Cara Bikin Asinan Pepaya Instan

Hello gaisssss, kembali lagi dan lagi ni bersama mimin kece yang kali ini mau berbagi tentang cara bikin asinan pepaya instan yang bakal bikin kalian menghemat pengeluaran karena dengan asinan buatan rumah ini diharapkan kalian bisa mengurangi tuk jajan jajan ngga penting dan juga bisa jadi tambahan uang saku atau jajan kalian kalo kalian mau menjadikannya bisnis.

Asinan pepaya sendiri udah dikenal sejak lama banget gais, mungkin dari sebelum mimin lahir deh kayaknya wkwkw. Buah pepaya sendiri memiliki berbagai kandungan yang ngga bisa dipungkiri untuk kebaikannya bagi tubuh kita. Kira kira apa aja tuh? simak pembahasannya di bawah ini!!

Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

1. Sebagai Anti Kanker

Mesin pembunuh nomor setelah serangan jantung ini memanglah sangat mengerikan bagi seluruh umat manusia yang ada di muka bumi ini. Gimana ngga mengerikan, hampir kebanyakan kasus kematian disebabkan oleh kanker. Meskipun biasanya bukan karena kankernya sendiri, tapi penyakit ini adalah titik awal mula semua komplikasi yang sering terjadi sebelum merembet ke penyakit lainnya.

Pada kali ni pepaya bekerja secara menarik karena dapat mengurangi radikal bebas yang ada di tubuh kita. Bahkan dari beberapa buah-buahan, hanya buah berwarna daging oren ini aja yang dapat melawan kanker payudara dan berfungsi sebagai antikanker dalam sel kanker payudara dengan mengurangi radikal bebas dan mengurangi oksidatif.

2. Membantu Diet Sehat

Dengan lancarnya saluran sistem pencernaan, tak dapat dipungkiri bahwa diet dengan mengonsumsi buah pepaya ini akan jadi kenyataan. Bagi kalian yang mendambakan bodygoals ala ala artis Korea, bisa banget dengan mengonsumsi pepaya setiap hari untuk membantu memperlancar sistem pencernaan kalian.

Pepaya memiliki jumlah kalori yang rendah, sehingga sangat baik dikonsumsi secara rutin. Selain itu, pepaya juga kaya akan serat dan mineral yang dapat membuat perut kita merasa cukup kenyang dalam waktu yang lumayan lama.

3. Mengandung Antioksidan

Zat molekul serta radikal bebas yang terdapat pada sistem metabolisme atau pencernaan di tubuh kita dapat menigkatkan resiko stress oksidatif. Namun dengan adanya zat antioksidan ini kalian ngga perlu resah dan khawatir, selama kebutuhan zat antioksidan kalian tercukupi.

Selain itu antioksidan ini dapat membantu mencegah mengurangi resiko penyakit Alzheimer di usia muda yang mana itu dapat menurunkan daya ingat otak kita. Bahkan dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi ekstrak pepaya hasil fermentasi mengalami penurunan kerusakan oksidatif sebanyak 40%.

 

Lumayan juga ya gais manfaat dari buah pepaya ini bener bener bakalan bikin kita hidup lebih sehat tentunya juga. Apalagi kalo kita mengonsumsinya dengan olahan asinan yang tentunya ngga bakalan bikin kalian bosen. Penasaran gimana resep dan cara membuat manisan pepaya keringnya? cekidott!!!

Cara Bikin Asinan Pepaya Instan

1. Cara Bikin Asinan Pepaya Instan

Bahan Bahan:

  • 1 buah pepaya mengkal
  • 1/4 kilogram gula batu
  • 1/4 kilogram gula pasir
  • 2 sendok makan kapur sirih
  • 1/2 sendok teh garam
  • Air secukupnya

Cara Bikin Asinan Pepaya Instan:

  1. Seperti biasa kita cuci bersih pepaya mengkal lau kupas dan iris tipis sekitar 1/2 cm, kemudian rendam dalam air kapur sirih selama 6 jam
  2. Setelah direndam selama 6 jam, tiriskan pepaya dari air rendaman sirih lalu cuci bersih lagi dan tiriskan lagi
  3. Rebus air matang, gula pasir, garam dan gula batu hingga semuanya larut dalam rebusan tersebut kalian bisa ngintip resep es buah untuk jualan
  4. Jika semuanya udah larut, masukin pepaya tadi lalu aduk aduk perlahan
  5. Aduk hingga airnya menyusut dan terlihat meresap
  6. Kalo dirasa airnya udah mulai menyusut, angkat dan tiriskan serta pastikan benar benar adonannya tadi kering dan angkat ketika asinannya udah mulai dingin lalu jemur selama 2 sampai 3 hari

2. Cara Membuat Manisan Pepaya Instan Tanpa Sirih

Bahan Bahan:

  • 500 gram pepaya mentah
  • 1/2 sendok teh sitrun
  • 250 gram gula pasir putih
  • 1/2 sendok teh pasta melon
  • 1/2 sendok teh pasta nanas
  • 225 gram gula pasir biasa
  • 1/2 sendok teh strawberry

Cara Bikin Asinan Pepaya Instan Tanpa Sirih:

  1. Cuci bersih pepaya dan kupas kulitnya. Kemudian potong pepaya tapi jangan terlalu kecil
  2. Parut pepaya yang udah dipotong tadi kemudian peras sampe kering
  3. Campurkan pepaya yang udah diperas tadi dengan gula dan masak dengan api kecil serta aduk secara perlahan
  4. Jika air gulanya udah sedikit menyusut dan parutan pepayanya mulai mengering, masukkan sitrun sambil terus mengaduk
  5. Angkat adonan pepaya tadi dan bagilah menjadi 3 adonan sama rata
  6. Masukkan pasta sesuai ke adonan masing-masing dan kemudian ambil adonan lalu bulatkan sebulat tekad kalian lalu gulingkan ke gula pasir putih, ulangi ke ketiga adonan tadi sampe habis.
  7. Jika semua udah berbentuk bulat dan rata dengan gula, jemur hingga kering kurang lebih satu sampai dua jam, kemudian masukkan ke dalam toples dan tutup dengan rapat

Jadi gimana nih gaiss? dari ketiga resep di atas, mana yang bikin kalian tertantang buat nyobain? hahaha jangan bingung deh mending kalian cobain satu satu aja abis itu kasih tau mimin gimana hasilnya asinan buatan kalian terus nanti kita adu rasa hahaha. Pokoknya mainin kreatifitas kalian dan jangan lupa tetap selalu menjaga kesehatan kalian sesuai protokol yang dianjurkan pemerintah ya gaiss, selamat mencoba!!!

Cara Bikin Sop Buah Seger Bener

Yakkkk kembali lagi nih sama mimin wkwkwk, kali ini mimin membawa resep yang beda lagi gaisss yaitu cara bikin sop buah seger bener yang tentunya bakal bikin kalian ketagihan dan pengen bikin lagi dan lagi hahaha.

Sop buah sendiri sering kita temui di penjual penjual kaki lima di sepanjang jalan, apalagi pas lagi siang siang panas gitu cuacanya hmmm seger banget kan ya gaiss. Tapi sebelum menuju ke resep es buah untuk jualan, saatnya kita mengupas sedikit manfaat dari buah buahan yang terdapat di sop buah okey lesgooo!!!

Manfaat Buah Buahan Di Dalam Sop Buah

1. Nanas

Selain sangat mujarab dalam mengatasi masalah dahaga di siang bolong, buah yang kandungan airnya mencapai 87% ini memiliki gula alami seperti sukrosa, fraktosa, dan glukosa yang menyegarkan ketika dilahap.

Inilah mengapa sebenarnya sop buah diciptakan tanpa susu ya karena kandungan buah di dalamnya benar-benar sudah lebih dari cukup dalam membuat lidah kalian merasa manis.

