Kita sudah tak asing lagi dengan ayam bakar taliwang. Kelezata resep ayam bakar taliwang dengan berbagai bumbu dan rempah ini lahir dari kesederhanaan masyarakat. Kita seharusnya patut berbangga, resep ayam bakar taliwang menjadi warisan kuliner yang lezat dan seharusnya layak mendunia

Ada resep khusus untuk membuat ayam bakar dengan sempurna. Dan mungkin hanya kita yang memiliki cara pembakaran yang unik, yang membuat cita rasa ayam bakar semakin lezat. Selain membahas tentang resep masakan padang telur , Disini saya juga akan membahas resep ayam bakar taliwang.

Pengertian Ayam Bakar Taliwang

Ayam Taliwang adalah menu ayam bakar yang terbuat dari ayam kampung muda dengan bumbu cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi goreng, kencur, gula merah, garam dan bumbu lainnya. Ayam Taliwang biasanya disajikan bersama nasi putih hangat, plecing kangkung, taburan bawang goreng dan kacang goreng.

Resep Ayam Bakar Taliwang

Bahan-Bahan :

  • 1 ekor ayam kampung
  • 2 sdm kecap manis (optional)
  • 2 sdm gula merah sisir halus

Bumbu Halus :

  • 15 btr bawang merah
  • 7 siung bawang putih
  • 15 bh cabe merah keriting
  • 15 bh cabe rawit merah
  • 1 sdt rebon / terasi
  • 1 bh tomat
  • 2 ruas kencur

Cara Membuat Ayam Bakar Taliwang :

  1. Tumis bumbu halus sampai matang,masukkan ayam aduk
  2. Tambahkan air,gula merah,garam dan gula ungkep ayam
  3. Masak ayam sampai empuk dan bumbu mengental,koreksi rasa lalu tambahkan kecap manis aduk rata
  4. Panggang ayam di atas teflon atau bara api sambil sesekali di olesi sisa bumbu
  5. Sajikan

Sejarah Ayam Bakar Taliwang

Masakan bernama Ayam Taliwang ini merupakan kuliner yang pertama kali diperkenalkan oleh masyarakat Karang Taliwang. Kemunculan masakan ini pertama kali pada masa perang antara kerajaan Selaparang dan kerajaan Karangasem Bali. Melansir dari laman kebudayaan.kemdikbud.go.id, pada masa itu pasukan dari kerajaan Taliwang di datangkan ke Lombok untuk membantu kerajaan Selaparang berdamai dengan kerajaan Karangasem.

Pasukan dari Kerajaan Taliwang kemudian ditempatkan di suatu wilayah yang diberi nama Karang Taliwang. Pasukan ini bertugas untuk melakukan pendekatan dengan Raja Karangasem agar pertempuran yang menelan banyak nyawa dan harta tidak berlanjut. Di dalam pasukan juga terdapat pemuka agama Islam, juru masak dan juru kuda yang semuanya memiliki tugas masing-masing.

Di saat inilah, para juru masak dari kerajaan Taliwang bekerja dengan baik. Mereka senantiasa menyiapkan masakan yang lezat untuk pasukan kerajaan Taliwang. Salah satu masakan tersebut adalah Ayam bakar Taliwang. Juru masak membuat masakan ini dengan memanfaatkan bahan masakan serta bumbu yang ada di sekitar mereka.

Seiring berjalannya waktu, pasukan dari Taliwang dan suku Sasak Lombok saling berbaur. Dari pembauran ini kemudian muncul budaya baru baik itu dalam bersosialiasi mamupun pengolahan makanan yang saling disesuaikan antara pasukan Taliwang dan masyarakat asli Lombok. Dan dari sinilah sajian Ayam bakar Taliwang tercipta.

Tips Resep Ayam Bakar Agar Matang dengan Sempurna

  1. Pertama-tama, pastikan daging ayam telah berada dalam keadaan tidak beku. Daging yang baru dikeluarkan dari freezer atau kulkas membutuhkan waktu lebih lama untuk matang secara merata. Akibatnya, walapun bagian luarnya telah matang, bagian dalam  ayam belum cukup matang. Jika dimasak terlalu lama ayam tentu akan menjadi gosong.
  2. Sebelum dibakar, ayam lebih dulu  diungkep bersama bumbu dengan api kecil hingga matang secara merata. Biasanya ayam negri membutuhkan waktu ungkep sekitar 45 menit, sedangkan ayam kampung membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Setelah mencegah ayam gosong karena dimasak terlalu lama, oteknik unu juga membutuhkan  bumbu yang lebih meresap.
  3. 3.Ayam bakar tidak perlu dibakar terlalu lama. Beberapa bahan yang sering ditemui dalam bumbu ayam bakar antara lain madu dan kecap. Langkah -pengungkepan yang telah dibahas dalam point sebelumnya juga membantu ayam cepat matang tanpa dinbakar terlalu lama.
  4. Gunakan api sedang saat membakar ayam. Hindari ayam dengan api berkobar karena dapat membuat ayam mudah gosong atau tidak matang merata. Memanggang ayam dengan oven atau panggangan listrik juga bisa jadi  pilihan lain untukn mendapatkan ayam bakar yang matang merata.
  5. Bila dibakar dengan panggangan arang, pastikan ada jarak cukup antara ayam dan arang  ini jugan untuk menghindari ayam jadi gosong karena terkena arang.

Nah, Itulah resep ayam bakar taliwang. Semoga artikel diatas dapat berguna untuk para pembaca. Selamat mencoba dirumah.