Resep buat perkedel jagung ini bisa dicoba untuk pemula maupun yang sudah hobby memasak! Bahannya yang mudah ditemukan di warung terdekat menjadikan perkedel jagung ini sebagai lauk untuk makan keluarga. Kandungan vitamin yang ada pada jagung sangat baik untuk kesehatan kita. Olahan jagung selain di jadikan cemilan seperti emping jagung dengan mesin pemipih emping jagung, puding jagung, nasi jagung. Jagung juga bisa diolah menjadi perkedel jagung.

Fakta Menarik Perkedel 

Perkedel sebetulnya merupakan hidangan yang populer di Jerman, di mana makanan ini dikenal dengan nama Frikadellen. Bukan hanya itu. Makanan ini juga menjadi salah satu kuliner khas di beberapa negara-negara Eropa, seperti Denmark, Kepulauan Faroe, Norwegia, Polandia, Rusia, Estonia, Ukraina, Belanda, dan Lithuania. Sementara di Afrika Selatan, perkedel telah menjadi bagian dari warisan kuliner bangsa Afrika lho.

Untuk nasi jagung jika kalian ingin mengetahui resepnya bisa baca di cara memasak nasi jagung instan atau yang ingin mencoba peluang usaha puding jagung bisa ikuti cara membuat puding jagung cup. Yuk langsung saja ke resep buat perkedel jagung

Tips Mengolah dan Membersihkan Jagung Manis

  1. Untuk yang pertama, silahkan bagi menjadi 2 bagian jagung manis yang sudah anda persiapkan. Hal ini dikarenakan kita akan buat dua jenis jagung yang dipipil dan disisir. Jangung yang dipipil akan selanjutnya kita tumbuk sehingga teksturnya lebih hancur sementara yang disisir akan dibiarkan demikian dan dicampur dengan bahan-bahan lainnya. Sehingga ketika dimasak nanti, sajian perkedel jagung ini akan memiliki tekstur yang renyah dan sedap dari butiran jagung yang masih juicy. Untuk itu, silahkan bagi jagung menjadi dua buah masing-masing.
  2. Nah, sebelum itu sebaiknya jagung dibersihkan terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran dan bagian luar yang tidak akan kita gunakan. Untuk itu, pertama bersihkan terlebih dahulu cangkang jagung dan tarik kebagian belakang untuk kemudian dibersihkan secara merata dan dipotong bersama dengan bonggol jagung secara merata.
  3. Bagian lain pada jagung yang harus dibersihkan adalah bagian rambut jagung yang ada dibagian atasnya. Tarik dengan perlahan dan bersihkan rambut jagung secara merata.
  4. Untuk jagung bagian pertama, silahkan sisir dengan menggunakan pisau. Sementara bagian lainnya, silahkan dipipil dengan menggunakan tangan secara merata dan masukkan dalam dua wadah yang berbeda.
  5. Tumbuk jagung yang sudah dipipil dengan menggunakan tumbukan pada cobek secara merata hingga tekstur jagung menjadi lebih gepeng. Lalu masukkan kembali kedalam wadah dan sisihkan sementara.

Perkedel Jagung Crispy

Bahan Bahan yang Dibutuhkan :

  • 5 sendok makan tepung terigu
  • 3 buah jagung manis, disisir
  • 1 batang daun bawang, dirajang halus
  • 3 batang daun seledri, dirajang halus
  • 1 sendok makan tepung beras
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus Perkedel :

  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih

Langkah Membuat Perkedel Jagung Crispy :

  1. Pertama, ulek kasar jagung sisir atau bisa diproses mengunakan chopper dengan hasil yang masih agak kasar.
  2. Campur jagung dengan semua bahan lainnya, kemudian tuang air sedikit demi sedikit. Jangan sampai adonan terlalu encer atau terlalu bantat.
  3. Setelah itu, bumbui adonan dengan menggunakan garam dan gula secukupnya.
  4. Kemudian ambil satu sendok makan adonan lalu tuang melebar di pinggiran wajan yang sudah diisi minyak panas.
  5. Goreng sampai bakwan berwarna kuning keemasan.
  6. Siap di sajikan

Resep diatas bisa disesuaikan dengan jumlah porsi keluarga dirumah. Dijamin enak dan mudah! Selamat Memasak!