Buah nanas ini memiliki sifat yang dingin(bukan dingin kayak sikapnya ya:p) sehingga sangat berkhasiat dalam mengurangi asam lambung, mengurangi resiko pertumbuhan sel kanker serta menjaga limpa kita agar tetap prima.

2. Kiwi

Rasa asam nan kecut pada buah ini seringkali membuat kita mengerutkan dahi, namun tahukah kalian bahwa buah kiwi sangat manjur untuk melawan insomnia?

Dengan kandungan senyawa antioksidan dan serotonin yang menjadi skill basic dari buah kiwi ini, sangat ampuh untuk menenangkan pikiran dari stress yang menjadi momok dan musuh bersama insomnia.

3. Melon

Menawarkan rasa manis yang unik, buah dengan nama latin Cucumis melo ini merupakan senjata yang ampuh dalam mencegah kanker dan menyamarkan penuaan dini, terutama bagi kalian ciwi ciwi.

Menurut data yang dibeberkan oleh National Nutrient, buah yang memiliki warna hijau imut ini mengandung vitamin A, C, E, K, serta asam folat yang sangat tinggi sehingga sangat cocok untuk kalian yang ingin terlihat lebih muda.

4. Blewah

Buah yang memiliki nama latin cucumis melo var cantalupensis dan berwarna oranye ini selain menyimpan banyak gizi, ia juga dipercaya dapat memberikan impact yang besar untuk kalian yang lagi menjalani program diet.

Mengusung kandungan nutrisi dan gizi yang terdapat serat dan mineralnya diikuti dengan serat, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C yang senantiasa menjaga masalah kulit dan kekebalan tubuh. Dapat juga untuk senjata mencegah penyakit kanker.

 

Ada empat buah yang mimin ambil karena ya, ya itulah yang paling sering dipake di sop buah wkwkwk kalo mimin sebutin semua bisa bisa ngga selesai selesai nanti ngga sampe ke resep dan cara buat sop buahnya dong.

Cara Bikin Sop Buah Seger

1. Resep Cara Bikin Sop Buah Alpukat

Bahan Bahan:

  • 1 buah alpukat
  • 50 gram sagu mutiara
  • 5 sendok makan
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 5 sendok makan fibercrame
  • 300 ml air hangat
  • Es batu secukupnya

Cara Bikin Sop Buah Alpukat:

  1. Cuci bersih buah alpukat kemudian kupas hngga bersih
  2. Potong-potong alpukat sesuai selera kalian
  3. Sisihkan dulu alpukat yang sudah dirajang tadi, sekarang kita rebus dulu sagu mutiara hingga matang
  4. Larutkan pula fibercrame bersama dengan gula dalam satu wadah berbeda dari rajangan alpukat dan aduk sampai rata
  5. Setelah sagu mutiaranya matang, masukkan ke dalam wadah yang berisi adonan fibercrame dan gula tadi bersamaan dengan rajangan alpukat tadi lalu tambahkan es batu sesuai selera kalian
  6. Voilaa sop buah alpukat siap disajikan

7. Resep Cara Bikin Sop Buah Susu

Bahan Bahan:

  • 100 gram semangka merah atau kuning
  • 100 gram nanas
  • 500 gram es batu serut
  • 100 gram pepaya
  • 100 gram melon
  • 1 liter air mineral
  • 100 ml susu kental manis rasa vanila
  • 5 sendok makan sirup vanili
  • 100 gram anggur

Cara Bikin Sop Buah Susu:

  1. Persiapkan mangkuk untuk wadahnya terlebih dahulu
  2. Cuci bersih semua buah yang ada dan kupas semuanya
  3. Jika sudah dikupas, potong dadu semua buah tadi kecuali buah melon yang dipotong bulat menyerupai kelereng
  4. Masukkan semua rajangan tadi ke dalam wadah yang udah disiapkan sebelumnya
  5. Sekarang ambil wadah lain untuk membuat cairannya. Masukkan air dan campur dengan susu kental manis kemudian aduk hingga merata
  6. Jika air dan susunya tadi udah merata, tuangkan ke dalam wadah yang berisi buah-buahan tadi
  7. Kemudian tambahkan es serut dan tuangkan sirup vanili sesuai selera dan sop buah susu kali ini siap dinikmati

3. Resep Cara Bikin Sop Buah Seger

Bahan Bahan:

  • 2 potong melon
  • 5 sendok makan susu kental manis
  • 2 buah strawberry
  • 2 potong melon
  • 5 sendok makan sirup cocopandan
  • 2 gelas air mineral
  • Es batu secukupnya

Cara Bikin Sop Buah Seger:

  1. Cuci bersih semua buah dan kupas kemudian bersihkan lagi hingga terlihat menarik
  2. Potong dan rajang buah dengan potongan kecil ataupun besar sesuai selera kalian
  3. Siapkan wadah, bisa juga mangkuk atau gelas besar. Masukkan air, susu kentl manis, dan sirup cocopandang tadi dan aduk hingga merata semua
  4. Kemudian masukkan potongan buah yang sudah dirajang tadi ke dalam wadah yang berisi air tadi dan tambahkan es seuckupnya atau sesuai selera
  5. Voilaaa akhirnya sop buah yang seger udah jadi

Begitulah gais kira kira resep sop buah andalan mimin yang bisa kalian coba coba dan eksperimenin di rumah sekaligus melatih skill kalian di dapur hahaha, jangan lupa kabarin mimin nanti gimana hasilnyaaa. Selamat mencoba gaiss!!!

Cara Bikin Asinan Rambutan Enak

Holaaa gais kembali lagi nih sama mimin yang pada artikel kali ini mau membahas tentang bagaimana cara bikin asinan rambutan enak dan mudah dilakukan tentunya. Serta dengan bahan bahan yang mudah didapatkan juga.

Buah rambutan sendiri seringkali kita temui di halaman atau pekarangan pekarangan rumah terutama yang ada di pedesaan. Belum lagi kalo lagi musimnya, jangan ditanya deh betapa melimpahnya buah ini sampai sampai sering banget terbuang percuma dan mubadzir.

Gimana supaya ngga mubadzir? kalian bisa mengolahnya dengan resep manisan rambutan yang bakal mimin share di bawah ini. Namun sebelum beranjak ke resepnya, mari kita simak beberapa manfaat buah rambutan berikut ini.

Manfaat Rambutan Untuk Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti yang kita ketahui bersama penyakit jantung adalah mesin pembunuh nomor satu di dunia dan diikuti dengan kanker. Penyakit yang menyerang secara tiba-tiba ini jarang dapat diduga dan kebanyakan karena rusaknya pembuluh darah di jantung.

Rambutan yang memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi selain dapat menyehatkan kulit, juga dapat melindungi organ jantung kita dengan mencegah rusaknya dinding pembuluh darah kita yang ada di jantung.

2. Mengatasi Kencing Manis

Salah satu keuntungan dari biji yang pahit di sini adalah juga untuk membantu mencegah serta mengatasi penyakit kencing manis. Penyakit yang disebabkan karena saluran kemih yang bermasalah ini pun masih sering menjadi momok.

Dengan meminum air seduhan biji rambutan yang terkenal pahit ini dapat membantu kita agar terhindar dari penyakit kencing manis ini.

3. Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Seperti yang udah mimin sebut di atas tadi, dengan berkurangnya kita minum obat-obatan yang mengandung berbagai bahan kimia, kita sudah membantul fungsi organ ginjal kita. Selain itu, buah yang dikenal dengan warna merah mecolok ini juga memilik kandungan mineral yang lumayan banyak yang berfungsi membantu pencegahan penggumpalan kristal atau sering kita ketahui dengan batu ginjal. Rambutan juga memiliki fosfor untuk membantu menyaring racun dalam ginjal.

4. Menjaga Kolesterol dan Mengontrol Tekanan Darah

Untuk menghindari pembengkakan di kaki selama kehamilan, ibu hamil dapat mengonsumsi rambutan secara rutin dan teratur. Hal ini karena kandungan dari buah rambutan yang dapat mengontrol kolesterol dan tekanan darah.

