Pahit. kalimat yang akan keluar dari mulut kita jika mendengar sayur pare. Sejenis tumbuhan merambat yang berbentuk lonjong, berwarna hijau dengan permukaan yang tidak halus. Orang-orang telah mencoba berbagai metode untuk membuat sayuran ini menarik bagi banyak orang. Mulai dari memasak pare lodeh, tumis cabai, pepes pare, pare isi daging, dadar pare sampak kripik, jus dan sambal pare. Cara membuat keripik pare tanpa rasa pahit memiliki tips untuk menghilagkan rasa pahitnya. Simak terus artikel ini agar anda tahu lebih tentang sayur pare.

Dengan diolahnya pare menjadi keripik, membuat beberapa orang mulai menyukai pare. Karena rasa pahit yang dimiliki sayur pare hilang saat di bikin keripik pare. Cara bikin keripik pare dengan menerapkan tips yang terlah kami rangkum akan membuat rasa pahit dari sayur pare akan hilang.

Keripik singkong, keripik bawang, keripik pisang, keripik bayam, keripik kentang sudah lumrah, dan kini sudah menjadi mainstream. Sekarang ada keripik anti mainstream yaitu keripik pare atau buah-buahan yang tidak tersentuh, namun saya berikan beberapa tips untuk menghilangkannya Pahitnya pare. Setidaknya kepahitan sedikit berkurang. Cemilan satu ini mirip dengan cemilan khas bandung keripik basreng, dengan cara membuat adonan basreng yang gampang anda dapat membuat keripik basreng di rumah dengan gampang.

 

Sejarah sayur pare

Tidak ada catatan pasti asal muasal sayur pahit ini, namun diduga berasal dari daerah tropis Asia Selatan. Momordica charantia, juga dikenal sebagai paria, adalah famili Cucurbitaceae, yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Dari Asia hingga Amerika Serikat, banyak negara telah menanam sayuran buah pahit ini selama ratusan tahun. Prevalensi tak tersentuh ini menyebar ke seluruh dunia karena merupakan sumber nutrisi dan obat. Meski terkenal, tidak ada catatan sejarah yang membuktikan asal muasal tumbuhan tak tersentuh. Ahli botani memiliki sedikit pendapat, mereka mengklaim bahwa tumbuhan tak tersentuh adalah tumbuhan asli Asia tropis, terutama India dan Cina bagian selatan. Diduga, paria kemudian menyebar ke beberapa negara di Asia. Kemudian, Paria juga menyebar ke Afrika, Amerika, dan Karibia. Pada tahun 1578, seorang ahli botani Tiongkok bernama Li mengatakan dalam catatan bahwa sejak abad ke-16, para petani di Tiongkok selatan telah membudidayakan tanaman liar yang tidak tersentuh. Di daerah ini, paria merupakan sayuran penting.

Meskipun National Herbarium Center menunjukkan bahwa penyebaran hewan tak tersentuh ke Amerika (Puerto Rico) dan Afrika Barat diyakini telah terjadi selama era perdagangan budak pada tahun 1885. Selanjutnya, Paria berkembang di Amerika tropis dan Amerika Serikat bagian selatan. Saat itu, di Amerika Serikat, beberapa petani menggunakan varietas lokal dari Asia untuk budidaya skala kecil.

Sementara itu, di Indonesia, tidak ada catatan yang jelas kapan kaum paria masuk ke Nusantara. Namun masyarakat di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan beberapa pulau lainnya sangat mengenal paria. Di daerah tersebut tumbuhan ini memiliki banyak nama. Di Jawa disebut paria, pare, pare pahit atau pepareh. Orang Sumatera menyebutnya prieu, fori, pepare, kambeh atau paria.

Tips Menghilankan Rasa Pahit Pare

1. Menghilangkan Permukaan yang Bergelombang

Untuk mengurangi rasa pahit pada pare, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengikis permukaan yang kasar di atas pare. Mengupas bisa membuat permukaan labu pahit halus, yang bisa membantu. Saat rasa pahitnya berkurang, Anda pasti bisa menikmati rasa asin yang nikmat.

2. Iris dan Buang Bijinya

Permukaan kasar setelah labu pahit dibuang. Kemudian buang bijinya sebelum dimasak. Ini akan mengurangi kepahitan.

3. Gunakan Garam

Setelah selesai, angkat permukaan yang berkarat, potong tipis-tipis dan buang bijinya. Langkah selanjutnya adalah mencampurkan garam di dalamnya. Garam sangat membantu karena dapat menarik sari buah pahit dari pare. Yang harus Anda lakukan adalah menggosok irisan labu pahit dengan garam lalu memasukkannya ke dalam mangkuk selama 20-30 menit sebelum dimasak.

4. Peras Jus

Jangan lupa untuk memeras sarinya dari pare setelah digosok dengan garam. Bilas dengan air mengalir dan peras hingga kering lagi untuk hasil terbaik.

5. Gunakan Yogurt Encer

Untuk menghilangkan rasa pahit, cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mencairkan potongan pare dalam yogurt encer. Cairkan yogurt hingga pilek, lalu rendam potongan labu selama sekitar 1 jam.

Manfaat Pare untuk Kesehatan

1. Menyehatkan Pencernaan

Pakar kesehatan mengatakan bahwa pare merupakan salah satu makanan yang dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan pencernaan kita. Tak hanya efektif meningkatkan fungsinya, manfaat pare juga bisa mencegah masalah asam lambung.

