Bayam sudah menjadi salah satu sayuran yang paling sering untuk dikonsumsi oleh kebanyakan orang. Selain mempunyai nilai gizi yang sangat tinggi, olahan dari sayur bayam saat ini pun sudah beraneka ragam. Dan sini akan saya bagi semua Manfaat Bayam Dan Bahayanya kepada teman-teman sekalian.

Manfaat Bayam Dan Bahayanya

manfaat bayam dan bahayanya

Manfaat Bayam

1. Mencegah Anemia

Manfaat sayur bayam bagi kesehatan yang sudah dikenal dari dulu adalah bisa untuk mencegah anemia. Hal ini dikarenakan bayam merupakan salah satu asupan zat besi yang baik.

Tetapi, sayur bayam juga mengandung oksalat yang dapat menghambat penyerapan zat besi bila dikonsumsi. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk menyiasatinya yaitu dengan mengonsumsi vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi.

2. Nutrisi Untuk Ibu Hamil

Sayur bayam memiliki manfaat besar untuk ibu hamil. Hal ini dikarenakan bayam mengandung folat yang sangat dibutuhkan oleh janin. Folat yang terkandung dalam bayam dapat mengembangkan sistem saraf mereka sehingga cacat pada mulut seperti celah bibir (sumbing) dapat terhindarkan.

Cacat seperti spinda bifilda (terbentuknya celah atau bahkan defek pada tulang belakang dan juga saraf pada tulang belakang) ataupun bibir sumbing bisa terjadi dikarena kekurangan asupan folat. Makanya, mengkonsumsi sayur bayam bagi ibu hamil dan juga menyusui sangatlah disarankan.

3. Menjaga Tekanan Darah

Sayur bayam mempunyai manfaat untuk menjaga tekanan pada darah. Hal ini dikarenakan bayam memiliki kandungan potasium yang dapat menurunkan tekanan darah.

Resiko terkena hipertensi pun berkurang karena folat yang menenangkan pembuluh darah. Dengan tekanan darah yang terjaga, maka stres pada sistem kardiovaskuler juga berkurang. Tubuh pun akan mendapat oksigen dengan baik.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Bayam yang kaya akan kandungan beta-karoten, xanthene serta lutein sangatlah baik bagi kesehatan mata loh. Dengan mengonsumsi sayur bayam secara rutin, kebutuhan vitamin A akan selalu tercukupi.

Dilansir dari Hellosehat, mengonsumsi bayam juga dapat mengatasi beberapa masalah pada mata seperti mengurangi rasa gatal di mata, membantu mengobati ulkus mata dan masalah lainnya. Selain itu, kandungan lutein dan xanthene dalam bayam bertugas sebagai antioksidan untuk mencegah radikal bebas yang dapat menyebabkan katarak pada mata.

5. Baik Untuk Penderita Diabetes

Bayam mempuyai manfaat yang sangatlah baik untuk para penderita diabetes. Sayur Bayam sangat banyak mengandung alpha-lipoic yang sudah terbukti efective untuk menurunkan kadar pada gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin juga untuk mencegah perubahan oksidatif yang bisa dipicu dari stres pada penderita diabetes.

Selain dari pada manfaat tersebut, sayur bayam ternyata juga efective untuk menurunkan risiko neuropati perifer serta otonom kepada pasien diabetes loh.

Bahaya Sayur Bayam

manfaat bayam dan bahayanya

1. Asam urat

Sayur bayam sangatlah tinggi akan kandungan dari purin yang kemudian metabolisme pada tubuh akan meningkatkan jumlah asam urat. Jika kalian rentan terhadap penyakit asam urat ni, segera hentikan mengkonsumsi sayur bayam yang terlalu berlebihan.

Dikarenakan jika diteruskan, akhirnya bisa mengalami nyeri sendi yang cukup serius, peradangan dan juga pembengkakan loh.

2. Batu ginjal

Bayam mengandung sejumlah besar purin. Pada saat masuk ke dalam tubuh dalam jumlah yang cukup berlebih, purin bisa diubah menjadi asam urat.

Ini sangatlah buruk bagi kesehatan ginjal dikarenakan keberadaan asam urat yang terlalu berlebihan bisa meningkatkan pengendapan pada kalsium pada ginjal yang bisa menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

3. Gangguan pencernaan

Bayam adalah sumber serat makanan yang kaya. Walaupun mengkonsumsi serat sangat baik bagi pencernaan yang sehat, tubuh kita tetap perlu waktu supaya terbiasa.

Ini sebabnya, bayam juga bisa menyebabkan sejumlah gangguan pada perut, seperti pembentukan gas pada perut, kembung, kram dan juga sembelit jika dimakan secara berlebihan.

4. Anemia

Salah satu efek samping dari mengkonsumsi sayur bayam ialah bisa menyebabkan anemia. Sayur bayam terkadang bisa menyulitkan tubuh untuk bisa menyerap sejumlah zat besi yang sangat dibutuhkan dari makanan yang telah dicerna.

Daun bayam sendiri sangat kaya akan kandungan zat besi nonheme ataupun nabati, yang tidak bisa masuk ke dalam tubuh dengan mudah. Hal ini dapat menyebabkan defisiensi besi. Karena itu, bagi penderita anemia alangkah baiknya tidak terlalu banyak untuk mengkonsumsi sayur bayam ini.

5. Alergi

Walaupun cukup langka, sayur bayam terkadang juga bisa menyebabkan reaksi pada alergi juga. Sayuran ini juga banyak mengandung histamin, yang juga bisa menyebabkan beberapa efek kepada pseudoallergic minor. Selain daripada itu, sayur bayam juga bisa menyebabkan efek samping yang lainnya seperti:

  • Penyerapan mineral yang buruk
  • Mengkonsumsi sayur bayam yang berlebihan bisa mengganggu kapasitas dari penyerapan mineral kepada tubuh kita.
  • Tanaman ini banyak mengandung asam oksalat yang sangat dikenal bisa mengikat beberapa mineral yang cukup penting seperti contohnya: kalsium, magnesium, seng, dan lain-lain.

Hal ini tentu saja bisa menghambat fungsi normal pada sistem kekebalan tubuh dan juga bisa menyebabkan berbagai penyakit yang mungkin berkaitan dengan defisiensi mineral.

Itu lah beberapa manfaat dan juga bahaya dari Manfaat Bayam Dan Bahayanya yang bisa kita ketahui. Jika teman-teman Ingin mau mencari manfaat selengkapnya teman-teman bisa mengunjungi artikelnya disini Manfaat Sayur Bayam.

Semoga bermanfaat semua yang telah saya bagikan disini, dan juga sering-sering untuk berkunjung di website kami ya…Dan Selamat Mencoba!