Ada empat manfaat serta khasiat yang tak bisa kita pungkiri buah rambutan yang biasanya juga diolah dengan resep es buah untuk jualan ini. Maka dari itu kita harus semakin rajin dan giat dalam mengonsumsi buah rambutan ini.

Setelah selesai dari manfaat dan khasiat, saatnya kita menuju ke resep dan cara pembuatannya, cekidott!!!

Cara Bikin Asinan Rambutan Enak

1. Cara Bikin Asinan Rambutan Enak

Terdengar asing di telinga kita semua, tapi inilah terobosan-terobosan di bidang manisan khusus nya manisan rambutan.

Bahan Bahan Asinan Rambutan Enak:

  • 2,5 kg buah rambutan
  • 1 kg gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok makan vanili
  • 1/4 sendok teh kapur sirih
  • 1 sendok tanah natrium benzoat
  • Air secukupnya

Cara Bikin Asinan Rambutan Enak:

  1. Cuci bersih rambutn terlebih dahulu, kemudian kupas dan untuk biji nya kali ini dapat dibuang ataupun diikutsertakan, sesuai selera masing-masing aja
  2. Nyalakan kompor kemudian masukkan rambutan dan rebus hingga mendidih secara keseluruhan
  3. Setelah direbus, tiriskan rambutan nya sampai benar-benar kering
  4. Buat cairan larutan dari kapur sirih dengan cara mencampurkan 1 liter air dan 1/4 sendok teh kapur sirih.
  5. Setelah larutan nya jadi, rendam rambutan yang udah  direbus tadi ke dalam larutan sirih tadi kemudian tunggu sampai semalaman kemudian tiriskan
  6. Kemudian rebus air seliter serta tambahkan garam, gula, dan natrium benzoat nya sampai mendidih. Setelah mendidih masukkan rambutan yang udah direndam di larutan sirih semalaman tadi kemudian lanjut dimasak sampai agak matang.
  7. Matikan api kompor dan tuang vanili kemudian tunggu semalaman lagi
  8. Selesai direndam semalaman lagi, jemur asinan rambutan tadi hingga mengering

2. Cara Bikin Asinan Rambutan Pedas

Ngga bisa bayangin perpaduan manis nya rambutan dengan pedas nya irisan cabe rawit yang merah menyala. Hmmm sedap banget ya pasti nya.

Bahan-Bahan Asinan Rambutan Pedas:

  • 2 ikat rambutan
  • 5 buah jeruk limau
  • 3 sendok teh gula pasir
  • Cabai rawit sesuai selera
  • 1/4 sendok teh garam
  • 200 ml air panas

Cara Bikin Asinan Rambutan Pedas:

  1. Seperti biasa kita cuci dan selalu cuci dulu rambutan agar bersih dan terhindar dari bakteri jahat
  2. Kemudian setelah dicuci, kupas rambutan dan tak perlu dicuci ulang agar rasa yang didapatkan otenik. Jangan lupa buang biji nya.
  3. Iris miring cabai rawit, kemudian campurkan dengan rambutan yang udah disiapkan tadi
  4. Kemudian belah jeruk limau menjadi 2 bagian dan peras di atas rambutan tadi
  5. Tambahkan gula dan garam sesuai selera kalian. Tidak lupa tuangkan juga air panas 200ml dan tunggu kurang lebih 2 jam
  6. Voilaaa asinan rambutan pedas siap disajikan

4. Cara Bikin Asinan Rambutan Basah

Jika tadi ada resep rambutan kering, maka sekarang ada resep rambutan basah yang juga bisa jadi refrensi mu dalam mengolah buah rambutan ini.

Bahan Bahan Asinan Rambutan Basah:

  • 10 ikat buah rambutan
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/2 buah jeruk nipis
  • 1 liter alir
  • 1/2 kg gula pasir halus

Cara Bikin Asinan Rambutan Basah:

  1. Pertama kita cuci bersih dulu buah rambutan nya kemudian kita kupas dan biji nya dibuang
  2. Belah daging rambutan menjadi 2 bagian atau bisa disesuaikan selera kalian
  3. Rebus air dan gula pasir hingga agak mendidih kemudian masukkan daun pandan
  4. Setelah mengeluarkan aroma harum, masukkan daging rabutan tadi, aduk hingga rata dan matang
  5. Angkat rambutan dan biarkan tetap basah(jangan dikeringkan)
  6. Berikutnya beri air perasan jeruk nipis agar membuat manisan tersebut terlihat segar
  7. Kemudian tunggu manisan rambutan sampai benar-benar dingin dan masukkan ke dalam lemari selama beberapa jam
  8. Voila Resep asinan Rambutan Basah siap disajikan

Itulah ketiga resep asinan rambutan untuk hari ini yang bisa segera kalian coba di rumah ya gaisss, kalo kalian ada resep tandingan bisa banget buat ngasih tau mimin hahaha. Selamat mencoba gaisss!!!

Cara Bikin Salad Buah Antimainstream

Haiiiii gaisss selamat sore!! gimana kabar kalian? mimin harap dalam kondisi yang prima yaa! Pada artikel kali ini mimin mau berbagi tentang bagaimana cara bikin salad buah yang antimainstream dan kaya biasanya. Daripada kalian harus beli di luaran sana, mending kalian nyoba bikin sendiri karena selain menghemat kalian juga bisa melatih skill memasak kalian wkwkwk. Salad buah sendiri adalah camilan sekaligus makanan pengganjal perut yang wajib terutama bagi mahasiswa atau mahasiswi yang lagi ngerjain tugas kuliahnya hahaha. Resep yang bakal mimin share ini ngga rumit kok karena mimin udah mikir juga kalo kalian mau yang simple simple aja. Tapi sebelum msuk ke resep salad buah nya, ijinin mimin tuk membahas manfaat dan khasiat dari salad buah ini.

Manfaat Buah Dalam Salad Buah

1. Mengandung Banyak Serat

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa buah-buahan mengandung banyak sekali serat yang dapat melancarkan saluran pencernaan, selain membantu saluran pencernaan serat-serat ini juga berguna untuk mempermudah penyerapan zat serta gizi makanan yang ada di dalam tubuh kita dengan cepat.

Terlebih dengan adanya gabungan buah-buah yang ada di dalam salad kebanyakan mengandung serat-serat yang tinggu, maka dari itu dapat dipastikan serat yang didapatkan dan dibutuhkan sangat tercukupi.

2. Memiliki Berbagai Vitamin

Vitamin yang terkandung dalam buah-buahan sangat berguna untuk menyehatkan kulit seperti contohnya vitamin c yang terdapat pada jeruk, dapat mencerahkan dan membersihkan sel kulit mati dari dalam tanpa sentuhan bahan kimia, sangat cocok untuk wanita-wanita yang ingin kulit nya terlihat glowing

Selain untuk mencerahkan kulit, kandungan vitamin yang terdapat pada buah-buahan dapat berfungsi untuk membangun imun tubuh dari dalam agar terhindar dari penyakit-penyakit mematikan seperti kanker dan serangan jantung

Sebab itulah buah adalah vitamin yang paling baik dan alami tanpa terkontaminasi dengan bahan kimia sehingga dapat menyehatkan tubuh secara alami.

3. Memenuhi Kebutuhan Mineral Tubuh

Tubuh kita sangat membutuhkan mineral yang cukup agar selalu sehat bugar dan keseimbangan dalam tubuh juga terjamin. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, salad terdiri dari banyak buah-buahan yang memiliki banyak kandungan mineral sudah pasti dapat memenuhi kebutuhan tubuh Ketiga manfaat serta khasiat di atas hanya beberapa contoh aja ya gais sebenernya masih banyak yang lainnya yang kalo mimin bahas semua bisa bisa ngga sampe ke resep es buah untuk jualan nya. Jadi sekarang mari kita menuju ke resep dan cara membuatnya, cekidott!

