Cara Membuat Bumbu Sate Kacang

Sate ayam adalah merupakan sebuah masakan bakaran yang banyak diburu oleh masyarakat kita. Biasanya sate ini dibuat menggunakan daging sapi, daging kambing atau daging ayam. Dahulu sate ayam biasnya hanya dibakar diatas bara api dari arang kelapa ataupun arang kayu, cara buat sate ayam yang mudah, simak saja artikel ini tentang Cara Membuat Bumbu Sate Kacang

Saat ini kita bisa  Cara buat sate ayam ini dengan lebih mudah menggunakan wajan teflon. Ada beberapa resep bumbu cara buat sate ayam khas negara kita. Mirip sate ponorogo, bumbu kacang, sate madura, padang dan masih banyak lainnya

Sejarah Sate

Cara Membuat Bumbu Sate Kacang

Sate ayam telah di perkirakan mulai muncul dari pedagang yang ada di jalanan yang lokasinya berada di sekitar daerah jawa pada abad ke-19. Faktanya langkah membuat sate ayam yang cukup mudah dan sate ini telah mulai populer dikalangan para masyarakat pada abad itu yang bersamaan dengan pedagang arab, gujarat india dan pedagang muslim lainnya yang telah memasuki dan datang ke pulau jawa.

Pada awalnya, para masyarakat yang berada di Indonesia sudah mulai memasak daging dengan cara direbus menggunakan air.

Akan tetapi setelah mengenal makanan yang bernama kebab tersebut yang merupakan salah satu makanan masakan khas timur tengah, masyarakat yang ada di Indonesia pun suka makan daging sapi, kambing, dan ayam dengan cara dibakar terlebih dahulu, Jika ingin tahu tentang sejarah sate ayam lebih luas cek artikel ini cara buat sate ayam dan sejarahnya.

Bahan-bahan yang diperlukan

 

  • 200 gram kacang tanah goreng
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah kemiri, bagi dua
  • 4 buah cabai merah keriting
  • 70 ml santan (kemasan)
  • 170 ml air
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat bumbu sate kacang

  1. Blender kacang tanah goreng, kemiri, lombok merah, bawang putih, bawang merah, dan air. Namun, jangan terlalu halus supaya kacang masih ada teksturnya.
  2. Panaskan minyak di atas wajan, tuangkan bumbu kacang, lalu tumis hingga berminyak.
  3. Masukkan santan, aduk lagi beberapa saat.
  4. Tambahkan gula dan garam sesuai selera. Aduk hingga teksturnya mulai kental, tapi jangan sampai kering

Daya tahan dan cara penyajian

Setelah dingin, simpan di tempat kedap udara. Bumbu ini bisa bertahan hingga sepekan kalau disimpan dalam kulkas. Karena bumbunya sudah berminyak, kamu gak perlu lagi menambahkan minyak saat penyajian. Tinggal kita ambil beberapa sendok bumbu, lalu tambahkan sedikit kecap manis dan potongan bawang merah.

Manfaat Sate

Cara Membuat Bumbu Sate Kacang

Mengkonsumsi sate daging ini akan memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh Anda terutama untuk mencegah dari ancaman anemia. Kandungan gizi yang terbilang sangat tinggi yang ada di dalam makanan ini sangat banyak seperti halnya pada kandungan protein, zat besi, sumber vitamin, lemak, kalori, kolesterol, serta mineral.

Sehingga tidak diherankan apabila banyak sekali orang yang tertarik dan berminat untuk mengkonsumsi makanan yang satu ini sebagai asupan makanan yang terbilang cukup menyehatkan. Untuk Kalian yang ingin tahu apa saja manfaat dan khasiat yang terkandung di dalam sate daging ini, berikut adalah berbagai manfaatnya dan khasiatnya.

  • Membangun Jaringan Pada Tubuh
  • Mencegah Anemia
  • Memperkuat Tulang Dan Gigi
  • Meningkatkan Energi
  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Pada Tubuh
  • Membantu Sistem Saraf

 

Kunjungi juga artikel cara membuat jus wortel.

Itulah dia cara membuat bumbu sate khas madura. Kedua pilihan baik kacang ataupun kecap, sama-sama enak. Selamat mencoba resepnya ya

 

Cara Membuat Kebab Ayam Yang Sehat Dan Enak

Cara membuat Kebab Ayam yang Enak. Daging yang umum dipakai untuk kebab halal adalah daging domba dan daging sapi, atau kadang-kadang daging kambing atau domba, daging ayam, ikan, atau kerang. namun pada artikel ini kita akan bahas cara bikin kebab ayam turki yang lezat,

Ayam adalah salah satu bahan makanan yang cukup familiar ditemui dan menjadi favorit orang banyak. aneka olahan yang dapat dikombinasikan dengan daging ayam salah satunya adalah kebab ayam.

Resep yang asal mulanya dari negara timur tengah dengan nuansa yang sangat khas ini juga memiliki resep. yang menjadikan ayam sebagai isian dari olahan tersebut.

Selain makanan seperti gorengan, sosis bakar, hotdog, hamburger, dan martabak, makanan sekaligus jajanan cepat saji.

pedagang sudah mulai bertebaran di berbagai daerah di Indonesia dengan gerobak waralaba khasnya ataupun berupa frozen food adalah kebab.

Santapan daging berbalut kulit tortilla dari adonan tepung ala jajanan timur tengah ini memang menjadi buruan baru saat perut mulai terasa lapar.

Dengan harga sepuluh sampai dua puluh ribu anda sudah bisa mendapatkan satu porsi kebab sesuai orderan anda.

Dan untuk isian kebab biasanya terbuat dari daging ayam, daging sapi, daging kambing atau daging domba dengan sayuran dan bumbu-bumbu yang kompleks.

Jajanan yang bikin kenyang ini ternyata juga bisa dikreasikan di rumah dengan langkah penyajian yang tidak begitu sulit. kamu juga mungkin tertarik ingin mencobanya bisa mengikuti langkah pembuatan kebab ayam seperti berikut ini.

Cara Membuat Kebab Ayam

Bahan-Bahan :

  • 3 lembar tortila (ada di resep sebelumnya)
  • 100 grm daging ayam cincang (sy taburi bumbu kari)
  • 1 buah bawang putih
  • secukupnya merica bubuk
  • 1/2 buah bombay
  • secukupnya garam, penyedap
  • 100 grm selada
  • 1/2 buah tomat
  • 1 buah sosis jumbo
  • 3 sdm saus pedas (blh saos tomat atau yg lain)
  • 3 sdm mayonise
  • 2 sdm margarin

Langkah-Langkah

  1. Panaskan margarin, tumis bawang putih hingga harum, masukan daging cincang. Beri merica bubuk, garam, dan penyedap secukupnya. Tunggu hingga matang. Sisihkan
  2. Panaskan margarin, belah sosis menjadi 3, lalu panggang sebentar saja. Lanjutkan menumis bombay (kalo mau mateng, kalo mau bombay mentah langkah ini dilewati)
  3. Siapkan tortila, isi dg selada lalu bawang bombay, di atas bawng bombay sosis, lalu ayam cincang, tomat, lalu saos dan mayonise.
  4. Gulung / lipat sesuai selera.
  5. Panggang di atas reflon dg api kecil. Bolak balik beberapa kali. Bila sudah kecoklatan angkat lalu sajikan.

