnya (cincang)
  • 1 ulek bawang putih.1 bawang merah
  • 4 sendok air
  • kol secukupnya
  • pare
  • tahu
  • telor
  • 5 siung cabe merah
  • 1 sendok gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sendok kecap
  • 2 siung bawang merah
  • 1/4 kacang (gak semua sisakan dikit)
  • 100 ml air
Cara Membuat Siomay Ikan Tenggiri
  1. 1.Blender ikan dengan air 4sendok,tunggu sampai halus.

    2.Satukan bahan dan aduk rata,tes rasaa…

    3.Panaskan panci kemudian baru beri adonan dan beri plastik agar pas diambil mudah ga nempel pada saringan.kukus sampai matang..jika sudah matang angkat dan lakukan adonan kesekian lagi nyaa, lakukan sampai habis, harumm ikan segernya muanntafff.

    4.Bahan-bahan bumbu kacang satukan dan blender sampai halus..tumis tes rasa

    5.Semuanya sudah jadi tinggal tata dan gunakan sesuai kebutuhan

    Manfaat dan Khasiat Ikan Tenggiri Yang Sudah Diolah untuk Kesehatan

    Cara Membuat Siomay Ikan

    Jajanan siomay ikan tenggiri ini selain sehat dan enak juga memiliki banyak penggemar mulai dari yang usia balita dan sampai yang tua. Jajanan yang disiram dengan bumbu kacang ini mengandung banyak manfaat bagi kesehatan.

    Siomay ini selain mengandung lemak 3,8 g, 162 kkal, kalsium 3,56 mg, protein 7,5 g, karbohidrat 24,4 g, zat besi 2,41 ml.Akan tetapi ikan tenggiri ini juga memiliki khasiat dan manfaat yang tinggi bagi pola kesehatan

    1. Meningkatkan Fungsi Otak

    Manfaat siomay yang pertama membantu meningkatkan fungsi otak. Hal ini dikarenakan kandungan omega 3 dan zat besi adalah salah satu manfaatnya untuk bantu menjaga perkembangan otak sehingga otak bisa berfungsi dengan baik. Maka dari itu konsumsilah pola makanan ini untuk menjaga  daya ingat pada pola berpikir kembang pada otak.

    2. Menyehatkan Mata

    Mata adalah indera penglihatan yang sangat berperan penting dalam aktifitas kehidupan sehari-hari. Maka dari itu untuk menjaga kesehatan mata bisa dengan mengkonsumsi siomay ikan ini.

    Karena kandungan asam lemak serta vitamin A yang terkandung di dalamnya ini dapat menjaga dan memperbaiki indra penglihatan sehingga mata akan tetap sehat dan jernih dalam penglihatannya.

    3. Melawan Peradangan

    Dalam  melawan peradangan bisa dilakukan dengan banyak mengkonsumsi siomay. Kandungan omega 3 yang ada di dalamnya sangat efektif untuk mencegah peradangan sehingga tubuh tetap terlindungi dari bakteri ataupun virus yang bisa mengakibatkan peradangan.

    4. Merawat Kulit

    Mengkonsumsi siomay ini juga sangat baik dalam membantu proses perawatan kulit secara alami. Kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya yaitu untuk memperbaiki jaringan sel kulit sehingga bisa menunda proses penuaan wajah. Oleh karena itu konsumsilah makanan ini supaya wajah kita tetap terlihat awet muda.

    5. Menguatkan Tulang dan Gigi

    Selain mempunyai manfaat untuk merawat kulit, siomay ini sangat berkhasiat untuk menguatkan tulang dan gigi. Forfor dan kalsium ini merupakan kandungan yang ada di dalamnya sangat berperan penting untuk bantu menjaga tulang dan gigi agar tetap kuat sehingga tulang dan gigi tidak mudah rusak.

    6. Menurunkan Tekanan Darah

    Apabila anda mempunyai tekanan darah tinggi maka anda bisa mengkonsumsi siomay. Kandungan asam lemak yang terkandung di dalamnya sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah sehingga bisa mencegah anda dari resiko penyakit hipertensi.

    7. Mencegah Kanker

    Kanker disebabkan karena ada pertumbuhan sel yang tidak normal. Maka dari itu  untuk mencegahnya bisa melakukan dengan mengkonsumsi siomay. Kandungan vitamin C yang terkandung di dalamnya dapat mencegah dan melawan sel kanker yang ada dalam tubuh. Oleh sebab itu, anda bisa rajin mengkonsumsi makanan ini.

    8. Menurunkan Berat Badan

    Siomay ini ternyata sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Kandungan yang terdapat pada makanan ini terbukti teruji dengan baik salah satunya mampu menurunkan berat badan yang berlebih sehingga bisa mencegah anda dari resiko kelebihan kadar lemak dalam tubuh.

    9. Mencegah Kardiovaskular

    Kardiovaskular adalah salah satu penyakit gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Dengan banyaknya mengkonsumsi siomay ini bisa menjadi jalan alternatif cara untuk mencegah penyakit kardiovaskular.

    Kandungan asam lemak yang terdapat didalam makanan ini sangat efektif dalam pencegahan penyakit kardiovaskular.

