Apakah kalian penikmat jus? pas sekali, kali ini artikel yang saya tulis adalah memberi kalian beberapa resep jus jagung yang bisa kalian nikmati dengan santai di rumah.

Jus yang akan dibuat adalah dengan bahan utama jagung. Kenapa jagung? emang enak rasanya? itulah pertanyaan yang di tanya saat mendengar jus jagung. saya akan menjawab sedikit tentang pertanyaan tersebut.

Kenapa jagung? yup, karena jagung salah satu makanan pokok yang di gemari selain gandum dan beras. Jagung itu sendiri diperkirakan masuk ke Indonesia sekitar abad ke-16 oleh penjelajah Portugis. Penamaan untuk menyebut jagung juga berbeda-beda pada saati itu.

Selain menjadi makanan pokok jagung juga memiliki gizi dan manfaat yang banyak. Maka dari itu jagung sangat bagus untuk dikonsumsi, cara pengolahannya juga bermacam-macam ada yang menjadi bahan olesan untuk martabak, ada yang dibakar menjadi jagung bakar dan makanan ini menjadi favorit saat malam tahun baru, ada juga yang direbus menjadi jasuke dan masih banyak lagi.

Emang enak rasanya? nah, kalo untuk rasa yang pasti nikmat dan segar. Rasa yang ada pada jus jagung juga berbeda-beda, karena banyak variasi untuk membuatnya.

Tidak sabar bukan untuk mencoba buat jus jagung? yuk, langsung saja untuk membahas macam-macam resep jus jagung.

Resep Jus Jagung

Resep Jus Jagung Manis

resep jus jagung

Bahan :

  • 2 buah jagung manis
  • 1 sdm gula pasir, bisa juga kalian ganti dengan yang rendah kalori
  • 1 sachet susu kental manis
  • Air soda
  • Es batu secukupnya

Langkah Membuat Jus Jagung Manis :

  1. Pipil jagung yang sudah dibersihkan dari kulit dan rambut.
  2. Masukkan jagung yang sudah dipipil ke dalam blender. Masukkan bahan lainnya, yaitu gula pasir dan susu kental manis. Blender semua bahan hingga halus.
  3. Jika sudah terasa halus, tuangkan ke dalam wadah yang sudah di siapkan. Jangan lupa untuk disaring saat ingin menuang ke dalam wadah, agar sisa ampas yang ada tidak ikut masuk ke dalam wadah.
  4. Selanjutnya bisa menambahkan es batu jika ingin di nikmati saat dingin dan tambahkan air soda ( jika tidak memakainyapun tidak masalah ).
  5. Selamat menikmati jus jagung manisnya!

Resep Jus Jagung Hawai

resep jus jagung

Bahan :

  • 1 kg jagung hawai
  • 3 gelas santan kental
  • 1 bungkus tepung agar-agar
  • 500 gr gula putih
  • 50 gr tepung meizena
  • Susu kental manis
  • Garam secukupnya

Langkah Membuat Jus Jagung Hawai :

  1. Masak 3 gelas air dengan campuran tepung agar-agar hingga matang, lalu tuangkan adonan ke dalam wadah. Diamkan hingga dingin dan mengeras.
  2. pipil jagung yang sudah di bersihkan terlebih dahulu dari kulit dan rambutnya.
  3. Masukkan jagung yang sudah di pipil ke dalam blender. Blender jagung hingga halus. Jika ingin menghasilkan jus jagung yang kental maka untuk takaran sebaiknya 2 gelas jagung yang sudah dipipil ditambah dengan 1,5 gekas air.
  4.  Masukkan jus jagung kedalam panci untuk dimasak, jangan lupa saat memasukkan ke panci saring terlebih dahulu jus jagung agar tidak ada sisa ampas yang akan ke bawa.
  5.  Tambahkan tepung meizena yang sudah dilarutkan dengan sedikit air ke dalam panci, dan garam secukupnya. masak jus jagung hingga matang sambil di aduk secara perlahan agar bagian bawah tidak hangus. Pada saat mendidih masukkan santan kental ke dalam panci, aduk sebentar lalu matikan kompornya.
  6. larutkan gula putih dalam 2 gelas air panas.
  7. Jika sudah matang pindahkan ke dalam gelas. Potong kecil-kecil agar-agar dan masukkan ke dalam gelas.
  8. Setelah itu tambahkan larutan gula, es batu, dan susu kental manis ke dalam gelas yang berisi jus jagung.
  9. Selamat menikmati jus jagung hawainya!

Resep Jus Jagung Keju

resep jus jagung

Bahan :

  • 1 buah jagung manis
  • 500 ml susu cair
  • 1 kotak keju cheedar parut ( sesuai selera )
  • 1 sachet susu kental manis
  • 1 sendok makan gula ( sesuai selera mau dipakai atau tidaknya, jika suka manis bisa dipakai dan jika terlalu manis bisa tidak memakai gula )

Langkah Membuat Jus Jagung Keju :

  1. Pipil jagung yang sudah dibersihkan dari kulit dan rambut.
  2. Masukkan jagung yang sudah dipipil ke dalam blender. Masukkan bahan lainnya, yaitu gula pasir, susu kental manis, dan keju cheedar parut. Blender semua bahan hingga halus.
  3. Jika sudah terasa halus, tuangkan ke dalam wadah yang sudah di siapkan. Jangan lupa untuk disaring saat ingin menuang ke dalam wadah, agar sisa ampas yang ada tidak ikut masuk ke dalam wadah.
  4. Selanjutnya bisa menambahkan es batu jika ingin di nikmati saat dingin dan tambahkan air soda ( jika tidak memakainyapun tidak masalah ).
  5. Selamat menikmati jus jagung kejunya!

Itulah beberapa resep jus jagung yang bisa kalian coba saat berada di rumah. jika kalian munyukai resep tersebut bisa juga mampir ke cara membuat jus jagung. Selamat mencoba!

Tips :

Jika kalian sulit untuk mepipil jagung, kalian bisa menggunakan mesin pemipil jagung. Dengan menggunakan alat tersebut pemipilan pada jagung akan mudah dan tidak memakan waktu terlalu lama.