Kali ini saya akan membahas tentang resep masakan minang ikan cuka gurami yang sederhana. Rasa masakan ini sangat lezat dan tak kalah dengan masakan direstoran restoran lo.

Ikan Cuka

Beragam menu kuliner di Indonesia menandakan bahwa bangsa kita memiliki ragam dan corak budaya serta kekayaan tak ternilai harganya. Salah satu menu kuliner yang sangat disukai oleh mayoritas masyarakat di Indonesia bahkan di dunia adalah masakan padang, dan biasanya sering disebut sebagai masakan khas minangkabau.

Ada banyak beragam masakan padang yang sangat populer seperti dengan Rendang, Dendeng Balado dan yang lain sebagainya. Namun pada kesempatan ini saya akan memperkenalkan khalayak yang sangat ramai akan sebuah resep masakan Minang ikan cuka gurami yang sudah sangat jarang ada di rumah makan padang. Tapi sangat pas jika dihidangkan untuk sajian keluarga dirumah.

Nama masakan padang ini yang bisa dibilang langka adalah resep masakan minang ikan cuka gurami. Biasanya sering disebut seperti itu, memang merupakan sebuah paduan Ikan Sisiak yang sejenis dengan Ikan Tuna kecil.

Yang ada di pasaran kota Padang, digoreng bumbu dan dipadu dengan bawang utuh, cabe utuh ditambah bumbu rempah. Kemudian dicampurkan dengan menggunakan cuka asam jadi masakan ini menghasilkan hidangan yang gurih dan juga menyegarkan.

Cabe utuh, dan juga bawang utuh yang sudah dimasak dalam perpaduan kuah dan juga bumbu rempah menjadi terasa sangat lembut dilidah, jadi memang harus sabar untuk memasak masakan ini.

Karena butuh beberapa tahapan seperti menyiapkan bahan, menggoreng ikan kemudian menyatukan semua kedalam satu kesatuan sup, ikan gurame ini juga cocok untuk dijadikan ikan panggang karena pasti rasanya akan lebih segar. Pastinya jika sudah selesai memasak anda akan terkesima dengan keunikan cita rasa yang sangat lezat dari ikan cuka gurami ini.

Resep Masakan Minang Ikan Cuka Gurami

Bahan Bahan yang Digunakan:

  • Ikan gurame 1 ekor
  • Cuka 1 sdm
  • 1 sdm air jeruk nipis dan juga 1 sdm garam
  • Garam 1 sdm
  • Gula pasir 1 sdt
  • Air 750 ml
  • Minya goreng seckupnya

Cara Membuat Resep Masakan Minang Ikan Cuka Gurami:

  1. Pertama lumuri ikan gurame tadi menggunakan garam dan juga air jeruk nipis, lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  2. Cuci ikan gurame tadi sampai bersih dan tiriskan.
  3. Setelah itu goreng ikan gurame hingga daging terlihat matang namun jangan sampai kering.
  4. Ambil 4 sdm minyak bekas menggoreng gurame, tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai harum.
  5. Masukkan air, masak sampai mendidih.
  6. Tambahkan garam, gula dan cuka. Masukkan ikan gurame yang sudah digoreng tadi, lalu masak sebentar, diangkat dan ikan cuka gurami siap sajikan.

Manfaat Ikan Gurami

1.Mencegah Terjadinya Sakit Jantung

Tak hanya Gurami saja, tapi kegunaan pertama dari mengonsumsi ikan ini adalah salah satunya untuk mencegah timbulnya penyakit jantung. Menurut sebuah penelitian, dari suku bangsa Eskimo yang bertempat di Greenland mempunyai prevalensi dari pengidap penyakit jantung yang paling terendah.

Hal yang sama juga terjadi di Jepang, di Jepang langka sekali didapati orang yang menderita penyakit jantung koroner. Apa yang mengakibatkan semua itu terjadi? Ternyata ini sangat sederhana, yakni orang Eskimo dan orang Jepang tadi sangat amat suka memakan ikan.
Orang Jepang dan Eskimo itu biasa memakan ikan dalam kondisi mentah mentah, atau biasanya lebih sering disebut dengan sashimi.

2.Mencegah Kolesterol

Orang yang rentan terkena penyakit jantung koroner adalah seseorang yang memiliki kadar kolesterol di atas 300 mg/dl. Akan tapi, ancaman dari penyakit kolesterol ini sendiri tidak bisa terwujud bila terlalu sering makan ikan gurami.

Hal ini karena pada setiap bagian ikan gurami memiliki simpanan minyak ikan yang cukup tinggi. Manfaat dari minyak ikan (cold liver) yang ada dalam tubuh ikan gurami ini, sangat mengandung asam lemak yang tak jenuh dan juga cukup bagus untuk kebugaran jantung yakni oleh asam lemak omega.

3.Program Diet

Jika Anda sedang menjalankan program diet, mengonsumsi ikan gurami ini memang merupakan jalan alternatif yang cukup bagus bagi tubuh. Ikan gurami ini sendiri sangat kaya akan mineral, vitamin dan juga nutrisi.

Orang yang sering memakan ikan ini biasanya akan jarang memakan untuk memakan makanan yang mempunyai cukup banyak kandungan lemak yang jenuh seperti halnya yang terdapat dengan keju ataupun daging.

Mengapa ikan gurami ini sangat bagus untuk program diet? Karena ikan gurami ini tidak memiliki kandungan kolesterol yang tinggi, sangat tinggi vitamin dan juga protein serta mempunyai kandungan omega 3 yang lebih banyak. Ikan gurami ini sendiri tidak akan merusak program diet bagi Anda.

4.Lauk yang Sempurna

Jika Anda sedang malas karena harus makan siang menggunakan lauk yang setiap harinya sama, anda bisa coba untuk mulai menggunakan ikan gurami untuk menu tambahan pendamping nasi yang cukup sedap.

Ikan gurami ini sendiri adalah sumber protein berbahan hewani yang mempunyai cukup banyak kelebihan, di antaranya adalah kaya akan vitamin, protein, mineral dan juga berkalori rendah.

Ikan gurami sangat bagus juga bagi yang ingin menjaga kesegaran metabolisme dalam tubuh selain dari yang kita dapatkan dari hasil makan dengan sayuran. Banyaknya gizi yang ada pada ikan gurami ini juga sangat bagus bagi tubuh manusia, seperti dengan asam amino esensiil maupun yang non esensiil. Disamping itu, Ikan gurami ini sendiri juga mempunyai daya serap yang tinggi mungkin sekitar 90-100 persen.

 

Mungkin hanya itu ulasan tentang resep masakan minang ikan cuka gurami yang super lezat. Semoga Bermanfaat!