Resep Tumis Udang Bawang Bombay-Bawang bombay ini sangat sering sekali dipakai sebagai campuran dari berbagai macam makanan dikarenakan dianggap lebih efisien daripada bawang merah. Ini dikarenakan bawang bombay bisa menambah kelezat dari suatu masakan. Bawang bombay ini mempunyai karakter rasa yang sedikit manis dan juga beraroma cukup kuat.

Resep Tumis Udang Bawang Bombay

resep tumis udang bawang bombay

Bahan-Bahan :

  • 20 ekor udang segar
  • 1 buah jeruk nipis, ambil airnya
  • 1 sendok teh garam
Bumbu :
  • 1/2 buah bawang bombay iris
  • 2 siung bawang putih cincang halus
  • 2 buah cabai merah keriting
  • 1 sdm kecap manis
  • Secukupnya Garam
  • 1 sdm saos sambal
  • Secukupnya Gula pasir
  • Secukupnya Merica halus
  • 1 batang daun bawang iris

Langkah-Langkah :

  1. Bersihkan udang. Belah sedikit bagian belakang atau punggung udang kemudian buang kotorannya. Buang bagian kepalanya dan kulitnya. Kemudian cuci kembali sampai bersih.
  2. Lumuri udang dengan garam serta air perasan jeruk nipis. Pastikan semua bagian terkena dengan merata. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 15 – 20 menit
  3. Panaskan minyak di atas wajan. Masukan bumbu tumisan antara lain bawang bombay, bawang putih serta cabai merah. Tumis bahan sampai harum
  4. Masukan udang yang telah dimarinasi. Masak hingga udang berubah warna menjadi kemerahan.
  5. Setelah udang berubah warna, masukan bumbu lainnya dalam masakan antara lain kecap manis,
  6. Saos sambal, garam, gula pasir serta merica secukupnya lalu cek rasa.
  7. Masukan irisan daun bawang dan aduk sebentar lalu segera angkat agar daun bawang tetap segar dan terlihat berwarna hijau cerah.
  8. Sajikan selagi masih hangat sebagai teman nasi.

Manfaat Udang Bagi Tubuh

resep tumis udang bawang bombay

1. Mengurangi nyeri menstruasi dan gejala PMS

Manfaat pertama dari udang untuk kesehatan adalah dapat mengurangi nyeri menstruasi dan gejala pramenstruasi atau PMS. Meski mengandung kolestrol yang cukup tinggi, namun kolestrol yang dimiliki udang adalah sumber kolestrol yang bermanfaat lho, yaitu asam lemak omega-3.

Kandungan asam lemak omega-3 ini, mampu membantu mengurangi kram saat menstruasi, serta mengurangi gejala saat pramenstruasi (dikenal PMS) seperti perubahan mood, payudara yang terasa lunak, dan gejala PMS lainnya.

2. Menjaga kesehatan rambut

Selain dapat mengurangi nyeri saat menstruasi dan gejala PMS, udang juga dapat menjaga kesehatan rambut. Kandungan mineral yang ada pada udang, yaitu seng, berperan besar lho guys dalam menjaga kesehatan rambut. Seng berperan penting dalam mempertahankan dan menciptakan sel-sel yang baru, yaitu sel rambut dan sel kulit, sehingga mampu mencegah rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

3. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Selain dapat menjaga kesehatan rambut, udang juga mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Sifat antioksidan yang kuat dari kedua asam lemak yang dimiliki udang, yaitu astaxantin dan omega-3, mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Kini, para peneliti memanfaatkan udang untuk dijadikan petunjuk dalam mendeteksi kanker.

4. Perlindungan kulit

Selain dapat menghambat sel kanker, astaxanthin pada udang, juga mampu memberikan perlindungan pada kulit. Astaxanthin dapat mengurangi kerutan pada kulit, dengan cara meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit. Selain itu, astaxanthin juga dapat mengurangi kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar ultraviolet (UV), sehingga dapat menurunkan resiko kanker kulit.

5. Meningkatkan jumlah sel darah merah

Nah, ini dia manfaat terbesar dari udang, yaitu dapat meningkatkan jumlah sel darah merah. Udang mengandung zat besi, yang berperan dalam pembentukan hemoglobin, serta juga mengandung dua nutrisi yaitu vitamin A dan vitamin B12, yang berperan penting dalam meningkatkan dalam produksi sel darah merah.

6. Mempromosikan kesehatan prostat

Selain dapat meningkatkan jumlah sel darah merah, udang juga mampu lho guys mempromosikan kesehatan prostat. Udang mengandung dua mineral yang berperan penting dalam kesehatan prostat, yaitu selenium dan seng. Selain memiliki sifat antioksidan yang kuat, kedua mineral tersebut juga memiliki efek regulasi testosteron dan DHT. DHT merupakan metabolit androgenik lebih testosteron, yang berperan besar dalam pertumbuhan berlebih dari kelenjar prostat.

7. Mengurangi resiko penyakit jantung

Selain dapat mempromosikan kesehatan prostat, udang juga mampu mengurangi resiko penyakit jantung lho guys. Kandungan asam lemak omega-3 pada udang, mampu memberikan perlindungan terhadap kesehatan jantung, karena asam lemak omega-3 tersebut dapat menurunkan kolestrol jahat (LDL) dan triglesida, dan meningkatkan kolestrol baik (HDL) secara bersamaan.

Itulah beberapa pelajaran yang bisa kita dapatkan dari artikel Resep Tumis Udang Bawang Bombay ini danĀ  silahkan kunjungi artikel Cara Menanam Bawang Bombay jika saja kalian penasaran atau memang sedang mencari manfaat bawang bombay selengkapnya.