Setelah artikel cara membuat jenang jagung yang manis, kali ini saya akan menjelaskan mengenai resep kue jagung manis kukus yang tidak kalah manis dan enaknya. Makanan ini cocok untuk dihidangkan bagi keluarga di rumah dan juga saat berukumpul bersama keluarga besar.

Kue jagung manis mungkin sedikit jarang dijumpai di pasar karena kebanyakan mereka memanfaatkan jagung untuk diolah menjadi pop corn, jenang dan ataupun juga jagung bakar. Tak sedikit yang memanfaatkan jagung karena memiliki rasa manis dan juga bisa mengenyangkan.

Resep Kue Jagung Manis Kukus

resep kue jagung manis kukus

Bahan – Bahan :

  • 100 gram jagung manis, sisir
  • 100 ml minyak goreng
  • 2 butir telur ayam
  • 80 gram gula pasir
  • Vanilli bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 1/2 sdt baking soda
  • 1 sachet susu kental manis putih
  • Pewarna kuning sedikit saja
  • 150 gram tepung terigu

Langkah – Langkah :

  1. Siapkan semua bahan yang diperlukan, kemudian blender jagung yang sudah disisir bersama dengan minyak. Lalu sisihkan.
  2. Kemudian mixer gula pasir, vanilli bubuk, garam dan baking soda sampai berwarna putih.
  3. Masukkan susu dan juga jagung yang sudah diblender tadi lalu aduk rata.
  4. Tambahkan tepung terigu lalu aduk rata sampai semua tercampur jika sudah yang terakhir masukkan pewarna warna kuning, aduk rata kembali.
  5. Olesi cetakan dengan menggunakan margarin agar tidak lengket, setelah itu masukkan adonan ke dalam cetakan.
  6. Kukus selama kurang lebih 30 menit.
  7. Angkat kemudian keluarkan dari cetakan, potong sesuai selera.
  8. Kue jagung manis kukus siap untuk disajikan.

Bagaimana ? Mudah bukan untuk membuat kue jagung manis kukus di rumah sendiri tanpa harus pergi jauh keluar rumah. Bahan yang diperlukan pun sangan mudah untuk didapatkan di toko bahan roti ataupun juga di warung.

Manfaat Jagung Manis

Jagung yang menjadi bahan utama pembuatan kue ini selain enak dan manis namun juga memiliki manfaat yang sangat baik kesehatan tubuh. Makanan ini dapat dikonsumsi dengan cara yang bermacam – macam bisa dijadikan sebagai pop corn untuk temen menonton, direbus, ataupun juga dibakar.

Manfaat yang didapatkan setelah mengkonsumsi jagung yaitu bisa membantu menurunkan resiko kanker pada usus. Saat kamu memakan satu bonggol jagung saja pasti anda sudah sangat merasa kenyang, rasa kenyang ini disebabkan oleh kandungan serat yang terkandung di dalamnya.

Serat merupakan salah satu nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Namun ada penelitian terbaru mengatakan bahwa jagung dapat mendukung pertumbuhan bakteri yang ramah di dalam usus besar yang bisa diubah menjadi asam lemak rantai pendek ( SCFA ).

SCFA ini dapat membantu menurunkan resiko yang menyerang tubuh khususnya pada gangguan pencernaan, seperti resiko penyakit kanker usus. Sifat alami bebas gluten yang terkandung di dalam jagung ini juga bisa membantu menjaga sistem pencernaan tubuh.

Maka dari itu mengkonsumsi jagung atau tepung jagung menjadi alternatif yang sangat baik yang mengandung gluten alami dan gluten yang lainnya. Jadi jika kamu mengkonsumsi jagung ini selain mengenyangkan perut namun anda juga mendapatkan manfaat yang sangat baik.

Jadi tidak sia – sia bukan mengkonsumsi makanan dengan berbahan dasar buah jagung ini. Banyak manfaat yang terkandung di dalam buah ini yang tentunya sangat baik bagi kesehatan tubuh kita seperti halnya yang sudah saya jelaskan diatas.

Jangan lupa untuk mencoba membuat kue jagung manis kukus ini di rumah dan jangan lupa untuk mencoba resep yang lainnya seperti resep kacang disco daun jeruk. Keuda makanan ini cocok untuk dijadikan cemilan saat berkumpul bersama keluarga. Selamat mencoba!