Cara Membuat Tape Ketan Hitam Sedap

Halo, pada kesempatan kali ini kita akan bahas tentang cara membuat tape ketan hitam sedap. Berikut ini cara membuat tape ketan hitam sedap.

Cara Membuat Tape Ketan Hitam Sedap

Cara Membuat Tape Ketan Hitam

 

Tape ketan adalah makanan tradisional Indonesia yang terbuat ketan. Ketan ini juga termasuk macam macam beras ketan.

Merupakan tahap yang sangat penting untuk dijadikan tape ketan dengan mutu baik. Selain menentukan rasanya, hasil dari proses ini juga bisa untuk menentukan komposisi kimia tape ketan.

Tape ketan biasanya memiliki bahan yang lembut, rasa manis, sedikit asam, dan cita rasa yang khas karena mengandung sedikit alkohol. Komponen yang paling utama dalam ketan itu adalah pati, yang dalam keadaan utuh sangat sulit didegradasi dengan zat kimia maupun enzim.

Bahkan, pati yang dimasak dengan air tidak akan mendapatkan perubahan hingga suhu gelatinasinya tercapai.

Oleh karena itu, membutuhkan bantuan kuman  untuk mendegradasi komponen pati yang terdapat dalam ketan. Ragi memiliki banyak kuman asam laktat yang sangat dibutuhkan sekali untuk fermentasi tape ketan hijau ini.

Oleh karena itu bisa nambahkan nilai tambah pada ekonomi dan dapat meningkatkan nilai gizi pada produk tape ketan dilakukan upaya diversifikasi dalam pengolahan tape ketan.

Gimana sih cara bikin tape ketan hitam yang sangat manis itu?.. Inilah pertanyaan yang seringkali saya dengarkan dari para Ibu-ibu tetangga.

Memang kebanyakan orang banyak yang bisa bikin tape, tapi untuk yang memiliki rasa yang manis dan lembut, sepertinya jarang-jarang yang bisa.

Kenapa demikian?,,, Kalau udah di jawab mungkin banyak kemungkinannya, yaitu bisa jadi karena mau matang menanak beras ketannya, kurang rata peragiannya, kurang atau kebanyakan air, kualitas ragi yang tidak baik, dsb.

Berikut Cara Membuat Tape Ketan Hitam

Jadi harus sangat teliti dalam melakukan hal seperti dalam resep dengan benar, supaya hasilnya sedap dan banyak menuai pujian.

Bahan:

  • 1/2 kilo beras dulu, jangan banyak-banyak Bu
  • Daun pisang untuk pembungkus secukupnya
  • 2 gelas air bersih
  • Siapkan 2 butir ragi untuk membuat tape sama biasanya
  • gula pasir

Cara Membuat Tape Ketan Hitam:

  1. Beras ketan hitam dicuci dulu sampai bersih betul.
  2. Masukan ke dalam air ketan hitam tadi pada malam sebelumnya supaya gembur, karena jenis beras ketan hitam ini lebih keras.
  3. Jika sesudah direndam pada ke hari berikutnya, ambil dan iriskan.
  4. Setelah mau selesai ditiriskan hampir kesat, masak beras ketan hitam sampai jadi setengah matang. Jika kalian ingin lebih cepat dan mudah, bisa di masak terlebih dahulu dengan sedikit air, baru setelah mau matang beras ketan hitam kemudian diangkat dan dikukus.
  5. Sambil menunggu beras ketan dikukus, persiapkanlah air panas sebanyak 2 gelas.
  6. Saat beras ketan yang dimasak tadi sudah mengepulkan uap panasnya, siram bagian atas nya memakai air panas yang 2 gelas tadi (posisi kukusan masih berada diatas kompor), sambil diaduk-aduk sampai semua beras ketan terkena air panas secara merata. Teruskan mengukus sampai ketan menjadi matang.
  7. Jika sesudah matang, angkat beras ketan, lalu taruh kedalam wadah atau nampan yang besar, lalu diratakan. Biarkan beras ketan tadi yang sudah diratakan dalam nampan tunggu sampai benar-benar menjadi dingin. Sambil nunggu beras dingin, alangkah baiknya menghaluskan raginya.
  8. Ambil wadah yang berukuran sedang, lalu dikasih alas daun pisang yang rapi atau menutupi seluruh permukaan wadah. Setelah dikasih alas daun pisang, kasih lapisan pertama pada beras ketan, ratakan dengan baik, lalu taburi atasnya dengan ragi yang sudah dihaluskan tadi hingga rata.
  9. Tambahkan lagi lapisan yang kedua beras ketan, lalu taburkan ragi lagi dan gula halus. Lakukan tugas ini sampai ketiga, keempat, atau sampai bahan habis.
  10. Siapkan daun pisang untuk membungkus permukaan bakal tape buatan Anda tersebut dengan baik dan benar-benar rapat(bisa menggunakan 2 lapis daun pisang atau ditambah dengan kain serbet yang bersih).
  11. Jika sudah 3 hari hari 2 malam, ketan ini baru boleh di buka. Walaupun sekilas menengok, jangan pernah dibuka sebelum waktunya karena bisa menggangu proses fermentasinya.
  12. Sudah boleh dibuka dan di hidangkan.

itulah cara membuat tape ketan hitam sedap. Semoga bermanfaat.

Cara Bikin Nasi Kebuli Kambing Sedap

Pada kali ini kita akan bahas cara bikin nasi kebuli kambing sedap. Kalau ingin tau simak artikel ini.

Cara Bikin Nasi Kebuli Kambing Sedap

Cara Bikin Nasi Kebuli Kambing

 

Yupp. Bener banget. Siapa sih yang ngak kenal dengan nasi kebuli?. Makanan ini dimasak dengan kaldu dan daging (umumnya kambing, tapi ada juga daging ayam ataupun sapi) plus beragam rempah rempah sehingga menghasilkan nasi yang gurih.

Udah kebayang?Berikut ini cara bikin nasi kebuli yang enak. Nasi ini lalu dimasak memakai air yang sudah di masak dengan daging kambing, susu kambing, dan minyak samin, disajikan memakai daging kambing dan kadang ditaburi dengan irisan kurma atau kismis.

Dalam kebudayaan Betawi ini, nasi kebuli biasanya dipakai dalam perayaan keagamaan Islam, seperti lebaran, kurban, atau maulid. Nasi kebuli sangat populer di kawasan warga keturunan Arab, seperti Surabaya dan Gresik.

Nasi kebuli dibuat mengunakan menanak nasi bersama kaldu kambing dan susu kambing (kadang diganti santan). Daging kambing lalu dipotong kecil-kecil dan digiling ke dalam nasi dengan juga menambahkan minyak samin untuk memberikan aroma yang khas.

Bumbu yang sudah dimask tadi lalu ditumis bersamaan nasi tadi adalah bawang putih, bawang merah, lada hitam, cengkih, ketumbar, jintan, kapulaga, dan sebagainya.  Nasi kebuli juga bisa menggunakan macam macam beras ketan.

Kemudian daging kambing tadi dimasukan ke dalam masakan bersama dengan nasi setengah matang ini hingga akhirnya benar-benar matang.

Daging kambing ini di potong kecil-kecil lalu di masak ke dalam nasi, atau digoreng dan disajikan terpisah. Nasi ini biasanya dimakan menggunakan asinan nanas, kadang juga dikasih sambal goreng hati.

Manfaat Nasi Kebuli Kambing

Cara Bikin Nasi Kebuli Kambing

 

Berikut manfaat kebuli Kambing yang harus kalian ketahui.