    10. Menjaga Kesehatan Jantung

    Jantung adalah organ yang berperan penting dalam proses memompa darah ke seluruh tubuh. Kandungan omega 3 yang terdapat di dalamnya mampu untuk menjaga kesehatan jantung sehingga bisa membantu proses pencegahan dari resiko penyakit jantung. Konsumsilah makanan ini untuk memiliki jantung yang sehat.

    11.Mencegah Gangguan Saluran Kencing

    Dalam mempertahankan kandungan gizinya tetap bagus, alangkah baiknya konsumsilah ikan ini dalam keadaan masih segar, selain dalam keadaan segar, jeroan juga wajib bersih dan juga harus dalam keadaan baik atupun utuh tentunya tidak ada yang rusak.

    Hati ikan tengiri ini diyakini berkhasiat untuk menyembuhkan gangguan saluran kencing. Namun hati ikan tenggiri ini hanya boleh dikonsumsi bagi penderita usia 20-45 tahun. Bagi manula, cara ini dianggap terlalu beresiko karena harus dimakan dalam keadaan mentah-mentah.

    12.Meningkatkan Kesehatan Otak

    Dalam proses masa pertumbuhan anak membutuhkan banyak asupan gizi yang baik dan banyak, untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan ataupun bagi orang dewasa mengkonsumsi ikan seminggu 2 kali dapat membantu meningkatkan fungsi otak karena didalam ikan ini mengandung asam lemak Omega 3 yang sangat membantu untuk meningkatkan kesehatan pada otak.

13. Menurunkan Resiko Penyakit Kardiovaskular

Kandungan Omega 3 yang terkandung didalam ikan tenggiri sangatlah baik untuk membantu penurunan tekanan darah dan juga mengurangi pembekuan darah,selain itu ikan tenggiri bermanfaat untuk menyehatkan jantung, oleh karena itu perbanyaklah mengkonsumsi ikan tenggiri untuk mengurangi resiko terjadinya penyakit kardiovaskular.

14.Manfaat Tenggiri untuk Menurunkan Depresi

Semakin hari tuntutan dalam hidup akan semakin tinggi sehingga setiap orang sering mengalami penyakit depresi yang cukup berat setiap hari dan jika dibiarkan maka dapat mengganggu kesehatan, namun anda tidak perlu khawatir untuk dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi ikan tenggiri dengan rutin, lewat penelitian yang sudah pernah dilakukan ternyata sudah terbukti bahwa mengkonsumsi ikan secara rutin akan mengurangi seseorang mengalami depresi.

15.Menyembuhkan Penyakit Kulit (Eksim)

Berbagai macam cara telah di lakukan untuk mendapatkan khasiat dan manfaat dari kandungan ikan tenggiri yang maksimal dan sudah terbukti salah satunya adalah sirip ikan tenggiri yang berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit kulit seperti eksim, luka gatal dan bernanah, koreng, kudis, dan lain sebagainya.

Dengan cara pengolahanya yaitu : sirip direbus hingga setengahnya. Air rebusan diminum dalam keadaan hangat-hangat.jika ingin menghilangkan bau tak sedap yang ditimbulkan oleh berbagai penyakit kulit itu, rebusan sirip tenggiri ini bisa dicampur dengan daun sirih secukupnya.

16.Untuk Menjaga Masa Kehamilan

Kandungan yang terdapat didalam Mineral AA dan DHA dalam ikan tenggiri ini sangat bermanfaat untuk membantu dalam masa kehamilan. Karena mampu memperkuat pada otak janin, kandungan dari ikan inipun dapat memperkuat perkembangan janin saat baru lahir, an Dengan mendapatkan asupan mineral ini, Maka bayi akan tumbuh dan berkembang dengan baik secara maksimal.

17.Menjadi Obat Rambut berketombe

Berbagai cara telah di lakukan untuk mendapatkan manfaat ikan tenggiri yang maksimal dan yang sudah terbukti salah satunya adalah duri ikan tenggiri menjadi obat untuk ketombe.Caranya yaitu : dengan menjemur terlebih dulu duri ikan tengiri hingga kering.

Setelah itu kemudian bakar hingga  warnanya menjadi hitam, lalu tumbuk ataupun diblender untuk menghaluskannya. Serbuk ini kemudian dicampurkan dengan minyak kelapa atau lidah buaya kemudian oleskan pada kulit kepala selama kurang lebih 2 jam.

Setelah itu rambut dicuci dengan air bersih hingga benar-benar bersih. Oleh sebab itu lakukan proses tersebut beberapa kali hingga ketombe benar-benar lenyap.

Dengan melihat dari segi kandungan manfaatnya, yang bisa diambil dari konsumsi ikan tengiri ini, kami menggunakaan ikan tengiri ini sebagai bahan dasar pembuatan siomay ikan tenggiri yang enak, sedap, dan nikmat.

Demikian tadi cara membuat siomay ikan tenggiri yang mudah dan praktis, untuk siomay ikan yang mau disimpan, bisa di kemas menggunakan mesin vacuum sealer supaya sioamay ikan lebih awat dan tahan lama. Semoga bermanfaat terima kasih.