Tahu merupakan salah satu bahan pokok yang sering digunakan ibu-ibu dapur untuk dibuat jadi sajian yang cukup nikmat. Salah satu nya seperti resep sate tahu aci bakar yang saya buat ini.

Resep Sate tahu aci bakar yaitu resep makanan khas pula Jawa yang sudah sangat populer dan telah tersebar luar mana-mana. Makanan itu pun mempunyai rasa yang sangat gurih, sehingga banyak orang yang menyukainya. Sate tahu bisa anda jadikan sebagai menu makanan anda untuk lauk pauk atau pun cemilan nikmat.

Sama hal nya sate ayam atau pun sate kambing, cara membuat sate tahu pun dapat dipadukan dengan aci, hal tersebut bertujuan untuk menghasilkan rasa yang lebih nikmat. Yuk simak ulasan nya.

Resep Sate Tahu Aci Bakar

resep sate tahu aci bakar

Bahan-bahan :

  • 20 bh Tahu pong goreng
  • 10 sdm sagu tani
  • 7 sdm tepung terigu
  • 2 butir telur
  • 1/4 sdt gula pasir
  • Lada bubuk
  • secukupnya air

Cara membuat :

  1. Campur semua bahan tahu aci menjadi satu, lalu tambahkan air secukupnya. Aduk hingga rata dan mengental
  2. Keluarkan smw isi tahu, lalu Masukkan adonan kedalam tahu smp adonan habis
  3. Rebus tahu aci kedalam air yang mendidih kurleb 25menit. Beri sedikit garam dan minyak sayur
  4. Angkat tahu aci, tiriskan lalu sisihkan.
  5. Haluskan semua bumbu kacang, lalu masak hingga matang dan mengental. Jangan lupa koreksi rasa ya!!
  6. Ambil piring saji, potong potong tahu aci. Lalu tusukkan smw dengan tusukan sate
  7. Lumuri sate tahu aci dengan bumbu kacang, kecap manis, timun, irisan bawang merah dan jeruk sambal. Lalu Sajikan
  8. Bumbu kacang: 200grm kacang tanah kupas lalu goreng. 3 siung bawang merah 5 siung bawang putih 3 buah kemiri disangrai dengan cabe merah, cabe rawit, gula merah dan garam secukupnya
  9. Untuk Taburan: Kecap manis, Jeruk sambal, Bawang merah iris dan Timun sesuai selera

Manfaat Aci dalam Kesehatan

1. Menutrisi tulang

Berbagai macam kandungan yang ada pada tepung Aci sangatlah berkhasiat untuk menjaga kesehatan tulang anda.

Semuanya disebabkan karena tepung Aci mengandung zat besi,mengandung kalsium dan juga mengandung vitamin k yang dimana kandungan-kandungan tersebut bisa membantu untuk menutrisi tulang sehingga tulang tetap terjaga dan tulang selalu sehat.

2. Menaikkan berat badan

Bagi Anda yang mempunyai problem pada berat badan yang tidak kunjung menambah jangan khawatir. Mengkonsumsi tepung Aci ternyata bisa memnyelesaikan permasalahan yang sedang anda alami tersebut.

Semua ini disebabkan karena kandungan karbohidrat yang ada pada tepung aci bisa meningkatkan berat badan Anda. Sehingga makanan yang mengandung tepung Aci sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang kurus.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Tahukah kamu ternyata di dalam tepung Aci juga mempunyai kandungan serat sehingga tepung Aci bisa berkhasiat untuk melancarkan sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang sehat akan membantu kamu untuk terhindar dari macam-macam masalah pencernaan yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari anda.

Tepung Aci mempunyai berbagai macam serat karena tepung Aci terbuat dari bahan alami yeng merupakan tepung Aci terbuat dari singkong yang di mana singkong mempunyai kandungan kaya akan serat.

Demikian resep sate tahu aci bakar yang mengenyangkan dan menyehatkan, tapi jangan mengonsumsi terlalu berlebihan karena segala sesuatu yang berlebih itu tidak baik.

Jika kamu ingin olahan tahu aci lain nya, kamu bisa coba resep tahu bakso aci yang tidak kalah enak nya dengan sate tahu aci. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Selamat mencoba.