Bagus Untuk Pertumbuhan

Ini sangat jelas untuk pertumbuhan tubuh agar lebih normal lagi. Pasalnya, nasi kebuli ini mempunyai kandungan protein yang sangat besar. Protein ini tentunya datang dari daging kambing.

Memberikan Energi

Hidangan ini jika dikonsumsi, kalian bisa beraktifitas lebih maksimal setiap harinya. Hal ini dikarenakan hidangan tersebut mampu menyediakan energi.

Jauh Dari Masalah Bakteri

Nasi ini di masak dengan beberapa kompoen seperti rempah-rempah. Nasi ini mempunyai beberapa komponen ialah cengkeh, kapulaga, kayu manis dan lain sebagainya.

Cara Bikin Nasi Kebuli kambing

Cara Bikin Nasi Kebuli Kambing

 

Bahan Nasi Kebuli Kambing
  • 1 kg beras Basmati Daging Kambing
  • 2 siung bawang Bombay besar
  • 7 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 batang sereh
  • 3 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk
  • 1 ruas jahe
  • Bumbu kare instan
  • Minyak samin
  • 1 butir kelapa ambil santannya
  • Air kelapa dari 1 butir kelapa
  • 1 sdt gula
  • 1 sdm garam
Bahan pelengkap
  • 2 bunga lawang
  • 1 batang kayu manis
  • 10 buah cengkeh
  • 1/2 sdt adas manis
  • 5 buah kapulaga

Cara Bikin Nasi Kebuli Ayam

  1. Rendam beras basmati selama sekitar 30 menit, buang airnya
  2. minyak samin lalu tumis bawang Bombay dan bawang putih bersama dengan sereh, daun salam dan daun jeruk sampai harus
  3. Tambahkan bumbu kare, santan, air kelapa, gula, gram secukupnya, dan bahan pelengkap. Aduk sampai semua bahan tercampur rata
  4. Masukan daging kambing lalu ungkep hingga daging empuk dan matang. Tiriskan dan sisihkan
  5. Masukan beras basmati ke dalam panci rice cooker
  6. Tuangkan kuah bumbu. Aduk perlahan supaya beras basmati tidak patah
  7. Latakkan daging diatasnya, lalu masak hingga matang
  8. Sisihkan daging dan aduk-aduk nasi secara perlahan agar bumbu benar-benar tercampur rata
  9. Nasi siap disajikan

itulah cara bikin nasi kebuli kambing sedap. Semoga Bermanfaat.

Cara Buat Rengginag Yang Enak

Pada kesempatan kali ini kita akan bahsa tentang cara buat rengginang yang sedap. Berikut cara pembuatanya.

Berikut Ini Cara Bikin Rengginang Yang Enak

Rengginang ialah salah satu makanan yang enak berbentuk camilan renyah yang biasa dijumpai di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

1. Cara Buat Rengginang Biasa:

Cara Buat Rengginang

 

Bahan-Bahan:

  • 250 gram beras ketan (cuci dan rendam selama 1 jam)
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 100 ml air
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdt terasi bakar

Cara Buat Rengginang Biasa:

  1. kukus beras ketan itu, lalu tunggu selama 15 menit, sisihkan.
  2. Campur bumbu halus seperti garam dan air. Aduk merata, rebus hingga mendidih. Tambahkan beras ketan, aduk sampai merata.
  3. Kukus minimal selama 30 menit hingga matang.
  4. Angkat dan bentuk sesuai kebutuhan, lalu dikasih ke di atas nampan, kemudian jemur di bawah sinar matahari.
  5. Setelah kering, lalu kembali rengginang agar bisa kering merata.
  6. Lalu kasih kedalam minyak goreng yang sudah dipanaskan di atas api sedang hingga matang
  7. Rengginang pun siap dinikmati.

2. Cara Buat Rengginang Singkong

cara bikin rengginang

Bahan-Bahan:

  • 2 kg ubi kayu
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Buat Rengginang Singkong:

  1. Kupas singkong, cuci, dan parut. Lalu dipress dan diendapkan. Setelah endapannya terpisah, airnya dibuang. Sari patinya dicampur ke parutan ubi, kemudian jemur selama 1 hari.
  2. Campurkan ubi dengan bahan lainnya.
  3. Cetak dengan alas gelas plastik dan kukus.
  4.  Setelah itu, jemur di bwah terik matahari agar kering dan setelah kering, rengginang singkong pun dapat digoreng.
  5. Goreng rengginang di dalam minyak yang sudah di panaskan lalu tiriskan selama 1 malam.

3. Cara Buat Rengginang Ebi Pedas

Cara Buat Rengginang

 

Bahan-Bahan:

  • 500 gram beras ketan, cuci bersih dan rendam selama 1 jam.
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 159 ml air
  •  Minyak goreng secukupnya
  • 3 butir bawang merah, haluskan
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 2 sdt ketumbar bubuk
  • 3 buah cabai merah keriting, haluskan
  • 1/2 sdm ebi sangrai

Cara Buat Rengginang Ebi Pedas:

  1. Kukus beras ketan selama 15 menit hingga mekar, kemudian angkat.
  2. Aduk menyeluruh bumbu tadi yang sudah dihaluskan, garam, gula pasir, dan ketan.
  3. Panaskan air sampai mendidih. Masukkan ketan kukus. Aduk sampai meresap.
  4. Setum 30 menit dengan api yang sedang hingga matang.
  5. Tusuk-tusuk dengan garpu. Lalu jemur sampai kering merata.
  6.  Goreng adonan itu lalu panaskan minyak goreng diatas api sedang biar merasuk bumbunya.
  7. Rengginang pun siap disajikan.

4. Cara Buat Rengginang Bawang Gurih

Cara Buat Rengginang

 

Bahan-Bahan:

  • 2 kg beras ketan, lalu cuci dan rendam selama 1 jam
  • 400 ml air kelapa
  • Pewarna makanan secukupnya, sesuai selera
  • 500 ml minyak untuk menggoreng
  • 20 butir bawang putih, haluskan
  • 2 sdt terasi
  • 1 sdm garam
  • 2 sdt bumbu kaldu bubuk rasa sapi

Cara Buat Rengginang Bawang Gurih:

  1. Kukus beras ketan hingga mekar selama 30 menit, lalu angkat.
  2. Masak (aron) ketan dengan santan yang telah dicampur dengan bumbu  halus dan pewarna makanan. Kukus kembali hingga matang selama 45 menit.
  3. Ambil 1 sendok makan ketan lalu pipihkan di tampah. Jemur ketan tadi di bawah sinar matahari sampai kering  merata. Jika satu sisi sudah kering, balik rengginang agar kering merata.
  4. Setelah kering, lalu goreng yang sudah dipanaskan di atas api sedang hingga matang dan mekar.
  5. Rengginang pun siap disajikan.

6. Cara Buat Rengginang Khas Yogyakarta

 

Bahan-Bahan:

  • 1/2 kg ketan ( lalu cuci sampai bersih dan rendam selama 1 jam).
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdm garam
  • 2 cangkir air masak
  • 4 siung bawang putih (haluskan)
  • 1 sdm terasi bakar

Yang Terakhir Rengginang Khas Yogyakarta:

  1. Kukus beras ketan lalu tunggu 20 menit kemudian angkat dan potong.2
  2. Kalau sudah dipotong lalu siapkan baskom dan masukkan bahan-bahan rengginang yang dihaluskan tadi bersama gula pasir, garam, dan air masak, lalu aduk adonan hingga matang kemudian angkat dan tiriskan.
  3. Ambil ketan tadi sesuai selera, lalu bentuk bulat. Taruh diatas tampah semua adonan yang sudah dibentuk.
  4. Panaskan rengginang dibawah terik matahari sehingga kering semua disetiap sisi selama 1-2 hari agar rengginang lebih renyah setelah   digoreng.
  5. Sesudah kering, menyiapkan minyak goreng yang sudah dipanaskan, lalu goreng rengginang hingga matang. Kemudian angkat lalu tiriskan.

