Pada kesempatan kali in saya akan membahas tentang  usaha makanan ringan unik. Usaha makanan emang gak ada matinya. Selalu ada yang baru dan pasti memberi untung. Contohnya aja usaha makanan unik dan kreatif. Usaha makanan yang satu ini udah terbukti sukses.

Cukup banyak lho orang yang menjalankan peluang usaha makanan unik dan kreatif lalu berhasil. Dulu kita sempat dibuat penasaran dengan munculnya keripik Maicih. Lalu, ada minuman es kepal Milo yang sempat jadi viral.

Beberapa Jenis Makanan Ringan Unik

usaha makanan ringan unik

1. Tahu kribo

Namanya aja udah unik, apalagi bentuknya. Berjualan tahu kribo dapat menjadi pilihan yang bisa kamu ambil buat menjalankan usaha makanan kreatif dan unik.

Bedanya tahu kribo dengan jajanan tahu lainnya terletak pada proses pembuatannya. Tahu kribo dibuat dengan menghancurkan tahu lalu dicampur dengan tepung beras, tepung kanji, dan bahan-bahan lain yang dibutuhkan. Kemudian, baru digoreng.

Modal yang dikeluarkannya pun gak besar-besar amat. Kamu bisa bikin tahu kribo dengan dana gak sampai Rp 95 ribu.

2. Belalang goreng

Makanan yang satu ini ekstrim, dan cukup unik. Meskipun begitu, makanan ini bukan berarti gak ada yang makan ya. Cukup banyak kok orang yang pengin tahu rasa dari belalang goreng yang kabarnya nikmat.

Gak cuma bisa menjadi peluang usaha, dulu mengonsumsi belalang goreng bisa mendapat manfaat, seperti mempercantik kulit, mencerdaskan otak, sampai menjaga kesehatan tulang.

Kabarnya nih usaha berdagang belalang goreng ini bisa menghasilkan omzet dari Rp 450 ribuan sampai Rp 1 jutaan. jos banget, kan!

Usaha makanan unik dan kreatif lainnya yang bisa kamu pilih adalah usaha berjualan burger hitam. Melihat warna burger yang gak biasa bikin orang-orang kepengin tahu rasa dari burger yang satu ini. Buat resepnya, kamu bisa mengetahuinya dari ulasan-ulasan online. Ada juga beberapa resep burger yaitu resep burger mini yang tentunya mudah untuk dibuat.

Modal yang harus disiapkan untuk menjalankan usaha burger hitam diperkirakan mencapai Rp 4 jutaan. Omzetnya sendiri bisa tembus Rp 90 jutaan per bulan.

4. Asinan rambutan kiamboy

Pernah mencicipi buah rambutan yang dijadikan asinan? Ternyata buah rambutan yang menjadi asinan berhasil memikat banyak orang lho. Pastinya makanan ini bisa juga jadi usaha makanan kreatif dan unik.

Cara membuatnya pun terbilang tidak sulit dan modal yang mesti disiapkan pastinya tidak begitu besar. Pokoknya cocok deh buat kamu yang pengin jalankan usaha tanpa keluar modal banyak.

Tapi berhubung rambutan itu buah musiman, kayaknya kamu bakal lebih leluasa buka usaha ini saat musim rambutan. Soalnya, bakal lebih gampang cari bahan bakunya dan lebih murah pula!

5. Semangka goreng

Biasanya buah semangka dimakan sebagai pencuci mulut. Lain cerita dengan makanan unik yang satu ini. Sebenarnya, proses pembuatan semangka goreng ini mirip-mirip dengan proses pembuatan pisang goreng. Dapat dibilang dana yang dikeluarkan tidak terlalu banyak dan pembuatannya simpel. Pas nih buat yang pengin jalankan usaha makanan unik dan kreatif bermodal minim.

6. Es krim goreng

Selanjutnya usaha es krim goreng yang bisa jadi pilihan usaha makanan kreatif dan unik. Kabarnya nih usaha yang satu ini bisa mencetak omzet hingga Rp 20 juta per bulannya lho.

Udah gitu, memulai usaha ini gak ribet. Hanya dengan modal mulai dari Rp 6 jutaan, kamu dapat menjalin kemitraan dengan sejumlah franchise es krim goreng. Dari modal segitu, kamu bakal menerima booth, perlengkapan jualan, pelatihan, dan bahan baku.

7. Dadar Gulung cokelat

Kalau dadar gulung yang berwarna hijau tampak biasa buat kamu, gimana dengan dadar gulung cokelat? Tentu aja warna cokelatnya bikin kamu berhasrat buat mencicipi makanan unik yang satu ini.

Dengan bermodalkan Rp 3 jutaan, usaha dadar gulung cokelat berpotensi mencetak omzet hingga Rp 9 jutaan tiap bulannya. Cara membuat dadar gulung cokelat sendiri terbilang mudah dan bisa kamu dapatkan infonya dengan gampang di internet.

Itulah pembahasan mengenai usaha makanan unik. semoga bermanfaat ya!