Di sini saya menyajikan Cara Membuat Roti Mentega dan juga pegertian tentang mentega,sebelum menuju tentang cara mebuat roti mentega mari kita simak dulu tentang pengertian mentega dan juga manfaatnya.

Mentega Adalah

Merupakan salah satu dari beberapa produk olahan berbahan dasar susu. Untuk mendapatkan mentega, gunakan susu, air, dan minyak. Minyak yang akan digunakan untuk membuat mentega adalah berasal dari pohon sawit khusunya bagian biji. Tekstur mentega adalah halus. Mentega ini akan memadat jika didinginkan dan akan menjadi cair jika dipanaskan. Pada umumnya mentega yang sering ditemukan di pasaran berwarna putih pucat. Untuk bisa mendapatkan mentega Anda dapat mencarinya di pusat perbelanjaan. Bermacam jenis mentega juga banyak beredar di pasaran dari yang merupakan produk daerah loka hinggal produk luar negri yang memiliki aroma khas ketika digunakan.

Fungsi

Beberapa kegunaan mentega antara lain untuk mengoleskan di permukaan roti sehingga berbagai tambahan dapat dikenakan di atasnya. Sebagian orang juga menggunakan mentega untuk memasak. Mentega digunakan sebagai pengganti minyak. Salah satu makanan praktis yang paling mudah dibuat dengan menggunakan mentega adalah daging goreng mentega. Segala macam daging tentunya dapat digunakan dalam pembuatan masakan ini. Mulai dari sapi, ayam, hingga kodok.

Mentega juga bisa digunakan untuk pembuatan kue. Tentunya dengan tambahan mentega akan membuat kue lebih enak. Dikarenakan mentega berbahan dasar minyak, masyarakat dihimbau untuk menggunakan mentega seperlunya saja karena penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai gangguan, seperti kolestrol misalnya.

Cara Mengolah

Tentunya masyarakat sudah tidak asing lagi dalam dalam penggunaan mentega sebagai bahan perekat kue. Jika Anda membeli roti tawar, Anda dapat mengolesi permukaan roti dengan mentega sehingga nantinya dapat ditaburi gula atau meses. Sementara dalam pembuatan kue selain dipergunakan untuk campuran adonan yang digabungkan dengan mixer, mentega juga sering digunakan untuk dioleskan ke cetakan kue sehingga mudah untuk dilepaskan ketika sudah dipanggang. Sebagai pengganti minyak saat memasak, mentega bisa dimasukkan terlebih dahulu ketika api dinyalahkan. Barulah ketika sudah panas, masukkan sayur atau lauk yang akan dimasak.

Roti Gandum Mentega / Wholewheat Butter Bread

Cara Membuat Roti Mentega

Langkah-langkah

  1. Siapkan bahan-bahan dan campur bahan kering dengan kecepatan rendah lalu tuang susu sedikit demi sedikit. Naikan kecepatan tinggi mikser selama 7 menit lalu matikan selama 2 menit.Masukan butter dan garam mixer lagi 7 menit.
  2. Jika sudah selesai bulatkan adonan dan poles tempatnya dengan minyak supaya tidak melekat atau lengket. Tutup dengan kain bersih atau plastik wrap.Diamkan selama 30 menit atau dia akan mengembang 2 kali. Siapkan loyangnya dan alasi dengan kertas baking. Saya loyangnya beda ya seadaanya soalnya hehe.
  3. Setelah mengembang kempiskan dan bagi adonan jadi 2 lalu panaskan oven dulu 6-7menit sblm memanggang di suhu 180°c api atas bawah.
  4. Karena saya 2 kali panggang yangg satu saya simpan di freezer supaya tidak over proofing. Jangan lupa untuk alas adon diberi terigu biar tidak lengket ya. Poles atasnya dgn campuran kuning telur dan susu lalu beri taburan wijen.
  5. Panggang di suhu 180°c selama 25-30 menit sesuaikan saja ya loyangnya dan ovennya. Saya setelah 13 menit atasnya di tutup aluminium foil biar ga gosong. Setelah matang angkat dinginksn di colling rack dan poles dg susu cair. Nb potongnya nunggu dingin ya.
  6. Potong2 sajikan.

Kita akhir pertemuan ini dengan bahagia ya manteman heh ;”)..semoga artikel yang saya buat bisa  bermanfaat untuk anda,saya juga membuat artikel tentang Cara Membuat Roti Coklat yang enak dan lezat.