Beberapa Varian Resep Kebab Ayam

Cara Membuat Kebab Ayam Jamur

Bahan-Bahan :

  • 500 g Fillet Ayam, potong pipih
  • 2 buah Bombay, potong memanjang, tumis dengan sedikit minyak
  • 1 bungkus Jamur kemasan 200 g, belah memanjang, tumis dengan sedikit minyak
  • 2 tangkai Daun mint , rajang halus (bisa diganti dengan mint atau parsley kering)
  • 6 buah cabe merah, haluskan (bisa diskip. ini buat yang suka pedas aja)
  • Bumbu yang dihaluskan:
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdt garam (bisa ditambahkan bumbu kaldu/ penyedap rasa jika suka)
  • 6 siung bawang merah
  • satu sdt ketumbar
  • 1 sdt jinten
  • 1 cm kayu manis atau ½ sdt kayu manis bubuk (bisa diganti dengan gula pasir 1 sdt)
  • 1/4 sdt merica
  • 1 ruas jahe
  • secukupnya Minyak Zaitun (minyak goreng) untuk mengoles Teflon

Bahan Pelengkap :

  • sesuai selera Saus Tzatziki (resep sudah diposting terpisah, atau bisa diganti dengan mayonnaise)
  • secukupnya French Fries (resep sudah dibagikan terpisah)
  • sesuai selera Selada, potongan timun, tomat dan bombay

Langkah-Langkah :

  1. Pertama kita siapkan dulu jamur tumisnya. Cukup ditumis dengan minyak sampai layu ya.
  2. Begitu juga bawang bombaynya, ditumis dulu sebentar dengan minyak Zaitun. Atau pakai mentega juga boleh.
  3. Selanjutnya campurkan potongan ayam dengan bumbu halus. Aduk merata. Tambahkan juga daun mint-nya ya.
  4. Diamkan di kulkas 1-2 jam hingga bumbu meresap.
  5. Masukkan sedikit minyak Zaitun atau maragarin/mentega di penggorengan/teflon/wajan.
  6. Tumis campuran ayam dan bumbu yang sudah di kulkas tadi. Aduk hingga hampir matang. kalau sudah hampir masak, begini. Tambahkan tumisan jamur, bawang bombay, dan cabe. Matikan kompor.
  7. Angkat dan taruh di piring. Tumisan Ayam-Jamur siap digunakan sebagai isian kebab.
  8. Untuk pelengkap kebab, kita siapkan daun selada, irisan tomat, bombay dan timun. Juga kol, bisa yang ungu atau yang putih.
  9. Biar praktis, campurkan dulu Tumisan Ayam-jamur dengan irisan kol ungu-nya.
  10. Siapkan tortila, isi dengan tumisan dan lainya
  11. Panggang hingga kecoklatan lalu hidangkan

demikian itu tadi cara membuat kulit kebab turki yang dapat saya sampaikan untuk kalian pada kesempatan kali ini, jika kalian inging membuka usaha kebab mungkin artikel ini dapat bermanfaat. anda ingin membeli mesin burner kebab kunjungi mesin burner kebab.

Cara Membuat Kebab Ayam Yang Lezat Dengan Mudah

Cara membuat Kebab Ayam yang Enak. Daging yang umum dipakai untuk kebab halal adalah daging domba dan daging sapi, atau kadang-kadang daging kambing atau domba, daging ayam, ikan, atau kerang. namun pada artikel ini kita akan bahas cara bikin kebab ayam turki yang lezat,

Ayam adalah salah satu bahan makanan yang cukup familiar ditemui dan menjadi favorit orang banyak. aneka olahan yang dapat dikombinasikan dengan daging ayam salah satunya adalah kebab ayam.

Resep yang asal mulanya dari negara timur tengah dengan nuansa yang sangat khas ini juga memiliki resep. yang menjadikan ayam sebagai isian dari olahan tersebut.

Selain makanan seperti gorengan, sosis bakar, hotdog, hamburger, dan martabak, makanan sekaligus jajanan cepat saji.

pedagang sudah mulai bertebaran di berbagai daerah di Indonesia dengan gerobak waralaba khasnya ataupun berupa frozen food adalah kebab.

Santapan daging berbalut kulit tortilla dari adonan tepung ala jajanan timur tengah ini memang menjadi buruan baru saat perut mulai terasa lapar.

Dengan harga sepuluh sampai dua puluh ribu anda sudah bisa mendapatkan satu porsi kebab sesuai orderan anda.

Dan untuk isian kebab biasanya terbuat dari daging ayam, daging sapi, daging kambing atau daging domba dengan sayuran dan bumbu-bumbu yang kompleks.

Jajanan yang bikin kenyang ini ternyata juga bisa dikreasikan di rumah dengan langkah penyajian yang tidak begitu sulit. kamu juga mungkin tertarik ingin mencobanya bisa mengikuti langkah pembuatan kebab ayam seperti berikut ini.

Cara Membuat Kebab Ayam

Bahan-Bahan :

  • 3 lembar tortila (ada di resep sebelumnya)
  • 100 grm daging ayam cincang (sy taburi bumbu kari)
  • 1 buah bawang putih
  • secukupnya merica bubuk
  • 1/2 buah bombay
  • secukupnya garam, penyedap
  • 100 grm selada
  • 1/2 buah tomat
  • 1 buah sosis jumbo
  • 3 sdm saus pedas (blh saos tomat atau yg lain)
  • 3 sdm mayonise
  • 2 sdm margarin

Langkah-Langkah

  1. Panaskan margarin, tumis bawang putih hingga harum, masukan daging cincang. Beri merica bubuk, garam, dan penyedap secukupnya. Tunggu hingga matang. Sisihkan
  2. Panaskan margarin, belah sosis menjadi 3, lalu panggang sebentar saja. Lanjutkan menumis bombay (kalo mau mateng, kalo mau bombay mentah langkah ini dilewati)
  3. Siapkan tortila, isi dg selada lalu bawang bombay, di atas bawng bombay sosis, lalu ayam cincang, tomat, lalu saos dan mayonise.
  4. Gulung / lipat sesuai selera.
  5. Panggang di atas reflon dg api kecil. Bolak balik beberapa kali. Bila sudah kecoklatan angkat lalu sajikan.

