Resep donat kentang empuk yang enak dan sederhana ini cara buatnya cukup mudah. Mari kita simak dan semoga bermanfaat ya. Kami juga menjual mesin pembuat donat.

Resep Donat Kentang Empuk

Bahan :

  • 150 gram tepung terigu protein tinggi(15 sdm)
  • 100 gram tepung terigu serba guna(9 sdm)
  • 40 gram gula pasir(3sdm)
  • 100 gram kentang kukus dihaluskan (berat setelah dikukus)(7sdm)
  • 1 sdm susu bubuk
  • 1 butir telur
  • 40 gram mentega suhu ruang(3 1/4 sdm)
  • 1/4 sdt garam halus

Bahan Biang:

  • 1 sdt ragi instant
  • 1 sdt gula pasir
  • 75 ml air hangat (55 ml air hangat)

Langkah :

  1. Siapkan semua bahan timbang dan takar dengan pas.
  2. Buat biang, siapkan mangkuk masukkan ragi dan gula lalu tuangi air hangat, diamkan 10 menit atau sampai timbul gelembung2.
  3. Dan siapkan wadah masukkan terigu, susu bubuk, kentang, gula dan telur. Tuang bahan biang, aduk rata.
  4. Uleni sampai setengah kalis masukkan mentega dan garam.
  5. Uleni sampai kalis elastis (awalnya saya uleni dengan tangan, tapi ngga sabar lalu saya proses di foodprocessor pakai mata pisau buat ulen roti).
  6. Bulatkan d wadah, tutup dengan plastik wrap atau kain bersih. Biarkan sampai mengembang 2x lipat dari ukuran sebelumnya. Saya kira2 40 menit, suhu di tempat saya cukup panas.
  7. Lalu pindahkan ke meja alasi dengan kertas baking atau silmat, jangan lupa tangan diusap ke dalam terigu dulu.
  8. Bagi adonan menjadi 8 atau 9 buah(sekitar 60 gram>Sesuai selera untuk ukurannya).
  9. Bulatkan. Cara membulatkan agar benar2 bulat, lihat seperti gambar itu lalu putar2 ya.
  10. Dijamin bulat.
  11. Lalu Lubangi. Langsung goreng ya, urutkan goreng nya dari yang dibentuk pertama kali ya, tujuannya tentu saja biar tidak over profing.
  12. Angkat donat beserta kertas bakingnya lalu masukkan ke dalam minyak (saya pakai minyak banyak ya sekitar 800ml).
  13. Goreng dan lalu sajikan.

Manfaat Donat Untuk Kesehatan

Berikut potassium bagi tubuh :

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Dan juga karena itu potassium untuk membantu dan menjaga keseimbangan air yang berdasarkan kebutuhan sel – sel maka mineral ini juga dapat membantu menjaga kulit kita agar bisa tetap terhidrasi dan terjaga kelembabannya. Selain itu juga, potassium dapat membantu pertumbuhan sel-sel tubuh termasuk pada jaringan kulit.

2. Membantu Fungsi Otak

Mencukupi kebutuhan potassium bagi tubuh dapat membantu fungsi otak. Dan dengan kata lain potassium yang terkandung di dalam kentang dapat membantu lancarkan fungsi otak. Potassium juga membantu transport oksigen dan bertindak sebagai neurotransmitter yang membawa sinyal-sinyal syaraf.

3. Mengatur Keasaman dalam Tubuh

Proses metabolisma dari dalam tubuh yang menghasilkan beberapa dan berbagai asam yang juga dapat meningkatkan keasaman (pH) tubuh yang harus dinetralkan oleh senyawa yang bersifat basa. Potassium adalah salah satu mineral yang juga bersifat basa dan berperan dalam menetralkan keasaman cairan tubuh.

Manfaat Kentang Bagi Tubuh

1. Membentuk Tubuh Ideal dan Menghindari Obesitas

Seperti yang sudah dijelaskan, kentang dapat menurunkan berat badan seseorang yang sedang menjalani program diet. Dan tetapi hindari mengolahnya dengan mentega, garam, micin ataupun minyak goreng.

Kentang juga banyak sekali mengandung vitamin, mineral dan zat – zat yang baik lainnya dan untuk pertahanan tubuh dalam melawan penyakit dan berperan pada kesehatan secara keseluruhan, termasuk mencegah obesitas.

Dan sayur juga yang dijuluki Potato ini memiliki serat – serat pangan yang berfungsi sebagai pengganjal, sehingga membuat rasa kenyang bisa bertahan cukup lebih lama. Di sisi lain, kentang dapat melancarkan pencernaan.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Dan dari semua nutrisi yang telah disebutkan, kentang juga rendah kolesterol, baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan serat dalam kentang dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Sebuah hasil penelitian dari National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES), menyebutkan kandungan kalium dalam kentang dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung.

3. Mencegah Kanker

Kentang mengandung folat yang berperan dalam sinesis dan perbaikan DNA, sehingga mencegah berbagai jenis sel kanker. Asupan dari sayuran seperti kentang dipercaya dapan mencegah kenker kolorektal.

Vitamin C dan quercetin kentang juga berfungsi sebagai antioksidan, melindungi sel terhadap kerusakan akibat radikan bebas.

4. Mengobati Diabetes dan Cegah Tekanan Darah Tinggi

Dan kebanyakan pasien diabetes disarankan dokter untuk mengonsumsi kentang sebagai pengganti nasi. Hal itu juga dikarenakan kentang dapat menurunkan penyakit diabetes atau mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Kandungan dari pati dalam kentang akan meningkatkan kontrol gula darah. Bisa juga untuk menurunkan diabetes, simpan kentang rebus di lemari es selama satu malam, dan konsumsi keesokan harinya dalam keadaan dingin.

Dan selain itu juga, asuan natrium rendah yang terdapat dalam kentang sangat penting untuk menjaga tekanan darah. Sementara kalium mendorong vasodilatasi atau peleberan pembuluh darah.

5. Baik untuk Otot dan Otak

Kentang mengandung kolin, yaitu nutrisi penting dan serbaguna. Kandungan tersebut dapat membantu gerakan otot, menstabilkan hati, dan meningkatkan daya ingat otak. Satu kentang berukuran besar mengandung 57 miligram kolin.

Pada dasarnya, tubuh pria dewasa membutuhkan sebanyak 550 miligram kolin, dan wanita membutuhkan 425 miligram kolin per hari.

Kolin juga membantu untuk mempertahankan struktur membran sel, mentransmisikan impuls saraf, penyerapan lemak, dan perkembangan otak pada anak.