Makanan dari kelapa muda memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Dengan ini banyak sekali lapak yang menjual kelapa muda yang siap untuk dikonsumsi. Namun, ternyata selain daging dan airnya yang langsung bisa dikonsumsi ternyata ada juga lho, kreasi olahan makanan dari kelapa yang memanfaatkan air dan daging kelapa muda.

Salah satunya adalah kue kelapa muda. Mau tau seperti apa sih cara pembuatan keu kelapa muda yang super enak? Simak dalam artikel berikut ini yah!

Bahan – Bahan yang Digunakan Membuat Makanan dari Kelapa Muda :

  • 250 gr tepung terigu protein sedang
  • 250 gr gula pasir
  • Susu cair atau evaporated atau air kelapa & 1 kaleng susu kental manis dihaluskan
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 100 gram mentega, cairkan
  • 8 kuning telur
  • 300 gram kelapa muda serut
  • 2 sdm rum
  • Margarin secukupnya

Cara Membuat Makanan dari Kelapa Muda :

  1. Campurkan terlebih dahulu bahan-bahan seperti gula, vanili, susu dan tepung terigu. Kemudian dimasak sambil diaduk sampai menjadi kental, lalu angkat kemudian dinginkan.
  2. Kemudian masukkan kuning telur dan mentega cair lalu aduk hingga  merata, dan terakhir masukkan kelapa muda dan rum dan jangan lupa diaduk hingga merata.
  3. Langkah terakhir, tuangkan adonan ke dalam loyang tahan panas yang telah dioles dengan margarin. Panggang dengan suhu 180 derajat selsius selama kurang lebih 35 menit. Lalu angkat dan biarkan dingin sebelum dikeluarkan.
  4. Hidangkan.

Manfaat Makanan dari Kelapa Muda Bagi Kesehatan

1. Menurunkan Kolesterol

Dengan ini manfaat daging kelapa muda ini selain bisa menurunkan jumlah lemak jahat dalam tubuh untuk menurunkan serta menjaga berat badan, ternyata juga bermanfaat untuk meredakan penyakit berbahaya seperti kolesterol dan menjaga kesehatan jantung jika dikonsumsi secara rutin. Selain itu dalam penyembuhan, daging kelapa muda ini dapat dikonsumsi sebagai pencegahan terhadap penyakit kolesterol dan jantung.

2. Detoksifikasi Tubuh

Dengan ini macam makanan yang kita konsumsi selama ini sering kali tak kita sadari tentang kandungan yang ada didalamnya. Bisa jadi makanan yang selama ini kita konsumsi mengandung banyak racun yang berbahaya bagi kesehatan tubuh seperti penyebab perut kembung, diare, dan penurunan kesehatan lainnya.

Maka dari itu, kita harus segera menyadari dan melakukan tindakan untuk menghindari berbagai macam penyakit yang bisa disebabkan oleh racun yang tak sadar kita makan melalui apa yang kita konsumsi. Cara membersihkan racun tubuh atau yang biasa disebut detoksifikasi dapat dilakukan dengan berbagai cara yang sederhana.

3. Pembangkit Energi

Daging kelapa muda yang segar  juga bermanfaat untuk membangkitkan energi pada tubuh kita. Hal ini sangat cocok untukmu yang sering melakukan aktivitas berat yang membutuhkan banyak energi atau membuang banyak energi. Dengan daging kelapa ini akan menggantikan energi yang hilang akibat aktivitas sehari-hari.

Dengan energi yang cukup baik pada tubuhmu, maka semua organ tubuh akan bekerja dengan baik pula sehingga dapat menunjang aktivitas yang kamu lakukan agar tetap berjalan secara optimal tanpa mudah lelah.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Asam lemak yang terkandung dari daging kelapa muda dapat meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh yang tentu saja berhubungan dengan metabolisme tubuh. Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, maka kemungkinan untuk terkena  berbagai penyakit dapat diminimalisir.

Dengan metabolisme tubuh yang berfungsi normal dan baik, maka fungsi seluruh sistem pada tubuh akan baik pula. Begitupun juga , jika sistem metabolisme tubuh tidak normal, maka akan membahayakan terhadap sistem kerja seluruh organ tubuh.

5. Memperkuat Tulang

Fosfor adalah salah satu kandungan yang terdapat pada daging kelapa muda. Fosfor sendiri ini sangat bermanfaat terhadap kesehatan tulang yaitu dapat memperkuat tulang dan gigi. Hal ini tentu saja dapat bermanfaat bagi kita untuk menghindari berbagai macam penyakit pada tulang seperti osteoporosis.

Oke sobat demikian adalah artikel tentang resep makanan dari kelapa muda  dengan berbagai kreasi dan sedikit tentang manfaatnya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan kalian bisa mencoba membuatnya sendiri dirumah. Selamat mencobanya semoga berhasil.