Beberapa Varian Resep Kebab Ayam

Cara Membuat Kebab Ayam Jamur

Bahan-Bahan :

  • 500 g Fillet Ayam, potong pipih
  • 2 buah Bombay, potong memanjang, tumis dengan sedikit minyak
  • 1 bungkus Jamur kemasan 200 g, belah memanjang, tumis dengan sedikit minyak
  • 2 tangkai Daun mint , rajang halus (bisa diganti dengan mint atau parsley kering)
  • 6 buah cabe merah, haluskan (bisa diskip. ini buat yang suka pedas aja)
  • Bumbu yang dihaluskan:
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdt garam (bisa ditambahkan bumbu kaldu/ penyedap rasa jika suka)
  • 6 siung bawang merah
  • satu sdt ketumbar
  • 1 sdt jinten
  • 1 cm kayu manis atau ½ sdt kayu manis bubuk (bisa diganti dengan gula pasir 1 sdt)
  • 1/4 sdt merica
  • 1 ruas jahe
  • secukupnya Minyak Zaitun (minyak goreng) untuk mengoles Teflon

Bahan Pelengkap :

  • sesuai selera Saus Tzatziki (resep sudah diposting terpisah, atau bisa diganti dengan mayonnaise)
  • secukupnya French Fries (resep sudah dibagikan terpisah)
  • sesuai selera Selada, potongan timun, tomat dan bombay

Langkah-Langkah :

  1. Pertama kita siapkan dulu jamur tumisnya. Cukup ditumis dengan minyak sampai layu ya.
  2. Begitu juga bawang bombaynya, ditumis dulu sebentar dengan minyak Zaitun. Atau pakai mentega juga boleh.
  3. Selanjutnya campurkan potongan ayam dengan bumbu halus. Aduk merata. Tambahkan juga daun mint-nya ya.
  4. Diamkan di kulkas 1-2 jam hingga bumbu meresap.
  5. Masukkan sedikit minyak Zaitun atau maragarin/mentega di penggorengan/teflon/wajan.
  6. Tumis campuran ayam dan bumbu yang sudah di kulkas tadi. Aduk hingga hampir matang. kalau sudah hampir masak, begini. Tambahkan tumisan jamur, bawang bombay, dan cabe. Matikan kompor.
  7. Angkat dan taruh di piring. Tumisan Ayam-Jamur siap digunakan sebagai isian kebab.
  8. Untuk pelengkap kebab, kita siapkan daun selada, irisan tomat, bombay dan timun. Juga kol, bisa yang ungu atau yang putih.
  9. Biar praktis, campurkan dulu Tumisan Ayam-jamur dengan irisan kol ungu-nya.
  10. Siapkan tortila, isi dengan tumisan dan lainya
  11. Panggang hingga kecoklatan lalu hidangkan

demikian itu tadi cara membuat kulit kebab turki yang dapat saya sampaikan untuk kalian pada kesempatan kali ini, jika kalian inging membuka usaha kebab mungkin artikel ini dapat bermanfaat. anda ingin membeli mesin burner kebab kunjungi mesin burner kebab.

Berikut Macam Macam Rumput Liar Dan Manfaatnya

Kita akan bahas tentang macam macam rumput liar dan manfaatnya. Rumput liar ialah tumbuhan yang mempunyai daun berwarna hijau dan berbentuk kecil meruncing yang tumbuh dari dasar batang. Rumput seringkali dipakai untuk tanaman hias, tanaman obat, dan pakan ternak.

Berikut Macam Macam Rumput Liar Dan Manfaatnya

Berikut Macam Macam Rumput Liar Dan Manfaatnya

Jenis-jenis rumput di negara ini sangatlah banyak, akan tetapi mempunyai manfaat yang berbeda beda. Rumput ini dibedakan menjadi dua jenis. Yaitu rumput hias dan makanan hewan.

Namun pada artikel kali ini kita akan membahas tentang jenis jenis rumput liar yang sering di dapatkan oleh manusia karena keberadaannya ada di sekitar pekarangan rumah. Rumput juga bermanfaat cara penggemukan kambing jawa.

Daripada penasaran, apa saja sih jenis jenis rumput liar?

Hemm langsung aja yuk.

Let’s Go.

Pada dasarnya semua rumput yang hidup di permukaan bumi adalah rumput liar.

Maka ada banyak orang yang juga memanfaatkan rumput ini sehingga namanya bisa terkenal hingga saat ini. Ada banyak sekali rumput liar di Indonesia. Ada yang bentuknya pendek-pendek tidak memiliki batang pohon yang tegak, ada yang seperti rumput jepang, bahkan ada juga rumput yang memiliki batang pohon yang tinggi.

Selain itu juga ada jenis-jenis rumput yang mempunyai batang dan daun namun bentuknya lebih kecil. Rumput jenis ini biasanya sebagai hama pengganggu pada tanaman.

Di bawah ini ada beberapa jenis jenis rumput liar yang perlu kalian ketahui.

1. Macam Macam Rumput Liar Yang Pertama Putri Malu

 

Rumput putri malu sering ditemukan di pinggir jalan dan di pingggir rumah yang banyak rumputnya. Jenis rumput ini cepat berkembang biak dan memiliki batang berbentuk bulat berbulu dan berduri. Jika daun pada rumput ini disentuh maka akan menutup.

Manfaaat Rumput Putri Malu

Berikut tentang penjelasan manfaat rumput putri malu.

1. Menyembuhkan Luka Bagi Penderita Diabetes

Tumbuhan yang sangat sensitif terhadap rangsangan ini ternyata punya khasiat ajaib untuk menyembuhkan luka bagi penderita diabetes lho. Hal ini sudah dipraktekkan oleh penelitian salah satu universitas yang besar ternama di Indonesia.

Ekstrak kloroform yang terdapat dalam akar tumbuhan inilah yang sudah diduga ampuh banget untuk menyembuhkan luka yang dialami para penderita diabetes.

2. Menyembuhkan Batuk

Buat kalian yang baru batuk dan sudah juga minum berbagai obat tapi juga belum sembuh, cobain deh konsumsi air rebusan dari daun putri malu ini. Soalnya mengandung banyak zat yang ada di tumbuhan ajaib ini dipercaya ampuh untuk mengobati batuk dan dahak.

Air rebusan daun putri malu juga bisa buat obat alami dalam menyembuhkan penyakit pernapasan seperti batuk dan semacamnya . Cukup dengan memasak 10-15 gram daun putri malu, kalian dapat meminum ramuan ini.

3. Mengobati Hepatitis

Tanaman yang mendapatkan berbagai zat yang sangat bermanfaat seperti mimosin, tanin, asam pipekolinat ini, ternyata bisa menjadi obat herbal alami untuk menyembuhkan penyakit hepatitis lho.

Gak cuma itu, dengan meminum air rebusan daun putri malu ini juga bisa meminimalisir gejala peradangan pada organ hati, akibat dari virus penyakit hepatitis. Nah, ajaib banget kan tumbuhan ini, guys.

4. Menghentikan Pendarahan Dan Infeksi

Ekstrak bubuk tumbuhan ajaib ini juga bisa menghentikan pendarahan dan infeksi lho. Kandungan rumput ini mempunyai tanin dan antioksidan yang ada pada putri malu inilah yang mampu menghentikan pendarahan dan menurunkan risiko infeksi, serta membantu dalam proses pembentukan kulit yang lebih sehat.