Cara Bikin Salad Buah Enak

1. Resep Salad Buah Mozarella

Wahh.. kali ini ada yang berbeda, ngga kayak salad buah pada umumnya. Salad buah yang akan kita buat kali ini menggunakan keju mozarella sebagai sausnya. Kok bisa? penasaran kan? langsung aja ngga pake basa-basi ini resepnya.

Bahan bahan:

  • 200 ml susu uht(kalo ngga ada susu uht bisa pake ssu lainnya, tapi admin nyarani pakai susu uht)
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 50 gram keju parut atau sesuka kalian
  • 1 sendok makan maizena
  • 6 sendok makan mayonaise
  • 1 mozarella atau sesuka kalian

Cara Bikin Salad Buah Mozarella:

  1. Cuci bersih buah kemudian kupas hingga terlihat menarik dan enak dipandang.
  2. Jika sudah selesai dikupas dan dicuci, potong-potong buah tersebut dengan selera kalian yang penting bentuknya masih bisa diterima.
  3. Selesai dipotong, masukan semua potongan buah-buahan tersebut dalam wadah. Disarankan kalo bisa wadah yang agak cekung.
  4. Setelah buahnya ditata dalam wadah tersebut, sekarang kita beralih ke sausnya.

Membuat saus:

  1. Masukkan susu ke dalam panci kemudian panaskan dengan api kecil, diikuti dengan memasukan 3 sendok gula pasir. Aduk hingga rata.
  2. Setelah susu dan gula pasir merata, kemudian mulai masukkan keju parut dan mayonaise bersamaan. Ingat, tetap gunakan api kecil dan selalu diaduk supaya ngga gosong dan adonannya merata.
  3. Sebelum diangkat, tuangkan maizena sebagai pelengkap.
  4. Kalo dirasa udah cukup, matikan kompor dan tuang adonan tadi ke dalam wadah yang sudah tertata buah-buahan tadi.
  5. Nyalakan kembali kompor dan masukkan keju mozarella nya, panaskan sebentar saja sampai setengah meleleh.\
  6. Sekiranya udah cukup meleleh, matikan api kompor dan segera tuangkan keju mozarella yang sudah cair tersebut di atas salad nya tadi.

2. Resep Salad Buah Segar

Resep yang terakhir ini admin punya refrensi salad buah yang mungkin terlihat sama seperti salad kebanyakan, atau mungkin malah terlihat biasa aja. Tapi mari kita coba dulu resep admin ini, mana tau kalian ketagihan buat bikin terus.

Bahan bahan:

  • 2 buah apel merah
  • 1 buah mangga
  • 1/4 kilogram anggur
  • 1 buah pir
  • 1/4 buah melon
  • 2 buah kiwi
  • 1/4 buah semangka
  • 1 bungkus nutrijel(bebas rasa apa aja)
  • 100 gram mayonaise
  • 2 cup yoghurt
  • 100 ml susu kental manis sesuai selera
  • 1 sendok madu

Cara Bikin Salad Buah Segar:

  1. Seperti biasa cuci buah-buah yang disebutkan di atas tadi hingga bersih kinclong kemudia kupas buah yang perlu dikupas.
  2. Setelah selesai mencuci dan mengupas buah tadi. Potong dadu semua buah dan nutrijell nya kecuali buah anggur dan kiwi.(Oh iya di sini posisi nutrijell sudah berbentuk agar-agar ya, bukan bentuk serbuk lagi. Jadi disarankan untuk membuat nutrijel nya dulu)
  3. Setelah semuanya dipotong dadu kecil-kecil, sekarang masukkan buah potong tadi ke wadah atau gelas besar untuk penyajian nya.
  4. Sekarang kita membuat sausnya.

Membuat saus:

  1. Siapkan mangkuk besar untuk menjadi tempat adonan.
  2. Masukkan mayonaise dan susu kemudian aduk hingga rata
  3. Setelah kedua bahan tadi tercampur dengan rata, masukkan yoghurt yang diiringi dengan madu yang sudah disiapkan tadi
  4. Jika dinilai kurang manis, kalian bisa menambahkan susu kental manisnya, tapi jangan banyak-banyak nanti diabetes.
  5. Setelah semuanya selesai diaduk, tuangkan adonan tadi ke dalam wadah atau gelas besar yang berisi buah-buahan dan nutrijell yang sudah disiapkan tadi.

3. Resep Salad Buah Naga

Bahan bahan:

  • 1/4 buah naga ukuran besar
  • 1/4 buah apel hijau
  • 1/2 buah quini
  • Buah pepaya matang secukupnya
  • Jeruk kaleng secukupnya
  • 2 sendok makan yoghurt
  • 2 sendok makan mayonaise
  • 1 sendok makan susu kental manis

Cara Bikin Salad Buah Naga:

  1. Sama seperti pada resep sebelumnya, cuci semua buah yang ada hingga bersih, kemudian potong-potong dadu atau secara rapi tergantung selera kalian.
  2. Kemudian masukkan ke dalam wadah yang sudah disediakan dan setelah ini kita akan membuat sausnya

Membuat saus:

  1. Masukkan yoghurt ke dalam wadah terpisah
  2. Kemudian campurkan dengan mayonaise dan aduk kembali hingga merata
  3. Jangan lupa tuk memasukkan susunya dengan satu sendok makan, sebenarnya ini opsional kalo kalian suka dengan salad yang creamy bisa juga 2 atau 3 sendok, tidak harus sama dengan admin.
  4. Aduk semuanya sampai merata, setelah rata bisa ditambahkan keju di atasnya sebagai topping. Ini juga opsional bagi kalian penikmat keju mungkin bisa memadukannya.

Itu dia bund ketiga resep andalan mimin yang bisa kalian terapin di rumah dan juga tentunya kalian jajal satu satu, jangan lupa kabarin mimin ya gais hasilnya gimana, selamat mencoba!!!

Menanam Bunga Matahari Sendiri Di Rumah Mudah dan Cepat

Menanam bunga matahari tidak hanya bisa dilakukan oleh para petani bunga matahari. Anda juga bisa menanam bunga matahari sendiri di rumah anda walaupun skalanya kecil. Seperti yang kita tahu, bunga matahari biasa digunakan sebagai tanaman hias dan dijadikan olahan kuaci.

Akan tetapi, tidak banyak orang yang tahu kalau bunga matahari bisa diolah menjadi sop bunga matahari. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menanam bunga matahari sendiri di rumah anda. Berikut ini ulasannya.

Menanam Bunga Matahari Sendiri

Dalam tahapan menanam bunga matahari agar tumbuh subur, ada beberapa hal yang pastinya anda penuhi. Hal tersebut meliputi beberapa hal salah satunya dalam pemilihan bibit atau biji bunga matahari, perlakuan penyemaian bibit bunga matahari. Berikut tahapan yang bisa anda terapan:

A. Pemilihan Bibit Unggul Bunga Matahari

Sebelum anda menanam bunga matahari, anda harus menentukan dan mengetahui mana bibit bunga matahari yang berkualitas.

Memilih bibit yang bekualitas berkualitas akan berpengaruh terhadap bunga yang dihasilkan.

Berikut Ini adalah Ciri-Ciri Indukan Bunga Matahari yang Berkualitas:

  • Tinggi batang sekitar 1-3 meter.
  • Batang yang berkualitas berbentuk basah.
  • Daun bunga matahari tunggal dan berbentuk hati.
  • Bunga yang di hasilkan besar.

Berikut Ciri Benih dari Beberapa Varietas :

  • Mammoth grey memiliki ciri-ciri benih berwarna putih, berukuran besar, dan memiliki corak garis hitam-coklat.
  • Evening sun memiliki ciri-ciri benih  yang memiliki variasi warna mulai dari putih sampai hitam.
  • Velvet queen memiliki ciri-ciri benih yang berukuran lebih kecil.