2. Sembelit

Manfaat pare adalah mudah buang air besar (BAB) karena sifat seratnya. Makanan dan limbah yang dicerna telah dikeluarkan dari tubuh, membantu mengatasi masalah sistem pencernaan dan sembelit.

3. Menurunkan Sensitivitas Tubuh

Jika mengkonsumsi pare dan sayuran pare lainnya secara rutin, manfaat pare bagi kesehatan dapat kita peroleh, selanjutnya kita dapat menurunkan kepekaan tubuh terhadap beberapa jenis makanan. Kesehatan lambung juga akan lebih baik.

4. Menjaga Berat Badan

Manfaat pare juga bisa membuat kita makan lebih cepat, sehingga kita bisa terhindar dari makan terlalu banyak yang bisa menyebabkan berat badan naik.

5. Mengatasi Diabetes

Di luar dugaan, ternyata manfaat pare juga bisa membantu keseimbangan kadar gula darah dan beberapa hormon, termasuk hormon endokrin. Tentunya hal ini berdampak besar pada penurunan risiko diabetes. Bahkan para ahli kesehatan juga mengatakan bahwa pare dapat membantu penyembuhan batu ginjal.

6. Bantu Mengobati HIV/AIDS

Menurut uji laboratorium yang diterbitkan dalam Journal of Natural Therapy, menunjukkan bahwa komponen fitokimia pare menghambat aktivitas human immunodeficiency virus (HIV). Kombinasi pengobatan Pare dan AIDS memiliki efek lain.

7. Menyehatkan Mata

Pare mengandung beta karoten dan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Vitamin C dalam labu pahit juga dapat mencegah masalah mata yang disebabkan oleh proses oksidasi.

8. Mengatasi Jerawat

Jika dikonsumsi secara rutin, manfaat pare ternyata bisa membantu menghilangkan jerawat, flek dan infeksi kulit dalam. Sebum juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit darah seperti koreng ils, koreng, gatal-gatal, psoriasis, kurap dan penyakit jamur lainnya. Radikal bebas yang terkandung dalam pare juga bisa digunakan untuk anti penuaan. Oleh karena itu, konsumsilah jus pare yang dicampur dengan jeruk nipis ini setiap hari selama 6 bulan hingga didapatkan hasil yang diinginkan.

9. Sistem Kekebalan Tubuh

Tak hanya dikupas, daun pare juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Caranya sangat sederhana, Anda hanya perlu merebus daun pare dan meminum air rebusan tersebut secara rutin setiap hari untuk melawan infeksi. Cara ini juga bisa membantu Anda memperkuat kekebalan Anda.

10. Penyakit Jantung

Buah pare membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang menyumbat dinding pembuluh darah dan mengurangi kemungkinan serangan jantung, sehingga manfaatnya untuk kesehatan jantung sangat baik. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, manfaat pare juga dapat menurunkan kadar gula darah dan membantu menjaga kesehatan jantung.

 

Resep Cara Membuat Keripik Pare Tanpa Rasa Pahit

1. Resep Keripik Pare Enak Tidak Pahit

Bahan-Bahan:

  • 3 buah pare
  • 150 gram tepung beras
  • 2 sdm tepung tapioka
  • 1 sendok teh bubuk bawang bawang putih
  • Garam 1 sendok teh
  • ┬áBubuk cabai 1 sendok teh
  • kaldu bubuk secukupnya
  • 200 cc air matang

Cara Membuat:

  1. Pertama iris tipis pare, rendam dalam air garam selama sekitar 30 menit, lalu tiriskan. Di wadah lain campurkan tepung beras, tepung tapioka, garam, bubuk bawang, bubuk cabai dan kaldu bubuk. Tambahkan air sedikit demi sedikit hingga adonan tidak terlalu kental, tetapi juga tidak terlalu cair.
  2. Masukkan irisan buah pare yang sudah direndam tadi ke dalam adonan tepung. Kemudian Goreng pare mengunakan deep fryer hingga kecoklatan. Gunakan api sedang. Tips supaya keripik menjadi renyah, goreng 2 kali. Gorengan pertama asal matang dulu kemudian angkat dan tiriskan. Lakukan hingga adonan habis.

2. Resep Keripik Pare yang Renyah

Bahan-bahan:

  • Buah Paria atau pare secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Keripik pare yang Gurih agar tidak pahit :

  1. Siapakan alat dan bahan yang kita butuhkan.
  2. Cuci pare kemudian dipotong agak tipis
  3. Kemudian rendam pare yang sudah dipotong ke dalam air garam, jumlah garam haruslah banyak agar rasa pahit pada pare berkurang banyak.
  4. Rendam pare selama satu malam setelah itu cuci lagi dengan air bersih.
  5. Langkah selanjutnya adalah menjemur keripik tersebut sampai kering. Untuk waktunya tergantung cuaca kalau cuacanya panas hanya membutuhkan waktu satu hari.
  6. Setelah benar kering, pare tersebut di goreng sampai matang .
  7. Sajikan.

Sekian artikel hari ini tentang cara membuat keripik pare tanpa rasa pahit semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mencarai cemilan yang sehat, anda juga bisa membuat keripik tempe, cemilan enak dan gampang dibuat di rumah bersama keluarga. sekian dan terima kasih.