Kali ini kita akan membahas salah satu kuliner yang ada di Indonesia berbahan dasar nasi. Yang berjudul macam macam nasi tradisional yang enak dan murah pastinya.

Dengan lebih dari 30 provinsi dan juga ratusan suku bangsa. Indonesia tentu menyimpan kekayaan ragam budaya yang menarik. Salah satunya yaitu dalam bidang kuliner.

Semua ini ada karena hasil dari pemanenan padi yg terbaik. Dan km bisa membelinya jual mesin pemanen padi

Ada banyak sekali pilihan kuliner khas yang cuma bisa kamu temukan di sepanjang Sabang sampai Merauke.

Untuk nasi sahaja, Indonesia memiliki banyak teknik pengolahan yang sangat bervariasi. Beberapa macam macam olahan nasi khas nusantara di bawah ini dijamin mampu memanjakan penikmat kuliner nusantara.

Ini Dia Beragam Nasi Tradisional

macam-macam-nasi-tradisional

1. Macam Nasi Tradisional yang Pertama, Nasi Pecel

Pecel ialah makanan yang dikombinasikan dengan bumbu sambal kacang sebagai bahan utamanya serta dicampur dengan aneka jenis sayuran. Makanan ini populer terutama di wilayah DI Yogyakarta, Jawa Tengah, serta Jawa Timur.

Asal nama serta asal daerah dari pecel belum diketahui secara pasti. Akan tetapi dapat dimaknai secara etimologi, dalam bahasa Jawa. Bahwa pecel dapat diartikan sebagai ‘tumbuk’ atau pun ‘dihancurkan dengan cara ditumbuk’.

Ada yg bialng Pecel itu berasal dari Ponorogo, Jawa Timur. Dikarenakan sambal kacang yang dipakai dalam campuran pecel juga digunakan dalam bumbu sate Ponorogo.

Makanan ini juga mirip dengan gado-gado yang membedakannya ialah campuran bahan serta tekstur bumbunya. Pecel Madiun ialah pecel yang paling terkenal di Indonesia loh.

Pecel juga dapat ditemukan di Malaysia, Filipina, Thailand, serta Suriname dengan cita rasa yang sedikit berbeda dari pecel di Indonesia. dikarenakan perbedaan jenis kacang yang digunakan.

Pecel ialah makanan yang terdiri dari sayur yang direbus dan lauk yang dihidangkan dengan alas yang berbeda beda sesuai kota asal pecel. Semisal piring lidi yang disebut ingke, pincuk, atau tampah bambu.

Sayuran yang dihidangkan antara lain semacam kacang panjang, taoge, mentimun, daun singkong, serta daun kemangi.

Selain itu, terdapat juga yang menambahkan daun bawang dan juga asam jawa ke dalam campuran air hangat untuk mencairkan sambal pecel.

2. Nasi Megono

Makanan yang lumayan populer di Pekalongan ini ialah nasi putih yang disajikan dengan megono atau pun olahan nangka muda. Meskipun bahan baku yang digunakan mirip semacam gudeg, akan tetapi cara mengolah nasi megono berbeda dari gudeg, begitu pun dengan rasanya.

Bila gudeg memiliki rasa manis, nasi megono cenderung gurih serta sedikit pedas.Dalam pembuatan nasi megono, nangka muda akan dicacah halus lalu dimasak dengan kecombrang, parutan kelapa, serta bumbu-bumbu lainnya.

Untuk penambah rasa, ada pula yang mencampurnya dengan menggunakan ikan teri. Menyantap nasi megono tanpa lauk pendamping tentu rasanya akan kurang ‘menggigit’. Untuk itu, biasanya warung yang menjual kuliner lezat ini menyediakan beraneka ragam lauk tambahan.

Jenis lauknya juga berbeda, tergantung dari warung mana yang Sahabat pilih lho. Ada cumi hitam, kerang, tahu masak pedas, ikan pari panggang, ikan teri, sambal terasi, telur balado, kari kikil sapi, dan lauk yang paling populer yakni tempe mendoan.

3. Macam Nasi Tradisional yang Terakhir, Nasi Krawu

Siapa yang sudah pernah berkunjung ke daerah Gresik, Jawa Timur? Kalau pernah, apa teman teman sudah pernah mencicipi kuliner yang menjadi ciri khas Gresik?

Salah satu kuliner khas Gresik ialah Nasi Krawu, lho teman teman. Ada yang pernah mendengar atau mencobanya?

Uniknya, menurut masyarakat Gresik Nasi Krawu ialah buatan orang Madura yang merantau ke Gresik. Jadi, Nasi Krawu itu sebetulnya bukan dibuat oleh warga asli Gresik.

Sekian arttikel mengenai macam macam nasi tradisional, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Tolong klik disini, agar Anda dapat membaca artikel lainnya