B. Penyemaian Bibit Bunga Matahari Secara Tepat

Setelah memilih biji atau benih bunga matahari yang tepat dan sesuai, maka tahapan selanjutnya anda bisa melakukan penyemaian bibit atau biji bunga matahari yang sudah dipiliha dan siap semai.

Tujuan dari penyemaian bibit atau biji bunga matahari ini untuk mendapatkan pertumbuhan bibit bunga matahari yang seragam saat siap ditanam nantinya.

Anda Bisa Menerapkan Tahapan Penyemaian Seperti Berikut:

  1. Sebelumnya periksa suhu lingkungan sekitar tempat anda ingin menanam bunga matahari, bunga matahari biasanya agar dapat tumbuh besar dan menghasilkan biji baru memerlukan 80-120 hari tergantung varietas.
  2. Suhu yang tepat agar bunga matahari tumbuh bagus berada dikisaran 64-91°F atau 18-33°C.
  3. Untuk benih atau biji bunga matahari yang dipilih sebelum disemai pastikan untuk direndam terlebih dahulu dengan Pupuk Organik Cair  dengan takaran dosis 1 gelas aqua untuk 10 liter air selama 6 jam.
  4. Setelah perendaman dengan Pupuk Organik Cair, maka biji bunga matahari dikeringkan lalu taruh pada tissue.
  5. Dengan cara melipat benih dalam tissue. Ini bertujuan untuk merangsang benih agar menjadi lebih bagus saat di tanam karena tunas telah muncul. Basahi tissuenya sedikit saja dan jangan sampai terlalu basah.
  6. Lalu letakkanlah biji bunga matahari yang sudah anda siapkan di tengah tissue kemudian lipat. Waktu yang dibutuhkan untuk benih muncul ke permukaan tanah setelah ditanam sekitar 11 hari, bila di letakkan pada tissue biarkan saja selama 1-2 minggu kemudian di tanam.
  7. Kemudian anda bisa memotong tepi kulit biji (jika perlu), jika dalam 2 – 3 hari tidak tumbuh maka potong tepi bijinya hati-hati jangan merusak benih bagian dalam kemudian di tetesi air agar lembab.

Persiapan Media Tanam Bunga Matahari Sendiri

Tahapan selanjutnya yang bisa anda lakukan setelah proses penyemaian, yaitu memulai persiapan media tanam. Jika anda menanam bunga matahari dengan lahan yang cukup luas, maka ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk menunjang pertumbuhan tanaman bunga matahari.

Selain itu bisa juga anda menanam bunga matahari pada pot atau polybag, berikut tahapan yang perlu anda terapkan:

A. Cara Pengolahan Lahan Tanam Secara Tepat

  1. Media tanam untuk bunga matahari dari kombinasi tanah dan kompos yang di campur dengan perbandingan 3:1.
  2. Gunakanlah pupuk kompos agar nutrisi pada kompos menyatu dengan tanah karena mengandung unsur hara makro dan mikro yang membuat tanah menjadi subur. Selain pemberian pupuk kompos pemberian pupuk dengan takaran dosis 150 kg/ha dengan cara ditebar secara merata ke sekitar lahan.
  3. Kombinasi selanjutnya anda bisa menggunakan pupuk cair sebagai salah satu stimulant atau booster tanah yang akan memaksimalkan kualitas tanah. Dengan takaran dosis 5 kg/ha dengan 1 gelas air, untuk pengaplikasiannya dengan menyemprot pada tanah dalam kondisi tanah basah atau lembab.

B. Persiapan Media Tanam Dalam Pot atau Polybag

Selain menanam pada lahan atau kebun yang luas, anda juga bisa membudidayakan Bunga matahari dalam skala besar hanya dengan media pot.

Dalam cara menanam bunga matahari, bunga matahari tidak membutuhkan persyaratan yang khusus tetapi tetap di sarankan untuk menyiapkan tanah yang gembur untuk memudahkan proses penyerapan air.

Berikut Tahapan Menanam Bunga Matahari Dalam Pot:

  1. Penanaman benih ke media di jalani dengan metode menancapkan bagian yang runcing kuaci ke media tanam jangan di benamkan seluruhnya serta sisakan bagian atas untuk tetap timbul permukaan.
  2. Pembibitan bunga matahari bisa di semaikan pada polybag ataupun pot. Kombinasi pada polybag menggunakan tanah, kompos serta arang sekam dengan perbandingan 1: 1: 1.
  3. Untuk mengoptimalkan perkembangan, anda dapat menambahkan pupuk organik dengan metode disebar secara menyeluruh kedalam pot.
  4. Setelah itu anda dapat mengkombinasikannya dengan pupuk cair dengan takaran dosis 25 ml/pot dengan metode menyemprot secara menyeluruh kedalam tanah.
  5. Sehabis itu di siram dengan air seperlunya serta tempatkan pada ruang yang tidak terpapar cahaya matahari langsung. Penyiraman di jalani teratur supaya tumbuhan lembab.

Sekian pembahasan kali ini tentang bagaimana cara menanam bunga matahari sendiri. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba teman-teman!

Ciri Ciri Pemasaran Online yang Berkualitas

Ciri Ciri Pemasaran Online

Ciri ciri pemasaran online yang berkhualitas, agar sesuai tujuan anda. jangan sampai boncos ketika anda memasarkan suatu produk.

Tepat Produk

Produk adalah salah satu konsep penting pemasaran yang merujuk pada segala sesuatu berupa barang, jasa atau ide yang dapat ditawarkan kepada pasar guna memenuhi kebutuhan atau keinginan pasar.

Jika konsumen memutuskan untuk membeli produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya berdasarkan beberapa faktor seperti nilai estetika produk, fungsi produk, faktor penunjang psikologis, dan pelayanan yang menyertai penjualan produk, dapat dikatakan bahwa ini adalah ciri pemasaran yang baik.

Tepat Jumlah

Tepat jumlah dalam pemasaran terkait dengan prinsip pembelian yang dilakukan oleh konsumen. sesuai jumlah  adalah jumlah produk atau layanan yang dapat dibeli pada suatu waktu dengan total biaya minimum yang dikeluarkan oleh konsumen dan pengecer serta kebutuhan konsumsi pelanggan dengan kebutuhan persediaan produk atau layanan dari pengecer.

Hal ini tergantung pada jumlah dan ukuran yang tepat dari produk atau layanan yang akan dijual. Ketepatan antara jumlah produk atau layanan yang dijual dengan jumlah pembelian produk atau layanan oleh konsumen merupakan salah satu ciri pemasaran yang baik.

Tepat Harga

Harga adalah salah satu bagian dari bauran ciri-ciri pemasaran yang baik yang merujuk pada nilai yang disematkan pada sebuah produk atau layanan. Dalam pengertian secara luas, harga merupakan jumlah keseluruhan dari nilai yang konsumen berikan untuk memperoleh kepuasan atau keuntungan dengan memiliki atau menggunakan sebuah produk atau layanan.

Harga sebuah produk atau layanan biasanya tergantung pada beberapa faktor seperti biaya produksi, target sasaran, kemampuan pasar untuk membayar, dan faktor langsung dan tidak langsung lainnya yang berkaitan dengan penawaran dan permintaan.

Pemasaran yang baik ditandai dengan adanya harga yang tepat, yang tidak hanya mengacu pada keseimbangan harga pasar melainkan juga harus bersaing dan menarik di mata konsumen.

Tepat Media Komunikasi

Media komunikasi dalam pemasaran adalah macam-macam media komunikasi yang digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan kepada konsumen. Media komunikasi yang dimaksud dapat dibagi ke dalam dua kelompok. Pertama, media komunikasi tradisional yang meliputi media massa cetak dan elektronik seperti surat kabar, radio, dan televisi. Kedua, media baru yang meliputi media komunikasi modern seperti surat elektronik dan media sosial.