Itulah Beberapa cara buat rengginang yang enak. Kalau kalian ingin tau macam macam beras ketan cek di sini aja. Semoga Bermanfaat.

Cara Membuat Tortilla Super Istimewa

 

kali ini saya akan memberi tahu cara membuat tortilla. Tortilla adalah roti pipih tanpa menggunakan ragi yang terbuat dari jagung giling atau gandum. Yang terbuat dari bahan jagung yang di giling merupakan tortilla ala Amerika Utara dan banyak dianggap sebagai tortilla yang ‘original’. menurilmu dari kata (etimologis), kata tortilla berasal dari kata torta yang berarti sebuah kue bundar. Oh iya teman teman sekarang membuat kebab trotila lebih cepat lo menggunakan burner kebab

Cara Memabuat Tortilla

1.  Cara Membuat Tortilla Pizza

cara membuat tortilla

Bahan kulit tortilla :

  • 250 gr tepung terigu segitiga
  • 1 butir telur
  • 3 sdm minyak sayur
  • sejumput garam
  • secukupnya air

Bahan toping pizza :

  • sosis
  • bawang bombay
  • keju mozarella
  • saos tomat
  • mayonaise

Langkah

  1. Cara membuat tortilla kulit: campur semua bahan kulit kecuali minyak sayur uleni sampai kalis kalau adonan sudah kalis tambahkan minyak sayur uleni lagi sampi minyak tercampur dan diamkan selama 30 menit
  2. Ambil sedikit adonan tortilla lalu giling sampai membentuk lembaran (sisihkan) dan lakukan sampai adonan habis
  3. Setelah adonan tortilla sudah selesai panaskan wajan dengan menggunakan api kecil panggang lembaran tortilla sampai keluar bintik coklat (bolak balik adonan lalu angkat)
  4. Setelah semua lembaran tortilla selesai di panggang siapkan loyang muffin lalu tata lembaran tortilla lalu beri toping sosis, bawang bombay, keju mozarella, mayonaise dan saos tomat
  5. Selesai memberi toping lalu panggang pizza dengan menggunakan oven
  6. Panggang sampai kulit tortilla kecoklatan
  7. Selamat mencoba

2. Cara Membuat Tortilla Pizza Manis

cara membuat tortilla

Bahan-Bahan

  • 1 porsi
  • 1 lbr Tortilla
  • 1/2 sdt Gula pasir
  • 1 sdm SKM
  • 1buah Pisang barlin
  • 1/4 buah Naga
  • 2 sdm Coklat serut (collata)
  • 3 sdm Keju parut

Langkah-langkah

  1. Siapkan bahan.
  2. Letakkan tortilla diteflon, taburkan gula pasir diatas tortilla, lalu tuangkan juga SKMnya.
  3. Tata pisang dan buah naga diatas tortilla. Taburi coklat serut.
  4. Taburkan keju parut. Panggang tortilla ±5 menit dengan api kecil. Jika ingin kulit kriuk, bisa memakai api sedang.

3.Trotilla Lettuce Wrab

Bahan-bahan

  • 10 lembar Kulit tortilla instant Besar
  • 20 lembar smoke beef
  • 500 gram lettuce romaine/iceberg
  • 250 gram jamur bila Suka
  • 100 gram dressing bisa mayo/ thousand island

Langkah

  1. Jamur dan smoked beef digoreng dengan minyak zaitun hingga layu, dikasih garam dan merica secukupnya
  2. Kulit tortilla di panaskan di teflon hingga muncul gelrmbung kecil
  3. Cuci bersih lettuce dan keringan dengan kitchen towel
  4. Susun kulit, selada, mushroom dan bacon diberi sedikit dressing bila suka
  5. Digulung hingga padat
  6. Dipotong jadi 2 dan dibungkus dengan kertas Roti agar Mudah me makannya

3.Cheesy tortilla pizza tanpa oven

cara membuat tortilla

Bahan-bahan

  • 10 lembar kulit tortilla siap pakai
  • Keju Mozzarella parut
  • Secukupnya keju cheedar parut
  • Secukupnya smoke beef iris² dan tumis sebentar
  • Margarin untuk memanggang

Langkah

  1. Siapkan bahan bahannya
  2. Panaskan teflon dan sesendok margarin hingga leleh. Taruh lembaran tortilla
  3. Taburkan parutan keju dan smoke beef
  4. Lipat kulit tortilla.. Bolak balik hingga kulit kecoklatan. Ulangi tahap ini hingga kulit habis.
  5. Potong potong dan siap di sajikan

4. Cara Membuat Tortilla Crispy

cara membuat tortilla

Bahan Tumisan Ayam Jamur

  • 250 gr ayam cincang kasar
  • 150 gr jamur tiram rebus sebentar suir & sisihkan
  • 5 siung bawang putih
  • 1/2 bawang bombai cincang
  • 50 ml air kaldu ayam/ sapi
  • secukupnya garam rendah natrium, gula palem, lada bubuk, minyak wijen
  • Pelengkap
  • secukupnya keju cepat leleh

Langkah

  1. Tumis bawang putih & bawang bombai sehingga harum, masukkan ayam masak sehingga berubah warna, masukkan jamur, garam, gula palem, lada, air kaldu, masak hingga matang dan kuah menyusut, tambahkan minyak wijen & sesuaikan rasanya
  2. Panaskan wajan anti lengket, panggang tortila kedua sisi, masukkan bahan isian dan keju kemudian lipat menjadi 2, masak sampai keju meleleh, angkat dan sajikan

5.Flour Tortillas

cara membuat tortilla

Bahan-bahan

  • 200 gr tepung terigu
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt baking powder
  • 40 ml minyak goreng
  • 120-125 ml air

Langkah

  1. Dalam satu wadah, masukkan semua bahan kulit tortilla, aduk dan uleni hingga lembut, jika adonan agak lengket, tambahkan sedikit tepung saja, dan uleni hingga kalis
  2. Bagi adonan menjadi 8 bagian, lalu bulat2 kan, tutup dengan kain bersih dan istirahatkan selama 15 menit. Setelah 15 menit gilas perlahan adonan hingga melebar dan berbentuk bulat dengan diameter sekitar 18 – 20 cm, taburi permukaan meja dengan tepung, agar adonan tidak lengket.
  3. Panaskan pan datar anti lengket dengan api kecil saja, lalu panggang adonan kulit tortila yang telah digilas tipis hingga permukaannya tampak mengeluarkan gelembung udara, balik dan, tekan permukaannya dengan spatula dan panggang sisi lainnya beberapa detik saja dan angkat, dan siap digunakan lebih lanjut
  4. Untuk menyimpannya,agar bisa di konsumsi di hari selanjutnya kulit tortilla bisa disimpan dalam freezer hingga 1 bulan lamanya, caranya letakkan potongan kertas baking / plastik di setiap lembaran tortilla, masukkan ke plastik, ikat rapat dan bekukan. Ketika akan memakanya kembali, keluarkan tortilla dari plastik, bungkus dengan rapat dengan kain bersih dan microwave selama 30 detik hingga lemas, atau diamkan di dalam bungkusan kain hingga lemas di suhu ruang.Tips 1 : Jangan berlebihan saat memanggang hingga permukannya menjadi kecoklatan, jika telah muncul gelembung udara di permukaan adonan segera balikkan dan masak sisi sebelahnya sekitar 10 detik saja, jika memanggangnya terlalu lama  akan membuat kulit kering, tidak lemas dan pecah saat kita gulung.