2. Macam Macam Rumput Liar Yang Kedua Rumput Alang-Alang

Rumput ilalang memiliki nama lain alang-alang. Rumput jenis ini banyak sekali kalian di jumpai di pinggir jalan, hutan, ataupun di pesawahan yang tanahnya mengering. Dilihat dari perkembangannya, rumput ilalang scepat sekali untuk menambah keturunan bibitnya. Hal itu karena beberapa faktor lain.

Cara Penggemukan Kambing Jawa Yang Efektif

Kambing Jawa merupakan salah satu Kambing yang banyak dagingnya, Kambing jenis ini memanglah paling sangat favorit dagingnya untuk di masak. Sangat enak jika dimasak dengan beberapa resep masakan Indonesia, mulai dari sate sampai tengkleng,Dan cara penggemukan kambing jawa tidak cukup sulit.

Waktu melahirkan, Kambing Jawa kerap melahirkan anak kembar (warnanya) bisa jadi 2 sampai 4 ekor kembar semua. Kambing Jawa sangat bagus dalam hal reproduksi dan dapat beranak sepanjang tahun dan kambing ini menjadi favorit untuk di kembangbiakan dan menjadi Kambing pedaging favorit. Kambing ini telah tersebar  kesemua pulau di Pulau Jawa.

Cara Penggemukan Kambing Jawa

Cara Penggemukan Kambing Jawa

  1. Persiapan kandang kambing

Dalam persiapan peternakan kambing terlebh daulu adalah menyiapkan kandang kambing yang nyaman karena akan mempengaruhi metabolism kambing dan kualitas pengemukan dan kesehatan kambing.

Aspek yang dibutuhkan dalam membuat kandang kambing adalah:

  • Desain kandang

Kandang didesain dengan model panggung supaya kandang tepat terjaga kebersihannya. Dengan desain panggung maka kotoran dan air seni kambing dapat turun kebawah kandang menjadi bersih, dan kotoran akan mudah dibersihkan.

 

  • Lokasi

Pilih lokasi kandang yang nyaman dan teduh, Kambing akan lebih nyaman tinggal ditempat teduh namun tetap mendapatkan sinar matahari yang cukup.

  • Kandang yang selalu bersih

Kunci sukses dalam ternak kambing adalah lokasi yang bersih. Bersih yang dimaksud disini adalah lokasi kandang  yang didesain sudah dipisahkan pembuangan kotoran, lokasi kandang jauh dari pembuangan sampah, got atau area kotor lainnya. Kandang yang bersih akan meningkatkan produktifitas penggemukan dan kesehatan kambing. Jika kondisi kandang tidak bersih sangat memungkinkan munculnya beberapa penyakit yang menyerang ternak yang dapat menyerang keselamatan hewan ternak maupun lingkungan sekitarnya.

Secara berkala setiap harinya kandang harus dibersihkan dari kotoran, serta pembuangan /penampungan kotoran dipastikan jauh dari kandang.

  • Pemilihan bibit yang bagus

Cara penggemukan kambing  agar cepat  cepat gemuk yang  harus diperhatikan lagi adalah  pemilhan bibit kambing yang tepat, Jenis kambing akan mempengaruhi bagaimana cara penggemukan kambing, pemeliharaan kambing dan jenis pakan yang sesuai untuk masing masing jenis kambing.

Secara umum jenis kambing yang lazim ditemui adalah kambing etawa, kambing Boer, kambing PE, kambing garut dan lain sebagainya. Untuk memulai usaha peternakan sebaiknya kenali dulu jenis kambing agar anda mengetahui bagaimana cara penggemukan kambing tersebut,Cek juga artikel tentang cara ternak kambing jawa.

  1. Pelaksanaan ternak kambing

Cara penggemukan kambing berikutnya adalah bagaiamana manajemen pelaksanaan ternak kambing. Sebaiknya dalam menjalankan usaha penggemukan kambing tidak dijalankan dengan ala kadarnya tanpa bekal ilmu yang baik. Hal yang harus diperhatikan adalah ketersediaan pakan,  manajemen tenaga kandang, pemeliharaan kesehatan, pemeliharaan kandang dan sebagainya.

  1. Pemeliharaan kambing.

Cara Penggemukan Kambing Jawa

Cara pemeliharaan kambing untuk penggemukan kambing tidaklah sulit seperti yang kita bayangkan.  Peternak harus selalu belajar bagaimana cara memelihara kambing yang benar, berbagai informasi cara penggemukan kambing dapat diakses dimana mana baik dari buku, internet maupun workshop tentang ternak kambing.

Salah satu kunci keberhasilan dalam menjalankan ternak kambing adalah pemilihan pakan ternak yang tepat. Kandungan pakan yang diberikan kepada ternak harus mencukupi kebutuhan nutrisi kambing serta kecukupan pakan sangat mempengaruhi cara penggemukan kambing.

 

Untuk memenuhi pakan kambing dapat menggunakan pakan ternak instan . Pakan ternak instan  ini telah diteliti secara klinis di Laboratorium Institut Pertanian Bogor tentunya tidak diragukan lagi kandungan nutrisi dan komposisinya.\

Dan pakan ternak instan ini dibuat atas dasar keinginan untuk menjawab kebutuhan peternak dalam memenuhi kebutuhan pakan karena selama ini peternak sangat disibukkan dengan mencari pakan untuk ternaknya sehingga tidak terlalu optimal dalam pengembangan ternak,Kunjungi juga tentang cara membuat lumpia basah, Semoga artikel ini dapat membantu

Cara Bikin Lumpia Basah Dengan Sangat Mudah Dan Enak

Cara bikin lumpia basah dan saya akan berbagi bagaimana cara membuat kulit lumpia dijamin lezat dan mantap. Saya dapat resep ini dari saudara saya.

Cara Bikin Lumpia Basah

Bahan :

  • 100 gr tepung terigu kualitas bagus
  • 2 butir telur ayam (pisahkan kuning dan putihnya, gunakan putihnya saja).
  • 1 sdm minyak goreng atau secukupnya margarin.
  • Secukupnya garam.

Langkah :

  1. Sediakan wadah untuk adonan, lalu masukan 100 gr tepung terigu dan 1/2 sdt garam.
  2. Aduk hingga tercampur rata.
  3. Masukan putih telur, lalu aduk lagi sampai tercampur merata.
  4. Lalu tuangkan air bersih sedikit demi sedikit, sambil selalu mengaduk-aduk supaya adonan menjadi kalis.
  5. Sesudah adonan kenyal, biarkan dulu selama 45 menit.
  6. Kemudian nyalakan kompor dengan api kecil, lalu letakkan teflon yang telah diolesi dengan mentega (agar adonan tidak lengket).
  7. Lalu setelah itu tuangkan adonan secukupnya (tipis-tipis), lalu goreng kulit lumpia sambil dibolak-balik.

