Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai resep tongseng sapi yang dibuat dengan menggunakan kecap bango yang rasanya enak dan manis. Makanan ini cocok untuk dihidangkan bagi keluarga anda di rumah.

Tongseng sapi merupakan salah satu makanan khas yang ada di Indonesia yang pertama kali ada di Klego, Boyolali, Jawa Tengah. Tidak heran karena disana banyak sekali para peternak sapi dan selain itu disana juga ada patung sapi yang sangat besar. Itu menjadi tempat rekreasi bagi para wisatawan.

Tak hanya patung sapi yang menjadi ciri khas dari Boyolali ada juga patung sate tongseng sapi. Jadi jika anda sedang berlibur ke Boyolali selain bisa melihat patung sapi dan patung sate tongseng sapi anda juga bisa menikmati tongseng sapi khas Boyolali.

Jadi penasaran bukan dengan rasa tongseng sapi ini. Tak perlu khawatir dan tak perlu repot untuk membeli tongseng keluar rumah, karena tongseng sapi bisa dibuat di rumah sendiri dan bahan-bahannya mudah untuk didapatkan.

Resep Tongseng Sapi Kecap Bango

resep tongseng sapi kecap bango

Bahan – Bahan :

  • 400 gram daging sapi
  • 130 ml santan
  • 1 bungkus kecap bango
  • 200 gram kol
  • 2 buah tomat, potong – potong
  • 1 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai, memarkan
  • 2 sdm minyak goreng
  • Bawang goreng secukupnya

Langkah – Langkah :

  1. Cuci bersih daging sapi kemudian potong sesuai selera.
  2. Tumis bumbu, daging sapi dan kecap bangau, aduk rata.
  3. Tambahkan santan, serai, daun salam dan daun jeruk. Masak sampai daging empuk dan kuah sedikit menyusut.
  4. Masukkan kol dan tomat, aduk kemudian masak sebentar hingga kol dan tomat layu.
  5. Matikan kompor kemudian angkat tongseng sapi.
  6. Masukkan ke dalam mangkuk saji dan taburi diatasnya dengan bawang goreng.
  7. Tongseng sapi kecap bango siap untuk disajikan.

Bagaimana ? Mudah bukan untuk membuat tongseng sapi kecap bango di rumah sendiri tanpa harus keluar rumah untuk membelinya. Selain itu juga bahan yang diperlukan untuk membuat makanan ini cukup mudah untuk didapatkan di warung atau di pasar sekitar rumah anda.

Mengenal Daging Sapi

Selain menjelaskan mengenai resep tongseng sapi kecap bango pada artikel ini saya juga akan menjelaskan tentang daging sapi. Ya daging sapi yang menjadi bahan utama pembuatan tongseng sapi ini selain itu juga merupakan daging yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat. Tak hanya memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh daging sapi juga memiliki dampak negatif bagi tubuh.

Salah satu dampak negatif dari mengkonsumsi daging sapi ialah dapat menyebabkan kanker. Ini bisa terjadi karena ada daging sapi yang mengandung dioxin. Dioxin yaitu sejumlah zat bahan kimia yang bersifat organik dan sangat beracun.

Bahan kimia tersebut berasal dari partikel mikroskopis yang menetap pada tumbuhan atau rumput yang biasa dimakan oleh hewan ternak seperti sapi dan kambing. Dari hasil beberapa penelitian mengatakan bahwa dioxin bisa mengganggu fungsi sel dalam tubuh yang dapat berpotensi meningkatkan penyakit kanker.

Daging sapi yang telah mengalami proses penyinaran menggunakan sinar gamma yang dihasilkan dari radioaktif maupun aliran listrik ini dinamakan radiasi. Proses ini bertujuan untuk membunuh bakteri yang hidup di daging sapi namun hal itu memiliki sifat karsiogenik ( penyebab penyakit kanker ).

Untuk itu sangat disarankan bagi anda untuk menghindari atau jangan sampai mengkonsumsi produk daging sapi yang sudah terkena radiasi. Tetaplah berhati – hati saat memilih makanan atau bahan makanan untuk dikonsumsi, karena sehat itu mahal.

Nah sampai disini saja artikel kali ini jangan lupa untuk mencoba membuatnya di rumah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.