Tips 2 : Selalu bungkus adonan tortilla dan tortilla yang telah dipanggang dengan dengan kain, jangan terkena udara langsung agar tortilla tetap lembab dan lemas.

6.Martabak tortilla

cara membuat tortilla

Bahan-bahan

  • 4 porsi
  • 1 lbr tortilla
  • 1 bh telur
  • 2 bh jamur kancing
  • Mayonais
  • 1/2 sdt garam
  • 1 bh bawang putih
  • Margarin
  • Lada bubuk (merica)

Langkah

  1. Cincang kasar bawang putih lalu iris tipis jamur lalu sisihkan
  2. Campurkan garam, telur, lada bubuk, garam dan jamur lalu kocok hingga berbuih banyak
  3. Panaskan teflon dengan margarin 1 sdt lalu masukkan bawang putih, tumis hingga wangi
  4. Dengan api kecil masukkan campuran telur ke dalam wajan lalu tutup dengan tortillaSaat telur sudah menempel pada tortilla, maka tortilla dibalik hingga kulit agak kering
  5. Selagi menunggu kulit tortilla agak mengering, taruh mayonais diatas telur lalu lipat tortila menjadi setengah lingkaran
  6. Angkat dan martabak tortilla siap dihidangkan

7.❤Easy Beef Tortila Recipe❤

cara membuat tortilla

Bahan-bahan

  • Tortila siap pakai (tbk ada moms)
  • 250 gr saikoro wagyu150 gr daging giling lokal
  • 2 sdm olive oil
  • 1 ikat daun selada
  • Keju cheddar parut
  • Parsley untuk taburan

Bumbu

  • 3 siung bawang putih (geprek dan cincang halus)
  • 1 buah bawang bombay (cincang halus)
  • 1/2 buah paprika merah (potong dadu)
  • 3 sdm pasta tomat
  • 2 sdm saus cabai
  • 2 sdm saus blackpepper
  • Pala bubuk
  • Merica bubuk

Langkah

  1. Cara membuat isi tortila
  2. Masukan olive oil
    Tumis bawang putih, bawang bombay
    Masukan daging giling dan saikoro wagyu
    Tumis hingga harum
  3. Masukan pasta tomat, bumbu blackpepper
    Kecilkan api, bumbui dengan pala, merica, gula dam garam, test rasa
    Besarkan api dan masukan paprika
    Masak kembali hingga matang
  4. Penyajian Tortilla
    Panaskan kulit tortila di atas teflon yang telah di olesi margarin
    Susun daun selada, isian (daging)
    Beri parutan keju dan taburi parsley
    Iris menjadi 2 bagian
    Sajikan dengan saus dan mayonaise
  5. Mudah kan bikinnya moms?
  6. Selamat mencoba❤

8.Bayam Tortilla Warp

cara membuat tortilla

Bahan-bahan

1 Porsi
1 buah Tortilla
3 ikat kecil bayam
1 buah wortel
1 Biji telur ayam
Serbuk bawang putih, serbuk lada dan him salt secukup nya

Langkah

Bersihkan bayam, potong kecil kecil, kukus selama kurang lebih 3 menit

  1. Bersihkan wortel, potong sesuai selera dan kukus hingga lunak
  2. Rebus telur ayam hingga matang
  3. Panggang tortilla di atas teflon yang telah di olesi dengan sedikit olive oil
  4. Untuk isian : gabungkan bayam dan wortel yang telah dikukus kedalam satu wadah. masukkan telur rebus yang sudah di kupas dan pecahkan didalam campuran bayam dan wortel tersebut. Tambah kan serbuk bawang putih, lada dan him salt secukupnya sesuai selera
  5. Masukkan isian tersebut kedalam tortilla yang telah di panggang sebelum nya
  6. Gulung sesuai selera

9.Kimbab tortilla wrap

cara membuat tortilla

Bahan-bahan

  • 1 lembar nori
  • 1 lembar tortilla wrapper
  • sekaleng tuna
  • minyak wijen
  • 3 buah paprika kecil snack
  • 3-4 sdt wasabi mayonnaise
  • 3-4 buah ketimun kecil snack

Langkah

  1. Tangkup nori+ tortilla wrapper
  2. Olesin wasabi mayonnaise+ minyak wijen
  3. Tuang tuna chunk
  4. Tambahkan paprika slice juga timun slicesnya
  5. Gulung rapat dan potong2.

10.Chicken tortilla chips with sambal matah

cara membuat tortilla

Bahan-bahan

  • fillet Dada ayam
  • 1 bungkus Corn chips
  • 5 sdm tepung terigu serbaguna
  • 2 butir telur
  • garam
  • lada bubuk secukupnya
  • Secukupnya garlic powder
  • Secukupnya chicken powder non msg
  • Minyak
  • Sambal matah
  • 10 cabai rawit (iris tipis)
  • 4 bawang merah (iris tipis)
  • 3 lembar daun jeruk (iris tipis)
  • 3 batang serai (iris putih bagian putihnya)
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt gula
  • 1 buah jeruk nipis (ambil airnya)
  • 100 ml minyak kelapa (panaskan dahulu)

Langkah

  1. Lumuri ayam dada fillet yang sudah dipotong-potong dengan lada putih dan garam secukupnya.
  2. Lalu masukkan sambal matah yg telah dibuat untuk melumuri ayam filletnya dan masukkan ke kulkas selama 2 jam atau semalaman.
  3. Siapkan tepung terigu dan tambahkan garam, lada, garlic powder, dan chili powder secukupnya. Lalu aduk hingga merata.
  4. Hancurkan corn chips dengan cara manual yaitu dengan dipukul-pukul tapi jangan sampai halus.
  5. Kocok 2 butir telur ke dalam wadah.
  6. Keluarkan ayam dari kulkas dan sisihkan sambal matahnya, kemudian celupkan ayam pada tepung yang telah dibumbui, lalu celupkan ayam pada telur, dan celupkan ayam pada corn chips yang telah dihancurkan. Tekan agar rata dan pastikan corn chips menempel dengan rata.
  7. Setelah semua ayam selesai di baluri tepung corn chips, panaskan minyak secukupnya dengan api kecil, goreng ayam sampai kuning keemasan.
  8. Panaskan teflon dan masukkan sambal matah ke dalam teflon sebentar saja tumis sampai harum.
  9. Chicken tortilla chips with sambal matah siap dihidangkan, sajikan dengan nasi pana

Macam Macam Beras Ketan Yang Enak Dan Sedap

Pada kesempatan kali ini kita akan bahas macam macam beras ketan yang enak dan sedap. berikut ini penjelasannya.

Macam Macam Beras Ketan Yang Enak Dan Sedap

Macam Macam Beras Ketan

Adapun juga beras yang dikenal untuk ke dalam famili Graminae, dan tergolong makanan varietas padi-padian. Secara umum kalian semua pasti sudah bisa membedakan antara beras ketan dengan beras biasa yang biasa kita masak menjadi nasi.

