Cara menanam daun bawang di botol adalah salah satu cara menanam sayuran yang bisa di bilang mudah. Cara ini bisa anda terapkan di mana saja. Apalagi jika rumah anda tidak memiliki lahan yang terlalu luas, maka anda bisa menerapkan cara ini.

Daun bawang sendiri merupakan sayuran yang sering kita gunakan pada berbagai macam sayuran terutama sayur sop. Selain mudah untuk ditanam, daun bawang juga memiliki banyak manfaat. Kali ini saya akan berikan bagaimana cara menanam daun bawang di botol dengan baik dan benar.

Simak ulasannya berikut ini.

Cara Menanam Daun Bawang di Botol Kaca

Cara menanam daun bawang yang bisa anda praktekkan di rumah dengan mudah adalah dengan cara menggunakan media botol kaca.

A. Simpan Umbi dari Daun Bawang

Biasanya anda akan membuang bagian putih dari daun bawang dan hanya menggunakan bagian hijaunya saja. Lain kali, simpanlah bagian putih dan akarnya dari daun bawang. Anda dapat menanam sendiri bagian putih yang ada akarnya daripada harus membuangnya dengan sia-sia. Setelah itu, anda dapat memproduksi daun bawang anda sendiri.

  1. Umbi dari daun bawang apapun itu sudah pasti dapat digunakan. Tapi, anda mungkin memiliki peluang dan hasil jika anda menggunakan daun bawang yang tumbuh di daerah anda. Dengan itu, anda pasti tahu bahwa mereka akan tumbuh baik pada iklim anda.
  2. Mulailah dengan daun bawang yang anda beli di pasar atau di petani.

B. Letakkan Umbi Daun Bawang dengan Akar Menghadap Bawah Botol Kaca

  1. Anda dapat menggunakan jenis botol kaca apapun. Pastikan selalu botol kaca yang anda gunakan bersih, dan tidak terkena cat. Ini bertujuan agar sinar matahari dapat masuk dengan mudah untuk menyinari bawang didalamanya.
  2. Masukkan sebanyak mungkin akar dari daun bawang yang anda ingingkan. Pastikan lagi akar dari bawang yang anda masukkan menghadap ke bagian bawah botol kaca. Hal tersebut bertujuan agar bagian hijaunya dapat tumbuh dan mencapai luar botol.

C. Tambahkan Air dan Sinar Matahari Pada Tanaman Daun Bawang

  1. Tambahkan air secukupnya hinggan menutupi bagian akar dari umbi bawang.
  2. Simpan botol yang sudah ada air dan bawangnya di tempat yang terkena sinar matahari. Dalam beberapa hari anda akan melihat akar dari bawang tadi mulai memanjang. Lalu, tunas hijau kecil akan muncul dan mulai tumbuh ke atas. Pastikan anda menjaga botol agar terisi air yang cukup untuk menutupi bagian putih dan akar bawang.

D. Mulai Panen Bagian Hijau Daun Bawang

Kalau cara menanam daun bawang anda sudah benar, maka daun bawang akan tumbuh mencapai 10-15 cm. Setelah itu daun bawang anda siap untuk dipanen. Keluarkan daun bawang dari dalam botol dan potong atau guntinglah sebanyak yang anda mau. Anda juga bisa menggunakan keseluruhannya jika anda mau.

Jika anda hanya membutuhkan beberapa potongan daun bawang, maka anda dapat memasukkan kembali akar dan umbi bawang ke dalam botol. Dan jika anda memasukkan kembali umbi dan akar bawang, umbi tersebut dapat melanjutkan pertumbuhannya untuk anda panen lagi selanjutnya.

Seharusnya anda dapat memanen bawang yang sama sebanyak 2-3 kali sebelum bawang yang anda tanam tersebut berhenti untuk tumbuh.

  1. Kalau anda memilih untuk menggunakan atau memasukkan kembali umbi bawangnya, jangan lupa untuk selalu mengganti airnya setiap minggu atau lebih. Ini bertujuan untuk menjaga daun bawang tersebut tetap tumbuh dengan baik dan segar.

Itulah bagaimana cara menanam daun bawang di botol hingga proses pemanenannya yang bisa anda terapkan di rumah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi banyak orang dan selamat mencoba!