Resep takoyaki jepang yang mudah dan sehan juga banyak varian rasanya untuk kalian coba dan juga sehat bagi kesehatan tubuh kita.

Baca juga resep bakso sapi.

Resep Takoyaki Jepang:

  • 1 butir Telur, dikocok lepas
  • 340 ml Kaldu Dashi Dingin atau 1/2 sdt bubuk dashi, dilarutkan
  • 1 sdt Kecap Asin Jepang (Shoyu)
  • 1/6 sdt Garam
  • 100 gr Tepung Terigu Protein Rendah atau Tepung Terigu Serbaguna

Bahan Lain Untuk Takoyaki:

  • 80 gr Gurita Rebus dipotong seukuran 1cm / 0.4”
  • 8 Udang ukuran sedang
  • 2 sdt Bubuk Bonito
  • 12 gr Beni Shoga (Acar Jahe Merah) dicincang halus
  • 60 gr Daun Kubis dicincang halus
  • 20 gr Daun Bawang Biasa

Resep Takoyaki Jepang Untuk Topping:

  • Saus Okonomiyaki
  • Aonori
  • Katsuobushi / Bonito (Ikan Cakalang Serut)
  • Mayones
  • * 1 sdm = 15 ml dan 1 sdt = 5 ml

Resep Takoyaki Jepang:

Langkah – Langkah:

  1. Tambahkan garam ke tepung terigu protein rendah yang sudah dimasukkan ke dalam mangkuk. Aduk rata dengan pengocok kue.
  2. Tambahkan garam ke tepung terigu protein rendah yang sudah dimasukkan ke dalam mangkuk. Aduk rata dengan pengocok kue.Tuangkan kaldu dashi dingin sedikit demi sedikit.Aduk tepung hingga merata.
  3. Kaldu dashi dingin yang digunakan akan mencegah pembentukan gluten dan menghasilkan takoyaki yang lembut. Tambahkan kecap asin shoyu.Tuangkan kaldu dashi dingin sedikit demi sedikit.
  4. Kocok lepas telur di mangkuk terpisah lalu tambahkan ke adonan. Kocok lepas telur di mangkuk terpisah lalu tambahkan ke adonan. Aduk rata
  5. Mari kita siapkan isi takoyaki. Potong gurita rebus seukuran 1 cm (0,4″). Cumi-cumi atau kerang kampak / scallop juga bisa digunakan, tapi tidak bisa disebut takoyaki karena tako artinya gurita.
  6. Mari kita siapkan isi takoyaki. Potong gurita rebus seukuran 1 cm (0,4″). Cumi-cumi atau kerang kampak / scallop juga bisa digunakan, tapi tidak bisa disebut takoyaki karena tako artinya gurita.
  7. Udang ini sudah dikupas dan dibersihkan. Kalau kamu tertarik untuk belajar cara membersihkan udang, tonton video ebi chili kami.
  8. Potong udang menjadi dua. Udang ini sudah dikupas dan dibersihkan. Kalau kamu tertarik untuk belajar cara membersihkan udang.
  9. Panaskan cetakan takoyaki hingga mencapai suhu 240°C (464°F). Tuangkan minyak yang banyak, oleskan juga minyak di bagian luar lubang cetakan takoyaki.
  10. Panaskan cetakan takoyaki hingga mencapai suhu 240°C (464°F). Tuangkan minyak yang banyak, oleskan juga minyak di bagian luar lubang cetakan takoyaki.Aduk dan tuangkan adonan.
  11. Segera letakkan potongan gurita dan udang ke masing-masing lubang cetakan.Segera letakkan potongan gurita dan udang ke masing-masing lubang cetakan.
  12. Taburi dengan kubis, bubuk bonito, daun bawang dan beni shoga, acar jahe merah.Taburi kubis, bubuk bonito, daun bawang dan beni shoga, acar jahe merah.Lalu bolak – balik hingga merata.
  13. Setelah siap lalu siapkan ke piring saji.

Takoyaki-na

KONTAN pernah mengulas tawaran kemitraan Takoyaki-na pada bulan Maret 2010. Saat itu, usaha asal Yogyakarta ini sudah memiliki 50 gerai. “Kini jumlah gerai kami sudah 75 gerai,” kata Yudithia Samsul, sang pemilik usaha Takoyaki-na. Dari jumlah tersebut, hanya dua gerai milik sendiri. Sisanya milik mitra usaha. Gerai tersebut tersebar di Jakarta, Depok, Tangerang, Purwokerto, Solo, Samarinda, Surabaya dan Balikpapan.

Ia menargetkan, jumlah outlet sampai akhir tahun ini mencapai 85 unit. Ia optimistis target itu tercapai. “Kemitraan kami diminati karena banyak masyarakat menyukai citarasa takoyaki kami,” kata Yudith yang mendirikan usaha pada Maret 2009 ini.

Yudith menawarkan takoyaki dengan beragam varian isi, seperti cumi-cumi, keju, daging sapi, kepiting, dan ayam. Karena ada kenaikan harga bahan baku, kini harga jual Takoyaki-na dibanderol mulai Rp 8.500 – Rp 9.000 per porsi. Harga sebelumnya Rp 6.500 per porsi.

Selain inovasi menu, untuk mengembangkan usaha, ia juga gencar melakukan sosialisasi kepada calon mitra. Selain lewat internet, sosialisasi juga dilakukan lewat media-media lokal di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Komunikasi dengan para mitra yang sudah berjalan juga tetap dilakukan. Ia mengklaim, omzet sebagian besar mitra usahanya sesuai dengan target semula.

Takoyaki-na menawarkan dua paket kemitraan, yakni paket Rp 7,5 juta dan paket Rp 15 juta. Biaya kemitraan ini belum mengalami perubahan sejak tahun 2010. Masing-masing paket mendapatkan booth, peralatan memasak, banner, bahan baku, serta pelatihan karyawan. Tapi, jenis dan kuantitasnya berbeda setiap paket.

Lokasi usahanya juga dibedakan. Paket Rp 7,5 juta berlokasi di pinggir jalan, sedangkan paket Rp 15 juta menyasar pusat perbelanjaan. Yudith menargetkan, paket Rp 7,5 juta meraup omzet rata-rata Rp 250.000 per hari. Sementara omzet paket Rp 15 juta sebesar Rp 450.000 per hari.