Secara fisik, butir ketan tersebut berbentuk oval memounyai warna putih diseluruh endosperm, jika di masak nasinya tampak mengkilat, lengket, serta kerapatan antar butir nasi tinggi. Inilah penjelasan tentang jenis beras dan contohnya.

Seperti umum diketahui, beras ketan terbagi menjadi dua jenis adalah beras ketan putih dan beras ketan hitam. Adapun kandungan protein, air, dan vitamin B1 pada beras ketan putih lebih tinggi dibandingkan dengan ketan hitam.

Namun, kandungan karbohidrat kalsium beras ketan hitam jauh lebih banyak dibandingkan dengan ketan putih. Dan untuk kandungan lemak maupun besi keduanya memiliki nilai gizi yang sama.

Untuk protein yang ada di beras ketan tersebut adalah oryzenin, sedangkan asam lemak yang terdapat di ketan itu adalah asam oleat, asam linolenat, dan asam palminat. Beberapa vitamin yang terdapat pada beras ketan yaitu thiamin, riboflavin, dan niasin.

Dan berikut ini perbandingan kandungan gizi antara beras ketan putih dan ketan hitam pada 100 gram bahan untuk data tahun 1992 dari direktorat gizi adalah sebagai berikut:

 Ketan Putih

Macam Macam Beras Ketan

Ketan putih merupakan salah satu bahan pangan yang memiliki segudang manfaat.  Manfaat ketan putih ini dipercaya bisa menambah energi dalam jumlah yang sangat besar sekali. Ketan putih juga tak jarang sekali dipakai makanan pokok, biasanya di wilayah Asia Tenggara.

  • Protein 7,0 gram
  • Lemak 0,7 gram
  • Karbohidrat 78,0 gram
  • Kalsium 10,0 miligram
  • Fosfor 148 miligram
  • Besi 0,8 miligram
  • Vitamin B1 0,2 miligram
  • Air 13 gram

Ketan Hitam

Macam Macam Beras Ketan

Ketan hitam adalah makanan atau bahan pangan yang sering dipakai sebagai bubur, kue, bahkan dapat puding. Di balik ketan hitam yang lezat, ketan hitam ternyata mempunyai banyak bermanfaat bagi kesehatan.

  • Protein 6,7 gram
  • Lemak 0,7 gram
  • Karbohidrat 79,4 gram
  • Kalsium 12,0 miligram
  • Fosfor 148 miligram
  • Besi 0,8 miligram
  • Vitamin B1 0,12 miligram
  • Air 12,0 gram

Nah, biasanya beras ketan ini sangat rekomen memang aman dan sehat dikonsumsi. Bayi dan balita sebaiknya jangan diberikan beras ketan dahulu apalagi dalam bentuk utuhnya.

Seperti pangan uli, mengingat ketan cenderung lengket dan susah dicerna, kecuali oleh orang dewasa atau anak remaja, minimal bagi mereka yang sudah tumbuh gigi.

Efek Samping Dari Macam Macam Ketan

Semua jenis ketan akan memberikan manfaat yang sangat banyak bila dikonsumsi dengan cara dan jumlah yang tidak berlebihan. Namun sebaliknya jika dimakan secara kebanyakan maka tape akan menimbulkan berbagai jenis gangguan penyakit. Berikut ini 5 efek buruk jika kebanyakan memakan ketan.

  1. Konsumsi tape yang kebanyakan akan menjadi perut sakit karena saluran pencernaan yang tidak akan kuat dengan efek alkohol.
  2. Konsumsi air dari ketan yang berlebihan juga bisa menyebabkan keracunan dan mabuk.
  3. Konsumsi ketan yang tidak bersih bisa mendapatkan beberapa jenis potensi penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan penyakit lainnya.
  4. Ketan tidak baik sekai bagi anak-anak, balita dan orang dewasa yang banyak penyakit gangguan kekebalan tubuh akan konsumsi ketan harus dibatasi atau dicegah.
  5. Konsumsi ketan secara kebanyakan juga bisa meningkatkan resiko gangguan pada darah seperti keracunan darah dan atau penyakit lain.

Itulah macam macam beras ketan yang enak. Semoga Bermanfaat 🙂

 

Resep Donat Kentang Empuk Yang Sehat Dan Juga Mantap

Resep donat kentang empuk yang enak dan sederhana ini cara buatnya cukup mudah. Mari kita simak dan semoga bermanfaat ya. Kami juga menjual mesin pembuat donat.

Resep Donat Kentang Empuk

Bahan :

  • 150 gram tepung terigu protein tinggi(15 sdm)
  • 100 gram tepung terigu serba guna(9 sdm)
  • 40 gram gula pasir(3sdm)
  • 100 gram kentang kukus dihaluskan (berat setelah dikukus)(7sdm)
  • 1 sdm susu bubuk
  • 1 butir telur
  • 40 gram mentega suhu ruang(3 1/4 sdm)
  • 1/4 sdt garam halus

Bahan Biang:

  • 1 sdt ragi instant
  • 1 sdt gula pasir
  • 75 ml air hangat (55 ml air hangat)

Langkah :

  1. Siapkan semua bahan timbang dan takar dengan pas.
  2. Buat biang, siapkan mangkuk masukkan ragi dan gula lalu tuangi air hangat, diamkan 10 menit atau sampai timbul gelembung2.
  3. Dan siapkan wadah masukkan terigu, susu bubuk, kentang, gula dan telur. Tuang bahan biang, aduk rata.
  4. Uleni sampai setengah kalis masukkan mentega dan garam.
  5. Uleni sampai kalis elastis (awalnya saya uleni dengan tangan, tapi ngga sabar lalu saya proses di foodprocessor pakai mata pisau buat ulen roti).
  6. Bulatkan d wadah, tutup dengan plastik wrap atau kain bersih. Biarkan sampai mengembang 2x lipat dari ukuran sebelumnya. Saya kira2 40 menit, suhu di tempat saya cukup panas.
  7. Lalu pindahkan ke meja alasi dengan kertas baking atau silmat, jangan lupa tangan diusap ke dalam terigu dulu.
  8. Bagi adonan menjadi 8 atau 9 buah(sekitar 60 gram>Sesuai selera untuk ukurannya).
  9. Bulatkan. Cara membulatkan agar benar2 bulat, lihat seperti gambar itu lalu putar2 ya.
  10. Dijamin bulat.
  11. Lalu Lubangi. Langsung goreng ya, urutkan goreng nya dari yang dibentuk pertama kali ya, tujuannya tentu saja biar tidak over profing.
  12. Angkat donat beserta kertas bakingnya lalu masukkan ke dalam minyak (saya pakai minyak banyak ya sekitar 800ml).
  13. Goreng dan lalu sajikan.

Manfaat Donat Untuk Kesehatan

Berikut potassium bagi tubuh :

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Dan juga karena itu potassium untuk membantu dan menjaga keseimbangan air yang berdasarkan kebutuhan sel – sel maka mineral ini juga dapat membantu menjaga kulit kita agar bisa tetap terhidrasi dan terjaga kelembabannya. Selain itu juga, potassium dapat membantu pertumbuhan sel-sel tubuh termasuk pada jaringan kulit.

2. Membantu Fungsi Otak

Mencukupi kebutuhan potassium bagi tubuh dapat membantu fungsi otak. Dan dengan kata lain potassium yang terkandung di dalam kentang dapat membantu lancarkan fungsi otak. Potassium juga membantu transport oksigen dan bertindak sebagai neurotransmitter yang membawa sinyal-sinyal syaraf.

