Pada kali ini saya akan menjelaskan resep espresso martini hingga bagaimana cara membuat espresso martini dengan cara yang mudah, praktis, dan pastinya enak.

Espresso

Tidakhanya cold brew yang sedang mendapat perhatian penuh dari penggemar kopi di luar sana, minuman kopi koktil pun kini seolah semakin dan kian mendapat sorotan. Bukan hanya karena World Coffee in Good Spirits—kompetisi dunia di bidang kopi koktil atau liquer—yang makin hari makin popular saja, tapi juga karena minuman ini dianggap alternatif lain yang tak kalah menarik dieksperimen. Seperti halnya cold brew.

Salah satu menu kopi koktil yang paling banyak diperhatikan adalah espresso martini. Minuman ini dianggap atraktif karena cara membuatnya yang cenderung simpel dan gampang tapi justru cukup tricky, kalau nggak hati-hati menakar komposisinya, hasilnya bisa nggak ‘nendang’ dan rasanya malah ganjil. Itu jugalah yang menyebabkan kenapa para barista dan ahli kopi di luar sana gemar “bermain-main” dengan struktur espresso martini. Hmm. Oke, mari kita bahas saja selengkapnya tentang kopi ini.

Espresso Martini

resep espresso martini

Pada dasarnya espresso martini merupakan campuran antara vodka dengan espresso, namun pada belakangan ini banyak yang memvariasikannya kembali dengan paduan bukan hanya vodka, tapi juga kahlua dan sirup gula. Menurut segi tampilannya, menu kopi ini setidaknya sudah memincut perhatian saya. Disajikan dalam gelas martini, namun berisi campuran espresso. Plus, di-garnish lagi dengan beberapa biji kopi di atasnya sehingga membuatnya makin mirip minuman ala-ala James Bond. Lol.

Ada  banyak yang mengklaim tentang “penemuan” espresso martini pertama kali. Namun yang paling umum dikenal ialah bahwa espresso martini diciptakan oleh Dick Bradsell, pada tahun 1983. Waktu itu ia bekerja di sebuah restoran Brasserie Soho di London ketika seorang pelanggan memesannya sebuah minuman yang bisa ‘bikin melek (dan bersemangat) dalam sekali teguk’. Yang membuat klaim ini mungkin terdengar semakin menarik adalah karena siapa pelanggan itu. Sebagian desas-desus menyebutnya seorang model cantik (dan cukup terkenal), ada pula yang menuliskannya dengan wanita anggun penuh pesona.

Resep Espresso Martini

Pada resep ini, George menggunakan single origin Nekissse N2. Alasannya, karena karakter kopi Nekisse N2 cenderung sweet dan fruity sehingga dirasa akan menakjubkan untuk dibuat menjadi kopi koktil. Nah, di sini jugalah letak trik untuk membuat espresso martini ini. Kita pun harus pinter-pinter memilih biji kopi yang karakternya akan menyatu dengan sempurna ketika dipadukan dengan campuran lain. Hanya karena akan ‘di-blend’ dengan komposisi lain bukan berarti single origin yang dipilih menjadi asal-asalan. Sebaiknya pilih biji kopi yang memiliki sweetness tinggi dan cukup fruity.

Bahan

  •  Double shot espresso (50 ml)
  • 20 ml sirup gula (atau sirup yang nggak mengandung rasa-rasa lain seperti simple syrup)
  • 60 ml (beautiful) vodka

Cara Membuat Espresso Martini

  1. Masukkan es ke dalam shaker dan tambahkan semua komposisi (espresso, sirup dan vodka) ke dalamnya.
  2. Guncangkan shaker dengan cukup kuat.
  3. Tuangkan campuran tadi ke dalam gelas martini yang sudah didinginkan sebelumnya.
  4. Garnish dengan beberapa biji kopi di atasnya. Atau bisa dengan menaburkan beberapa potongan coklat kecil di sekeliling lingkaran permukaan minuman jika suka.

Sekian postingan penjelasan tentang resep espresso martini hingga cara membuat gelato dengan cara yang mudah, praktis, dan pastinya enak dapat Kalian coba serta variasikan sendiri di rumah, semoga dapat menambah ilmu dan info bagi kita.

Sehingga dapat memberikan ide bisnis baru yang dapat kita kerjakan agar dapat meminimalisir dan mengurangi jumlah pengganguran yang ada di negeri kita.

Kalian juga dapat melihat produk mesin espresso untuk mempermudah kalian dalam membuat espresso.