Ayam geprek adalah salah satu variasi resep masakan ayam goreng tepung yang dimemarkan dan disajikan bersama sambal bawang. Untuk daging ayam goreng yang dibalut dengan tepung di geprek kemudian dimemarkan diatas sambal bawang yang pedas.

Hampir sama dengan ayam sambal korek, ayam gepuk ataupunjuga ayam penyet. Perpaduan antara citarasa gurih dan lezatnya ayam goreng dan juga pedas dengan gurihnya sambal bawang memang nikmat dan lezat. Tidak heran jika resep ayam goreng tepung dan sambal ini disukai oleh anak anak, muda mudi dan orang tua.

Untuk teman – teman ataupun kerabat keluarga yang menyukai makan ayam dengan sambal, resep ayam geprek ini tidak boleh dilewatkan. Memang saat ini yang menjual berbagai resep masakan dari ayam ini cukup banyak.

Tetapi kali ini kita akan mencoba memberikan cara membuat ayam geprek atau ayam geprek spesial dengan bumbu istimewa. Lengkap dengan sambal bawang yang pedas, gurih dan bikin ketagihan.

Cara membuat ayam geprek

sebenarnya dengan cara diungkep, tetapi daging ayam nya nanti kurang renyah dan krispy. Saat digoreng dengan balutan tepung bumbu, daging ayam nya kalau diungkep lebih kesat sehingga juicy ayam nya tidak keluar.

Teman teman tidak perlu khawatir daging ayam bagian dalamnya tidak matang. Untuk menggoreng dan membuat resep ayam geprek ini mengikuti langkah langkahnya, semoga nantinya tetap empuk dan meresap kok bumbunya.

Ayam geprek ini pastinya enak dan lezat dibandingkan dengan resep masakan dari ayam lainnya. Untuk tipsnya cara membuat masakan ayam geprek lainnya bisa dilihat di bawah ya.

Tips Membuat Resep Ayam Geprek Gurih dan Lezat

  • Pertama yang paling penting tentu saja daging ayam yang digunakan harus fresh atau baru dipotong. Daging yang fresh akan membuat ayam geprek nya lebih empuk dan bumbu nya meresap.
  • Pada umummnya memang ayam kampung itu lebih enak untuk dibuat resep masakan dari ayam. Untuk membuatĀ  ayam geprek memang sebaiknya menggunakan ayam potong.
  • Saat menggoreng ayamnya, minyak sebaiknya banyak dan bisa merendam daging ayam tepungnya supaya matang sampai didalam.
  • Daging ayam sebetulnya tidak perlu diungkep supaya tekstur dalamnya nanti lebih mantap dan lembut.
  • Untuk sambal ayam gepreknya tidak perlu menggunakan tomat, jika pakai tomat nantinya akan basah ayam gepreknya. ayam geprek itu enak ketika pakai sambalnya kering.

Selain bumbu, perpedaan resep ayam geprek dengan resep ayam penyet atau ayam goreng tepung adalah terletak di sambalnya. Untuk sambal ayam geprek biasanya hanya pakai bawang putih, cabai merah, garam dan juga tidak menggunakan tomat.

Biasanya sih banyak yang menyebutnya sambal bawang. Jika untuk ayam penyet kan biasanya menggunakan sambal terasi atau sambal tomat bukan. Kalau ayam goreng tepung kan biasanya disajikan dengan saus sambal instan yang sudah siap jadi. Karena tidak perlu di ungkep dan hanya menggunakan sambal bawang sederhana, tentu cara membuat ayam geprek ini lebih praktis dan sederhana.

Pas sekali untuk dimasak di rumah ya kan, resep masakan sehari hari atau disantap bersama dengan sayur asem. Kalau suka, resep masakan ayam geprek ini bisa juga diberi keju mozerella lho kemudian dipanggang sampai meleleh.