3. Mengatur Keasaman dalam Tubuh

Proses metabolisma dari dalam tubuh yang menghasilkan beberapa dan berbagai asam yang juga dapat meningkatkan keasaman (pH) tubuh yang harus dinetralkan oleh senyawa yang bersifat basa. Potassium adalah salah satu mineral yang juga bersifat basa dan berperan dalam menetralkan keasaman cairan tubuh.

Manfaat Kentang Bagi Tubuh

1. Membentuk Tubuh Ideal dan Menghindari Obesitas

Seperti yang sudah dijelaskan, kentang dapat menurunkan berat badan seseorang yang sedang menjalani program diet. Dan tetapi hindari mengolahnya dengan mentega, garam, micin ataupun minyak goreng.

Kentang juga banyak sekali mengandung vitamin, mineral dan zat – zat yang baik lainnya dan untuk pertahanan tubuh dalam melawan penyakit dan berperan pada kesehatan secara keseluruhan, termasuk mencegah obesitas.

Dan sayur juga yang dijuluki Potato ini memiliki serat – serat pangan yang berfungsi sebagai pengganjal, sehingga membuat rasa kenyang bisa bertahan cukup lebih lama. Di sisi lain, kentang dapat melancarkan pencernaan.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Dan dari semua nutrisi yang telah disebutkan, kentang juga rendah kolesterol, baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan serat dalam kentang dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Sebuah hasil penelitian dari National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES), menyebutkan kandungan kalium dalam kentang dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung.

3. Mencegah Kanker

Kentang mengandung folat yang berperan dalam sinesis dan perbaikan DNA, sehingga mencegah berbagai jenis sel kanker. Asupan dari sayuran seperti kentang dipercaya dapan mencegah kenker kolorektal.

Vitamin C dan quercetin kentang juga berfungsi sebagai antioksidan, melindungi sel terhadap kerusakan akibat radikan bebas.

4. Mengobati Diabetes dan Cegah Tekanan Darah Tinggi

Dan kebanyakan pasien diabetes disarankan dokter untuk mengonsumsi kentang sebagai pengganti nasi. Hal itu juga dikarenakan kentang dapat menurunkan penyakit diabetes atau mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Kandungan dari pati dalam kentang akan meningkatkan kontrol gula darah. Bisa juga untuk menurunkan diabetes, simpan kentang rebus di lemari es selama satu malam, dan konsumsi keesokan harinya dalam keadaan dingin.

Dan selain itu juga, asuan natrium rendah yang terdapat dalam kentang sangat penting untuk menjaga tekanan darah. Sementara kalium mendorong vasodilatasi atau peleberan pembuluh darah.

5. Baik untuk Otot dan Otak

Kentang mengandung kolin, yaitu nutrisi penting dan serbaguna. Kandungan tersebut dapat membantu gerakan otot, menstabilkan hati, dan meningkatkan daya ingat otak. Satu kentang berukuran besar mengandung 57 miligram kolin.

Pada dasarnya, tubuh pria dewasa membutuhkan sebanyak 550 miligram kolin, dan wanita membutuhkan 425 miligram kolin per hari.

Kolin juga membantu untuk mempertahankan struktur membran sel, mentransmisikan impuls saraf, penyerapan lemak, dan perkembangan otak pada anak.

Cara Membuat Pizza Sosis Dengan Mudah Dan Lezat

Cara membuat Pizza Sosis ini ternyata tidak sulit dan sobat dapat membuatnya dirumah dan berkreasi dengan keahlihan sobat. Ok tidak usah banyak omong langsung saja kita ke pembahasanya.

Cara Membuat Pizza Sosis

Bahan :

  • 175 gram tepung terigu
  • 3 gram ragi instan
  • 10 gram susu bubuk
  • 120 ml air es
  • 1/2 sendok teh
  • garam
  • 8 gram gula pasir
  • 25 gram margarin

Bahan Lain :

  • 100 gram saus tomat
  • 100 gram jamur kancing
  • 2 buah tomat merah
  • 3 buah sosis ayam
  • 100 gram keju mudah leleh

Langkah :

  1. Iris jamurnya, setelah itu. sobat dapat langsung menyisihkannya.
  2. Setelah itu cuci tomat merahnya.
  3. Jika sudah ris tipis. Potong sosis ayam tipis serong.

Varian Resep Pizza Sosis

1. Cara Membuat Pizza Sosis Baso Ikan

Bahan :

180 gr tepung terigu (18 sdm)
1 sdt fermipan
110 ml air hangat
2 sdm minyak goreng
2 sdm gula pasir
Secukupnya garam. Kl saya sejumput aja.
1 keju prochiz yg melted

Langkah :

  1. Pertama campurkanlah 1sdt fermipan menggunakan air yang hangat selama 5 menit
  2. Campurkan semua bahanya seperti tepung terigu, garam, gula pasir, minyak dan jangan lupa fermipanya. jika semua sudah dicampurkan
  3. Selanjutnya uleni hingga Kalis.. setelah teruleni, sobat tutup dengan menggunakan serbet selama 30menit
  4. Goreng sosis dan baso ikan
  5. Siapkan teflon. Beri margarin pada teflon secara merata. Taruh adonannya tadi kedalam teflon.
  6. Masukan juga saus pasta bolognese, lalu taburi sosis dan baso ikan yg sudah digoreng..yg terakhir taburi keju diatasnya

2. Cara Membuat Pizza Kukus Sosis Keju

Bahan :

  • 1 butir telur
  • 250 gr tepung terigu
  • 1 sdt ragi
  • 2 sdm susu bubuk
  • 3 sdm blueband
  • 60 ml air hangat
  • gula sejumput
  • sejumput garam sejumput
  • keju parut
  • sosis
  • bumbu spaggeti siap pakai rasa aglio olio
  • saus sambal

Langkah :

  1. Pertama buat biang ragi dengan cara mencampur susu bubuk, gula, garam air hangat dan ragi aduk dan tutup sampai terlihat buih tandanya ragi aktif
  2. Campur tepung, telur dan blueband dan beri sedikit air masukan biang ragi sedikit demi sedikit uleni sampai kalis,tutup adona dengan serbet bersih
  3. Istirahatkan adonan tunggu hingga mengembang, setelah mengembang kempiskan adonan bentuk adonan
  4. Tusuk2 permukaan adonan dengan garpu agar lebih matang merata,olesi saus aglio olio,saus sambal tambahkan sosis dan keju parut diamkan sebentar hingga mengembang.
  5. Panaskan kukusan terlebih dahulu, olesi loyang dengan minyak goreng, kemudian kukus adonan kurang lebih 15menit hingga adonan matang

3. Resep Pizza Kentang Sosis

Bahan :

3 bh kentang ukuran kecil
2 bh sosis
1/2 sdt garam
Sedikit merica bubuk atau sesuai selera
Sejumput oregano
1 sdm minyak goreng
2 bh telur
1 sdm margarin
Secukupnya keju mozzarella

Langkah :

Kupas dan bersihkan kentang kemudian potong secara bulat2, tambahkan juga garam, merica, dan oregano, aduk merata, sisihkan
Potong2 sosisbya, dan sisihkan
Setelah itu panaskan teflon menggunakan api kecil, masukkan kentang, panggang sebentar. Masukkan margarin dan sosis
Geser2 kentang dan sosis dengan menggunakan Sutil. Kentang terlebih dahulu kemudian sosis pada bagian atasnya, tuangkan telur yang sudah di kocok, putar2 teflon agar telur menyebar rata. Jika sudah mulai terlihat matang, tambahkan keju mozzarella, panggang lagi cukup sampai keju meleleh

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat, dan saya mohon maaf jika ada salah dalam pengejaan yang mungkin membuat sobat semua menjadi kurang paham.

