Resep Membuat Bakso Sapi Yang Tiada Duanya Dan Bikin Nagih

Disini saya share resep bikin bakso sapinya ya tanpa resep kuahnya. Resep kuahnya menyusul. Ini resep dari kakakku. Dia dapat dari ibu mertuanya yang jago bikin bakso. Resep aslinya 1 kg daging sapi itu tepung sagunya 3 ons. Tapi kali ini aku coba dengan daging 1.5 kg tapi tepung sama 3 ons. Ini ke 4 kalinya bikin bakso. Yang pertama kedua mayan berhasil dengan resep kakaku.

Yang ketiga waktu itu banyakin daging (takarannya lupa) hasilnya ngak kenyal, lembek gitu jadi kecewa, makan nya juga gak semangat. Setelah liat beberapa resep di cookpad akhirnya nyoba cara tambahin baking powder sama rendem pakai air es setelah bakso matang. Hasilnya lumayan kenyal, cm ngak kenyal banget yang kaya di abang abang (kayaknya klo itu harus pakai tepung pengenyal kali ya).

Klo rasanya jangan ditanya..(oiya dsni saya pakai banyak bumbu ya kaya garam, lada masako, karena bakso itu memang harus berasa banget bumbunya, jadi nanti saat bikin kuah ngak terlalu banyak penyedap). Simak cara membuat bakso aci.
Selamat mencoba ya.

resep membuat bakso sapi

Bahan / Resep Bakso Sapi

  • 1.5 kg Daging Sapi
  • 2 ons urat cincang (sesuai selera)
  • 3 ons sagu tani
  • 10 butir bawang putih
  • 2 bungkus ladaku sachet
  • 4 sdm garam halus
  • 2 bungkus masako daging sapi (boleh diskip, tp tambahin garamny)
  • 2 butir telor ayam
  • 1 sdm baking powder
  • 3 sdm Bawang merah goreng (boleh di skip)
  • Es batu secukupnya (sudah disediakan di penggilingan di pasar)
  • Air es + es batu untuk setelah angkat bakso yang matang

Langkah Membuat Bakso Sapi

  1. Semua bumbu saya racik di rumah kecuali daging. Lalu saya ke pasar tradisional beli daging dan urat lalu ke tempat penggilingan daging. Jadi racikan bumbunya tetep dari saya sendiri. Bisa juga pakai food procesor bagi yang punya. Klo bisa jangan pakai blender karena rentan rusak karena ini daging sapi dan lumayan banyak. Lebih baik ke pasar di penggilingan daging.
  2. Sampai rumah, masukkan adonan bakso ke dalam freezer sambil nunggu rebusan air dalam panci. Gunakan panci yang besar dan airnya yang banyak agar memudahkan saat mengangkat bakso yang telah mengapung.
  3. Setelah air mendidih, matikan api dan ambil adonan bakso dan bentuk menggunakan tangan kiri dengan mengambil sebagian adonan, kepalkan tangan dan keluarkan adonan di sela jari telunjuk dan jempol. Besar kecilnya bentuk bakso tergantung adonan yang keluar dari sela jari telunjuk dan jempol ya, bisa kita atur sendiri.
  4. Setelah adonan keluar dalam bentuk bulatan, ambil adonan yang telah bulat dengan ujung sendok.
  5. Lalu celupkan ke dalam panci. Ingat sendok nya harus nyelup ke air ya biar gampang lepas adonannya dan ngak lengket di sendok.
  6. Ulangi sampai adonan habis. Tapi jangan sekaligus. Karena bakso yang telah mengapung harus kita angkat dan tiriskan. Bertahap saja.
  7. Bakso yang telah mengapung kita angkat dan kita masukkan ke dalam air es untuk menjaga suhu dan biar tetap kenyal
  8. Setelah itu tiriskan kembali, dan simpan dalam plastik atau wadah tertutup rapat lalu masukkan ke dalam freezer. Jika mau dimasak, rebus lg baksonya di air mendidih sekitar 5-10 menit biar matang sempurna. Ini jadinya banyak bgt dengan ukuran sedang, yang kehitung 200 butir bakso.

Selamat mencoba semoga menambah wawasan untuk kalian dan semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua. Kami masih punya banyak resep dan macam – macam lagi yang akan kita share keanda.