Masing-masing jenis media memiliki kelebihannya sendiri. Pemasaran yang baik ditandai dengan tepatnya sarana komunikasi dalam pemasaran produk. atau jasa yang digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan; sesuai dengan strategi dan anggaran serta dapat diukur dan dinilai efektivitasnya dalam setiap kampanye pemasaran yang dilakukan.

Tepat Waktu

Yang dimaksud dengan tepat waktu sebagai ciri-ciri pemasaran yang baik adalah waktu yang digunakan konsumen untuk membeli produk yang diinginkan dan dibutuhkan. Waktu untuk membeli produk atau layanan perlu dipahami oleh pemasar karena akan menghadirkan peluang bisnis tersendiri bagi pemasar.

Pola waktu berbelanja ini memberikan panduan bagi pemasar kapan waktu yang tepat untuk memposisikan suatu produk serta memperkenalkan produk baru ke pasar.Dengan demikian, pemasaran yang baik juga ditandai oleh ketepatan waktu berbelanja. dilakukan oleh konsumen dengan produk atau layanan yang diluncurkan oleh pemasar.

Tepat Promosi

Ciri Ciri Pemasaran Online, promosi merujuk pada jenis-jenis komunikasi pemasaran yang digunakan untuk menginformasikan atau mempersuasi khalayak sasaran tentang kelebihan suatu produk atau layanan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran, menciptakan minat, atau menciptakan kesetiaan konsumen terhadap produk atau layanan yang ditawarkan.

Karena itu, sebagai pemasar harus memahami cara komunikasi marketing yang baik dengan cara mengkombinasikan penyajian pesan yang benar kepada khalayak sasaran yang tepat dengan media komunikasi yang sesuai.

Pesan promosi disesuaikan dengan khalayak sasaran dan sesuai dengan kenyataan. Dengan demikian, pemasaran yang baik ditandai dengan adanya kesesuaian antara pesan promosi dengan khalayak sasaran.

Media Promosi Pemasaran Online yang Populer Tahun 2020

Media Promosi Pemasaran Online Media Promosi Pemasaran Online

Hadirnya sosial media promosi pemasaran online  yang didukung oleh kekuatan internet. saat ini berpotensi mendukung keberhasilan promosi suatu usaha atau produk dengan mudah, cepat dan murah, bahkan tanpa modal sama sekali.

Apalagi dengan berbagai sarana beragam internet tools yang ada seperti website, blog, sosial media dan sifatnya yang global, real time dan praktis membuat kegiatan promosi usaha Anda akan lebih maksimal karena jangkauannya yang luas dan hampir tidak terbatas.

1. Facebook

Media sosial satu ini masih menjadi pilihan banyak orang untuk menjalin komunikasi dengan rekan dan keluarga. Keberadaan mereka menjadi salah satu alasan mengapa Facebook menjadi media sosial yang banyak dijadikan media promosi pemasaran online selain di situs bisnis.

Penggunaan Facebook sebagai media promosi pun diakui relatif mudah oleh para pemain bisnis online. Bahkan tidak sedikit dari para pebisnis yang sudah memiliki toko fisik pun memanfaatkan Facebook sebagai media promosi pemasaran online.

Tidak jarang juga bisnis yang sukses bermula dari mengenalkan produk mereka melalui Facebook. Bagaimana cara agar promosi melalui Facebook cukup sukses? Pertama, pastikan halaman utama Facebook Anda menarik konsumen karena hal ini akan menjadi daya tarik yang membuat calon konsumen memberikan LikeLike inilah yang menjadi langkah kedua yang harus Anda dapatkan sebanyak mungkin. Ketiga, jangan lupa untuk mengenali target pelanggan dengan mencari orang-orang yang memiliki ketertarikan dengan halaman Facebook Anda. Terakhir, fokuslah untuk membuat konten yang menarik.

2. Twitter

Selain Facebook, Twitter juga menjadi salah satu media sosial online yang banyak digunakan sebagai media bisnis online. Meski awalnya hanya didesain untuk bisa berbagai status yang terkenal dengan maksimal 160 karakter, kini Twitter mampu menjadi media yang cukup ampuh untuk memasarkan produk.

Media ini dinilai mudah dijangkau oleh pelanggan toko online manapun karena dengan ponsel cerdas (smartphone)  masyarakat dapat dengan mudah mengakses microweb satu ini.

Beberapa cara untuk memaksimalkan promosi dan pemasaran produk melalui Twitter adalah dengan memperbanyak jumlah follower. mengirimkan tweet secara teratur, mempromosikan situs secara teratur, menentukan waktu posting tweet, menyewa buzzer untuk meningkatkan promosi, atau dengan saling promo akun twitter bisnis online lainnya.

3. Instagram

Nampaknya media sosial satu ini sekarang sedang menjadi primadona media bisnis online. Selain karena bisa menampakkan foto produk juga karena caption yang bisa ditulis dengan lebih panjang dibandingkan Twitter.

Instagram juga mudah diakses dari ponsel cerdas dan sedang menjadi media sosial pendongkrak eksistensi paling tinggi di kalangan anak muda. Inilah kesempatan bagi Anda untuk mempromosikan produk dan bisnis dengan mudah karena calon konsumen pun lebih banyak berkumpul di media sosial ini.

Hashtag adalah salah satu kekuatan promosi yang luar biasa jika Anda menggunakan Instagram sebagai media bisnis. Selain itu, aktif berinteraksi dengan para pelanggan juga menjadi salah satu trik yang bisa membuat pelanggan menaruh perhatian lebih pada bisnis Anda.

4. Path

Path awalnya dikenal sebagai media sosial yang eksklusif karena keterbatasan jumlah teman yang bisa ditambahkan pada akun ini. Meskipun begitu, bukan berarti akun ini tidak bisa dijadikan media promosi dan pemasaran online.

Dailybeautyhouse merupakan salah satu bisnis yang melengkapi promosi mereka dengan menggunakan Path. Bisa dikatakan bahwa Path merupakan bentuk private dari Facebook dan Twitter namun bukan berarti media sosial satu ini tidak bisa memberikan Anda kesempatan memperluas jaringan dan pasar.

5. Kaskus

Media sosial satu ini tidak perlu diragukan lagi kemampuannya dalam mempromosikan produk. Kaskus dikenal sebagai market place yang banyak digunakan untuk berjualan dan dianggap sebagai media sosial paling ampuh untuk berbisnis. terlebih dengan hadirnya Forum Jual Beli.

Memang perlu Anda ketahui bahwa tidak mudah melakukan promosi dan bisnis di Kaskus karena banyaknya penipuan dari bisnis online yang bermula di media sosial ini namun bukan berarti tidak mungkin Kaskus dijadikan media bisnis yang ampuh.

Baca juga : Jenis Jenis Pemasaran Online

6. Google+

Media sosial pesaing Facebook yang bisa menjadi media promosi dan pemasaran online Anda adalah Google+. Dengan menggunakan akun ini, banyak pebisnis yang akhirnya mampu mempromosikan bisnis online mereka.

7. Youtube

Website broadcast yang didirikan pada tahun 2005 ini telah menjadi media banyak orang dalam mengekspresikan diri mereka melalui video. Youtube merupakan salah satu website yang saat ini sangat diminati oleh banyak orang dari segala golongan, usia dan jenis kelamin.

Oleh karena mempromosikan bisnis di Youtube sudah merupakan bagian wajib dari sebuah rencana promosi suatu usaha. Langkah utama jika ingin mempromosikan bisnis pada Youtube adalah mengupload video. melalui akun pribadi lalu pilih kategori yang tepat untuk jenis bisnis yang akan dipromosikan.

judul video haruslah menarik dan mengandung banyak keywords yang banyak digunakan orang untuk memperbesar kemungkinan muncul pada laman pertama pada Youtube saat hasil pencarian video terkait keywords keluar.

