Resep Bolu Kukus Pelangi merupakan salah satu resep makanan yang sering kita jumpai pada saat acara-acara tertentu seperti pernikahan, ulang tahun, acara pengajian, serta yang lainya. Makanan ini memiliki rasa manis yang pas juga enak dimulut dan memiliki tekstur sangat lembut. Makanan ini memiliki berbagai jenis bentuk dan rasa. Kemudian, makanan ini salah satu jenis makanan yang di gemari oleh masyarakat indonesia.

Meskipun makanan ini sudah banyak di jual dimana-mana, namun anda juga tidak ada salahnya jika anda ingin membuatnya sendiri dengan cara yang mudah karena makanan ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat yg bisa didapat jika mengkonsumsi Bolu Kukus

Resep Bolu Kukus Pelangi

Resep Bolu Kukus Pelangi

Bahan-Bahan:

Bahan A (Campur jadi 1, ayak):

  • 150 gr tepung terigu serbaguna
  • 1 sachet (27 gr) susu bubuk full cream
  • 1/4 sdt Baking powder double acting (me: BPDA merk Hercules)

Bahan B (Campur jadi 1, mixer):

  • 4 butir telur ayam
  • 150 gr gula pasir
  • 1 sdt emulsifier (me: Sponge-28)

Bahan C (Campur jd 1):

  • 1 sachet (37 gr) Susu Kental Manis Putih
  • 1 bgks (65 ml) santan instant — optional,boleh pakai, boleh tdk

Bahan D :

  • 150 ml minyak sayur

Bahan E :

  • Secukupnya pewarna makanan (merah, kuning, hijau, biru, ungu)
  • Untuk orange didapat dari pencampuran warna merah + kuning
  • Bahan pelengkap untuk hiasan (boleh skip) :
  • Secukupnya buttercream (me: buatan sendiri)
  • Keju parut Secukupnya
  • Secukupnya meises

Langkah-Langkah :

  1. Siapkan bahan-bahan A, B, C, D dan E ya…
  2. Sediakan juga bahan pelengkapnya jika cake ingin di hias sederhana…
  3. Mixer dg kecepatan tinggi bahan B sampai putih, kaku, kental berjejak…turunkan kecepatannya jd yg paling rendah, masukkan bahan A perlahan2 sampai tercampur rata saja (jgn lama2 ya…)
  4. Setelah tepung tercampur rata, matikan mixer…tuang bahan C dan D secara bergantian sambil diaduk balik (pastikan tidak ada minyak yg mengendap di dasar mangkuk supaya cake ga bantat..) setelah tercampur rata, siap utk diberi warna2 rainbow..(sementara membagi2 warna, panaskan dandang…)
  5. Bagi menjadi 6 warna sama banyaknya (me: kurleb 119 gr per bagian warna)..masukkan adonan warna td ke loyang (me: loyang bulat D=22 cm yg tengahnya diberi kaleng susu bekas yg sdh diisi beras sbg pemberatnya + sdh dioles minyak didasarnya saja + diletakkan kertas roti) kukus per warna selama 5 menit mulai dari ungu — biru — hijau — kuning — orange — merah (saya terbalik antara biru dan hijau..🤭😁)..ketika warna terakhir masuk, kukus selama 15 menit…
  6. Setelah cake matang (cek dg lidi/tusuk gigi — bila sdh tdk ada yg menempel di lidi/tusuk gigi berarti cake telah matang) keluarkan dari loyang..dinginkan..setelah cake dingin, siap utk di oles buttercream dan di taburi keju parut/meises
  7. Rainbow Cake kukus siap untuk di potong2 dan disajikan..

Manfaat Resep Bolu Kukus Pelangi

Resep Bolu Kukus Pelangi

1. Untuk Kesehatan Mata

Khasiat pertama yang bisa membantu anda dalam hal menjaga kesehatan mata.Ternyata bukan sayur wortel saja yang bisa menjaga kesehatan mata anda. Namun makanan ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Maka dari itu, untuk mencegah hal buruk yang mungkin akan terjadi, sebaiknya anda mengkonsumsi makanan ini yang semoga bisa membantu anda dalam menjaga kesehatan mata secara lebih baik.

2. Sebagai Program Diet

Jika anda memiliki berat badan berlebihan tentu ingin sekali menurunkan berat badan entah bagaimanapun caranya. Disaat ingin menurunkan berat badan, ternyata hanya dengan memakan roti bolu kukus adalah salah satu solusi bagi proses penurunan berat badan anda yang dianggap berlebihan.

3. Bagus Bagi Kesehatan Tulang

Ternyata kue bolu kukus di dalamnya mengandung vitamin D yang berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium tulang. Tidak heran jika makanan ini menjadi salah satu makanan yang bermanfaat sebagai pencegah terjadinya pengeroposan pada tulang.

4. Untuk Menjaga Kekebalan Tubuh

Kue bolu kukus memiliki kandungan selenium sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh. apakah kamu tahu? beragam jenis penyakit, sebaiknya di antisipasi dengan mengkonsumsi makanan sehat, seperti makanan bolu kukus ini serta melakukan olahraga secara rutin.

5. Sebagai Pembentukan Otot

Kue bolu kukus memiliki protein yang cukup tinggi yang dapat digunakan dalam menyehatkan serta membantu perkembangan otot. Karena di dalam pengolahan makanan ini banyak di fermentasi kan dengan berbagai makanan yang bermanfaat, salah satunya telur yang ada di dalam makanan ini. sedangkan telur sendiri sangat baik sekali bagi anda yang sedang proses pembentukan otot.

6. Untuk Pemeliharaan Sel Tubuh

Kue bolu kukus juga bermanfaat untuk memelihara sel tubuh yang sehat. Ini disebabkan karena makanan ini memiliki senyawa protein. Sedangkan protein memiliki peranan yang sangat baik untuk memproduksi dan menggantikan sel-sel tubuh yang sudah mati.

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Senyawa yang terkandung didalam roti bolu ini mempunyai manfaat untuk membentuk perlindungan khusus bagi tubuh dengan menstabilkan kandungan kolesterol yang ada di dalam tubuh. Kemudian senyawa tersebut bisa mengancam jenis kolesterol buruk yang bisa menyebabkan resiko penyakit jantung. Jadi, kandungan yang ada di dalam makanan ini penting untuk membuat kesehatan jantung anda sehat.

Itu lah beberapa manfaat dari Resep Bolu Kukus Pelangi yang bisa teman-teman ketahui. Jika teman-teman mau mencari Resep Bolu Kukus Gula Merah teman-teman bisa mencari artikelnya disini Resep Bolu Kukus Gula Merah , semoga bermanfaat semua yang sudah saya share disini, dan sering-sering berkunjung di website kami ya…Selamat Mencoba!