Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan manfaat daun bayam bagi kesehatan tubuh kita. Semua orang pasti sudah tahu dan mengenal jenis sayuran yang satu ini, atau bahkan teman-teman dirumah hampir setiap hari mengonsumsi sayuran ini.

Bayam merupakan salah satu sayuran yang mengandung vitamin dan mineral yang cukup lengkap, mulai dari vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K. Itulah kandungan vitamin yang ada didalam bayam

Didalam daun bayam juga terkandung sejumlah senyawa flavonoid, yang dikenal memiliki sifat anti-karsinogenik. Berfungsi untuk memperlambat pembelahan sel dalam lambung manusia dan juga dapat mengurangi risiko kanker.

Selain itu, didalam daun bayam juga terkandung mineral-mineral utama yang dimiliki bayam seperti magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, potasium, dan sodium. Berikut ini kami akan memberikan beberapa macam manfaat daun bayam bagi keseahatan tubuh kita.

manfaat daun bayam

Manfaat Daun Bayam :

1.  Kesehatan Mata

Selain wortel, manfaat bayam juga bisa menyehatkan mata. Senyawa karotenoid yang ada pada bayam, seperti beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin, sangat mampu melindungi kamu dari penyakit penglihatan terkait usia, misalnya rabun senja maupun degenerasi makula.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Asupan vitamin K yang rendah akan mengakibatkan risiko patah tulang yang lebih tinggi. Vitamin K yang terkandung di dalam bayam dapat membantu menyerap kalsium oleh tulang sehingga tulang menjadi kuat.

Mengkonsumsi bayam sangat penting karena berfungsi sebagai pengubah protein matriks tulang serta meningkatkan penyerapan kalsium, dan juga mengurangi jumlah kalsium yang menghilang dari tubuh lewat urine. Manfaat bayam untuk tulang juga mampu mencegah terjadinya osteoporosis terutama bagi mereka yang sudah lanjut usia.

3. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Manfaat bayam berikutnya yaitu dapat menurunkan risiko menderita penyakit kardiovaskular. Karena didalam bayam sangat kaya akan serat dan mineral yang dapat menurunkan tekanan darah dan juga dapat mencegah pembentukan plak di pembuluh darah.

4. Mengurangi risiko terkena kanker

Bayam juga mengandung senyawa lutein, karotenoid, dan zeaxanthin, mampu menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Sangat sering mengonsumsi bayam, juga dapat meminimalkan risiko munculya berbagai jenis kanker.

Bonus Manfaat Bayam Bagi Kecantikan :

1. Mencegah jerawat

Kandungan senyawa di dalam bayam juga dapat membantu mengatasi pertumbuhan jerawat yang meradang. Anda bisa mengaplikasikan masker bayam yang dibuat dengan menghaluskan bayam dengan air, gunakan masker berbahan bayam ini selama 20 hingga 25 menit. Masker bayam ini dapat menghilangkan kotoran dan minyak sehingga membuat kulit kita lebih segar.

Selain masker, dengan mengonsumsi jus bayam yang dicampur dengan beberapa sayuran dan juga buah lain seperti tomat, wortel dan mentimun juga sangat baik untuk mencegah pertumbuhan jerawat dari dalam.

2. Memperbaiki sel kulit

Bayam juga mengandung vitamin C yang juga bermanfaat untuk memperbaiki sel kulit yang rusak. Vitamin C juga dapat membuat kolagen yakni protein yang berfungsi membuat sel kulit baru, jika tanpa vitamin C yang cukup kulit bakal terlihat kering.

3. Mencerahkan kulit

Bayam juga dapat mencerahkan kulit lewat kandungan sumber zat besi yang merupakan bagian penting dari hemoglobin. Protein inilah yang berfungsi mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh termasuk kulit sehingga tampak lebih segar dan juga cerah. Bayam juga kaya akan kandungan air yang baik untuk menghindari hidrasi kulit.

Mungkin hanya itulah beberapa macam manfaat daun bayam bagi kesehatan tubuh kita. Semoga artikel yang saya buat ini bermanfaat, terimakasih kepada teman-teman yang sudah membaca artikel saya dari awal sampai akhir. Kurang lebihnya mohon maaf, sekian dan sampai jumpa di artikel berikutnya.