Cara membuat puding jagung cup untuk awali usaha kecil kecilan merupakan pilihan yang tepat. Puding adalah makanan yang banyak digemari oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Makanan yang biasa dijadikan hidangan penutup ini ternyata bisa dijadikan bisnis loh! Puding dengan berbagai varian rasa seperti mangga, jeruk, ataupun coklat sudah mainstream. Bagaimana jika puding yang terbuat dari jagung dengan rasa manis dan super lembut ditambah vla vanilla yang kental? hmmmm.. membayangkannya saja sudah ingin langsung ke dapur untuk memasak.

Puding jagung merupakan produk makanan jelly dan krim yang dibuat dengan bahan dasar jagung rebus, air, dan berbagai bahan pengental serta penyedap rasa. Puding jagung memiliki banyak kandungan vitamin seperti Vitamin A, C, D, dan Kalsium yang baik untuk tubuh.

Ada berbagai cara buat puding jagung yang bisa dicoba sendiri dirumah, namun artikel kali ini kita akan membahas puding jagung cup yang di orientasikan untuk peluang bisnis ya! Untuk awali usaha, tampilan puding harus dipastikan menarik. Selain itu masih banyak tips yang harus di perhatikan

Tips Awali Usaha Puding Jagung Cup

  • Buat banyak varian rasa dan bentuk yang menarik pelanggan, jangan takut berinovasi soal rasa dan produk.
  • Tentukan teknik pemasaran, bisa ke lingkungan terdekat terlebih dahulu atau mulai dari pemesanan via media sosial.
  • Siapkan sistem produksi, jangan sampai untung yang didapatkan tidak sebanding dengan modal. Bisa gunakan mesin makanan showcase agar tampilan toko lebih menarik dan puding lebih awet saat akan dijual.

Resiko yang diterima saat akan menjual makanan terutama puding juga harus kita ketahui loh! Puding yang mengandung banyak air akan membuat rasa dari puding menjadi kurang lezat dan tekstur yang didapat menjadi lembek dan berair. Tips agar puding tidak mudah lembek dan berair :

  1. Mengurangi takaran air, jangan terlalu ikuti kemasan. Tetap masukan air secukupnya atau kurangi kurang lebih 100ml dari aturan kemasan.
  2. Pastikan bahan jagung dan bahan puding lainnya masih fresh. Buat puding 3 jam sebelum akan di hidangkan atau dijual.
  3. Biarkan puding dingin dengan sendirinya, puding yang baru matang langsung dimasukan ke dalam kulkas akan membuat puding menjadi berair
  4. Menyimpan puding di tempat yang tertutup, bisa menggunakan mesin makanan showcase
  5. Hindari penyimpanan terlalu lama di kulkas, penyimpanan yang baik di kulkas hanya 2-3 jam. Karena puding akan terasa lebih nikmat jika disajikan saat masih fresh
  6. Jika puding akan dicampur dengan susu, jangan sampai susu terlalu encer dan kental.
  7. Merebus puding dengan api kecil, jika menggunakan api yang besar akan membuat tekstur puding menjadi pecah.

Cara Membuat Puding Jagung Cup

Bahan – Bahan 

  • 500 ml air
  • 1/2 bungkus jelly plain
  • 125 ml susu cair
  • 1 jagung manis besar
  • 75 gram gula pasir
  • 1 sdm maizena
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Puding Jagung Manis

  1. Haluskan jagung dengan blender lalu saring
  2. Campur semua bahan ke dalam panci sedang
  3. Masak di atas api kecil sampai tak ada yang menggumpal
  4. Aduk terus hingga mendidih
  5. Setelah adonan agak kental matikan api
  6. Tuang puding dalam cetakan
  7. Dinginkan di dalam lemari es hingga padat
  8. Puding jagung manis telah siap untuk disajikan
  9. Jangan lupa kasi topping juga yah sesuka hati biar makin happy saat disajikan.

Selain puding, bubur jagung juga bisa dijadikan peluang usaha. Cara memasak bubur jagung juga bisa menggunakan magicom yang lebih praktis!

Selamat mencoba dirumah, semoga berhasil !