Kali ini saya akan berbagai artikel tentang cara membuat keju parmesan yang sangat cocok untuk pendamping. Rasanya juga cukup enak untuk campuran makanan.

Salah satu jenis keju keras dari kota Parma, Italia. Pada umumnya berbentuk silinder atau persegi panjang dengan warna kuning muda. Teksturnya keras, cocok untuk keju parut. Aroma Parmesan cukup tajam karena proses pemeraman yang cukup lama, antara 14 bulan sampai 4 tahun. Keju ini sangat cocok untuk taburan pasta, taburan hidangan panggang, tumisan, olahan ayam, daging, ikan hingga pizza. Dijual dalam bentuk utuh maupun parutan dalam kemasan botol.

Bagi mereka yang sudah menerapkan pola vegan tentu saja pasti tidak bisa untuk mengonsumsi keju, namun masih boleh sedikit menikmati pasta. Jika Anda ingin menikmati keju ‘parmesan’ untuk pelezat tambahan kudapan pasta, cobalah bikin sendiri dengan menggunakanbahan utama kacang mete.

Usaha Keju

Keju selalu identik dengan produksi luar negeri. Memang makanan yang terbuat dari hasil fermentasi susu banyak berasal dari negara-negara di Eropa. Namun, seiring akrabnya masyarakat Indonesia dengan keju, banyak produsen keju lokal bermunculan. Salah satunya, Dapin Narendra yang mengusung merek Chizzu.

Menurut Dapin, dalam dua tahun terakhir, perkembangan bisnis keju lokal cukup pesat lantaran makin tenarnya sajian bergaya barat yang selalu dilengkapi dengan keju. Tak hanya itu, keju juga menyentuh kuliner lokal.

Saat ini, kualitas keju lokal yang tidak kalah dengan keju impor. Harganya yang lumayan cukup terjangkau ini membuat keju lokal menjadi buruan para konsumen, khususnya bagi mereka yang mempunyai usaha kuliner. Keju ini juga cocok sebagai taburan brownies.

Keju

Adalah sebuah makanan yang dihasilkan dengan memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan atau koagulasi. Proses pengentalan ini dilakukan dengan bantuan bakteri atau enzim tertentu yang disebut rennet. Hasil dari proses pembuatan keju tersebut nantinya akan melalui proses pengeringan, diproses, dan juga diawetkan menggunakan berbagai macam cara.

Dari sejumlah susu ini dapat diproduksi dalam berbagai macam variasi produk keju. Produk-produk keju bervariasi ditentukan dari tipe susu, metode pengentalan, temperatur, metode pemotongan, pengeringan, pemanasan, juga proses pematangan keju dan pengawetan.

Umumnya, hewan yang biasa dijadikan sumber air susu adalah hewan sapi. Air susu unta, kambing, domba, kuda, atau kerbau digunakan pada beberapa tipe keju lokal. Makanan ini dikenal di seluruh dunia, tetapi diduga pertama kali dikenal di daerah sekitar Timur Tengah.

Meskipun sebernarnya tidak bisa untuk dipastikan kapan pertama kali keju ditemukan, menurut dalam legenda keju pada pertama kali ditemukan secara tidak sengaja oleh pengembara dari arab. Keju ini juga mempunyai semua kandungan nutrisi dalam susu, seperti juga dengan protein, vitamin, mineral, sekaligus kalsium, dan fosfor tapi juga mengandung lemak dan kolesterol yang bisa menyebabkan masalah kesehatan apabila dikonsumsi dengan cara berlebihan.

Besar kandungan lemak pada keju ini sendiri juga tergantung dengan jenis susu yang digunakan. Keju yang dibuat menggunakan susu murni atau yang telah ditambah campuran  krim yang memiliki kandungan lemak, kolesterol dan juga kalori yang lebih tinggi. Keju sangat bermanfaat karena kaya akan protein, terutama bagi anak kecil karena mereka membutuhkan protein yang lebih banyak dibandingkan orang dewasa.

Cara Membuat Keju Parmesan

Bahan Bahan yang Digunakan:

  • 1 cup kacang mete mentah
  • 1/4 cup nutritional yeast
  • 1/4 sdt bubuk bawang putih
  • 1/2 sdt garam

Cara Membuat:

  1. Masukkan semua bahan ke dalam food processoor dan proses secara konsisten hingga teksturnya seperti remah-remah. Hati-hati, jangan terlalu lama diproses agar kacang mete tidak berubah menjadi selai kacang. Angkat dan sajikan.
  2. Jika kalian ingin makan keju parmesan ini, taburkan keju parmesan diatas makanan kesukaan anda. Jika keju tidak digunakan, lebih baik simpan keju parmesan vegan ini dalam wadah yang tertutup kedap udara di dalam kulkas.

Mungkin hanya itu ulasa tentang cara membuat keju parmesan yang sangat enak. Selamat Mencoba!