Artikel ini akan membagikan beberapa Resep Kue Basah yang terbuat dari singkong, mau tau apa namanya? Resep Kue Basah Getuk. Saya akan memberikan resep kue basah getuk dengan varian yang berbeda – beda. Sebelumnya saya juga sudah membuat resep kue basah dengan bermacam-macam kue, jangan lupa di lihat ya gaes..:))

Getuk Adalah makanan yang terbuat dari bahan pokok singkong, dengan di olah terlebih dahaulu. Setiap makana tentunya beda ya cara mengolahnya.

Resep Kue Basah Getuk Singkong

Mari simak Resep Kue Basah Getuk dan Cara Membuatnya. Getuk salah satu makanan Tradisional dari jawa, yang cara membuatnya mudah dan tentu saja harganya tidak mahat, tetapi enak dimakan, ada juga manfaat darin singkong.

Getuk singkong pelangi

1. Resep Getuk Singkong Pelangi

Walaupun sudah banyak dijajakan dipasar-pasar. Getuk singkong pelangi ini masih bisa kamu buat sendiri karena bahan dan cara membuatnya yang mudah.

Bahan-bahan Singkong Pelangi:

  • 500 gr singkong kupas.
  • 100 gr gula halus.
  • 100 gr parutan kelapa.
  • 4 sdm margarin.
  • 1 sendok teh (sdt) vanili.
  • Pewarna makanan.

Cara Membuat Singkong Pelangi:

  1. Potong kecil-kecil singkong yang sudah dikupas.
  2. Rebus singkong sekitar 30 menit.
  3. Jika sudah, angkat dan haluskan singkong tersebut.
  4. Campurkan singkong halus dengan margarin, gula pasir, dan vanili. Aduk hingga rata.
  5. Jika sudah, bagi tiga adonan singkong halus, lalu berikan pewarna pada 2 adonan dengan warna yang berbeda dan aduk hingga merata.
  6. Sekarang ada tiga adonan, berwarna dan tidak. Giling masing-masing adonan hingga tipis dan ratakan pinggirannya.
  7. Susun adonan yang sudah tipis di talenan. Yang tidak berwana terlebih dulu, kemudian tiban dengan adonan yang berwarna.
  8. Bila adonan sudah mengeras, potong-potong sesuai selera.
  9. Sajikan dengan parutan kelapa di atasnya.

2. Resep Getuk Singkong Keju

Getuk yang satu ini cukup unik, Toppers. Yang biasanya getuk ditaburi dengan parutan kelapa, kali ini kamu bisa mengubahnya dengan parutan keju. Adonannya pun dicampur dengan keju.

Bahan-bahan Getuk Gulung:

  • 500 gram Singkong.
  • 5 sendok makan (sdm) gula halus atau sesuai selera.
  • 5 sdm mentega.
  • 100 gram keju serut.

Cara Membuat Getuk Gulung:

  1. Potong kecil-kecil singkong yang sudah dikupas.
  2. Rebus singkong sekitar 30 menit.
  3. Jika sudah, angkat dan haluskan singkong tersebut.
  4. Campurkan singkong halus dengan margarin, keju, dan gula pasir. Aduk hingga rata.
  5. Sajikan dengan parutan keju di atasnya.

Manfaat Singkong bagi Kesehatan Tubuh

1. Sumber Energi bagi Tubuh

Beberapa Manfaat singkong yang pertma yaitu sebagai sumber energi bagi tubuh. Ternyata singkong memiliki kandungan kalori di dalamnya yang cukup tinggi yakni mencapai 160 kalori untuk setiap 100 gram singkong.

2. Merawat Kesehatan Sistem Pencernaan

Jika mengonsumsi singkong secara rutin juga dalam merawat kesehatan usus. Serat singkong memiliki kandungan didalamnya mungsinya yaitu melancarkan sistem pencernaan. Serat adalah salah satu jenis bahan makanan non karbohidrat yang memang kerap dikaitkan dengan sistem pencernaan. Asupan serat yang kurang ditengarai menjadi pencetus dari sejumlah masalah pada sistem pencernaan seperti konstipasi (sembelit), diare, radang usus, dan sebagainya.

3. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, memasukkan singkong ke dalam menu sehat sehari-hari merupakan langkah yang tepat. Pasalnya, singkong juga memiliki peran penting dalam menjaga berat badan tetap ideal.

Manfaat singkong yang satu ini lagi-lagi didapat dari kandungan serat yang dimilikinya. Serat dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama sehingga frekuensi makan Anda bisa dikurangi yang mana hal ini penting untuk kesuksesan program diet.

4. Meminimalisir Risiko Penyakit Jantung

Singkong adalah tanaman yang mengandung serat sehingga dinilai bisa meminimalisir risiko penyakit jantung koroner. Kendati demikian, belum ada penelitian yang secara langsung mengaitkan singkong dengan manfaat untuk mencegah penyakit jantung.

5. Mencegah Kanker

Selain penyakit jantung, penyakit yang mematikan ternyata dapat dicegah dengan rutin mengonsumsi singkong adalah kanker. Hal ini dikarenakan singkong juga mengandung sejumlah senyawa antioksidan. Sebagaimana diketahui, penyakit kanker diawali dari rusaknya sel-sel tubuh akibat radikal bebas. Antioksidan bertugas untuk menghalau serangan radikal bebas tersebut sehingga kerusakan sel tubuh bisa dicegah.

6. Mencegah Diabetes

Singkong juga ternyata dapat mengurani kadar gula yang tinggi karena memngandung vitamin A.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Singkong memiliki Vitamin A yang terkandung di dalam menghasilkan manfaat singkong untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini merujuk pada sebuah studi yang dirilis oleh NCBI. Dikatakan bahwa vitamin A memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh.

Sekian Artikel yang saya bagikan, semoga bisa di coba resepnya dan di baca juga manfaat dari singkong.