Kesempatan kali ini kami akan memberikan tips membuat cupcake yang enak dan juga lembut. Cupcake merupakan salah satu jenis kue yang terbuat dari adonan kue dan di masukkan ke dalam cup atau wadah kecil.

Selain rasanya yang enak, ternyata bentuknya yang imut juga menarik perhatian. Kue jenis ini juga sangat cocok dijadikan kado atau kamu juga bisa merayakan ulang tahun dengan cake yang satu ini.

Untuk menghasilkan cupcake yang enak dan lembut, tentu ada beberapa langkah-langkah atau tips yang harus anda lakukan. Berikut ini kami telah menyiapkan beberapa tips cara membuat cupcake.

tips membuat cupcake

Tips Membuat Cupcake :

1. Hindari Mengocok Adonan dengan Kecepatan Tinggi

Saat resep cupcake sudah anda peroleh, langkah selanjutnya adalah membuat adonan dengan benar. Sebaiknya kocok adonan dengan kecepatan rendah agar tercampur rata dan juga karena cake yang satu ini tergolong cake padat. Mengocok adonan cupcake dengan kecepatan tinggi hanya akan menimbulkan gelembung udara pada adonan yang kita buat.

2. Aduk Adonan Hingga Soft Peak

Adonan yang terlalu lama di aduk dapat membentuk banyak gluten, akibatnya cupcake akan jadi bantat dan permukaan cupcake bisa pecah saat keluar dari oven. Namun jika kita mengaduknya secara pelan dan cepat tekstur cupcake pasti mudah pecah. Jadi pastikan kecepatan mixer lambat dan anda harus fokus.

3. Pastikan Bahan Adonan Dalam Suhu Ruangan

Pada umumnya cupcake sama dengan jenis kue yang lainnya karena menggunakan bahan-bahan kue dasar seperti telur, tepung terigu, mentega, gula, dan lain-lain. Pertama ikuti langkah-langkah pada resep cara membuat cupcake, jangan asal mengukur bahan pakai feeling, ya. Kemudian pastikan bahan-bahan tersebut bersuhu ruangan ketika dicampur, terutama pada telur dan mentega.

4. Gunakan Paper Cup Sesuai Selera

tips membuat cupcake

Kunci membuat cupcake yang cantik yaitu menggunakan paper cup yang anda sukai. Saat ini sudah banyak toko bahan kue yang menjual paper cup beragam bentuk dan motif. Anda tinggal menyesuaikan ukuran paper cup di dalam loyang yang akan digunakan.

5. Memperkirakan Takaran Adonan Cupcake

Adonan cupcake yang sudah siap kemudian masukkan ke dalam loyang. Diusahakan jangan mengisi loyang atau paper cup hingga terlalu penuh. Isi sekitar ¾ bagian loyang agar cupcake anda mengembang dengan sempurna.

6. Jangan Terlalu Sering Membuka Oven

Jika kita terlalu sering membuka cupcake, kemungkinan cake yang kita buat bisa menjadi bantat. Biarkanlah adonan cupcake mengembang didalam oven selama beberapa menit. Agar mempermudah untuk memantau cupcake yang sedang dipanggang, anda bisa menggunakan oven yang bisa dilihat dalamnya.

7. Tingkat Kepanasan Oven Yang Benar

Tips selanjutnya yaitu memanaskan oven dengan tingkat kepanasan yang benar agar adonan cupcake terpanggan secara merata dan matang sempurna. Panaskan oven dalam suhu 180 derajat Celcius, lalu tinggal saja untuk melakukan steplainnya. Untuk mengetahui tinkat kepanasan oven, anda bisa gunakan termometer masak untuk memastikan suhu oven 180 deraat Celcius.

8. Biarkan Cupcake Dingin Sebelum Dihias

Setelah cupcake matang, teman-teman jangan langsung menghias cupcake pada saat masih panas. Diamkan terlebih dahulu agar cupcakenya dingin, jika kita memaksakan menghias pada saat cupcake masih panas buttercream akan meleleh dan jatuh.

Mungkin hanya itu saja tips cara membuat cupcake yang hanya bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Terimakasih untuk teman teman yang sudah membaca artikel saya dari awal sampai akhir, kurang lebihnya mohon maaf sekian dan sampai jumpa di artikel berikutnya.