Apakah Anda memiliki banyak persediaan pepaya? Bagaimana cara Mengolahnya? Masih bingung bagaimana cara menghabiskannya? Kalau iya, yuk buat manisan pepaya kering tanpa dijemur lho! Meski bisa juga diolah dengan cara membuat sop buah spesial, kali ini mimin akan membagikan informasi cara membuat Manisan Pepaya Kering Tanpa Jemur.

Sebelumnya, tahukah Anda bahwa manisan pepaya kering berawal di sebuah daerah atau kota di Jawa Barat pada akhir tahun 1950-an yang merupakan salah satu suku bangsa terbesar di Indonesia. Padahal, di Timur Tengah, khususnya di Dataran Arab, permen juga dikenal luas, namun memiliki nama yang berbeda dan cara pengolahan yang sedikit berbeda. Namun di Indonesia sendiri, karena banyak industri rumahan yang langsung bisa memproduksi manisan dan menyiapkannya untuk konsumsi, kini makanan tersebut kembali digemari.

Tips dari saya, jika kalian ingin mengolah manisan pepaya kering ini tanpa menunggu waktu yang lama dan hasil yang didapat langsung banyak, atau kalian ingin membuat usaha jualan manisan pepaya kering kalian wajib menggunakan Mesin Pengering Makanan untuk  mengolahnya, karena hasilnya akan lebih cepat dan efektif. Untuk mesin pengering makanan sendiri dapat kalian temukan di Grosir Mesin.

Manfaat Buah Pepaya

Manisan Pepaya Kering Tanpa Jemur

Selain enak manis dan dijadikan makanan manisan, pepaya sendiri memiliki banyak khasiat yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Maka saat ini, akan mengupas banyak manfaat dalam buah pepaya.

1. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat yang satu ini sangat populer di kalangan wanita, terutama mereka yang ingin memilih kulit sehat luar dan dalam, serta kulit yang tampak lebih kencang, cerah, dan berkilau. Tentunya penuaan dini juga bisa ditunda, yang sangat dihindari bagi kebanyakan orang yang sangat memperhatikan masalah kulit.

Kandungan vitamin C yang kaya pada pepaya akan membuat Anda jatuh hati pada buah ini. Belum lagi mereka yang suka beraktivitas dengan bebas akan rentan keriput dan berujung pada penuaan dini. Dalam tugas menangani kasus-kasus yang menyangkut kesehatan kulit, vitamin C tidak lagi diperdebatkan.

2. Mengatasi Kanker

Kanker merupakan mesin pembunuh yang memang sangat menakutkan bagi semua orang di planet ini. Betapa buruknya bahwa kebanyakan kematian disebabkan oleh kanker. Meskipun biasanya tidak disebabkan oleh kanker itu sendiri, penyakit ini merupakan titik awal terjadinya semua komplikasi sebelum menyebar ke penyakit lain.

Saat ini peran pepaya sangat menarik, karena mampu meredam radikal bebas dalam tubuh manusia. Bahkan untuk buah-buahan tertentu, hanya buah berwarna oranye ini yang dapat melawan kanker payudara, dan dengan mengurangi radikal bebas serta mengurangi oksidasi, ia memiliki efek anti kanker pada sel kanker payudara.

3. Membantu Diet Sehat

Dengan lancarnya fungsi sistem pencernaan, tidak dapat dipungkiri bahwa diet dengan makan pepaya akan menjadi kenyataan. Bagi mereka yang ingin mencapai cita-cita ala artis Korea, Anda bisa benar-benar makan pepaya setiap hari untuk membantu meningkatkan sistem pencernaan Anda.

Pepaya rendah kalori, jadi konsumsi teratur sangat baik. Selain itu pepaya juga kaya akan serat dan mineral yang dapat membuat perut kita terasa kenyang dalam waktu yang lama.

4. Mengandung Antioksidan

Zat molekul dan radikal bebas yang ada dalam metabolisme tubuh atau sistem pencernaan kita dapat meningkatkan risiko stres oksidatif. Namun dengan antioksidan tersebut, Anda tidak perlu khawatir, selama Anda memenuhi kebutuhan antioksidan tersebut.

Selain itu, antioksidan tersebut dapat membantu mencegah pengurangan risiko penyakit Alzheimer, sehingga mengurangi daya ingat otak.

Faktanya, ditunjukkan dalam sebuah penelitian bahwa orang yang mengonsumsi ekstrak pepaya yang difermentasi telah mengurangi kerusakan oksidatif sebanyak 40%.

Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Tanpa Jemur

Cara Membuat Manisan Pepaya Kering dan Basah Yang Praktis

Bahan yang perlu disiapkan untuk membuat manisan pepaya kering tanpa dijemur :

  • 1 buah pepaya mengkal
  • 150 gram gula pasir
  • 1 sachet vanili
  • 1 sendok makan kapur sirih

Langkah Membuat Manisan Pepaya Kering Tanpa Dijemur :

  1. Cuci bersih pepaya, kupas sampai bersih, potong pepaya sesuai selera,
  2. Setelah memotongnya, rendam irisan pepaya dalam air larutan kapur sirih selama kurang lebih 4 sampai 5 jam
  3. Setelah menunggu kurang lebih 4 jam, pepaya kita keluarkan dan bersihkan kembali, lalu tiriskan
  4. Nyalakan kompor dengan api kecil, tambahkan gula pasir dan vanili, lalu tambahkan pepaya tanpa air, karena disini kita sedang merencanakan agar permen tidak perlu dijemur.
  5. Aduk terus adonan pepaya jangan sampai berhenti, karena jika berhenti akan menjadikan manisan pepaya nya gosong.
  6. Jika dirasa terlalu besar, kecilkan api dan pastikan adonan benar-benar kering . Jika menurut Anda itu sangat kering dan gulanya sudah meresap sempurna segera keluarkan dan jangan lama-lama karena akan gosong.
  7. Setelah itu, tunggu hingga dingin dan masukkan ke dalam toples, tidak perlu melalui proses pengeringan, manisan pepaya kering ini bisa lebih cepat dinikmati.

Demikian artikel mengenai pembuatan manisan pepaya kering tanpa jemur, menarik bukan? dan caranya gampang banget. Selamat mencoba teman-teman, untuk informasi dan resep resep lainnya dapat anda kunjungi di web vagusnet ya, see you 🙂