Pada kesempatan kali ini kami akan membarikan tips membuat bandeng presto yang lunak sampai ke tulangnya atau durinya. Apakah teman-teman tahu dari daerah mana bandeng presto ini berasal ?

Ternyata bandeng presto ini berasal dari kota Semarang, dan kini olahan dari ikan bandeng ini sudah berkembang pesat dan menjadi ikon dari kota semarang. Banyak orang-orang menyukai olahan ikan ini, karena biasanya ikan bandeng dipresto dengan beralaskan daun pisang baru kemudian digoreng sampai garing.

Untuk membuat bandeng presto anda bisa kunjungi artikel resep bandeng presto disana sudah lengkap mulai dari bahan-bahannya hingga ke proses pembuatnnya. Baiklah langsung saja saya akan memberikan tips membuat bendeng presto.

tips membuat bandeng presto

Tips Membuat Bandeng Presto :

Untuk mendapatkan rasa bandeng yang enak sampai tulang-tulang dari ikan bandeng tersebut menjadi lunak, tentu ada beberapa trik atau tips agar bandeng presto yang kita buat enak dan lembut sampai ke tulang-tulangnya. Berikut ini beberapa tips dari saya.

1. Memilih Dan Membersihkan Ikan Bandeng

Pilihlah ikan bandeng yang masih segar dan berkualitas bagus, kualitas bahan yang bagus akan menghasilkan sajian dengan cita rasa yang berkualitas. Sebelum kita mengolahnya, buang kotorannya terlebih dahulu bersihkan dibawah air mengalir hingga tidak ada kotoran yang tersisa.

2. Membumbui Yang Benar

Pada proses ini, ikan dilumuri dengan bumbu-bumbu seperti garam, bawang putih, ketumbar, dan kunyit yang telah dihaluskan. Tidak perlu menambahkan air pada bumbu-bumbu tersebut. Rempah-rempah seperti daun salam, laos, dan sere juga bisa anda tambahkan untuk menjadikan bandeng semakin enak.

Jangan lupa, gunakan jumlah garam yang lebih banyak dari jumlah yang biasa kita gunakan dalam membuat ikan goreng. Tujuan dari penambahan garam ini agar rasa gurih ikan tidak hilang setelah dipresto. Semua bumbu-bumbu yang digunakan tadi bisa juga dihaluskan jadi satu, baru kemudian dilumurkan ke seluruh permukaan ikan.

3. Memakai Panci Presto

Setelah dibumbui, saatnya bandeng dimasak. Tuangkan air dan jangan lupa menakar air dengan ukuran yang pas, berikan air sampai batas tinggi angsangnya. Usahakan menggunakan air dengan ukuran yang pas, kemudian masukan bandeng ke dalam angsangnya lalu tutup panci prestonya.

Masaklah dengan api kecil sampai matang, biasanya jika sudah matang panci akan berbunyi. Teman-teman juga boleh sesekali membuka katup uap panci prestonya, agar tekanan didalam panci berkurang dan ikan bandeng menjadi tidak mudah hancur.

Jika aroma harum sudah tercium itu cirinya bandeng presto sudah matang, cicipi rasa bandeng yang anda buat. Jika masih kurang asin, oleskan kembali garam pada bandeng dan tutup kembali pancinya. Masak lagi bandeng, hingga garamnya meresap. Jangan terlalu lama memasaknya ya, cukup sebentar saja.

4. Susunan Ikan Yang Benar

Pada saat menyusun ikan yang sudah di bungkus dengan daun pisang diusahakan kita harus menyusunnya dengan rapih. Agar ikan bandeng yang sedang di kukus, tidak hancur atau patah saat proses pengukusan tersebut.

5. Gunakan Daun Pisang

Saat kita akan mengukusnya, usahakan menggunakan daun pisang untuk membungkis ikan bandengnya agar tidak hancur dan memberikan cita rasa yang berbeda. Kita juga bisa menggunakan pembungkus yang lainnya untuk membungkusnya, tapi saya menyarankan anda menggunakan daun pisang saja.

Mungkin hanya itu tips membuat bandeng presto yang hanya bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dengan adanya artikel ini tema-teman di rumah bisa terbantu, terimakasih yang sudah membaca artikel saya. Kurang lebihnya mohon maaf sekian dan sampai jumpa diartikel selanjutnya.