Cara Menanam Bawang Merah Dari Biji Hingga Panen

Cara menanam bawang merah dari biji merupakan cara atau langkah awal dalam menanam bawang merah. Bawang merah merupakan bahan yang penting dalam berbagai macam masakkan. Salah satu contoh masakkannya adalah sayur sop.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menanam bawang merah dari biji hingga proses panen. Berikut ini ulasan lengkapnya yang sudah kami rangkum untuk anda.

Cara Menanam Bawang Merah Dari Biji : Menyiapkan Penanaman

1. Pilih Jenis Bawang Merah Yang Ingin Anda Tanam

2. Tentukan Bagaimana Anda Menanam Bawang Tersebut

3. Ketahui Kapan Waktunya Untuk Menanam

4. Pilih Lokasi Yang Ideal

5. Siapkan Tanahnya

Cara Menanam Bawang Merah Dari Biji : Menanam Bawang

1. Siapkan Tanahnya Untuk Menanam Bawang Merah Dari Biji

Ketika Anda sudah siap untuk menanam bawang merah, galilah tanah Anda dengan kedalaman sekitar 15,2 cm. Setelah itu, tambahkan satu lapisan pupuk fosfor (sekitar 1 cangkir per 6 meter). Gunakanlah campuran seperti 10-20-10 atau 0-20-0 maka campuran tersebut akan memberi dorongan tambahan lebih untuk perkembangan bawang merah Anda.

Pada titik ini, pastikan untuk menyingkirkan semua gulma yang muncul di petak tanah yang Anda gunakan untuk menanam bawang Anda.

2. Gali Lubangnya

Setelah anda melakukan langkah sebelumnya, maka tanam umbi bawang atau biji bawang yang sudah Anda siapkan sebelumnya dengan kedalaman tidak lebih dan tidak kurang dari dari 2,5 cm dari permukaan tanah yang sudah anda gali sebelumnya; jika terlalu banyak umbi yang ditanam, pertumbuhan bawang akan berkurang dan menyempit.

Cobalah untuk menanam umbi bawang Anda dengan jarak 10,2-15,2 cm, dan biji bawang dengan jarak 2,5-5,1 cm. Ketika bawang mulai tumbuh, Anda dapat memindahkan mereka dan memberi jarak tanam yang lebih jauh untuk meningkatkan ukuran pertumbuhan mereka.

3. Tanam Bawang Merah Dari Biji

Setelah Anda sudah menggali tanah sesuai dengan ketentuan sebelum ini, Masukkanlah biji bawang merah pada lubang yang telah Anda gali sebelumnya, lalu setelah itu tutup dengan 1,25 sampai 2,5 cm tanah. Gunakanlah tangan Anda atau sepatu Anda guna memadatkan tanah di atas bawang merah tersebut; bawang akan tumbuh dengan lebih baik pada tanah yang padat, bukan pada tanah yang gembur.

Selesaikan penanaman dengan menambahkan sedikit air pada tanah yang sudah anda tanami bawang merah, dan Anda sudah siap untuk melihat tanaman Anda tumbuh!

Bawang dari hasil cangkok membutuhkan lebih banyak air daripada tanaman bawang dari umbi atau biji, sehingga Anda harus memberi kelembaban tambahan jika Anda menanam bawang jenis ini.

4. Jagalah Media Tanam Bawang Anda

Bawang adalah tanaman yang relatif lemah, karena memiliki sistem akar yang rapuh dan mudah dirusak atau dimanfaatkan oleh gulma dan karena mendapat tarikan.

Selalu gunakan alat cangkul untuk memangkas atau memotong bagian atas dari setiap gulma yang muncul pada permukaan tanah, bukan dengan cara mencabutnya menggunakan tangan Anda; jika Anda menarik gulma itu dapat membuat akar tanaman bawang Anda ikut tertarik, dan akan membuatnya sulit tumbuh.

Coba untu selalu menyiram bawang Anda dengan kuantitas sekitar 2,5 cm air dalam tiap minggu dan seterusnya. Tambahkanlah tanaman bawang merah Anda dengan pupuk nitrogen sekali dalam sebulan untuk memberi nutrisi tambahan. Satu bulan setelah penanaman, tambahkan lapisan mulsa di antara tiap-tiap tanaman untuk mempertahankan kelembaban dan menghindari tumbuhnya gulma.

Jika Anda ingin bawang Anda terasa sedikit manis, berilah mereka lebih banyak air daripada biasanya.

Jika tanaman bawang Anda ada yang berbunga, cabutlah tanamannya. Karena, bawang tersebut telah ‘terkunci’ serta tidak akan bisa tumbuh lagi dengan ukuran atau rasa yang normal.

5. Panen Bawang Anda

Jika Anda sudah melakukan semua langkah yang sudah diberikan sebelumnya, maka bawang merah yang Anda tanam sudah siap untuk dipanen dan jika pucuk tanamannya tampak kuning keemasan; pada titik ini, tekuk pucuk tersebut sampai terhampar rata di atas permukaan tanah. Melakukan tindakan seperti ini akan memindahkan lebih banyak nutrisi  untuk memperbesar umbi bawang Anda, bukan untuk menumbuhkan tunas.

Dalam waktu 24 jam, pucuk dari bawang merah yang anda tanam akan terlihat berwarna coklat dan bawang tersebut siap untuk dicabut. Cabutlah bawang Anda dari tanah serta pangkas tunasnya sekitar 2,5 cm di atas umbi dan akar.

Cobalah untun membiarkan bawangnya kering dalam waktu kurang lebih selama satu sampai dua hari di bawah sinar matahari, kemudian pindahkan bawang Anda ke tempat yang kering yang sudah Anda siapkan di dalam ruangan selama 2-4 minggu untuk melanjutkan proses pengeringan.

  1. Siapkan tempat menyimpan bawang Anda di dalam karung yang berongga atau di atas kawat kasa yang berguna untuk memberi aliran udara yang baik ketika bawang dikeringkan. Proses ini akan membantu agar bawang Anda menjadi lebih tahan lama dan mempertahankan rasanya.
  2. Bawang yang manis akan lebih cepat membusuk karena kadar airnya tinggi, jadi konsumsi terlebih dahulu bawang jenis ini untuk mencegah pembusukan.
  3. Buang, atau potong dan gunakan, setiap bawang yang menunjukkan tanda-tanda pembusukan agar mereka tidak menyebarkan penyakit ke bawang lain yang ada di dalam penyimpanan.

Cara Marketing Online yang Efektif Agar Bisnismu Semakin Berkembang

Cara Marketing Online yang Efektif

Secara tidak langsung perkembangan bisnis online menuntut para pelaku bisnis untuk terjun di dalamnya. Termasuk melakukan penjualan pada platform digital dan melakukan pemasaran online harus dilakukan untuk menunjang kesuksesan penjualan. Berikut Cara Marketing Online yang Efektif .

1. Pasarkan Produk Anda Melalui Media Sosial

Peningkatan penggunaan media sosial dari tahun ke tahun semakin bertambah pesat. Pernyataan tersebut menjadi alasan mengapa media sosial kini menjadi media pemasaran yang sangat efektif untuk memperkenalkan produk Anda kepada target pasar luas.

Cara Marketing Online yang Efektif, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah membuat akun media sosial untuk brand Anda, seperti akun Facebook, InstagramTwitter, dan sebagainya.

Rencanakan konten yang menarik dan konsisten untuk posting media sosial, serta tuangkan pesan promosi di dalamnya untuk menawarkan produk yang Anda miliki. Sebagai contoh, apabila Anda adalah pemilih usaha fashion.

Anda dapat membuat foto yang Anda posting menarik dengan menggunakan model yang sesuai dengan produk fashion Anda. Jangan lupa buat caption yang menarik dan persuasif untuk menyampaikan pesan promosi.