Varian Resep Lumpia Basah

1. Cara Bikin Lumpia Basah Aka

Bahan :

  • 150 gr tepung terigu kualitas bagus
  • 2 butir telur ayam (pisahkan kuning dan putihnya, gunakan putihnya saja).
  • 1 sdm minyak goreng atau secukupnya mentega.
  • Secukupnya garam.
  • 300 ml air matang atau santan encer.

Langkah Membuat Kulit Basah:

  1. Sediakan wadah (1) untuk adonan, lalu masukan 150 gr tepung dan garam.
    Siapkan wadah (2), kemudian masukan putih telur, lalu kocok.
  2. Masukkan 1/2 bagian putih telur ke dalam wadah (1) yang berisi adonan, aduk-aduk hingga tercampur merata.
  3. Tuangkan santan encer (air matang) sedikit demi sedikit, sambil mengaduknya hingga semua bahan tercampur merata.
  4. Lalu nyalakan kompor dengan api kecil, lalu letakkan teflon yang telah diolesi dengan mentega (agar adonan tidak lengket)
  5. Goreng adonan lumpia hingga setengah matang saja.
  6. Lalu angkat kulit lumpia dan biarkan dingin lebih dulu, sebelum digunakan untuk membungkus isian.

2. Cara Bikin Lumpia Basah Pisang Coklat

Bahan:

  • 100 gr tepung terigu
  • Telur 1 butir
  • 1 sdt garam
  • 50 ml minyak goreng
  • Secukupnya air (kurang lebih 200 ml/1 gelas)

langkah :

  1. Masukkan garam dan air ke dalam gelas, aduk hingga garam benar-benar larut.
  2. Lalu masukkan tepung terigu dan putih telur ke dalam wadah, sambil menguleni-nya dengan tangan hingga adonan menggumpal dan agak kalis.
  3. Kemudian sobat dapat menuangkan sedikit air garam ke adonanya, sambil menguleni adonan sampai memiliki tekstur merata ( lakukan proses ini berulang kali, hingga tingkat cair adonan cukup (tapi tidak terlalu encer)
  4. Hal ini dilakukan bertujuan agar kulit lumpia menjadi lentur dan tidak mudah robek.
  5. Tuangkan minyak goreng ke dalam adonan, lalu aduk hingga merata.
  6. Sekarang adonan kulit lumpia piscok sudah siap dibuat.
  7. Nyalakan kompor dengan api kecil, lalu letakkan teflon datar di atasnya.
  8. Siapkan wajan datar anti lengket. Panaskan wajan diatas api kecil.
  9. Lalu angkat dulu wajan itu dari kompor, setelah itu lalu dengan menggunakan kuas yang telah dicelupkan ke dalam wadah yang berisi adonan, oleskan adonan tersebut (seperti gerakan mengecat) di atas permukaan wajan dengan membentuk lingkaran.
  10. Atur agar ketebalan kulit pas (tidak tebal dan tidak tipis).
  11. Kuas yang digunakan adalah kuas yang biasa digunakan untuk makanan dengan ukuran lebar kuas = kurang lebih 11 cm.
  12. Kemudian letakkan kembali wajan yang sudah diolesi adonan lumpia diatas kompor, tunggu hingga kulit lumpia menjadi matang dan kering. Cara mengetahuinya, yaitu pada pinggiran kulit lumpia yang mulai mengelupas dan terangkat.
  13. Angkat kulit lumpia, lalu tunggu hingga dingin.

Resep Lumpia Basah Khas Bandung

Bahan :

  • Bawang putih – 4 siung
  • 3 butir bawang merah
  • Tumisan Bengkuang:
  • Bengkuang, iris korek api – 500 gram
  • Kecap manis – 3 sdm
  • Air – 75 ml
  • Minyak, untuk menumis – secukupnya

Bahan Olesan :

  • Gula merah – 50 gram
  • Air – 250 ml
  • 2 sdm kanji, dan larutkan dengan 4 sdm air
  • Bumbu Halus untuk Tumisan Bengkuang:
  • Bawang putih – 3 siung
  • Bawang merah – 3 butir
  • Kemiri, sangrai – 2 butir
  • Ebi – 1 sdm

Cara Membuat Olesan :

  1. Rebus gula merah bersama air sampai larut. Angkat lalu saring
  2. Tuang kembali hasil saringan ke dalam panci. Masak di atas kompor.
  3. Tuang larutan kanji. Aduk dan masak hingga mengental. Angkat. Sisihkan.
  4. selesai

Cara Membuat Isian :

  1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum.
  2. Masukkan telur dan buat seperti orak-arik.
  3. Masukkan suwiran ayam, sosis, bakso, dan tauge. Aduk rata.
  4. Bumbui dengan garam, gula, dan merica. Aduk rata.
  5. Masukkan tumisan bengkuang.

Jika sobat ingin lebih mudah dalam membuat kulit lumpianya sobat dapat menggunakan mesin kulit lumpia, karena mesin ini sangatlah praktis dan mudah untuk digunakan

Resep Lumpia Basah Yang Enak Dan Juga Mantap

Resep lumpia basah dan saya akan berbagi bagaimana cara membuat kulit lumpia dijamin lezat dan mantap. Saya dapat resep ini dari saudara saya.

Kami juga jual mesin kulit lumpia, kalian bisa cek dilink.

  1. 100 gr tepung terigu kualitas bagus
  2. 2 butir telur ayam (pisahkan kuning dan putihnya, gunakan putihnya saja).
  3. 1 sdm minyak goreng atau secukupnya margarin.
  4. Secukupnya garam.

Cara Membuat Kulit Lumpia Goreng (Lumpia Kering) :

  1. Sediakan wadah untuk adonan, lalu masukan 100 gr tepung terigu dan 1/2 sdt garam.
  2. Aduk hingga tercampur rata.
  3. Masukan putih telur, lalu aduk lagi sampai tercampur merata.
  4. Lalu tuangkan air bersih sedikit demi sedikit, sambil selalu mengaduk-aduk supaya adonan menjadi kalis.
  5. Sesudah adonan kenyal, biarkan dulu selama 45 menit.
  6. Kemudian nyalakan kompor dengan api kecil, lalu letakkan teflon yang telah diolesi dengan mentega (agar adonan tidak lengket).
  7. Lalu setelah itu tuangkan adonan secukupnya (tipis-tipis), lalu goreng kulit lumpia sambil dibolak-balik.

1. Resep Lumpia Basah

Bahan :

  1. 150 gr tepung terigu kualitas bagus
  2. 2 butir telur ayam (pisahkan kuning dan putihnya, gunakan putihnya saja).
  3. 1 sdm minyak goreng atau secukupnya mentega.
  4. Secukupnya garam.
  5. 300 ml air matang atau santan encer.

