Resep Bakso Ikan Tengiri Enak Kenyal dan Sederhana-Membuat bakso ikan sendiri yang enak dan kenyal memang cukup mudah karena beberapa jenis ikan memilki tekstur daging yang lebih padat sehingga enak untuk diolah menjadi bakso yang kenyal. Ikan tenggiri merupakan jenis ikan andalan dalam membuat bakso ikan, selain karena tekstur dagingnya juga cita rasanya yang sangat lezat dan gurih. Hanya saja cara membuat bakso ikan dengan pentol yang benar-benar bulat dan mulus memang ternyata harus sering berlatih lagi.

resep bakso ikan tengiri

Bahan dan bumbu Bakso Ikan Tengiri:

  • 275 gram ikan tenggiri tanpa kulit, haluskan dengan 1 siung bawang putih menggunakan blender atau food processor
  • 1 butir putih telur
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt penyedap rasa
  • 30 gram tepung sagu tani
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 100 ml air es
  • air untuk merebus secukupnya

Cara Membuat Bakso Ikan Tengiri:

  1. Campurkan daging ikan tenggiri yang sudah digiling halus dengan putih telur, garam dan penyedap. Aduk dan uleni hingga rata kemudian tuang air es sedikit demi sedikit. Sambil terus diuleni, masukkan juga irisan daun bawang dan tepung hingga tercampur rata dan kalis. Bisa juga tambahkan 1 sdt minyak wijen untuk menetralisir bau amis ikan bila diperlukan.Anda juga bisa menggunakan mesin adonan bakso supaya lebih tercampur rata
  2. Didihkan air secukupnya lalu kecilkan apinya untuk menampung bakso yang baru sudah dibentuk atau matikan api terlebih dahulu jika belum terbiasa membulatkan pentol baksonya.
  3. Ambil segenggam adonan lalu dikepal-kepalkan di tangan hingga keluar bentuk bakso yang mulus di antara lingkaran telunjuk dan ibu jari. Gunakan sendok yang sudah dicelupkan dalam air yang direbus tadi agar basah lalu ambil adonan yang sudah berbentuk bulat yang sudah keluar dari kepalan tangan.
  4. Cemplungkan bulatan bakso ke dalam air panas tadi, lakukan berulang-ulang sampai adonan habis. Kemudian rebus bakso sampai matang dan mengapung-apung ke permukaan lalu angkat dan tiriskan.

Manfaat Ikan Tengiri Bagi Kesehatan:

Resep Bakso Ikan Tengiri Enak Kenyal dan Sederhana-Selain bernutrisi tinggi, ikan tenggiri ini juga memiliki rasa yang lezat. Tak heran jika banyak sekali jenis makanan yang berbahan dasar ikan tenggiri. Untuk itu, memakan ikan tenggiri secara rutin dapat memberikan efek yang baik bagi kesehatan, berikut ini manfaat ikan tenggiri bagi kesehatan manusia.

1. Menurunkan Kolesterol Jahat

Kolesterol menjadi momok menakutkan bagi banyak orang. Kadar kolesterol tinggi dapat memicu beragam penyakit pada tubuh. Salah satu penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol adalah penyakit jantung.

Kolesterol menjadi tidak berbahaya apabila kadarnya dalam batas normal. Mengonsumsi ikan tenggiri dapat menjaga kadar kolesterol tubuh tetap dalam keadaan normalnya, sehingga Anda dapat terhindar dari penyakit jantung.

2. Berdampak pada Kecerdasan Anak

Mengonsumsi ikan tenggiri secara rutin juga sangat baik bagi pertumbuhan kognitif anak. Pasalnya, ikan tenggiri kaya akan omega-3 yang dapat merangsang kecerdasan kognitif anak untuk meningkat.

3. Baik Bagi Kesehatan Mata

Ikan tenggiri mengandung vitamin A, yang mana vitamin A sangat diperlukan untuk menjaga mata tetap sehat. Jika Anda ingin memiliki mata yang sehat dan terhindar dari risiko rabun, maka dengan memperbanyak konsumsi ikan tenggiri bisa menjadi opsi yang tepat untuk dilakukan.

4. Kaya Vitamin

Ikan tenggiri termasuk ke dalam jenis ikan yang kaya akan vitamin. Selain vitamin A, ikan tenggiri juga mengandung vitamin C dan vitamin B1. Semua vitamin itu memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan dan metabolisme tubuh.

5. Mencegah Kerusakan Otak

Terlalu banyaknya kandungan zat kimia berbahaya yang dapat masuk kedalam tubuh manusia, maka akan besar juga kemungkinan tidak hanya berefek pada tulang dan gigi kita saja. Tetapi otak pun akan mengalami risiko penyakit alzheimer yang lebih tinggi , sistem syaraf otak juga kan terganggu, dengan mengonsumsi ikan tenggiri papan secara rutin, dapat mencegah kerusakan pada otak kita.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium dan fosfor tidak hanya dapat ditemui pada susu saja, melainkan di ikan tenggiri papanpun juga bisa kita didapatkan, dan kadarnya pun cukup tinggi. Yang bermanfaat membantu menjaga kesehatan tulang, selain itu berkhasiat juga dapat membantu menjaga kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis.

7. Meningkatkan Stamina

Kedudukan stamina tingkatannya sendiri jauh lebih tinggi dari daya tahan tubuh, fungsi ini merupakan kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas dalam waktu tertentu. Supaya stamina tetap terjaga dengan baik, maka makanlah secara teratur, cukupi kebutuhan karbohidrat dan protein kalian, agar tubuh tidak kekurangan nutrisi, selain itu juga jangan lupa konsumsi ikan tenggiri papan.