2. Manfaatkan Platform Website Untuk Memperluas Audiens Produk Anda

Website sebagai platform digital dinilai sebagai media pemasaran yang baik dalam jangka waktu panjang. Meskipun berbagai forum online hadir sebagai media promosi, website tetap memiliki segmen yang luas.

Penggunaan website untuk memperkenalkan produk Anda membuat pembeli semakin percaya karena brand Anda memiliki situs yang meyakinkan. Tidak jarang calon pembeli mencari informasi terlebih dahulu tentang situs produk Anda melalui mesin pencari.

Jika situs Anda tidak dapat ditemukan, mereka bisa memiliki keraguan tentang produk Anda. Lain halnya jika Anda memiliki website produk, tentu saja pembeli menjadi lebih yakin untuk membayar produk yang Anda tawarkan.

3. Kirim Email Marketing Kepada Segmen Pasar Anda

Trik menjalankan strategi promosi yang cukup ampuh salah satunya adalah email marketing. Karena melalui media promosi ini, email marketing dinilai sebagai sarana pemasaran yang efektif dan tertarget.

Seputar info tentang produk baru atau promo, dan info lain terkait bisnis Anda dapat dikirimkan langsung kepada target audiens. Selain itu, Anda juga dapat melakukan pendekatan personal dengan pelanggan maupun calon pembeli.

Sehingga Anda menciptakan hubungan baik yang akan berpengaruh pada peluang penjualan.

4.Anda Dapat Menawarkan Audiens Sebagai Reseller Produk

Penerapan sistem reseller dapat meningkatkan penjualan produk Anda, dan termasuk strategi pemasaran yang cukup optimal. Jangkauan pasar yang lebih luas dan penjualan dalam jumlah besar menjadi jalan keluar bagi pertumbuhan bisnis Anda.

Meskipun harga yang Anda tetapkan untuk reseller jauh lebih murah, namun keuntungan yang Anda dapatkan bisa lebih besar karena produk terjual terjadi dalam kuantitas besar dan rutin.

Baca juga : Cara Memasarkan Produk Secara Online

5. Informasikan Review Produk dan Testimoni Pelanggan Kepada Calon Pembeli Anda

Adanya testimoni serta review produk dari pelanggan dinilai sangat efektif dalam membangun kepercayaan calon pembeli terhadap produk Anda. Terutama bagi calon pembeli yang masih merasa ragu dengan produk Anda, mereka harus mendapatkan bukti tentang kualitas produk.

Anda dapat memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan, karena hal ini yang akan menciptakan engagement serta membuat pembeli merasa puas dengan produk yang mereka dapatkan.

Cara Marketing Online yang Efektif untuk bisnis Anda terutama bentuk UKM merupakan trik pemasaran yang harus Anda lakukan. Anda dapat memulainya dengan mengontrol keuangan perusahaan Anda, sehingga nantinya dapat merencanakan dan membuat anggaran untuk pemasaran online.

Xendit merupakan payment gateway terbaik di Indonesia yang dapat membantu Anda mengontrol laporan keuangan perusahaan. Membantu Anda dalam melakukan penagihan-penagihan kepada pelanggan melalui fitur yang disediakan, salah satunya adalah invoice online.

Dalam melakukan pembayaran, dengan Xendit pelanggan Anda dapat memilih berbagai metode pembayaran yang akan memudahkan mereka dalam bertransaksi. Metode tersebut diantaranya transfer bankvirtual account, kartu kredit dan retail outlet seperti Alfamart.

Kemudahan yang mereka dapatkan tentu saja menjadi upaya pelayanan terbaik yang Anda berikan kepada pelanggan.

Cara Memasarkan Iklan Online Untuk Pemula

cara memasarkan iklan onlineNah, bagi Anda para pemula yang penasaran dengan cara  memasarkan iklan online yang terbilang cukup efektif untuk menjaring calon pelanggan. Sedikitnya ada empat cara memasarkan iklan online. yang bisa Anda coba dengan langkah yang mudah dan juga murah.

1. Survey Pasar dan Bidik Niche Market yang Tepat

Mengingat pasar online sedemikian luas, maka sebelum membuat toko online pastikan bila Anda telah melakukan survey pasar untuk membidik niche market yang sesuai. Jadi sebelum membuat toko online.
 kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai niche market yang hendak Anda bidik. Contohnya saja bila Anda ingin memasarkan produk baju wanita, maka perhatikan terlebih dahulu.
adakah produsen baju wanita yang menawarkan harga miring, bagaimana persaingan pasarnya, dan pastikan bila peluang pasarnya masih cukup besar.

2.Buatlah Situs Toko Online Dengan Profesional

Mengingat sekarang ini banyak kasus penipuan yang terjadi di dunia maya, maka konsumenpun mulai selektif dalam memilih lapak toko online. Untuk meyakinkan calon konsumen, pastikan bila toko online yang Anda buat terlihat profesional di mata para konsumen.
Sebagai pemula Anda bisa melakukan uji pasar dengan menggunakan toko online gratisan untuk melihat bagaimana respon dari calon konsumen, dan ketika Anda telah memiliki modal cukup besar.
selanjutnya bisa melibatkan penyedia jasa toko online untuk membuat lapak dagang yang lebih profesional.

3. Buatlah Kategori Produk yang Relevan

Selain memperhatikan niche market  yang sesuai, dalam membuat toko online sebaiknya Anda melengkapinya dengan fitur kategori produk yang relevan.  Cara Memasarkan Iklan Online ini perlu Anda perhatikan dengan baik untuk memudahkan calon konsumen dalam berbelanja.
Dengan mengelompokkan produk sesuai dengan jenisnya, maka nantinya calon konsumen juga bisa menemukan produk yang mereka cari dengan lebih mudah.

4. Aktif Berpromosi dan Kelola Konsumen Dengan Baik

Setelah toko online Anda mulai berjalan, bukan berarti tugas utama Anda sebagai pelaku usaha telah selesai. Untuk menjaga eksistensi bisnis Anda di dunia maya, Anda dituntut untuk selalu aktif berpromosi dan mengelola konsumen dengan baik.
Mulailah dengan memanfaatkan situs sosial media seperti misalnya facebook, twitter, BlackBerry Messenger, YouTube, dan lain sebagainya. Selain itu, berikan pelayanan yang cepat, tepat, dan hemat pada setiap pelanggan Anda.

5.Iklan banner

Iklan banner ini biasanya disediakan oleh blog dengan pengunjung yang cukup banyak. Banner iklan ini pada umumnya berupa gambar yang akan mengarahkan ke blog yang Anda punya.
Anda juga bisa mengiklankan produk Anda ke google melalui Google Adwords.

6. Review.

Review biasanya dilakukan oleh pemilik blog. Anda bisa menawarkan review
produk Anda pada pemilik blog dengan ketentuan yang telah Anda sepakati bersama.

7.Melalui website atau blog.

Jika mempunyai situs web atau blog mungkin Anda akan lebih leluasa untuk memasarkan bisnis Anda. Seperti yang dilakukun banyak perusahaan pada umumnya mereka menggunakan situs untuk menunjukkan siapa dirinya. Begitu pula Anda
bisa menggunakan website untuk memperkenalkan tentang bisnis apa yang Anda kelola. Anda juga bisa memanfaatkan blog guna membuat toko online.

8. Lewat jejaring sosial.

Manfaatkan situs jejaring sosial guna memasarkan bisnis Anda. Cari jejaring sosial dengan komunitas besar seperti facebook misalnya. Siapa yang tidak mengenal facebook dengan jutaan orang yang telah bergabung di dalamnya.

Anda bisa melakukanya melalui update status atau komunikasi secara langsung melalui chat. Jika Anda mempunyai situs web atau blog, Anda bisa mengarahkan mereka ke situs Anda.

Dengan menerapkan  strategi di atas, tidak menutup kemungkinan bila traffic kunjungan toko online yang Anda