Langkah Membuat Kulit Basah:

  1. Sediakan wadah (1) untuk adonan, lalu masukan 150 gr tepung dan garam.
  2. Siapkan wadah (2), kemudian masukan putih telur, lalu kocok.
  3. Masukkan 1/2 bagian putih telur ke dalam wadah (1) yang berisi adonan, aduk-aduk hingga tercampur merata.
  4. Tuangkan santan encer (air matang) sedikit demi sedikit, sambil mengaduknya hingga semua bahan tercampur merata.
  5. Lalu nyalakan kompor dengan api kecil, lalu letakkan teflon yang telah diolesi dengan mentega (agar adonan tidak lengket)
  6. Goreng adonan lumpia hingga setengah matang saja.
  7. Lalu angkat kulit lumpia dan biarkan dingin lebih dulu, sebelum digunakan untuk membungkus isian.

2. Resep Lumpia Untuk Pisang Coklat

Bahan:

  1. 100 gr tepung terigu
  2. Telur 1 butir
  3. 1 sdt garam
  4. 50 ml minyak goreng
  5. Secukupnya air (kurang lebih 200 ml/1 gelas)

langkah:

  1. Masukkan garam dan air ke dalam gelas, aduk hingga garam benar-benar larut.
  2. Lalu masukkan tepung terigu dan putih telur ke dalam wadah, sambil menguleni-nya dengan tangan hingga adonan menggumpal dan agak kalis.
  3. Setelah itu tuangkan sedikit air garam ke dalam adonan, sambil menguleni adonan hingga teksturnya merata (lakukan proses ini berulang kali, hingga tingkat cair adonan cukup (tapi tidak terlalu encer)
  4. Hal ini dilakukan bertujuan agar kulit lumpia menjadi lentur dan tidak mudah robek.
  5. Tuangkan minyak goreng ke dalam adonan, lalu aduk hingga merata.
  6. Sekarang adonan kulit lumpia piscok sudah siap dibuat.
  7. Nyalakan kompor dengan api kecil, lalu letakkan teflon datar di atasnya.
  8. Siapkan wajan datar anti lengket. Panaskan wajan diatas api kecil.
  9. Lalu angkat dulu wajan itu dari kompor, setelah itu lalu dengan menggunakan kuas yang telah dicelupkan ke dalam wadah yang berisi adonan, oleskan adonan tersebut (seperti gerakan mengecat) di atas permukaan wajan dengan membentuk lingkaran.
  10. Atur agar ketebalan kulit pas (tidak tebal dan tidak tipis).
  11. Kuas yang digunakan adalah kuas yang biasa digunakan untuk makanan dengan ukuran lebar kuas = kurang lebih 11 cm.
  12. Kemudian letakkan kembali wajan yang sudah diolesi adonan lumpia diatas kompor, tunggu hingga kulit lumpia menjadi matang dan kering. Cara mengetahuinya, yaitu pada pinggiran kulit lumpia yang mulai mengelupas dan terangkat.
  13. Angkat kulit lumpia, lalu tunggu hingga dingin.

Bumbu Halus untuk Isian:

  • Bawang putih – 4 siung
  • 3 butir bawang merah
  • Tumisan Bengkuang:
  • Bengkuang, iris korek api – 500 gram
  • Kecap manis – 3 sdm
  • Air – 75 ml
  • Minyak, untuk menumis – secukupnya

Olesan:

  • Gula merah – 50 gram
  • Air – 250 ml
  • 2 sdm Tepung kanji, larutkan dengan 4 sdm air

Bumbu Halus untuk Tumisan Bengkuang:

  • Bawang putih – 3 siung
  • Bawang merah – 3 butir
  • Kemiri, sangrai – 2 butir
  • Ebi – 1 sdm

Resep Lumpia Basah Khas Bandung

Membuat Olesan :
  1. Rebus gula merah bersama air sampai larut. Angkat lalu saring
  2. Tuang kembali hasil saringan ke dalam panci. Masak di atas kompor.
  3. Tuang larutan kanji. Aduk dan masak hingga mengental. Angkat. Sisihkan.
Langkah Membuat Tumisan Bengkuang :
  1. Tumis bumbu halus (untuk isian) bersama sedikit minyak hingga harum.
  2. Masukkan bengkuang dan kecap manis. Aduk rata.
  3. Tuang air. Kemudian aduk rata lalu masak hingga bengkuang layu dan matang. Angkat. Sisihkan.
Membuat Isian :
  1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum.
  2. Masukkan telur dan buat seperti orak-arik.
  3. Masukkan suwiran ayam, sosis, bakso, dan tauge. Aduk rata.
  4. Bumbui dengan garam, gula, dan merica. Aduk rata.
  5. Masukkan tumisan bengkuang.

Cara Ternak Paling Cepat Panen Unggas

Pada kesempatan kali ini kita akan bahas berikut macam macam pakan ternak unggas yang harus kalian ketahui. Ini pencelasannya.

Cara Ternak Paling Cepat Panen Unggas

 

Cara Ternak Paling Cepat Panen

Ada juga Jenis ternak yang sangat menguntungkan memang sangat ingin bila dipakai untuk usaha beternak baik bisa peternakan atau perikanan. Cara ini juga bisa untuk  cara membuat pakan sapi.
Namun juga ada banyak pertimbangan untuk usaha yang memungkinkan usaha tidak akan mengalami kendala modal.
Bagi pemula, jenis ternak kecil bisa untuk bisnis sampingan dengan modal yang sedikit akan bisa menjadi pilihan untuk usaha ternak yang menjanjikan.
Karena juga belum tentu ada usaha sampingan ini ternak bisa dipakai dirumah dengan disanding dengan pekerjaan lainnya.
Contoh usaha ini ternak yang mendapatkan dengan modal  yang kecil berarti diharapkan ternak yang cepat menghasilkan banyak uang dibanding ternak lain.
Selain pemilihan pada ternak yang menjanjikan, kita perlu mempunyai kiat usaha dalam beternak agar usaha peternakan kecil tersebut bisa dapatkan berkelanjutan.
Hal yang kita perlu ketahui sebagai calon peternak sukses adalah ternak itu makhluk hidup butuh makanan sehat, perawatan yang baik.

2. Jenis Pakan Ternak Bebek

AMPAS TAHU

Ampas tahu adalah bekas buat tahu padat yang berasal dari bubur kedelai yang sudah tidak dipakai lagi dari proses pembuatan tahu.

Sebaiknya di panaskan terlebih dahulu sampai kadar air kurang dari 13% karena yang dikasih untuk pakan bebek biasanya ampas tahu yang basah.

Yang perlu kalian ketahui adalah tempat pakan harus cepat harus berih agar tidak ditumbuhi jamur.

Agar pakan ampas tahu ini agar lebih tahan lama kalian juga bisa melakukan langkah-langkah dengan membuat ampas tahu fermentasi yang nanti nya akan lebih bisa bertahan biasanya sampai dua bulan.

AMPAS TEMPE

Ampas tempe merupakan limbah dari proses pembuatan tempe. Jenis pakan ampas tempe ini bisa mendapatkan sebagai bahan pakan karena ketersediaan yang cukup melimpah.

