Pada Artikel kali ini saya akan membahas tentang suplemen sapi yang harus Anda ketahui untuk keseimbangan nutrisi pada sapi. Yuk! Simak pembahasannya.

Daging sapi merupakan bahan makanan yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya, daging sapi memang sering sekali dijadikan sebagai pelengkap menu masakan. Dengan melihat besarnya peluang, maka Anda pun bisa mencoba memulai usaha peternakan sapi potong.

Namun sebelum memulai usaha peternakan sapi, Anda perlu mengetahui bagaimana cara untuk memaksimalkan pertumbuhan sapi. Baik dari segi kesehatan, target waktu yang ditentukan, dan nutrisinya. Dengan nutrisi yang baik, maka Anda akan mendapatkan sapi yang sehat dan besar.

Selain itu manajemen dan disiplin juga sangat dianjurkan dalam usaha ternak sapi. Pengelolaan yang baik akan memengaruhi segala segi, mulai dari modal, tempat, dan pakan sapi. Deretan bahan-bahan dan komposisi nutrisi dari makanan sapi pun harus diperhatikan. Berikut ini adalah pembahasan secara rinci agar sapi-sapi yang Anda rawat semakin gemuk dan sehat.

Tips agar Bobot Sapi Lekas Berkembang

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk memastikan bahwa bobot sapi meningkat secara optimal. Hal-hal ini bila dilakukan secara rutin, maka kesehatan dan kualitas sapi potong tentu akan terjaga. Berikut beberapa tips yang kami siapkan untuk Anda:

1. Mengatur Jam Makan Sapi

suplemen-sapi

Aturlah waktu yang tepat untuk memberikan pakan kepada sapi. Pengaturan ini akan sangat memengaruhi kebiasaan para sapi dalam menerima makanan. Makanan akan segera dimakan dengan lahap karena rentang waktu yang diberikan konsisten. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menyediakan air minum.

Sapi kadang membutuhkan air saat menelan makanan yang memiliki tekstur kasar. Air minum akan membantu sehingga proses makan tidak terganggu. Dengan begitu, sapi akan gemuk maksimal.

Jangan pernah meninggalkan pakan sisa di kandang karena sapi akan makan sebelum waktu tiba. Ini mempengaruhi selera makan sapi saat jam makan tiba, karena sudah kenyang terlebih dahulu.

2. Pentingnya Suplemen untuk Sapi

suplemen-sapi

Suplemen sangat penting untuk ternak sapi potong Anda, karena akan merangsang napsu makan sapi sehingga sapi akan makan lebih lahap.makanan yang diberikan pun akan segera disantap habis oleh sapi.

Fungsi lain dari suplemen adalah agar penyerapan nutrisi dari pakan ke dalam tubuh ternak lebih optimal. Maka sapi potong yang gemuk bukan impian lagi. Setelah mengetahui tips diatas Anda juga harus memperhatikan yang lain salah satunya bahan pakan ternak sapi.

Bahan-Bahan Makanan Ternak Sapi Potong yang Harus Anda Perhatikan

Terdapat beberapa bahan pakan yang penting untuk diketahui. Adapun bahan pakan ternak sapi potong yang mengandung energi antara lain:

  • Rerumputan seperti rumput benggala, rumput setaria, rumput gajah, dan rumput lainnya yang memiliki serat kasar.
  • Jenis tanaman yang berbentuk biji-bijian seperti sorgum, limbahnya, gandum, dan jagung.
  • Jenis tanaman umbi seperti ubi kayu, ubi ungu, ubi jalar dan limbahnya.

Di sisi lain, bahan pakan ternak sapi potong yang mengandung protein antara lain:

  • Berbagai jenis daun seperti daun pisang, daun ubi jalar, dan daun nangka.
  • Makanan lainnya yaitu, bunga turi kaliandra, sentro, gamal, lamtoro, bungkil dan ganggang.

Selanjutnya bahan pakan ternak sapi potong yang mengandung vitamin dan mineral adalah:

  • Bahan berwarna hijau.
  • Kapur (Ca2PO4), premix, dan kapur.

Setelah mengetahui kandungan bahan makanan ternak sapi, selanjutnya adalah memperhatikan presentasi semua zat yang terkandung dari masing-masing bahan.

Kadar Nutrisi dari Bahan Pakan Ternak Sapi

Untuk bisa menghasilkan pakan yang seimbang untuk ternak sapi potong, maka Anda harus mengetahui jumlah nutrisi dari setiap kandungan bahan yang digunakan. Karena susunan gizi yang seimbang, akan memengaruhi tumbuh kembang sapi potong.

Itulah sebabnya Anda perlu mengetahui jumlah persen dari protein kasar (PK) dan jumlah persen dari serat kasar (SK). Berikut ini adalah tabel dari persentase kandungan pakan sapi.

Demikian Artikel tentang suplemen sapi,semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.