Pembuatan Pupuk Hijau

Pembuatan pupuk hijau sederhana berbeda dengan Cara Membuat Fungisida Alami untuk Tanaman Bawang Merah, dibanding dengan jenis pupuk kandang maka pembuatan pupuk hijau sangat mudah.

Bercocok tanam merupakan salah satu kegiatan paling diminati sebagian besar orang, apalagi jika memiliki halaman maupun pekarangan luas. Banyak sekali jenis tumbuhan bisa ditanam dengan mudah apalagi Indonesia memiliki jenis tanah subur dimana- mana.

Jenis Pupuk Ramah Lingkungan

Namun menggunakan aplikasi tampaknya pupuk saat ini harganya tidak menentu bahkan beberapa jenis pupuk memiliki harga cukup mahal. Untuk itu ada beberapa jenis pupuk dengan harga murah namun memiliki kualitas tak kalah dengan pupuk mahal.

Pupuk Kandang

Pupuk kandang merupakan jenis pupuk ramah lingkungan, pupuk ini terbuat dari kotoran hewan ternak seperti sapi, kambing, kelinci, dan berbagai hewan ternak lain dimana hewan ternak yang dimaksud merupakan jenis herbivora.

Pupuk Hijau

Berbeda dengan pupuk kandang, pupuk hijau merupakan salah satu pupuk ramah lingkungan dengan bahan dasar sisa tumbuhan seperti daun- daun kering, sisa daun pada tumbuhan yang tidak terpakai, hingga sampah dapur seperti sisa sayur maupun buah.

Cara Pembuatan Pupuk Hijau

pembuatan pupuk hijau

Dan kali ini kami akan membahas cara membuat pupuk hijau sederhana berbeda dengan Cara Membuat Fungisida Alami untuk Tanaman Bawang Merah, dibanding dengan jenis pupuk kandang maka pembuatan pupuk hijau sangat mudah. Anda bahkan tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk membuat pupuk hijau. Dan perlu anda ketahui pula, untuk membuat pupuk hijau anda perlu menyiapkan berbagai alat dan bahan di rumah seperti pada langkah- langkah berikut ini.

  1. Setelah semua bahan siap, anda juga perlu menyiapkan peralatan berupa wadah besar dengan penutup, pisau ataupun gunting, kayu sebagai pengaduk, dan sarung tangan.
  2. Cincang daun maupun sampah dapur dengan pisau ataupun gunting atau menggunakan mesin pencacah kompos dan pastikan anda mencincangnya dengan lembut.
  3. Masukkan semua bahan ke dalam wadah yang sudah anda siapkan, untuk wadah anda bisa menggunakan drum ataupun tong bekas.
  4. Langkah selanjutnya dalam cara membuat pupuk hijau sederhana yaitu mencampur bahan hijau maupun sampah dapur dengan bekatul lalu aduk hingga merata.
  5. Nyalakan api kecil pada kompor dan lelehkan gula hingga menjadi karamel lalu tambahkan sekitar 3 hingga 5 sendok air untuk mencegah proses karamelisasi. 
  6. Diamkan gula cair hingga dingin pada panci dan siapkan air dalam baskom dengan ukuran sekitar 250 ml hingga 500 ml.
  7. Larutkan bakteri sebanyak 100 ml ke dalam air dan aduk hingga merata.
  8. Gunakan sarung tangan dari plastik untuk melindungi tangan anda, dalam cara membuat pupuk hijau sederhana anda harus memasukkan bakteri terlarut dan gula cair secara bersamaan ke dalam wadah pupuk.
  9. Setelah memasukkan semua anda bisa melihat Cara Agar Bunga Hortensia Cepat Berbunga, tambahkan tumpukan daun untuk menutup siraman cairan gula dan bakteri dengan ketinggian 20 cm.
  10. Tutup rapat menggunakan plastik lalu diikat dengan tali bagian atas wadah, kemudian tutup menggunakan tutup wadahnya.
  11. Biarkan selama 4 hari hingga satu minggu setelah itu pupuk hijau sederhana anda sudah bisa digunakan.

Itulah langkah- langkah untuk membuat pupuk hijau sederhana yang dapat kami sampaikan, adapun cara menggunakan pupuk hijau yang mudah dan praktis sebagai berikut.

  • Untuk menggunakan pupuk hijau sederhana ada dua cara yaitu cair dan kering.
  • Jika anda ingin menggunakannya dalam kondisi cair maka anda bisa melarutkannya ke dalam air sebanyak 500 ml untuk 500 gr pupuk.
  • Sedangkan untuk kondisi kering, anda bisa mencampur pupuk hijau dengan tanah.

Itulah cara membuat pupuk hijau sederhana beserta cara penggunaannya, pastikan anda melakukan langkah di atas dengan tepat dan semoga informasi di atas dapat bermanfaat serta menambah wawasan anda. Selamat mencoba.