Hal ini dikarenakan juga banyak pabrik tempe yang sudah ada di Indonesia. Namun, juga penggunaan pakan jenis ini terbatas karena kandungan serat kasarnya yang sangat tinggi.

ONGGOK

Onggok merupakan limbah pengolahan singkong menjadi tepung singkong. Penggunaan onggok sangat terbatas dikarenakan kandungan serat yang kasarnya cukup tinggi.

TEPUNG BEKICOT & KEONG MAS

Tepung ini juga banyak dipakai sebagai bahan pakan sumber protein alternatif.

Namun, penggunaan tepung bekicot mentah ini maksimal 15%, sedangkan apabila yang direbus terlebih dahulu pemakaiannya dapat meningkat menjadi 20%.

NASI KERING

Nasi kering merupakan bahan pakan alternatif sumber energi. Jenis nasi kering atau nasi aking akan menjadi nasi yang juga habis dikonsumsi kemudian dikeringkan.

Sebaiknya nasi kering ini jangan berasal dari nasi yang sudah bau atau berjamur karena bebek juga bisa terkena terhadap aflatoksin yang diproduksi jamur mikroskopik.

INDIGOFERA SP

Indigofera sp ialah legum yang bisa menjadi bahan untuk pakan karena memiliki kadar protein yang tinggi.

Penggunaannya sangat terbatas dalam menggunakan pakan karena kandungan proteinnya yang tinggi dan mengandung antinutrien yaitu sebesar 9,35%.

LIMBAH TAUGE

Limbah tauge adalah kulit tauge yang berwarna hijau dan sering ditemui di limbah pasar sayuran.

Jenis limbah ini untuk sebagai bahan pakan yang mendapat protein yang cukup tinggi.

BIJI KECIPIR

Kecipir adalah tumbuhan merambat yang juga banyak dipakai sebagai sayuran. Biji kecipir juga banyak dipakai sebagai untuk pakan sumber protein alternatif.

Biji kecipir yang berwarna putih juga dapat digunakan dalam jumlah yang banyak. Namun biji kecipir itu yang berwarna cokelat dan merah juga bisa untuk penggunaannya.

Itulah pembahasan tentang berikut cara ternak paling cepat panen unggas. Semoga bermanfaat.

Resep Tumis Udang Bawang Bombay Gampang

Resep Tumis Udang Bawang Bombay-Bawang bombay ini sangat sering sekali dipakai sebagai campuran dari berbagai macam makanan dikarenakan dianggap lebih efisien daripada bawang merah. Ini dikarenakan bawang bombay bisa menambah kelezat dari suatu masakan. Bawang bombay ini mempunyai karakter rasa yang sedikit manis dan juga beraroma cukup kuat.

Resep Tumis Udang Bawang Bombay

resep tumis udang bawang bombay

Bahan-Bahan :

  • 20 ekor udang segar
  • 1 buah jeruk nipis, ambil airnya
  • 1 sendok teh garam
Bumbu :
  • 1/2 buah bawang bombay iris
  • 2 siung bawang putih cincang halus
  • 2 buah cabai merah keriting
  • 1 sdm kecap manis
  • Secukupnya Garam
  • 1 sdm saos sambal
  • Secukupnya Gula pasir
  • Secukupnya Merica halus
  • 1 batang daun bawang iris

Langkah-Langkah :

  1. Bersihkan udang. Belah sedikit bagian belakang atau punggung udang kemudian buang kotorannya. Buang bagian kepalanya dan kulitnya. Kemudian cuci kembali sampai bersih.
  2. Lumuri udang dengan garam serta air perasan jeruk nipis. Pastikan semua bagian terkena dengan merata. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 15 – 20 menit
  3. Panaskan minyak di atas wajan. Masukan bumbu tumisan antara lain bawang bombay, bawang putih serta cabai merah. Tumis bahan sampai harum
  4. Masukan udang yang telah dimarinasi. Masak hingga udang berubah warna menjadi kemerahan.
  5. Setelah udang berubah warna, masukan bumbu lainnya dalam masakan antara lain kecap manis,
  6. Saos sambal, garam, gula pasir serta merica secukupnya lalu cek rasa.
  7. Masukan irisan daun bawang dan aduk sebentar lalu segera angkat agar daun bawang tetap segar dan terlihat berwarna hijau cerah.
  8. Sajikan selagi masih hangat sebagai teman nasi.

Manfaat Udang Bagi Tubuh

resep tumis udang bawang bombay

1. Mengurangi nyeri menstruasi dan gejala PMS

Manfaat pertama dari udang untuk kesehatan adalah dapat mengurangi nyeri menstruasi dan gejala pramenstruasi atau PMS. Meski mengandung kolestrol yang cukup tinggi, namun kolestrol yang dimiliki udang adalah sumber kolestrol yang bermanfaat lho, yaitu asam lemak omega-3.

Kandungan asam lemak omega-3 ini, mampu membantu mengurangi kram saat menstruasi, serta mengurangi gejala saat pramenstruasi (dikenal PMS) seperti perubahan mood, payudara yang terasa lunak, dan gejala PMS lainnya.

2. Menjaga kesehatan rambut

Selain dapat mengurangi nyeri saat menstruasi dan gejala PMS, udang juga dapat menjaga kesehatan rambut. Kandungan mineral yang ada pada udang, yaitu seng, berperan besar lho guys dalam menjaga kesehatan rambut. Seng berperan penting dalam mempertahankan dan menciptakan sel-sel yang baru, yaitu sel rambut dan sel kulit, sehingga mampu mencegah rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

3. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Selain dapat menjaga kesehatan rambut, udang juga mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Sifat antioksidan yang kuat dari kedua asam lemak yang dimiliki udang, yaitu astaxantin dan omega-3, mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Kini, para peneliti memanfaatkan udang untuk dijadikan petunjuk dalam mendeteksi kanker.

4. Perlindungan kulit

Selain dapat menghambat sel kanker, astaxanthin pada udang, juga mampu memberikan perlindungan pada kulit. Astaxanthin dapat mengurangi kerutan pada kulit, dengan cara meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit. Selain itu, astaxanthin juga dapat mengurangi kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar ultraviolet (UV), sehingga dapat menurunkan resiko kanker kulit.

5. Meningkatkan jumlah sel darah merah

Nah, ini dia manfaat terbesar dari udang, yaitu dapat meningkatkan jumlah sel darah merah. Udang mengandung zat besi, yang berperan dalam pembentukan hemoglobin, serta juga mengandung dua nutrisi yaitu vitamin A dan vitamin B12, yang berperan penting dalam meningkatkan dalam produksi sel darah merah.

6. Mempromosikan kesehatan prostat

Selain dapat meningkatkan jumlah sel darah merah, udang juga mampu lho guys mempromosikan kesehatan prostat. Udang mengandung dua mineral yang berperan penting dalam kesehatan prostat, yaitu selenium dan seng. Selain memiliki sifat antioksidan yang kuat, kedua mineral tersebut juga memiliki efek regulasi testosteron dan DHT. DHT merupakan metabolit androgenik lebih testosteron, yang berperan besar dalam pertumbuhan berlebih dari kelenjar prostat.