Dan jika sobat ingin membuat sosis sendiri tanpa harus membelinya sobat dapat menggunakan mesin pembuat sosis karena mesin ini sangat praktis dan mudah untuk di operasikan dengan semestinya.

Cara Membuat Donat Kentang Sederhana Dan Lezat

Cara membuat donat kentang ini sederhana dan mudah juga kok. Dan saya mau berbagi cara dan langkah buatnya, semoga bermanfaat untuk kalian. Kami juga menyediakan Mesin pembuat donat.

Cara Membuat Donat Kentang

Cara Membuat Donat Kentang

Bahan :

  • 250 gr tepung serbaguna ( me : segitiga biru )
  • 2 buah kentang ukuran sedang
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 sdm fermipan larutkan dengan 6 sdm air hangat
  • 3 sdm margarin cair
  • 2 butir kuning telur
  • 1/2 gelas air dingin
  • 1 sachet susu bubuk ( me : dancow )
  • Meses dan keju untuk topping

Langkah :

  1. Rebus kentang sampai matang lalu haluskan.
  2. Dan lalu campurkan tepung terigu, gula, susu bubuk, dan fermipan yang sudah di larutkan, lalu ratakan sambil diberi air dingin sedikit demi sedikit saja.
  3. Setelah itu ratakan, lalu masukkan kentang yg sudah dihaluskan aduk lagi sampai rata.
  4. Dan kemudian masukkan kuning telur dan margarin cair, aduk semua adonan sampai kalis.
  5. Setelah itu lalu kaliskan, dan rapikan adonan itu dengan membentuk bulatan besar lalu tutup dengan kain agar mengembang selama 40 menit.
  6. Setelah adonan mengembang, buat bentuk donat dengan ukuran sesuai selera.
  7. Lalu goreng donat dengan minyak panas dan api kecil agar matang merata dan tidak gosong.
  8. Goreng donat hingga kecoklatan.
  9. Lalu beri topping sesuai selera dan donat siap dinikmati dengan segelas teh hangat.

Manfaat Kentang Bagi Tubuh

1. Membentuk Tubuh Ideal dan Menghindari Obesitas

Seperti yang sudah dijelaskan, kentang dapat menurunkan berat badan seseorang yang sedang menjalani program diet. Dan tetapi hindari mengolahnya dengan mentega, garam, micin ataupun minyak goreng.

Kentang juga banyak sekali mengandung vitamin, mineral dan zat – zat yang baik lainnya dan untuk pertahanan tubuh dalam melawan penyakit dan berperan pada kesehatan secara keseluruhan, termasuk mencegah obesitas.

Dan sayur juga yang dijuluki Potato ini memiliki serat – serat pangan yang berfungsi sebagai pengganjal, sehingga membuat rasa kenyang bisa bertahan cukup lebih lama. Di sisi lain, kentang dapat melancarkan pencernaan.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Dan dari semua nutrisi yang telah disebutkan, kentang juga rendah kolesterol, baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan serat dalam kentang dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Sebuah hasil penelitian dari National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES), menyebutkan kandungan kalium dalam kentang dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung.

3. Mencegah Kanker

Kentang mengandung folat yang berperan dalam sinesis dan perbaikan DNA, sehingga mencegah berbagai jenis sel kanker. Asupan dari sayuran seperti kentang dipercaya dapan mencegah kenker kolorektal.

Vitamin C dan quercetin kentang juga berfungsi sebagai antioksidan, melindungi sel terhadap kerusakan akibat radikan bebas.

4. Mengobati Diabetes dan Cegah Tekanan Darah Tinggi

Dan kebanyakan pasien diabetes disarankan dokter untuk mengonsumsi kentang sebagai pengganti nasi. Hal itu juga dikarenakan kentang dapat menurunkan penyakit diabetes atau mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Kandungan dari pati dalam kentang akan meningkatkan kontrol gula darah. Bisa juga untuk menurunkan diabetes, simpan kentang rebus di lemari es selama satu malam, dan konsumsi keesokan harinya dalam keadaan dingin.

Dan selain itu juga, asuan natrium rendah yang terdapat dalam kentang sangat penting untuk menjaga tekanan darah. Sementara kalium mendorong vasodilatasi atau peleberan pembuluh darah.

5. Baik untuk Otot dan Otak

Kentang mengandung kolin, yaitu nutrisi penting dan serbaguna. Kandungan tersebut dapat membantu gerakan otot, menstabilkan hati, dan meningkatkan daya ingat otak. Satu kentang berukuran besar mengandung 57 miligram kolin.

Pada dasarnya, tubuh pria dewasa membutuhkan sebanyak 550 miligram kolin, dan wanita membutuhkan 425 miligram kolin per hari.

Kolin juga membantu untuk mempertahankan struktur membran sel, mentransmisikan impuls saraf, penyerapan lemak, dan perkembangan otak pada anak.

Cara Membuat Rolade Ayam Sayur Simple dan Praktis

Cara membuat rolade ayam sayur- Menghadapi anak yang susah sekali akan makan, pastinya bikin membingungkan ya, Mom. Di satu sisi, kita mengharapkan bahwa anak tercukupi gizi dan nutrisinya. Tetapi, melihat anak kita menolak makanan yang kita sajikan, rasanya kita sedih juga ya. Nih, jika Mom mau mengajak anak makan sayur dengan cara yang enak dan berselera, rolade ayam sayur bisa jadi pilihan. cara membuat rolade ayam sayur ini pun bisa jadi bekal sekolah yang pastinya enak dikonsumsi anak kita loh Mom meski sudah siang hari lho.

Berikut Resep Rolade Ayam Sayur Untuk Bekal Anak Sekolah

Bahan:

  • 300 gram ayam giling
  • 100 gram wortel, diparut
  • 1 butir telur, ambil putihnya saja
  • 3 sendok makan tepung panir halus
  • 3/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • 1 tangkai seledri, rajang
  • 1/4 sendok teh pala bubuk

Bahan Kulit:

  • 3 butir telur, kocok lepas dan dadar tipis

Cara Membuat Rolade Ayam Sayur:

  1. Campurkanlah ayam yang telah digiling sebelumnya dan masukan wortel, seledri, putih telur, tepung panir. Aduk hingga rata.
  2. Kemudian tambahkan garam, merica bubuk, gula pasir, dan pala bubuk. Aduk hingga merata kemudian sisihkan.
  3. Setelah itu ambil selembar dadar. kemudian letakkan diatas plastik Olesi dengan campuran ayam giling lalu gulung. Kemudian ikat di kedua sisinya.
  4. Kukus sampai 45 menit dengan alat pengukus yang sudah dipanaskan diatas api sedang sampai matang.
  5. Setelah dikukus kemudian di tiriskan dan rolade ayam sayur siap disajikan

Tambahan :

Resep rolade ayam sayur ini bisa anda digoreng, dan juga bisa anda campurkan dengan mayones atau saus sambal agar lebih berselera. Selain dari itu, ternyata rolade ayam sayur bisa disimpan di lemari es hingga 3-4 hari dan kukus sebelum dikonsumsi.

