Beraneka macam rempah yang tersebar di Indonesia. Namun banyak orang yang tidak mengenal macam macam rempah tersebut dan manfaatnya untuk kesehatan.

Rempah menjadi salah satu komoditi hasil pertanian di Indonesia. Harganya pun terbilang lumayan sehingga banyak negara asing yang menginvansi Indonesia karena kekayaan Indonesia akan rempah rempah.

 

Macam Macam Rempah Rempah dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

macam macam rempah rempah dan manfaatnya

Berikut ini beberapa macam macam rempah rempah dan manfaatnya yang bisa dengan mudah anda dapatkan.

Cengkeh

Cengkeh (Syzygium aromaticum) merupakan bagian dari kuncup bunga dari keluarga pohon jambu biji (Myrtaceae).

Selain sebagai bahan utama dalam pembuatan rokok kretek dan jamu di Indonesia, khasiat cengkeh juga biasa digunakan untuk bumbu masakan pedas di negara-negara Eropa.

Untuk pengolahan cengkeh dengan kualitas yang baik, para produsen biasanya menggunkan mesin cengkeh.

Kemiri

Kemiri (Aleurites moluccana) merupakan tumbuhan yang bijinya digunakan sebagai sumber minyak dan rempah-rempah.

Dalam perdagangan internasional kemiri dikenal dengan sebutan candleberry, indian walnut, atau kemiri. Pohon itu dikenal dengan nama vanish tree atau kukui nut tree.

Minyak yang diekstrak dari biji kemiri bermanfaat di berbagai industri, misalnya di industri cat sebagai campuran, industri kesehatan sebagai campuran penyubur rambut atau pelembab kulit.

Kayu Manis

Salah satu jenis bumbu dapur yang sangat terkenal dengan aromanya yang khas adalah kayu manis. Kayu manis (Cinnamomum verum) merupakan jenis bumbu dapur yang memiliki aroma kuat, manis dan pedas.

Kayu manis adalah salah satu bumbu masak tertua, bahkan digunakan sekitar 5.000 tahun yang lalu di Mesir Kuno.

Selain sebagai bumbu masakan, kayu manis secara tradisional telah digunakan sebagai suplemen untuk berbagai penyakit, dengan madu sebagai teman, misalnya untuk pengobatan radang sendi, kulit, jantung dan perut kembung.

Kapulaga

Kapulaga (E. cardamomum) merupakan rempah khas Indonesia yang sering digunakan sebagai penyedap rasa, obat tradisional dan industri manufaktur lainnya.

Sebagai ramuan obat herbal, kapulaga memiliki khasiat anti depresan. Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda bisa mencampurkannya dalam air dalam gelas. Tunggu hingga mengendap sekitar 30 menit, lalu minum dalam kondisi hangat.

Ada dua jenis kapulaga yang banyak digunakan di Indonesia yaitu kapulaga jawa (Amomum compactum) dan kapulaga luar negeri atau kapulaga India (Elettaria cardamomum).

Saat ini, kapulaga diklasifikasikan sebagai rempah-rempah ketiga di dunia setelah kunyit dan vanila.

Pala

Pala (Myristica fragrans) berasal dari Kepulauan Banda, Maluku. Karena nilai jualnya yang tinggi sebagai rempah-rempah, buah dan pala merupakan komoditas perdagangan penting sejak zaman Romawi.

Rempah-rempah Indonesia mengandung sekitar 7-14% minyak esensial. Minyak dari buah pala digunakan sebagai campuran pewangi atau sabun.

Sedangkan bubuk pala sering digunakan sebagai penyedap rasa selain roti atau kue, puding, saus, serta sayuran dan penyegar.

Andaliman

Bagi anda yang pernah mencoba makanan khas Batak seperti arsik, tentunya sudah mengetahui betul jenis rempah-rempah khas nusantara ini yaitu andaliman.

Andaliman bisa Anda temukan dalam kuliner Batak yang nikmat, sehingga orang luar Indonesia mengenal Andaliman sebagai lada Batak.

Ciri khas andaliman terletak pada aroma jeruk yang lembut dan ‘menggigit’, yang menimbulkan rasa keluarnya cairan atau mati rasa pada lidah, meski tidak sepanas cabai atau merica.

Perasaan keluarnya cairan di lidah disebabkan adanya hidroksi-alpha-sanshool di andaliman. Selain masakan Batak, andaliman juga digunakan di beberapa Asia Timur dan Selatan, seperti India.

Jahe

Ibu rumah tangga pasti sudah sangat paham dengan jenis bumbu yang satu ini. Jahe banyak digunakan sebagai bahan obat-obatan dan penambah rasa pada masakan.

Selain untuk obat dan masakan, jahe juga dapat dikonsumsi sebagai minuman karena memiliki efek hangat bagi tubuh.

Efek hangatnya sendiri berasal dari senyawa keton yang disebut zingeron yang terdapat pada jahe.

Sereh

Sereh atau disebut serai (Cymbopogon citratus) merupakan tanaman yang sering digunakan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan.

Masyarakat Indonesia biasanya menggunakan serai sebagai penampung aroma pada beberapa makanan dan minuman tradisional. Biasanya serai digunakan dalam bentuk batangan (segar), kering atau bubuk.

Lengkuas

Lengkuas (Alpinia galanga) merupakan jenis tanaman umbi-umbian yang biasanya hidup di dataran tinggi dan dataran rendah.

Dalam penggunaannya, masyarakat menggunakan lengkuas sebagai bahan obat herbal, serta sebagai bahan campuran bumbu masakan (terutama santan, asam jawa dan tumis).

Kunyit

Kunyit atau kunyit (Curcuma longa) merupakan salah satu rempah asli Asia Tenggara dan termasuk dalam kelompok jahe (Zingiberaceae).

Pada beberapa suku di Indonesia, kunyit dikenal dengan nama lokalnya yang unik, seperti janar (Banjar), kunir (Jawa), koneng (Sunda), dan konyet (Madura).