Macam PK Ac Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membelinya- Kita sering mendengar istilah PK pada Air Conditioner (AC), namun masih banyak orang yang belum memahami maksud dan arti dari istilah PK ini dan bagaimana cara perhitungannya.

Menurut Quality Technic, sebagai salah satu perusahaan penyewaan ac terbesar di indonesia mengatakajan bahwa, “dalam ukuran besaran Air Conditioner (AC) ada perbedaan yang signifikan terhadap suhu dingin yang dihasilkan.”

Untuk lebih jelasnya mengenai apakah PK itu dan bagaimana kaitannya dengan ukuran kebutuhan AC yang kita inginkan? Yuk, mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Macam PK Ac Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membelinya- Macam PK Ac Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membelinya-1 (satu) PK (Paard Kracht) = 735.5 watt = 0.986 HP (Horse Power). 1 (satu) PK cukup untuk mendinginkan ruangan seluas 50 m3 (LxPxT=4x5x2.5) dan itu masih tergantung dari sumber panas di dalam ruangan tersebut.

PK merupakan istilah dari bahasa Belanda yang berarti Tenaga Kuda, maka di Indonesia juga suka memakai istilah TK. 1 PK (Paard Kracht) hampir sama dengan 1 HP (Horse Power).

Mengapa diklasifikasikan demikian? Karena kekuatan kuda Belanda beda dengan kuda Inggris dan +/- 750 watt (dibulatkan, biar lebih mudah mengingatnya).

  • 1 HP = 9000 BTU (British Thermal Unit )
  • 1/2 HP = 4500 BTU.

Macam PK Ac Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membelinya- Macam PK Ac Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membelinya- Dari BTU (British Thermal Unit) inilah kemampuan pendinginannya dilihat. Jadi, kalau ada AC yg menyatakan 1 PK dan HANYA mengkonsumsi listrik sebesar 600 watt, coba lihat kemampuan BTU nya, apa benar bisa semampu 1 PK yang memiliki besara 9000 BTU?

macam pk ac

Di sini saya coba memberikan cara perhitungan sederhana dalam menentukan kapasitas AC yang sesuai untuk ruangan anda.

Servis AC Jogja-Kapasitas AC dihitung dalam satuan BTU (British Thermal Unit) tetapi untuk Indonesia orang lebih mengenal kapasitas AC dalam satuan PK (Paard Kracht).

Kapasitas AC Btu Untuk Ruangan Tegangan
½ PK 5000 Btu 3m x 3m 300 – 400 Watt
¾ PK 7000 Btu 4m x 3m 500 – 600 Watt
1 PK 9000 Btu 4m x 4m 800 – 900 Watt
1 ½ PK 12000 Btu 4m x 6m 1000 – 1200 Watt
2 PK 18000 Btu 6m x 8m 1700 – 1900 Watt
2,5 PK 24000 Btu 8m x 8m 2200 – 2500 Watt
3 PK 27000 Btu 10m x 8m
5 PK 45000 Btu 10m x 10m

 

Lalu apa yang dimaksud dengan PK ? kok ada 1/2 PK, 3/4 PK, 1 PK, 2 PK dst ?

Macam PK Ac Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membelinya- PK adalah singkatan dari bahasa Belanda “Paardekracht” yang artinya tenaga kuda, atau bahasa Inggrisnya adalah HP (horse power).

1 PK = 735.5 watt / jam = 0.986 hp.

Jika ada AC 1 PK, itu artinya adalah : tenaga listrik yang digunakan kompresor AC adalah sekitar 735,5 watt (ada juga yang bilang 750 watt) dalam 1 jam.  Tapi itu belum ditambah rugi daya, kipas pendingin indoor maupun outdoor. Terkadang AC 1 PK bisa menyedot listrik sekitar 1 KWh bahkan lebih.

Penggunaan Listrik

Macam PK Ac Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membelinya- AC anda bekerja amat keras sehari harinya. AC yang terletak di kamar tidur bisa menyala lebih dari 9 jam sehari. Tentu masuk akal apabila anda memilih AC yang hemat listrik. Pilihlah AC secara tepat karena penggunaan AC yang tidak sesuai dapat memboroskan biaya tagihan listrik anda. Misalnya AC kamar tidur anda yang menyala lebih dari 9 jam sehari bahkan lebih tentu penting anda memilih AC yang hemat listrik.

Pastikan anda membandingkan AC setelah diketahui PK yang anda butuhkan dari AC anda. Misalnya ruangan saya ini pakek 1Pk atau 1,5PK itu bisa di hitung penggunaan daya listriknya.  Dan jangan membandingkan AC 0.5 PK dengan AC 1.5 PK karena itu seperti membandingkan apel dan jeruk terlalu beda jauh.

Pada saat membandingkan anda juga harus menghitung berapa watt penggunaan AC pada saat tarikan awal (pertama dinyalakan) hingga pada saat berjalan. Karena AC tipe inverter akan menggunakan daya listrik yang lebih tinggi pada saat tarikan awal setelah AC berjalan akan menggunakan daya listrik normal.

Tipe Standard, Low Watt atau Inverter ?

Ada tiga tipe dalam memilih jenis AC untuk ruangan Anda, jangan salah memilih dari tiga tipe ini karena ini akan amat berpengaruh pada konsumsi daya listrik. Pada Tipe Split AC saat ini dibagi menjadi 3 tipe yaitu AC Standard, AC Low Watt dan AC Inverter. Tipe AC Low Watt secara pengertian adalah sama dengan tipe Standard yang penggunaan daya pada kompressornya dikurangi supaya hemat listrik. Tipe AC Low watt biasanya cocok digunakan untuk rumah yang mempunyai daya listrik kecil. Dengan begitu cara kerja AC tipe low watt dan tipe standard adalah sama.

Berbeda dengan tipe inverter dimana AC inverter akan bekerja begitu keras di tarikan awal karena untuk mendinginkan ruangan dengan cepat. Ini bedanya dengan tipe low watt, kalau tipe inverter bisa lebih cepat mendinginkan suatu ruangan.Sedangkan tipe low watt membutuhkan waktu agak lama untuk mendinginkan suatu ruangan.Tetapi pada saat suhu ruangan sudah mencapai suhu yang disetel di remote maka AC inverter akan mengurangi kinerjanya sehingga penggunaan watt akan relatif lebih rendah. Tipe AC inverter memakai watt yang amat besar untuk tarikan awal pada saat menyalakan AC, lalu penggunaan watt akan menurun dan relatif rendah pada saat ruangan sudah dingin.

Berikut kesimpulan cara mudah memilih tipe AC yang tepat :

  • Rumah anda memiliki daya listrik rendah -> Gunakan AC Low Watt
  • Pintu ruangan AC anda sering dibuka tutup -> Gunakan AC Standard
  • AC Anda sering dimati nyalakan -> Gunakan AC Low Watt
  • AC anda hanya bekerja untuk waktu pendek (2-3 jam sekali pakai) -> Gunakan AC Standard atau Low Watt
  • AC anda nyala dalam kondisi lama (6 jam+) di ruangan yang tidak buka tutup (contoh di ruang kamar tidur, ruang server) -> Gunakan AC Inverter

Guna memastikan keamanan dan kenyamanan pelayanan, Anda harus memilih tempat terpercaya yang menyediakan jasa perawatan pendingin ruangan Anda. Salah satu caranya yang sangat efektif adalah dengan menggunakan jasa Service AC Jogja yang sudah berpengalaman di bidang Service AC Jogja.

Nah,itulah penjelasannya.Semoga bermanfaat:)