Resep agar santan gula merah, siapa yang tidak kenal dengan makanan penutup satu ini, dengan rasanya yang manis dan lembut tentunya cocok dinikmati setelah menyantap makanan di acara-acara besar.

Agar santan bukan cuma dibuat dengan gula merah akan tetapi bisa juga menggunakan coklat, daun pandang susu dan masih banyak lagi akan tetapi di artikel kali ini kita akan membahas resep santan gula merah.Untuk mencobanya silahkan simak resep agar santan Gula Merah berikut ini :

1. Resep Agar Santan Gula Merah

Bahan-Bahan Agar Santan Gula Merah :

  • 100 gram gula merah yang dicairkan dengan 200 cc air
  • 120 cc santan kelapa matang
  • 1/2 sdt garam
  • 500 cc air (atau disesuaikan dengan kebutuhan)
  • 80 gram gula pasir
  • 1 bungkus agar-agar

Cara Membuat Agar Santan Gula Merah :

1. Rebus air, gula, dan agar-agar dengan api sedang.
2. Tambahkan air gula merah, didihkan api sedang.
3. Saat sudah mendidih, matikan api.
4. Tuang santan kelapa. Aduk rata perlahan dengan gerakan memutar.
5. Tuang dalam cetakan.
6. Dinginkan agar-agar, ketika asapnya sudah mulai hilang bisa langsung disimpan dalam kulkas.

2. Manfaat Mengkonsumsi Agar Santan Gula Merah

Bukan cuma manis dan lembut akan  tetapi dengan tambahan gula merahnya justru memiliki manfaat untuk tubuh kita yang mungkin jarang kita ketahui, berikut manfaat dari gula merah untuk tubuh kita :

1. Meningkatkan Energi Tubuh

Jika kita merasa lelah atau tidak berenergi, mengonsumsi gula merah mungkin bisa mengatasi masalah. Mencampurkan gula merah ke minuman, dapat meningkatkan energi tubuh secara cepat dan instan.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selain mampu meningkatkan energi tubuh secara cepat, gula merah juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat gula merah ini diperoleh dari kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya. Antioksidan memiliki peran untuk melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

3. Mencegah Asma

Asma adalah salah satu penyakit pernapasan yang menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan dalam bernapas. Untuk mencegah penyakit ini menyerang tubuh, ganti konsumsi gula putih dengan gula merah. Selain mampu mencegah asma, gula merah juga mampu melawan reaksi alergi dari penyakit asma.

4. Mengatur Kadar Kolesterol

Kabar baik bagi para penderita diabetes, gula merah dapat jadi solusi pengganti pemanis buatan. Tapi, dengan syarat tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan. Gula merah mengandung niasin yang berperan dalam mengatur kolesterol dalam darah, sehingga kadar kolesterol dapat dijaga untuk tetap normal.

5. Mengandung Antiseptika

Selain mengandung antioksisan, gula merah juga mengandung nutrisi yang berperan sebagai anti peradangan dan anti mikroba. Dua kandungan tersebut sangat baik untuk mengatasi luka minor atau luka terbakar, karena bersifat antiseptik. Caranya dengan menempelkan sedikit gula merah kebagian luka dan diamkan selama beberapa saat, agar luka tidak semakin parah.

6. Memperlancar Sirkulasi Darah

Sirkulasi darah yang terganggu atau tersumbat, dapat memicu berbagai penyakit berbahaya, seperti hipertensi, penyakit jantung, hingga stroke. Menjaga sirkulasi darah tetap lancar jadi salah satu cara untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya tersebut. Konsumsi gula merah bisa jadi solusi memperlancar sirkulasi darah.

7. Mengobati Sariawan

Kandungan mineral alami dalam gula merah memiliki banyak manfaat, salah satunya mengobati sariawan. Ditambah dengan kandungan niacin, membuat gula merah semakin ampuh untuk mengatasi berbagai masalah sariawan.

8. Melindungi Kulit

Kandungan antioksidan dalam gula merah sangat baik untuk kesehatan kulit, terutama untuk melindungi kulit dari bahaya radikal bebas, peradangan dan infeksi bakteri. Cukup dengan mengonsumsi gula merah secara rutin, maka manfaat ini bisa diperoleh kulit.

Itulah resep agar santan gula merah dan untuk mencoba varian lainnya bisa di baca di resep agar santan, akan tetapi jika mengkonsumsinya jangan terlalu banyak karena akan berdampak pula untuk kesehatan kita, selamat mencoba 🙂