7. Mengurangi resiko penyakit jantung

Selain dapat mempromosikan kesehatan prostat, udang juga mampu mengurangi resiko penyakit jantung lho guys. Kandungan asam lemak omega-3 pada udang, mampu memberikan perlindungan terhadap kesehatan jantung, karena asam lemak omega-3 tersebut dapat menurunkan kolestrol jahat (LDL) dan triglesida, dan meningkatkan kolestrol baik (HDL) secara bersamaan.

Itulah beberapa pelajaran yang bisa kita dapatkan dari artikel Resep Tumis Udang Bawang Bombay ini dan  silahkan kunjungi artikel Cara Menanam Bawang Bombay jika saja kalian penasaran atau memang sedang mencari manfaat bawang bombay selengkapnya.

Cara Membuat Jus Wortel Enak Dan Segar

Cara Membuat Jus Wortel-Salah satu minuman yang baik untuk menjaga kesehatan mata, yaitu jus wortel. Minuman ini mempunyai kandungan Vitamin A yang cukup tinggi sampai 12.000 IU.

Selain vitamin A, juga kaya kandungan lain seperti anti oksidan, vitamin B6, zat besi, karoten dan lain-lain. Minuman ini sangat baik dikonsumsi setiap hari.

Kunci agar rasanya enak, adalah dicampur dengan buah Jeruk. Apabila ingin lebih manis bisa tambah Madu, tapi jangan tambah gula ya kalau bisa.

Cara Membuat Jus Wortel

cara membuat jus wortel

Bahan-Bahan :

  • 6 Buah Wortel.
  • 8 Buah Jeruk Peras.
  • 2 Sendok Makan Madu.
  • 200 ml Air Matang.

Langkah-Langkah :

  1. Ambil Wortel, lalu kupas dan cuci. Selanjutnya hanya perlu dipotong kecil-kecil agar mudah diblender nanti.
  2. Ambil Jeruk Peras, lalu kupas dan peras. Sangat disarankan supaya memakai alat peras ya, supaya perasannya bisa lebih maksimal lagi.
  3. Siapkan saja blender kemudian masukan sayur wortel, jeruk peras, madu dan juga air. Blender hingga halus selama kurang lebih 15 menit. Tuang di gelas dan sajikan!
Tips Memilih Wortel Yang Bagus Untuk Jus :
  1. Pilihlah Wortel Yang Masih Muda
  2. Pilih Wortel Berbentuk Sempurna
  3. Pilih Wortel Berwarna Cerah
  4. Pilihlah Wortel Organik

Manfaat Sayur Wortel

cara membuat jus wortel

1. Kaya Akan Vitamin & Mineral

Manfaat wortel bagi kesehatan sudah banyak dipercayai. Sayuran ini sangat dikenal sebagai sumber vitamin A yang cukup tinggi. Kandungan vitamin A dalam wortel sebesar 12000 Sl.

Wortel juga mempunyai banyak sekali kandungan zat yang lain di dalamnya, diantaranya seperti kalori, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, beta karoten, zat besi, vit B1 dan juga vit C. Zat penting yang terkandung didalam sayur wortel ini, pastinya akan membuat kalian semakin yakin jika sayur wortel ini mempunyai manfaat untuk kesehatan.

2. Mencegah Rabun Dan Memperbaiki Penglihatan

Salah satu manfaat wortel untuk kesehatan yang sudah pasti diketahui oleh banyak orang. Sayur wortel juga disebut-sebut sebagai sayuran yang sangat baik untuk kesehatan mata. Kandungan dari karoten dan juga vitamin A bisa membantu untuk mencegah terjadinya rabun senja dan juga memperbaiki penglihatan mata yang lemah.

Jadi, jika seseorang mengalami penurunan pada daya penglihatannya, lebih baik untuk mengkonsumsi sayur wortel lebih sering lagi. Jika saja kalian memang kurang suka untuk menyantap sayur wortel ini dalam keadaan masih utuh, kalian masih bisa memarutnya serta mengonsumsi air dari hasil perasaannya, ataupun bisa juga untuk mengkonsumsi sayur wortel dalam bentuk jus.

3. Membuat Kulit Bercahaya

Manfaat wortel untuk kesehatan sepertinya bukan hanya untuk bagian mata saja loh. Penelitian pada bidang kesehatan sudah kembali mengungkap jika khasiat wortel lainnya. Siapa yang menyangka bahwa wortel pun bisa membuat seseorang tampil lebih menarik dan tampak sehat, seperti yang dikutip dari Times of India.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa wanita dan pria yang kulitnya memiliki cahaya kuning dianggap lebih menarik dan sehat. Cahaya kuning ini timbul dari pigmen kuning yang biasa juga disebut dengan karotenoid.

Karotenoid memiliki fungsi untuk mencerahkan kulit serta memberikan rona pada wajah. Karotenoid ini bisa ditemukan didalam sayur dan juga buah-buahan seperti sayur wortel dan juga plum.

4. Mempertajam Memori

Anda sering mengalami kesulitan untuk mengingat sesuatu yang penting? Jika memang benar, berarti sudah saatnya untuk kalian mengkonsumsi wortel. Manfaat dari sayur wortel ini bisa untuk membantu mempertajam ingatan loh, dikarenakan sayuran wortel ini sangat kaya akan kandungan vitamin B. Jika kalian mengkonsumsi sayur wortel ini secara rutin, memori kalian akan semakin cemerlang lagi dan pastinya hal ini akan membuat kalian semakin mudah untuk mengerjakan ataupun dalam mempelajari banyak hal.

5. Wortel Kaya Antioksidan

Hidup pada masa kini bisa membuat banyak orang harus terkena polusi pada setiap harinya. Belum lagi dengan mengkonsumsi makanan yang tidak terlalu sehat bisa untuk membuat seseorang semakin sulit untuk bisa terhindar dari serangan radikal bebas ini.

Supaya radikal bebas ini bisa ditangkal jadi tidak akan memberikan efek yang begitu merugikan didalam tubuh kita, tentu sangatlah penting untuk menyantap makanan sangat yang kaya kandungan antioksidan seperti wortel. Manfaat dari sayur wortel bagi kesehatan yang ke-5 ini dalam jangka panjang bisa untuk membuat tubuh selalu tetap sehat dan juga terhindar dari berbagi penyakit yang berbahaya seperti contohnya kanker.

Itulah beberapa pelajaran yang bisa kita dapatkan dari artikel Cara Membuat Jus Wortel ini dan  silahkan kunjungi artikel Manfaat Wortel Untuk Kesehatan jika saja kalian penasaran atau memang sedang mencari manfaat sayur wortel, juga ada manfaat wortel untuk kecantikan selengkapnya disana.