Pada kesempatan kali ini kami akan memberitahukan macam macam sushi dan manfaatnya. Sushi adalah salah satu makanan khas Jepang yang berisi nasi dang dibentuk serta di isi lauk yang berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau yang sudah dimasak. Nasi yang digunkan memiliki rasa asam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam, dan gula.

Kuliner yang satu ini menjadi menu makan favorit sebagian warga Indonesia. Sangat mudah sekali untuk mencari makanan ini di beberapa kota besar di pulau Jawa. Kota di luar Pulau Jawa juga sudah banyak restoran yang menyediakan sushi dan menawarkan berbagai aneka jenis dan rasa yang bikin ketagihan.

Tapi tahukah anda kalau di Jepang banyak berbagai jenis jenis sushi? Namun biasanya di Indonesia hanya beberapa jenis saja. Berikut ini kami akan memberitahukan beberapa macam jenis sushi yang ada di Indonesia. Untuk cara membuatnya anda bisa kunjungi artikel cara membuat sushi.

macam macam sushi

Macam Macam Sushi :

1. Oshizushi Sushi

Oshizushi merupakan salah satu sushi yang ditata serta dibentuk dengan balok bambu. Sushi ditekan agar bentuknya sempurna dan tertata rapi, dan juga agar mudah ditata. Untuk toping dari sushi ini sangat beragam, mulai dari rumput laut hingga irisan daging ikan.

2. Inarizushi

Sushi yang satu ini berbeda dengan sushi yang lainnya karena dibalut dengan nori, Inarizushi ini dibungkus dengan kulit tahu. Biasanya sushi ini disebut aburage yang telah dimasak dengan kecap asin serta tambahan gula. Nggak heran kalau rasanya sedikit manis. Tidak ada isian di dalamnya, karena aburage memiliki banyak kandungan protein.

3. Uramaki Sushi

Uramaki sushi adalah sushi yang berasal dari Amerika. Sushi ini berbeda dengan sushi yang lainnya, karena kertas norinya berada di dalam dan nasinya berada di luar sebagai pembungkus luarnya. Isiannya tetap sama seperti, buah, sayur, dan aneka potongan seafood.

4. Temaki Zushi

Sushi yang satu ini sering kali dihidangkan dengan cara si penikmatnya membuat sendiri bentuk sushi rollnya. Sushi ini dalam bahasa jepang memiliki arti digulung ‘dengan tangan’.

5. Norimaki

Norimaki merupakan jenis sushi yang paling sering dijumpai di beberapa restoran yang ada di Indonesia. Sushi ini dibaluti kertas nori dan di beri isian sesuai selara anda. Biasanya sushi ini disajikan dengan isian telur, daging sapi, dan irisan mentimun.

6. Sashimi Sushi

Buat yang suka makan daging ikan mentah segar anda bisa pilih sashimi sushi deh. Biasanya cara memakannya dicocol dengan saus manis atau asin, agar bau amis daging ikan laut tidak terasa. Sushi ini juga termasuk ke dalam jenis nigiri karena proses membuatnya sama.

7. Gunkan Sushi

Pernah melihat sushi yang dibungkus dengan kertas nori atau irisan mentimun? Sushi yang satu ini namanya Gunkan, yang berarti kapal perang. Karena bentuknya juga sangat mirip dengan kapal perang.

8. Nigiri

Sushi yang satu ini terbuat dari nasi yang dikepal lalu kemudian dilapisi dengan ikan maupun seafood lainnya yang ditaruh di atasnya.

9. Futomaki

Sushi roll yang satu ini memiliki ketebalan yang lebih besar daripada sushi pada umumnya. Sushi ini biasanya berisi aneka isian yang berjumlah 7 macam dan biasanya isiannya sudah dimasak terlebih dahulu seperti isian chicken crispi dan selada.

10. Temari Sushi

Sushi yang satu ini berbentuk bulat seperti bola tenis dan berisikan bahan yang sudah matang yang sudah di masak sebelumnya.

Mungkin itulah macam macam sushi yang hanya bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Kurang lebihnya mohon maaf, terimakasih untuk teman-teman yang sudah membaca artikel saya dari awal sampai akhir dan sampai jumpa diartikel berikutnya.