Berikut 3 Manfaat Memakan Rolade Daging Ayam

1.Mengandung Zat Besi

Daging ayam mempunyai kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga menjaga kita agar terhindar dari anemia. Tak hanya itu saja, akan sangat bagus bila seorang wanita yang sedang haid mengonsumsi daging ayam sebab dapat membantu mengatasi kurang darah dengan membantu pembentukan sel darah merah.

Tidak hanya itu saja, terdapat vitamin B5 yang berguna membantu kita merasa tenang dan menghindarkan kita dari stress. Hal tersebut juga merupakan salah satu penyebab mengapa daging ayam sangat penting dikonsumsi oleh wanita yang sedang haid.

2.Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daging ayam juga kaya akan mineral, mineral juga sangat penting dalam daging ayam ini membuat tubuh manusia menjadi lebih kebal dalam menghadapi berbagai macam penyakit sehingga jika kita sedang flu atau saat sedang sakit, yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh, maka sangat sangat dianjurkan bagi kita untuk mengkonsumsi sup ayam dalam kondisi hangat atau panas karena berguna meringankan sakit yang kita alami.

3.Menjaga Keseimbangan Kolesterol

Banyak sekali sumber yang menyebutkan dan mempercayai serta  membuktikan bahwa daging ayam ini banyak mengandung kolesterol yang tidak baik bagi kesehatan tubuh kita.

Hal tersebut adalah benar. Lalu mengapa hal ini termasuk kepada pembahasan manfaat daging ayam? Karena daging ayam memiliki kandungan niacin yang dapat menurunkan kadar kolesterol sehingga daging ayam ini aman dikonsumsi oleh mereka yang menderita kolesterol.

Maka oleh sebab itu sangat disarankan bagi mereka yang memiliki penyakit kolesterol dengan mengkonsumsi ayam dengan memilih daging ayam tanpa lemak dan memasaknya dengan cara merebus tanpa menggorengnya.

 

Mungkin sampai disini artikel yang dapat saya sampaikan kepada anda ataupun anda bisa membaca artikel cara membuat rolade ayam jika anda ingin tau lebih rinci mengenai pengolahan dan berbagai macam manfaatnya. Semoga bermanfaat terimakasih

Resep Selai Durian Homemade yang Bikin Nagih

Pada artikel kali ini akan di beri tahu bagaimana resep selai durian homemade yang bikin nagih. Pada resep selai durian yang kali ini adalah buatan rumahan (homemade) atau buatan sendiri spesial asli memang sangat enak. Dan setiap pada awal dan akhir tahun biasanya juga di indonesia ini memang sedang musim bauh durian.

Alangkah enaknya bila kita bisa buat selai durian nya untuk berbagai keperluan makanan yang baik sebagai pelengkap memasak maupun untuk bahan isian kue-kue kering, seperti selai durian untuk nastar, selai durian untuk roti. Ternyata buah durian ini selain enak untuk dibuat tempoyak memang sangat bagus juga untuk dibuat menjadi selai di karenakan memang lebih tahan lama dan multifungsi atau serbaguna supaya bisa dipakai untuk diberbagai masakan seperti bubur, kue kering dan kue basah.

Resep Selai Durian Homemade

resep selai durian homemade

Bahan:

  • 156 gr daging durian
  • 20 gr gula pasir (sesuai selera)
  • 50 ml air
  • 1 sdm maizena dilarutkan dengan 10 ml air
  • Sejumput garam
  • 1/2 sdt vanilla essence (boleh di skip)

Cara Membuatnya:

  1. Pisahkan daging durian dari bijinya
  2. Pindahkan daging durian ke teflon anti lengket, masukkan gula pasir
  3. Tambahkan air dan garam masak dengan api kecil
  4. Ketika air sudah panas, tuang larutan maizena
  5. Aduk terus agar selai tidak gosong, ketika selai sudah agak kering matikan api
  6. Pindahkan selai ke wadah yang memiliki penutup. Diamkan hingga uap panas hilang, simpan didalam kulkas

Manfaat Mengkonsumsi Durian

resep selai durian homemade

Buah durian adalah buah yang sangat dikenal dengan secara luas di karenakan rasa dan manfaatnya yang baik untuk kesehatan. Durian mengandung vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh.

Dan menurut dari penelitian Universiti Teknologi Malaysia, durian ternyata memang memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh lho. Dan mencegah kanker, meningkatkan sistem pencernaan, memperkuat tulang, memperbaiki anemia, mencegah penuaan sejak dini, dan menurunkan tekanan darah.

1. Meredakan anemia

Anemia adalah kondisi medis yang menyebabkan kurangnya tingkat hemoglobin pada darah kita. Dan ternyata kekurangan pada hemoglobin memang dapat menimbulkan kelelahan, sakit kepala, insomnia dan juga yang lainnya. Anemia pada wanita yang sedang hamil ternyata akan mempengaruhi janin, seperti menyebabkan pada kelainan hingga pada kematian juga.

Ternyata pada kandungan asam folat yang memang sangat tinggi pada buah durian ini, sangat penting dalam memproduksi hemoglobin dan juga mengurangi kondisi pada anemia. Selain itu juga, pada asam folat dapat meningkatkan pertumbuhan jaringan yang secara teratur dan melindungi pada otak serta tulang belakang bayi.

2. Membantu menjaga kesehatan tulang

Ternya pada kandungan logam yang termasuk juga kalium dan kalsium pada buah durian yang dapat juga membantu agar menjaga tulang dan senantiasa selalu sehat. Kalium sangat penting untuk mengatur penyebaran dan pengendapan kalsium dalam tulang sehigga tidak larut atau dilepaskan ke dalam darah secara berlebihan.

3. Membantu sistem pencernaan

Pada kandungan serat yang sangat tinggi dalam buah durian juga penting bagi fungsi sistem pada pencernaan. Seratnya memang dapat menyebabkan pergerakan usus yang meningkat dalam jumlah yang sangat besar dan juga membuatnya akan lebih mudah bergerak melalui saluran usus. Dan serat yang ada di dalam buah durian ternyata bisa juga untuk mengurangi kondisi, seperti sembelit dan juga penyumbatan pada usus.

Contohnya bisa saja kembung yang berlebihan, mulas, kram, dan juga gangguan pada pencernaan serta kanker kolorektal. Selain itu juga, pada serat yang dapat membantu untuk mengurangi jumlah kolesterol didalam darah dengan membuang LDL dari tubuh dan akan dengan sangat cepat untuk mengeluarkannya sebelum merusak pada sistem kardiovaskular.

4. Mencegah penuaan dini

Buah durian memiliki banyak sekali berbagai jenis antioksidan dari vitamin dan senyawa kimia alami yang aktif dalam mengurangi jumlah pada radikal bebas didalam tubuh. Mengkonsumsi atau memakan buah durian dalam jumlah yang sangat banyak akan mengurangi kemungkinan penuaan sejak dini dan menghambat munculnya pada gejala penuaan.

Contoh keriput, bintik-bintik penuaan, degenerasi makula, rambut rontok, pelonggaran pada gigi, radang sendi, dan juga dapat penyakit jantung. Ternyata kandungan air yang ada di dalam buah durian juga bisa menjaga kulit agar tetap terhidrasi, mengurangi kekeringan dan mengurangi munculnya pada garis-garis halus.

Demikian tadi bagaimana resep selai durian homemade yang bikin nagih, dan bisa juga kalian untuk membuatnya di rumah masing- masing. Semoga bermanfaat untuk semua orang dan terimakasih.