Pada artikel kali ini akan di beri tahu bagaimana resep selai durian homemade yang bikin nagih. Pada resep selai durian yang kali ini adalah buatan rumahan (homemade) atau buatan sendiri spesial asli memang sangat enak. Dan setiap pada awal dan akhir tahun biasanya juga di indonesia ini memang sedang musim bauh durian.

Alangkah enaknya bila kita bisa buat selai durian nya untuk berbagai keperluan makanan yang baik sebagai pelengkap memasak maupun untuk bahan isian kue-kue kering, seperti selai durian untuk nastar, selai durian untuk roti. Ternyata buah durian ini selain enak untuk dibuat tempoyak memang sangat bagus juga untuk dibuat menjadi selai di karenakan memang lebih tahan lama dan multifungsi atau serbaguna supaya bisa dipakai untuk diberbagai masakan seperti bubur, kue kering dan kue basah.

Resep Selai Durian Homemade

resep selai durian homemade

Bahan:

  • 156 gr daging durian
  • 20 gr gula pasir (sesuai selera)
  • 50 ml air
  • 1 sdm maizena dilarutkan dengan 10 ml air
  • Sejumput garam
  • 1/2 sdt vanilla essence (boleh di skip)

Cara Membuatnya:

  1. Pisahkan daging durian dari bijinya
  2. Pindahkan daging durian ke teflon anti lengket, masukkan gula pasir
  3. Tambahkan air dan garam masak dengan api kecil
  4. Ketika air sudah panas, tuang larutan maizena
  5. Aduk terus agar selai tidak gosong, ketika selai sudah agak kering matikan api
  6. Pindahkan selai ke wadah yang memiliki penutup. Diamkan hingga uap panas hilang, simpan didalam kulkas

Manfaat Mengkonsumsi Durian

resep selai durian homemade

Buah durian adalah buah yang sangat dikenal dengan secara luas di karenakan rasa dan manfaatnya yang baik untuk kesehatan. Durian mengandung vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh.

Dan menurut dari penelitian Universiti Teknologi Malaysia, durian ternyata memang memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh lho. Dan mencegah kanker, meningkatkan sistem pencernaan, memperkuat tulang, memperbaiki anemia, mencegah penuaan sejak dini, dan menurunkan tekanan darah.

1. Meredakan anemia

Anemia adalah kondisi medis yang menyebabkan kurangnya tingkat hemoglobin pada darah kita. Dan ternyata kekurangan pada hemoglobin memang dapat menimbulkan kelelahan, sakit kepala, insomnia dan juga yang lainnya. Anemia pada wanita yang sedang hamil ternyata akan mempengaruhi janin, seperti menyebabkan pada kelainan hingga pada kematian juga.

Ternyata pada kandungan asam folat yang memang sangat tinggi pada buah durian ini, sangat penting dalam memproduksi hemoglobin dan juga mengurangi kondisi pada anemia. Selain itu juga, pada asam folat dapat meningkatkan pertumbuhan jaringan yang secara teratur dan melindungi pada otak serta tulang belakang bayi.

2. Membantu menjaga kesehatan tulang

Ternya pada kandungan logam yang termasuk juga kalium dan kalsium pada buah durian yang dapat juga membantu agar menjaga tulang dan senantiasa selalu sehat. Kalium sangat penting untuk mengatur penyebaran dan pengendapan kalsium dalam tulang sehigga tidak larut atau dilepaskan ke dalam darah secara berlebihan.

3. Membantu sistem pencernaan

Pada kandungan serat yang sangat tinggi dalam buah durian juga penting bagi fungsi sistem pada pencernaan. Seratnya memang dapat menyebabkan pergerakan usus yang meningkat dalam jumlah yang sangat besar dan juga membuatnya akan lebih mudah bergerak melalui saluran usus. Dan serat yang ada di dalam buah durian ternyata bisa juga untuk mengurangi kondisi, seperti sembelit dan juga penyumbatan pada usus.

Contohnya bisa saja kembung yang berlebihan, mulas, kram, dan juga gangguan pada pencernaan serta kanker kolorektal. Selain itu juga, pada serat yang dapat membantu untuk mengurangi jumlah kolesterol didalam darah dengan membuang LDL dari tubuh dan akan dengan sangat cepat untuk mengeluarkannya sebelum merusak pada sistem kardiovaskular.

4. Mencegah penuaan dini

Buah durian memiliki banyak sekali berbagai jenis antioksidan dari vitamin dan senyawa kimia alami yang aktif dalam mengurangi jumlah pada radikal bebas didalam tubuh. Mengkonsumsi atau memakan buah durian dalam jumlah yang sangat banyak akan mengurangi kemungkinan penuaan sejak dini dan menghambat munculnya pada gejala penuaan.

Contoh keriput, bintik-bintik penuaan, degenerasi makula, rambut rontok, pelonggaran pada gigi, radang sendi, dan juga dapat penyakit jantung. Ternyata kandungan air yang ada di dalam buah durian juga bisa menjaga kulit agar tetap terhidrasi, mengurangi kekeringan dan mengurangi munculnya pada garis-garis halus.

Demikian tadi bagaimana resep selai durian homemade yang bikin nagih, dan bisa juga kalian untuk membuatnya di rumah masing- masing. Semoga bermanfaat untuk semua orang dan terimakasih.