Pada artikel kali ini kami akan memberikan tips membuat selai durian, tapi apakah teman-teman dirumah pernah membuat selai durian sendiri atau membelinya di toko-toko ? Memang sih selai durian ini masih belum terlalu populer di kalangan masyarakat.

Mungkin teman-teman dirumah pernah mencoba langsung buah duriannya, ternyata selain bisa dimakan langsung durian juga bisa dijadikan olahan yang enak seperti dijadikan selai durian yang akan kita bahas kali ini.

Memang sih sekarang sudah banyak toko-toko yang menjual selai jenis ini, akan tetapi jika kita membuatnya sendiri dirumah akan sangat baik dan juga kualitas dari selainya juga terjamin dan higenis.

Serta kita bisa menghindari pemanis buatan, karena selai yang dijual dipasaran biasanya menggunakan pemanis buatan. Baiklah langsung saja kita menuju ke tips cara membuat selai durian agar hasilnya enak dan memuaskan.

tips membuat selai durian

Tips Cara Membuat Selai Durian :

Selain memilih buah durian yang bagus, juga masih ada beberapa tips yang harus dilakukan agar hasil dari selai durian yang kita buat enak dan juga hasilnya memuaskan. Berikut ini beberapa tips yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini.

1. Gunakan Jenis Buah Yang Bagus

Dengan cara memilih buah durian yang bagus, itu akan mempengaruhi rasa dari selai yang kita buat. Kita juga harus menggunakan buah yang matang, jika kita menggunakan buah yang belum matang pasti rasanya akan berbeda dan tidak akan enak.

2. Masukan Kedalam Botol Selai

Untuk selai yang sudah dibuat lebih baik kita menggunakan wadah yang kedap udara seperti botol, botol sudah pasti tidak akan kemasukan udara jika kita menutupnya rapat-rapat. Pastikan botol yang akan kita gunakan sudah di cuci bersih, baru setelah kering kita masukkan selai kedalamnya.

3. Jangan Mengaduk Saat Dimasukkan Kedalam Botol

Selai yang kita buat jangan diaduk-aduk, dan juga sedikit demi sedikit memasukkan selai durian kedalam botol dengan menggunakan sendok. Usahakan jangan sampai ada udara terperangkap diantara selai. Sendok dan tangan juga harus bersih dan kering, agar ketahanan selai dapat tahan lebih lama.

4. Tutup Rapat Botolnya

Tutup rapat dan masukkan kedalam lemari es jika ingin menyimpannya. Sangat cocok untuk isian roti tawar, atau disantap sambil dicocol dengan roti panggang,juga sangat enak disantap sambil minum kopi hangat atau teh hangat dipagi hari ataupun sore hari.

Bonus Tips Memilih Durian Yang Bagus :

Berikut ini kami akan memberikan tips cara memilih buah durian yang matang dan daging di dalamnya pun tebal.

tips membuat selai durian

1. Memilih Bentuk Yang Benar

Pilihlah durian yangbentuknya bulat, jika anda menginginkan buah durian isi kuning dan jumlah yang lebih banyak. Menurut beberapa pedagang durian, buah yang bentuknya lonjong memiliki daging yang lebih sedikit dibanding buah yang bentuknya bulat.

2. Berat Durian

Kebanyakan orang yang baru pertama kali membeli tentu akan berpikir “Semakin berat buahnya, itu mungkin akan semakin banyak isinya” dan langsung memilih buah yang lebih berat. Namun, cara yang benar memilih durian adalah memilih buah yang bobotnya ringan.

3. Bentuk Durinya

Jika ingin mendapat durian yang paling enak dan matang, anda perlu mencermati bentuk durinya.  Anda juga harus memilih durian yang durinya pendek dan jarang, karena dipercaya rasanya lebih manis.

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan, terimakasih kepada teman-teman yang sudah membaca artikel saya dari awal sampai selesai. Kurang lebihnya mohon maaf sekian dan sampai jumpa lagi diartikel berikutnya.