Pada kali ini saya akan menjelaskan resep nasi goreng jawa hingga bagaimana cara membuat nasi goreng jawa dengan cara yang mudah, praktis, enak dan pastinya lezatnya seperti nasi goreng restoran.

Nasi Goreng

Khas dengan bumbunya yang gurih, dengan sambal, dan sentuhan kecap, nasi goreng menjadi menu andalan masyarakat Indonesia.

Nasi goreng sangat mudah untuk membuatnya dan dapat diolah kapan saja sehingga cocok dimakan untuk sarapan, makan siang, maupun santap malam.

Bahkan Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama ingat dengan menu nasi goreng saat dia masih tinggal di Indonesia. Tidak hanya Obama, banyak anak kos juga yang sangat mengandalkan menu nasi goreng sederhana atau nasi goreng biasa tapi enak rasanya.

Menu andalan masyarakat Indonesia ini memang tidak membutuhkan keahlian khusus atau waktu yang lama untuk memasaknya.

Uniknya lagi, nasi goreng ternyata memiliki variasi yang sangat banyak, begitu pula dengan cara membuat bumbu nasi gorengnya.

Jika kalian perhatikan, variasi nasi goreng yang sangat mudah untuk ditemui antara lain nasi goreng biasa, nasi goreng Jawa, nasi goreng putih, nasi goreng spesial, dan sebagainya.

Kebanyakan orang ketika memasak nasi goreng Jawa maupun nasi goreng biasa, orang-orang biasanya menambahkan telur mata sapi atau telur omelet.

Selain itu, kebanyakan orang terkadang juga menambahkan sosis atau bakso saat memasak nasi goreng putih atau nasi goreng spesial.

Jangan khawatir, kali ini Dream akan membagikan resep dan cara memasak nasi goreng yang dirangkum dari berbagai sumber.

Resep Nasi Goreng Jawa

resep nasi goreng jawa

Seperti kita ketahui, cara membuat nasi goreng bermacam-macam. Tidak hanya cara membuat nasi goreng rumahan saja yang bisa dipraktikkan. Kamu juga bisa mencoba cara membuat nasi goreng Jawa yang enak dan lezat, seperti resep berikut ini.

Bahan

  • Garam 1/3 sdm
  • Merica 1/2 sdt
  • Cabai merah 5 buah
  • Kecap 2 sdm
  • Kubis 3 lembar. Iris halus
  • Cabai rawit 5 buah
  • Bawang putih 4 siung
  • Bawang merah 5 siung
  • Nasi putih 600 g
  • Daging ayam125 g. Cincang halus
  • Ebi sangrai 1 sdm
  • Telur ayam 2 butir. Kocok lepas
  • Gula 1/4 sdm

Cara Membuat Nasi Goreng Jawa

  1. Masukkan bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai merah, ebi, dan merica ke dalam cobek lalu haluskan hingga benar-benar halus.
  2. Tumis bumbu yang telah dihaluskan pada wajan menggunakan minyak atau mentega hingga tercium bau harum.
  3. Masukkan telur yang telah dikocok pada wajan yang berisi bumbu yang telah ditumis. Sisihkan bumbu agar tidak tercampur dengan goreng yang digoreng pada wajan yang sama.
  4. Tambahkan ayam cincang ke dalamnya. Tumis terus hingga rata.
  5. Masukkan nasi ke dalamnya lalu campur hingga bumbu bercampur sempurna dengan nasi.
  6. Tambahkan gula, garam, kecap lalu aduk hingga rata.
  7. Sajikan nasi goreng yang telah matang pada piring saji.
  8. Sahabat Dream bisa menambahkan selada, mentimun, dan kerupuk sebagai pelengkapnya.

Demikian cara memasak nasi goreng Jawa yang enak dan lezat serta pastinya sangat mengenyangkan.

Semoga dapat menambah ilmu dan info bagi kita sehingga dapat memberikan ide bisnis baru yang dapat kita kerjakan agar dapat meminimalisir dan mengurangi jumlah pengganguran yang ada di negeri kita.

Kalian juga dapat melihat produk kompor listrik untuk mempermudah kalian dalam membuat nasi goreng.